img_title
Foto : Pegipegi.com

IntipSeleb Gaya HidupDusun Bambu yang terletak di Lembang merupakan salah satu pilihan destinasi wisata populer yang ada di Bandung, Jawa Barat. Destinasi wisata yang satu ini sangat cocok untuk para wisatawan yang menyukai aktivitas bernuansa alam yang asri, karena tempat ini hadir dengan tema dan konsep yang eco friendly.

Tempat yang satu ini juga menyediakan fasilitas yang lengkap sehingga membuat pengunjungnya betah berlama-lama menghabiskan waktu di sini. Lantas, apa saja daya tarik Dusun Bambu yang membuatnya populer dan buat wisatawan ketagihan mengunjunginya? Yuk, cari tahu sama-sama!

Mengenal Dusun Bambu Lembang

1. Sekilas Tentang Dusun Bambu Lembang

Plimbi.com
Foto : Plimbi.com

Destinasi wisata Dusun Bambu menawarkan pemandangan alam yang menawan khas dataran tinggi Lembang. Dataran tinggi di area Lembang terkenal dengan kawasannya yang masih asri dan udaranya yang sejuk. Ini merupakan daya tarik utama dari Dusun Lembang.

Dusun Bambu selama ini dikenal dengan tempat yang one stop traveling. Artinya, tempat ini merupakan destinasi yang menghadirkan beragam kebutuhan wisatawan sehingga jika berkunjung ke tempat ini, mereka tak perlu kemana-mana lagi.

Anda bisa menghabiskan waktu sepanjang hari di sini tanpa takut merasa bosan karena ada banyak kegiatan seru dan tersedia berbagai fasilitas lengkap di tempat ini.

Selain pesona alamnya, daya tarik selanjutnya dari tempat ini memanglah keberagaman aktivitas yang disediakannya bagi para pengunjung. Ada berbagai macam wahana yang tersedia dan menanti untuk dinikmati keseruannya.

Deretan wahana yang terdapat di tempat ini pun hadir dengan keunikannya tersendiri yang membuatnya berbeda dengan wahana di tempat wisata lain yang serupa.

Selain itu, pengunjung juga dapat menemukan sebuah restoran yang terletak di pinggir danau, cafe yang dikelilingi oleh pepohonan hijau, taman bunga indah yang ditanami berbagai jenis bunga, hingga pasar tempat membeli berbagai oleh-oleh dan kuliner khas Bandung.

Dusun Bambu juga termasuk salah satu tempat wisata yang ramah anak, karena di dalamnya tersedia area bermain atau playground yang bisa menjadi area mengasyikkan untuk pengujung yang datang membawa anak.

Untuk Anda yang memiliki hobi camping, di tempat ini juga tersedia area camping yang memiliki harga terjangkau untuk menikmati fasilitasnya.

2. Lokasi dan Rute Dusun Bambu

Alamat dari Dusun Bambu sendiri terletak di Jalan Kolonel Masturi KM 11, Cisarua, Bandung Barat. Lokasinya pun terbilang strategis sehingga tak membutuhkan terlalu banyak usaha untuk bisa menjangkaunya. Jaraknya dari pusat kota Lembang pun cukup dekat.

Jika berangkat dari kota Lembang, Anda hanya perlu menempuh perjalanan berkendara sekitar 25 menit. Jarak tempuhnya sendiri sekitar 11 kilometer.

Mengenai rute tempuhnya, ada beberapa pilihan yang bisa Anda lewati. Salah satu rute yang terdekat adalah rute dari Bandung menuju Lembang, kemudian melewati Parongpong, barulah mengarah ke lokasi tempat wisata.

Rute tersebut adalah rute utama yang banyak dilewati oleh mereka yang hendak berkunjung ke Dusun Bambu. Para pengunjung dari kota Bandung maupun dari luar kota banyak yang menggunakan rute ini.

Aktivitas Wisata Seru di Dusun Bambu

1. Berkemah di Area Family Leisure Park

Area berkemah atau camping adalah salah satu fasilitas wisata yang disediakan di dusun bambu ini. Anda tentu bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan pengalaman wisata yang tak terlupakan.

Kegiatan berkemah ini juga bisa menjadi pengganti aktivitas menginap di hotel. Karena pergi ke Bandung dan menginap di hotel tentu merupakan hal yang sudah biasa. Karena itu tak ada salahnya mencoba hal baru dengan kegiatan berkemah saat datang ke kota Bandung.

Dengan berkemah di Dusun Bambu Family Leisure Park ini, Anda dan keluarga dapat merasakan nikmatnya menginap ditemani sejuknya udara dataran tinggi dan suasana alam hijau yang asri. Untuk menginap di kawasan ini, Anda perlu merogoh kocek mulai dari Rp2.198.864 per malamnya.

2. Menikmati Indahnya Taman Bunga Arimbi

akutravel.com
Foto : akutravel.com

Di Dusun Bambu terdapat sebuah taman yang berisi berbagai macam jenis bunga dengan beragam warna yang sangat cantik. Taman tersebut dinamakan Taman Arimbi.

Di Taman Arimbi, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan mempesona yang dihasilkan dari kecantikan bunga-bunga yang ditanam. Penataan tanaman bunga di kawasan ini juga sangat rapi sehingga menambah keindahan pemandangannya.

Karena pesonanya tersebut, Taman Arimbi banyak dijadikan tempat berfoto karena bisa memberikan latar belakang foto yang sangat estetik dan Instagrammable.

Taman yang terletak di kaki gunung ini benar-benar ampuh menyejukkan mata dan menenangkan pikiran yang penat.

3. Menikmati Hidangan Lezat Restoran Purbasari di Pinggir Danau

Restoran yang terletak di pinggir danau ini memiliki bangunan yang berupa saung-saung dengan penataan yang berjajar mengelilingi danau.

Restoran Purbasari menyediakan berbagai sajian kuliner yang sangat khas kota Bandung. Anda dapat menikmati kelezatannya sembari memandangi panorama yang sejuk dan menenangkan.

Beberapa menu yang tersedia di restoran ini di antaranya seperti ayam goreng, tahu dan tempe bacem, karedok, pepes peda, pepes jamur, dan masih banyak lagi.

Akan tetapi, restoran ini biasanya selalu ramai oleh pengunjung. Sehingga untuk bisa menikmati sajian di tempat ini, pastikan untuk melakukan reservasi dahulu, ya.

4. Mencoba Keunikan Area Lutung Kasarung

travelspromo.com
Foto : travelspromo.com

Area Lutung Kasarung yang terletak di Dusun Bambu Lembang ini merupakan tempat yang menawarkan keunikan yang belum tentu bisa didapat di tempat lain.

Di area ini terdapat sebuah spot yang dibangun dengan bentuk menyerupai sarang burung. Spot tersebut pun seluruhnya diletakkan di atas pohon, sehingga menyerupai sarang burung sungguhan yang berukuran raksasa.

Anda bisa menikmati makanan atau minuman yang sebelumnya sudah dipesan di area counter. Dengan memakannya di dalam tempat berbentuk sarang burung ini, Anda akan dapat makan sekaligus menikmati pemandangan dari seluruh kawasan Dusun Bambu.

Karena letaknya di atas pepohonan, saat menikmati santapan di area ini Anda dapat melihat indahnya seluruh area Dusun Bambu dari ketinggian.

5. Berbelanja di Pasar Khatulistiwa

Tak lengkap rasanya jika berwisata ke sebuah destinasi namun tanpa melakukan kegiatan berbelanja. Apalagi, wilayah Lembang terkenal dengan produksi sayuran dan buah-buahannya yang sangat segar.

Kesegaran aneka sayur dan buah tersebut bisa Anda nikmati di Pasar Khatulistiwa yang menawarkan beragam produk pertanian khas Lembang.

Tidak hanya menyediakan produk pertanian, di Pasar Khatulistiwa juga tersedia makanan khas Sunda serta berbagai kerajinan hasil masyarakat Gunung Burangrang yang bisa Anda beli sebagai oleh-oleh.

Ditambah lagi Pasar Khatulistiwa memiliki struktur bangunan yang memiliki arsitektur cantik. Terdapat berbagai hiasan yang terbuat dari bahan alami yang akan memanjakan mata para pengunjung yang melihatnya.

Dengan begitu, berkunjung ke Pasar Khatulistiwa tak hanya sekedar berbelanja sayur dan buah atau berburu oleh-oleh saja. Namun juga bisa sekaligus sebagai ajang cuci mata menikmati keindahan arsitekturnya. (bbi)

Topik Terkait