img_title
Foto : Instagram/@ragunanzoo

IntipSeleb Gaya Hidup Ragunan menjadi salah satu tempat wisata yang cukup populer di Indonesia. Ragunan merupakan Kebun Binatang yang berlokasi di Jakarta, yang luasnya mencapai 140 hektar. Ketika musim liburan, Ragunan menjadi tempat wisata yang paling diminati.

Bukan tanpa alasan, kawasan Kebun Binatang Ragunan yang luas dan sejuk, sangat cocok jika mengajak anak-anak untuk bermain sekaligus belajar. Seperti namanya, di tempat ini tentunya memiliki ratusan spesies satwa. Anda bisa mengajak anak atau menghibur diri dengan melihat jenis-jenis satwa yang lucu hingga langka.

Selain itu, tiket masuk ke Ragunan juga tergolong murah. Bahkan jika tempat wisata lain banyak yang tidak mengizinkan membawa makanan masuk, di Ragunan anda justru dibebaskan membawa makanan. Maka tak heran jika anda banyak menemui pengunjung yang menggelar kain di atas rerumputan dan makan bekal yang dibawa ala piknik.

Penasaran ada hal menarik apa saja yang ada di Ragunan? Yuk simak informasinya berikut ini.

Kebun Binatang Ragunan

Instagram/@ragunanzoo
Foto : Instagram/@ragunanzoo

Taman Margasatwa Ragunan atau yang lebih dikenal dengan Kebun Binatang Ragunan merupakan tempat wisata yang memiliki 295 spesies dan 4040 spesimen. Didirikan sejak tahun 1864, Ragunan dulu dikenal dengan nama Planten En Dierentuin yang artinya adalah ‘Tanaman dan Kebun Binatang’.

Kawasan seluas 10 hektar itu merupakan pemberian dari Raden Saleh. Lalu di tahun 1949, Planten En Dierentuin kembali berubah nama menjadi Kebun Binatang Cikini karena saat itu berlokasi di Cikini. Hingga pada akhirnya Kebun Binatang Cikini dipindahkan ke kawasan Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan di tahun 1964.

Kemudian Pemerintah DKI Jakarta juga menghibahkan lahan seluas 30 hektare untuk tempat tinggal para binatang. Kala itu, Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin yang meresmikan nama Raman Margasatwa Ragunan pada 22 Juni 1966.

Hal menarik dari Ragunan

Instagram/@ragunanzoo
Foto : Instagram/@ragunanzoo

Tempat wisata tentunya memiliki hal-hal menarik yang tentunya menjadi daya tarik bagi para pengunjungnya. Agar membuat anda semakin yakin untuk datang ke Kebun Binatang Ragunan, berikut ini kami rangkum hal menarik dari Ragunan.

1. Pesona ratusan spesies unik hingga langka

Instagram/@ragunanzoo
Foto : Instagram/@ragunanzoo

Tentunya, Kebun Binatang memiliki ratusan koleksi hewan yang bisa menjadi salah satu edukasi bagi para pengunjungi. Di sini, anda bisa melihat berbagai jenis mamalia, reptilia, pisces hingga aves. Posisi kandang hewannya pun tertata dengan baik. Di sini anda akan melihat berbagai hewan secara dekat, seperti gajah, jerapah, harimau, singa, binturong hingga rusa.

Di Ragunan juga ada bangunan khusus yakni Pusat Primata Schmutzer. Memiliki koleksi primata dari berbagai negara, Pusat Primata ini disebut-sebut menjadi yang terbesar di kawasan Asia Tenggara. Desain bangunan ini pun unik. Di area dalam, anda bisa melihat secara langsung berbagai jenis primata dari jarak dekat, hanya dibatasi dengan kaca saja.

Suasana sekitar bak hutan pun semakin menambah nuansa bahwa kita seolah sedang berkunjung ke rumah asli dari para primata tersebut. Selain itu, di sini juga ada perpustakaan dan teater kecil hingga museum yang bisa menambah pengetahuan anda tentang primata.

2. Lihat satwa makan

Instagram/@ragunanzoo
Foto : Instagram/@ragunanzoo

Salah satu hal menarik lainnya adalah anda bisa melihat ketika penjaga satwa memberi makan para satwa. Tentunya ini menjadi salah satu penghiburan tersendiri. Ada waktu-waktu khusus untuk pemberian makan satwa diantaranya jika ingin melihat gajah makan, anda bisa melihatnya di pukul 14.30 – 14.45 WIB.

Red River Hog atau Babi sungai merah, 3.00 – 3.15 WIB. Dan di jam yang sama, anda juga bisa melihat harimau diberi makan.

3. Suasana yang asri

Meskipun berada di kawasan Jakarta yang merupakan pusat Kota, Ragunan memberikan suasana asri yang sejuk untuk anda. Sebagian besar kawasan Ragunan dibuat seperti hutan, banyak berbagai jenis pohon, tanaman hingga bunga yang tumbuh. Maka tak heran, meskipun harus berkeliling jauh di kawasan Ragunan, hawa sejuk tetap terasa karena rindangnya pepohonan.

Selain itu, seperti yang telah disebutkan di atas bahwa anda juga bisa melakukan ala piknik bersama dengan teman atau orang terkasih di sini. Tentunya pengalaman ini akan terasa sangat menyenangkan.

4. Keliling Ragunan

Saking luasnya, mungkin anda harus menyiapkan fisik yang fit agar bisa mengeksplor setiap sudut Ragunan tanpa tertinggal satu pun. Paling enak mengelilingi Ragunan dengan menggunakan sepeda, ada penyewaan sepeda di dalam kawasan Ragunan. Harganya Rp10.000 per orang atau jika mau sepeda yang double jok, yakni Rp15.000.

Atau jika malas menggowes, ada juga kereta keliling yang siap mengantarkan anda keliling seluruh Kebun Binatang Ragunan dengan membayar Rp10.000. Selain itu, kawasan Ragunan juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap.

Banyak toilet yang disediakan di setiap bagian, mengingat tempat ini cukup luas, penyediaan toilet pun cukup banyak. Ada juga musala yang bisa digunakan untuk beribadah. Lalu untuk anda yang tak membawa bekal tak perlu khawatir, ada pula kantin yang menjajakan makanan yang siap untuk mengisi perut anda yang kelaparan.

Harga tiket masuk Ragunan

Instagram/@ragunanzoo
Foto : Instagram/@ragunanzoo

Jika anda hendak mengunjungi Ragunan, anda perlu memperhatikan waktunya. Ragunan buka mulai dari hari Selasa hingga Minggu. Sejak pukul 07.00 – 16.00 WIB. Ragunan tutup di hari Senin karena ditetapkan sebagai hari libur satwa.

Untuk tiket masuk, selama pandemi, Ragunan hanya melayani pengunjung yang telah memesan tiket secara online. Namun kini sudah bisa membeli tiket di loket lokasi Ragunan. Kendati demikian, membeli tiket secara online H-1 tetap disarankan agar lebih mudah dan tak mengganggu waktu kunjungan anda.

Pastikan anda sudah mendapatkan vaksnasi ketiga sebelum mengunjungi Ragunan. Berikut ini adalah harga tiket masuk Ragunan:

- Harga tiket masuk (dewasa): Rp4.000
- Harga tiket masuk (anak): Rp3.000
- Tiket parkir mobil: Rp6.000
- Tiket parkir motor: Rp3.000

Perlu diperhatikan bahwa transaksi pembelian tiket di Ragunan atau di loketnya hanya menggunakan Jakcard. Jika tidak memilikinya, anda bisa membelinya di loket pembelian tiket masuk seharga Rp35.000 (harga kartu Rp15.000 dan ada saldo Rp20.000). Jika sudah punya tapi tak memiliki saldo yang cukup, anda juga bisa top up di loket dengan minimal isi ulang Rp10.000.

Jangan merasa menyesal atau sayang membeli kartu ini, sebab tak hanya bisa digunakan di Ragunan saja. Jakcard juga bisa digunakan untuk transaksi pembelian tiket di Monas, Kota Tua hingga naik Transjakarta.

Sekadar informasi bahwa harga tiket yang tertera di atas bisa mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. Untuk itu, anda bisa mengunjungi website resminya di Ragunan Zoo yang akan mengupdate informasi terbaru mengenai Ragunan.

Anda juga mengunjungi Instagram resminya di @ragunanzoo yang akan menginformasikan tentang agenda dadakan yang terjadi, seperti misalnya ada penutupan lokasi wisata untuk sementara menyambut hari tertentu atau terkait aturan masuk ke Kebun Binatang.

Demikian adalah sederet informasi mengenai Kebun Binatang Ragunan mulai dari sejarah singkat, hal menarik hingga harga tiket. Akhir kata semoga artikel timeless ini dapat bermanfaat bagi anda dan selamat berlibur!

Topik Terkait