img_title
Foto : Freepik/wirestock

IntipSeleb Gaya HidupDoa untuk pengantin baru dapat memberikan manfaat bagi dua sejoli yang baru saja resmi menjadi sepasang suami dan istri. Doa yang diberikan kepada pengantin baru tersebut bertujuan agar rumah tangga mereka senantiasa berada dalam kondisi sakinah, mawaddah, dan warrahmah.

Pernikahan sendiri adalah salah satu ibadah yang terpanjang dalam hidup. Oleh karena itu mereka yang menjalankan ibadah ini diberikan ganjaran berupa pahala yang besar. Menikah juga menjadi penyempurna agama bagi umat Islam.

Itulah sebabnya terdapat doa untuk pengantin baru. Doa ini bisa diberikan kepada mereka yang sudah resmi menjadi pengantin baru, atau untuk diri kita sendiri jika menjadi pengantin baru. Seperti apa doanya? Yuk, simak sama-sama.

Kumpulan Doa Untuk Pengantin Baru

1. Doa Untuk Pasangan Pengantin Baru

Freepik/senivpetro
Foto : Freepik/senivpetro

Doa untuk pengantin baru ini dapat dibaca saat kita menghadiri sebuah pesta pernikahan. Doa ini ditujukan untuk kedua mempelai yang sedang melangsungkan pernikahan. Lafaz doanya adalah sebagai berikut:

Barakallahu laka, wa baraka ‘alaika, wa jama’a bainakuma fii khairin wa ‘afiyah.

Artinya: “Semoga Allah SWT memberi berkah untukmu. Semoga Allah menurunkan kebahagiaan atasmu. Semoga Allah menurunkan kebahagiaan atasmu. Semoga Allah menyatukan kamu berdua dalam kebaikan.”

Selain doa singkat di atas, ada pula lafaz bacaan doa yang lebih lengkap untuk pengantin baru sebagai berikut:

Barakallahu laka wa jama’a bainakuma fi khairin. Barakallahu likulli wahidin min kuma fi shahibihi wa jama’a bainakuma fi khairin.

Artinya: “Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagimu dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan. Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagi masing-masing kalian berdua atas pasangannya, dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan,”

2. Doa yang Dibaca Oleh Pengantin Baru

Selain doa untuk pengantin baru, ada pula doa yang dapat dibaca oleh mereka yang sedang menjadi pengantin baru. Doa ini dibaca sebagai rasa syukur karena telah diberikan kesempatan untuk menyempurnakan ibadahnya.

Sebaiknya doa yang satu ini dibaca oleh pihak laki-laki sambil memegang ubun-ubun mempelai perempuan setelah melangsungkan akad nikah. Bacaan doanya adalah sebagai berikut:

Allahumma inni as’aluka min khoirihaa wa khoirimaa jabaltahaa ‘alaih. Wa a’udzubika min syarrihaa wa syarrimaa jabaltaha ‘alaih.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tentukan atas dirinya. Dan Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan yang Engkau tetapkan atas dirinya.”

Doa di atas merupakan anjuran dari Rasulullah SAW yang sesuai dengan salah satu sabdanya dalam hadis berbunyi:

"Jika dari kalian menikahi seorang wanita, maka ucapkanlah: ‘Ya Allah sungguh aku mohon kepada-Mu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tentukan atas dirinya.

Dan Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan yang Engkau tetapkan atas dirinya.’ Dan bila seseorang membeli unta, maka peganglah ubun-ubunnya dan ucapkanlah seperti itu.” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah)

3. Doa untuk Pengantin Baru Saat Malam Pertama

Unsplash/Saeed Sarshar
Foto : Unsplash/Saeed Sarshar

Saat hendak melakukan ibadah suami istri di malam pertama, ada pula sebuah doa yang dianjurkan untuk dibaca oleh pengantin baru. Doa yang satu ini dibaca agar terhindar dari godaan syaitan dan agar anak yang dikandung kelak dijauhkan dari syaitan. Berikut lafaz doanya:

Bismillah, allahumma jannibnaasy syaithoona wa jannibisy syaithoona maaa rozaqtanaa.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, Ya Allah, jauhkanlah aku dari syaitan dan jauhkanlah syaitan dari anak yang akan Engkau karuniakan kepada kami.” (HR Bukhari dan Muslim)

4. Doa untuk Pengantin Baru Diberikan Keturunan Saleh dan Salehah

Freepik/freepic.diller
Foto : Freepik/freepic.diller

Setiap mempelai pengantin tentu berharap kelak mereka akan diberikan keturunan berupa anak yang saleh dan salehah. Oleh karena itu, mereka yang sudah menjadi pasangan suami istri hendaknya memohon kepada Allah keturunan yang baik.

Salah satu doa agar diberikan keturunan yang baik terdapat dalam Surah As Shaffaat yang berbunyi:

Robbi hablii minash shoolihiiin.

Artinya: “Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang yang saleh.” (QS As Shaffaat: 100).

Selain doa tersebut, ada pula doa yang tercantum di Surah Ali Imran yang bunyinya:

Robbi hablii mi ladunka zurriyatan thoyyibah, innaka samii’ud du’aa.

Artinya: “Ya Tuhanku, berilah aku keturunan yang baik dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa.”

5. Doa untuk Pengantin Baru Agar Saling Setia

Unsplash/Drew Coffman
Foto : Unsplash/Drew Coffman

Selanjutnya ada juga doa untuk pengantin baru agar hubungan mereka dapat terjaga kesetiaannya dalam waktu yang lama. Seperti yang telah umum diketahui, salah satu ujian dalam pernikahan adalah masalah kesetiaan.

Tak sedikit pernikahan yang retak bahkan hancur karena salah satu pasangan bersikap tidak setia. Untuk itu, bagi pengantin baru bisa mengamalkan doa yang satu ini agar dimudahkan bersikap setia.

Walqoytu a’laika mahabbatam minii wa litusna’a ‘alaa ‘aini.

Artinya: “Aku telah memberikan kepadamu sebuah kasih dan sayagn yang dating dari-Ku, dan agar engkau diasuh di bawah pengawasan-Ku.”

Selain itu bagi para suami, dapat memohon kepada Allah agar sang istri selalu setia. Doa yang dibaca salah satunya terdapat dalam Surah Al Furqon, yaitu:

Rabbana hablana min azwajina wa dzurriyatina qurrata a’yun, waja’alna lil muttaqina imama.

Artinya: “Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri dan keturunan kami sebagai penyenang hati, dan jadikanlah kami imam (Pemimpin) bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS Al Furqon: 74).

Tujuan Melakukan Pernikahan

1. Menyempurnakan Agama

Pernikahan adalah jalan untuk menyempurnakan separuh agama. Hal ini tertuang dalam salah satu hadis Rasulullah SAW:

Barangsiapa menikah, maka ia telah menyempurnakan separuh ibadahnya (agamanya). Dan hendaklah ia bertakwa kepada Allah SWT dalam memelihara yang sebagian sisanya.” (HR Thabrani dan Hakim).

2. Menjalankan Perintah Allah SWT

Menikah juga merupakan perintah Allah SWT. Perintah tersebut dapat dilihat pada surat An Nur yang artinya:

Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan.

Jika mereka miskin, Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS An Nur: 32)

3. Menjalankan Sunah Rasulullah

Selain sebagai perintah dari Allah SWT, menikah juga menjadi bagian dari sunah Rasulullah SAW. Beliau pernah bersabda dalam sebuah hadis yang berbunyi:

Menikah adalah sunah, barangsiapa tidak mengamalkan sunahku maka bukan bagian dariku. Maka menikahlah kalian, karena aku bangga dengan banyaknya umatku (di hari kiamat).” (HR Ibnu Majah no. 1846)

4. Memperoleh Ketenangan

Tujuan dari menikah bukan hanya sekedar urusan syahwat belaka. Namun, menikah juga dapat menciptakan ketenangan di dalam diri. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT yakni:

Di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia ciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang.” (QS Ar Rum:21) (rth)

Topik Terkait