img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya HidupFilm terbaik sepanjang masa bukan hanya dilihat dari rating yang tinggi atau dari seberapa populer film tersebut. Namun juga dilihat dari pujian dari para kritikus dan penikmat film serta bagaimana film tersebut terus dikenang bahkan bertahun-tahun setelah penayangannya.

Banyaknya penghargaan yang diraih juga bisa menjadi salah satu faktor sebuah film dapat dikatakan yang terbaik. Lantas, apa saja film terbaik sepanjang masa yang wajib ditonton dan nggak akan buat menyesal? Ini dia rekomendasinya.

Rekomendasi Film Terbaik Sepanjang Masa

1. The Shawshank Redemption

Imdb.com
Foto : Imdb.com

Membahas tentang film terbaik sepanjang masa tak heran jika The Shawshank Redemption termasuk di dalam daftarnya. Film yang dibintangi oleh Tim Robbins dan Morgan Freeman mengisahkan tentang seorang bankir yang terkena tuduhan yang salah.

Ia dipenjara atas tuduhan membunuh istri sekaligus selingkuhannya, meskipun tuduhan itu sama sekali tidak benar. Di dalam penjara, ia bertemu dengan Red yang telah mendekam selama 20 tahun lamanya. Dari sinilah cerita bergulir menjadi semakin menarik.

Film yang dirilis pada 1994 ini masih terus disebut-sebut hingga sekarang, bahkan menjadi salah satu film dengan rating tertinggi di situs IMDb.

2. The Godfather

Selanjutnya adalah The Godfather yang banyak digadang-gadang sebagai film terbaik sepanjang masa. Film ini mengisahkan tentang kerasnya kehidupan mafia yang tak jauh dari tindak kriminal, pembunuhan, dan kekerasan lainnya.

The Godfather hadir dalam bentuk trilogi dan ketiga filmnya itu pun mendulang sukses besar. Film ini bahkan masuk dalam nominasi Academy Award sebanyak 11 kali.

3. Parasite

CJ Entertainment
Foto : CJ Entertainment

Tak hanya dari Hollywood, sinema Korea Selatan juga punya salah satu film terbaik sepanjang masa, yakni Parasite. Disutradarai oleh Bong Joon Ho, film ini mengangkat kisah sederhana namun dieksekusi dengan sangat apik sehingga membuat penonton sangat menikmati filmnya dari awal hingga akhir.

Mengisahkan tentang sebuah keluarga miskin yang memiliki kelakuan seperti parasit dan berpura-pura bekerja di rumah keluarga kaya. Cerita yang ditampilkan juga menampilkan bagaimana ironisnya kehidupan si kaya dan si miskin yang ironis.

Film ini memenangkan penghargaan Palme d’Or di Festival Film Cannes 2019. Parasite bahkan berhasil membawa pulang piala Oscar di tahun 2020 lalu.

4. Toy Story 3

variety.com
Foto : variety.com

Siapa yang tak tahu tentang Toy Story? Meski merupakan animasi, namun Toy Story menjadi film keluarga yang menjadi favorit berbagai kalangan. Hingga saat ini, Toy Story telah dibuat hingga empat sekuel.

Dari keempat sekuel tersebut, Toy Story 3 dapat dikatakan sebagai yang terbaik. Pada sekuel ketiga ini, dikisahkan Andy sudah beranjak dewasa dan akan memulai masa kuliahnya.

Untuk itu ia membereskan Woody dan mainan lainnya ke dalam sebuah kardus. Sayangnya kardus tersebut malah terkirim ke sebuah tempat penampungan anak. Woody dan kawan-kawan pun harus berjuang untuk kembali pada Andy.

5. Bad Genius

Rekomendasi film terbaik sepanjang masa selanjutnya berasal dari Thailand, yakni Bad Genius. Film ini berkisah tentang dua orang anak jenius yang melakukan kecurangan demi bisa masuk ke Universitas bergengsi di Amerika Serikat.

Tak berhenti sampai di situ, mereka justru membuat kecurangan tersebut menjadi sebuah bisnis. Tujuan utama dari bisnis tersebut adalah memberikan contekan hingga skala internasional. Film ini dijamin membuat penonton tegang dan deg-degan melihat aksi dua anak jenius tersebut.

6. The Dark Knight

variety.com
Foto : variety.com

The Dark Knight adalah film yang menampilkan pertarungan antara Batman dengan musuh bebuyutannya, yaitu Joker. Di film ini Joker muncul dan membuat kekacauan yang memaksa Batman mengeluarkan seluruh kekuatannya dan melawan segala hal yang selama ini ia yakini.

Dibintangi oleh Christian Bale dan Heath Ledger, film yang disutradarai oleh Christopher Nolan ini begitu sukses dan mendapat pujian tak hanya dari pecinta film, namun juga dari para kritikus.

Selain itu, akting ikonik Heath Ledger sebagai Joker pun begitu dikenang hingga saat ini. Sehingga tak heran jika The Dark Kight disebut sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa.

7. Pulp Fiction

Pulp Fiction adalah film besutan sutradara kawakan Quentin Tarantino yang rilis pada tahun 1994 silam. Film ini menceritakan tentang dua orang pembunuh bayaran yang mencari tas kerja yang isinya dicuri dari bos mereka, Marsellus Wallace.

Dalam perjuangan tersebut, mereka harus menghadapi berbagai hal tidak terduga di sepanjang cerita. Semuanya bisa berjalan dengan lancar, sampai suatu ketika salah satu dari mereka membuat kesalahan besar.

Film yang bergenre drama kriminal ini dibintangi oleh sederet nama besar Hollywood seperti John Travolta, Samuel L. Jackson, Uma Thurman, dan Bruce Willis.

8. Avatar

Film terbaik sepanjang masa yang tak boleh dilewatkan adalah Avatar. Film ini menyuguhkan kisah tentang Marinir Jake Sully yang memutuskan untuk masuk ke dunia Pandora.

Di dunia Pandora tersebut ia bertemu dengan suku asli yang tinggal di sana dan jatuh cinta dengan gadis bernama Neytiri. Masalah muncul ketika Pandora terancam dihancurkan oleh perusahaan tamak yang berniat menguasai sumber daya di dalamnya dan mengusir semua suku asli yang tinggal di sana.

Film ini disutradarai oleh James Cameron dan dinobatkan sebagai film dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa.

9. The Lord of The Rings: The Return of The King

Pinterest
Foto : Pinterest

Trilogi The Lord of The Rings sudah tidak diragukan lagi kepopulerannya. Dari ketiga filmnya, The Lord of The Rings: The Return of The King menjadi salah satu yang banyak difavoritkan penggemar hingga kritikus film.

Sekuel puncak dari The Lord of The Rings ini mengisahkan perang yang semakin memanas ketika Sauron mengincar ibu kota Gondor yaitu Minas Tirith.

Sementara itu di sisi lain Frodo dan Sam terus berjuang menuju Mordor dengan dipandu oleh Gollum tersebut. Karena hanya dengan menghancurkan cincin itulah perang bisa dihentikan dan nyawa para makhluk di Middle-earth bisa diselamatkan.

Film yang diarahkan oleh Peter Jackson ini berhasil meraih piala Oscar dalam kategori Film Terbaik. Di IMDb sendiri film ini mencatatkan rating tinggi yakni sebesar 8,9.

10. The Prestige

Rekomendasi film terbaik sepanjang masa terakhir adalah film besutan Christopher Nolan yang berjudul The Prestige. Film ini dibintangi nama-nama terkenal seperti Christian Bale, Hugh Jackman, dan Scarlett Johansson.

The Prestige bercerita tentang persaingan dua pesulap hebat yaitu Robert Angier dan Alfred Borden, yang berusaha membongkar trik masing-masing dan menciptakan trik sulap terhebat.

Salah satu trik andalan Alfred Borden adalah bisa muncul di dua tempat yang berbeda. Trik sulap andalan tersebut berusaha dibongkar rahasianya oleh Robert Angier.

Ambisi Robert Angier untuk membongkar trik rivalnya itu membawanya ke seorang ilmuwan hebat yang bisa menciptakan mesin kloning manusia. Akan tetapi, ambisinya itu ternyata membawa kehancuran karena kebenaran dari rahasia yang ia cari terungkap dengan cara tak terduga.(prl).

Topik Terkait