img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya Hidup –Siapa sangka jika dekat dari wilayah Jakarta ada tempat rekreasi yang menarik? Salah satunya Taman Bunga Nusantara menjadi destinasi wisata menarik untuk di kunjungi.

Objek wisata Taman Bunga Nusantara berada di daerah Cianjur. Di tempat ini kamu akan menemukan berbagai macam jenis bunga dari berbagai negara.

Taman Bunga Nusantara merupakan taman bunga terbesar yang ada di Jawab Barat, bahkan di Indonesia. Taman ini dibangun di lahan seluas 35 hektar dan terbagi dalam beberapa bagian taman.

Selain itu, di area taman kamu akan menemukan beberapa tanaman yang dibangun dengan tema berbeda. Diketahui, taman ini memiliki total 35 lahan bunga yang tertanam.

Kemudian, di dalam taman juga ada sekitar 7 hektar lahan yang dibuat sebagai area playground anak yang disebut alam imajinasi. Bahkan untuk lahan 2 hektar lainnya dipergunakan sebagai pembibitan dan sisanya dibangun untuk penginapan, restoran, dan ruang pertemuan.

Lantas, apa saja fasilitas dan juga spot foto atau wahana rekomendasi yang bisa kamu kunjungi saat berada di Taman Bunga Nusantara ini? Yuk, simak artikel selengkapnya di bawah ini!

Taman Bunga Nusantara

Pinterest
Foto : Pinterest

Taman Bunga Nusantara adalah sebuah taman bunga yang memiliki luas tanah 35 hektar. Taman ini terletak di dekat Gunung Gede Pangrango dan Kebun Teh Bogor dengan jarak tempuh sekitar 2,5 - 3 jam perjalanan dari Jakarta, tepatnya berada di antara dua desa yaitu, Kawungluwuk, Sukaresmi, Cianjur dengan Sukawangi, Sukamakmur, Jonggol.

Taman yang indah ternyata menyimpan berbagai tipe bunga dari seluruh dunia yang tumbuh di tempat ini salah satunya sebagai tempat budidaya anggrek. Diperkirakan ada sekitar 2000 jenis anggrek yang dirawat di tempat ini.

Diketahui Taman Bunga Nusantara dimulai pembangunan pada tahun 1992- 1993 sebagai tahap awal. Tujuan utama pembangunan taman Bunga Nusantara adalah menciptakan Taman Bunga Nusantara sebagai salah satu aset wisata berbasis wisata agro nasional dengan skala internasional.

Kemudian Taman Bunga Nusantara ini diresmikan oleh Tien Soeharto pada 10 September 1995. Sejak saat itu, Taman Bunga Nusantara menjadi tempat favorit bagi penggemar bunga.

Di taman ini kamu akan menemukan objek utama yaitu hamparan bunga berwarna-warni. Daya tarik lain dari taman bunga ini adalah bangunan dan tatanan unik yang bisa kamu nikmati, selain itu juga terdapat berbagai jenis taman sesuai dengan jenis bunga.

Sejarah Taman Bunga Nusantara

Pinterest
Foto : Pinterest

Taman Bunga Nusantara ini bukanlah objek wisata baru di Jakarta,karenanya taman ini menjadi taman tertua yang ada di Indonesia. Taman Bunga Nusantara di bangun sekitar tahun 1992 berawal dari terpilihnya Ibu Dani Bustanil Arifin sebagai ketua Yayasan Bunga.

Sebagai Ketua Yayasan Bunga, Ibu Dani kemudian menjadi orang yang memprakarsai berdirinya Taman Bunga Nusantara. Kemudian taman ini juga selain menjadi tempat rekreasi juga sebagai area agrowisata di Jakarta.

Seusai melewati proses pembangunan sekitar tiga tahun lamanya, akhirnya taman bunga ini mulai dibuka untuk umum dan diresmikan pada tahun 1995. Peresmian taman bunga ini dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia yaitu Presiden Soeharto.

Sejak sudah diresmikan Taman Bunga Nusantara ini langsung menjadi taman bunga yang tak pernah sepi dari pengunjung. Selain itu, hingga kini Taman Bunga Nusantara tak pernah berubah, selalu dipadati pengunjung dan menjadi tempat wisata favorit di Jakarta, Pulau Jawa, dan juga di Indonesia bagi pencinta bunga.

Objek wisata dari taman ini adalah jajaran bunga yang diatur dengan unik, menarik dan tentunya indah, sehingga pengunjung tidak akan pernah bosan melihat beragam bunga yang ditawarkan karena taman ini mempunyai lahan yang luas dan juga terdapat berbagai macam jenis bunga.

Tiket Masuk Taman Bunga Nusantara

Jika kamu ingin mengunjungi taman ini, maka untuk tiket masuk area taman ini seharga Rp40.000,00 per orang. Dengan membeli tiket ini kamu bisa gunakan untuk mengelilingi taman bunga sepuasnya.

Sementara untuk biaya parkirnya untuk roda dua dikenakan Rp10.000,00, sedangkan mobil harus membayar Rp15.000,00.

Namun, jika kamu mengunjungi wisata dengan rombongan menggunakan bus, maka biaya parkirnya bisa mencapai Rp25.000,00 untuk bus besar dan Rp20.000,00 untuk bus mini.

Semua tarif parkir dan tiket masuk ini belum termasuk penggunaan wahana yang ada di dalamnya. Karena dalam taman ini memiliki berbagai wahana dan juga setiap wahana memiliki harga yang berbeda-beda.

Biaya masuk setiap wahana berbeda-beda tergantung jenisnya. Kisaran harganya mulai dari Rp1.000,00 sampai Rp50.000,00.

Jika melihat dari lokasinya yang cukup strategis dekat Kota Jakarta, maka harga tiket masuk dan juga parkir tergolong terjangkau. Apalagi kamu bisa menikmati sepuasnya berkeliling di taman ini, sehingga dijamin tidak akan bosan.

Lokasi Taman Bunga Nusantara

Lokasi dari Taman Nusantara terletak di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Tepatnya ada di Jalan Mariwati, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi.

Lokasi dari taman ini sangat mudah ditemukan karena tidak memasuki pelosok desa. Selain itu, tempat ini juga bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi roda dua, roda empat, atau pun menggunakan angkutan umum.

Rute ke Taman Bunga Nusantara

Jika kamu berangkat dari arah Jakarta, maka lokasi wisata ini akan lebih mudah ditempuh menggunakan jalur puncak. Karena melewati jalan ini, kamu akan banyak papan yang menunjukkan lokasi menuju wisata Taman Nusantara.

Jika kamu telah sampai Puncak, maka selanjutnya kamu hanya perlu menyusuri beberapa kilometer lagi untuk sampai di lokasi Taman Bunga Nusantara.

Setelah melewati turunan Ciloto di jalur Puncak, akan kamu dapati sebuah papan berukuran besar yang menunjukkan arah ke Taman Bunga Nusantara. Jadi kamu tinggal ikuti saja petunjuk yang ada di papan tersebut dan kamu pun akan sampai di lokasi.

Fasilitas Taman Bunga Nusantara

Instagram/tamanbunganusantara
Foto : Instagram/tamanbunganusantara

Taman Bunga Nusantara memiliki fasilitas yang lengkap. Fasilitas dan wahana yang ada di Taman Nusantara ini gratis dan ada pula yang berbayar.

Penasaran apa saja fasilitasnya? Yuk, simak berikut ini daftar lengkapnya!

  1. Area parkir
  2. Tempat ibadah
  3. Toilet
  4. Poliklinik
  5. Gedung serba guna
  6. Gazebo
  7. Cafe dan restroran
  8. Area camping ground
  9. Bursa bunga
  10. Dotta train untuk berkeliling taman dengan biaya Rp. 50.000
  11. Garden tram juga untuk berkeliling taman dengan biaya Rp. 50.000
  12. Mobil wara wiri untuk mengelilingi taman yang dilengkapi dengan panduan informasi dari suara rekaman di dalam mobil. Kamu bisa menaikinya dengan biaya sebasar Rp. 4000

Wahana di Taman Bunga Nusantara

Pinterest
Foto : Pinterest

Taman Bunga ini memiliki berbagai macam wahana di dalamnya. Untuk harga tiket masuk pun tidak mahal dan tergantung dari jenis bunganya.

Berikut ini beberapa wahana menarik untuk kamu kunjungi di dalamnya. Yuk simak selengkapnya!

1. Taman Jepang

Taman Jepang adalah salah satu dari tempat wahana favorit pengunjung. Karenanya taman ini didesain sedemikian mirip dengan suasana Jepang sungguhan.

Selain itu dalam taman Jepang ini juga terdapat berbagai jenis bunga dari Jepang. Di taman ini ada beraneka ragam tanaman bonsai, lengkap dengan jembatan kayu khas Jepang.

2. Taman Air Dinosaurus

Taman air ini menjadi tempat yang cukup banyak dikunjungi pengunjung loh. Karena tempatnya yang unik, juga taman ini banyak daya tariknya.

Taman ini banyak dikunjungi oleh keluarga dan anak-anak. Karena patung dinosaurus sangat menarik perhatian pengunjung anak-anak maupun dewasa sebagai spot foto.

3. Taman Air

Di taman ini juga ternyata terdapat beragam rupa tumbuhan air yang berasal dari berbagai negara. Jika kamu berkunjung ke taman ini maka kamu akan terpesona akan tumbuhan air yang ada di sini.

Di sini kamu akan temukan teratai raksasa yang berbentuk nampan besar mengambang di atas air taman. Selain itu juga akan ada tumbuhan cybera papyrus yang dulu menjadi bahan dasar pembuatan kertas oleh bangsa mesir kuno.

Bagaimana menarik bukan? Karena di taman ini kamu akan menemukan banyaknya wahana yang menarik lainnya loh. (rth)

Topik Terkait