img_title
Foto : IMDB

IntipSeleb Gaya Hidup – Berikut merupakan daftar film Korea terbaik yang bisa jadi list nonton kamu selanjutnya. Bagi kamu penyuka industri entertainment Korea, artikel timeless ini bisa kamu jadio rekomendasi.

Tidak bisa dipungkiri, Korean Hallyu memang berkembang pesat. Kesuksesan dari industri media di sana sudah mengambil hati banyak orang, terlebih di Negara Indonesia.

Film-film dari Korea Selatan ini pula terdiri dari beragam genre. Selain karena filmnya bagus, biasanya penikmat film juga menikmati kemampuan berakting para aktornya.

Ini dia deretan film Korea terbaik. Penasaran apa saja? Terus simak sampai habis artikel timeless di bawah ini.

1. Train to Busan

Film ini mengangkat cerita tentang sebuah wabah zombie yang merajalela. Disutradarai oleh Yeon Sang-ho, film Train to Busan dirilis pada tahun 2016.

Film ini bermula saat truk pembawa barang diizinkan melewati sebuah daerah yang mengalami kebocoran. Ketika itu, pengendara truk tidak melihat seekor rusa melintas di tengah jalan sehingga rusa yang mati itu berubah menjadi rusa zombie.

Seok-Woo, seorang manajer keuangan sebuah perusahaan, berangkat ke Busan bersama anaknya, Su-an, untuk bertemu dengan ibunya sebagai hadiah ulang tahun anak perempuannya. Seok-Woo, yang baru bercerai dengan istrinya, berangkat dengan KTX (kereta api cepat Korea) dari Seoul bersama para penumpang lain.

Ketika kereta akan berangkat, seorang wanita dengan luka di kakinya masuk ke dalam kereta tersebut. Wanita tersebut mencoba menyerang pramugari kereta yang ingin mencoba menolongnya. Sejak itu, wanita zombie itu telah menginfeksi sejumlah besar penumpang kereta.

Masinis kereta mengumumkan bahwa kereta akan berhenti di Daejeon, tempat para tentara telah siaga untuk menolong mereka. Namun, ketika sampai di sana, keadaan stasiun sepi dan tidak ada orang sama sekali. Ketika menyadari bahwa seluruh tentara telah menjadi zombie, mereka masuk kembali ke kereta api tersebut dan menuju Busan, tempat yang kebocoran virus itu dibersihkan.

Dalam perjalanan tersebut, mereka diserang oleh sejumlah mayat hidup dan Seok-woo sempat digigit oleh Yong-suk, yang akhirnya berubah menjadi zombie. Seok-woo mengajari Sung Kyung dan Su-an bagaimana menghentikan kereta api sebelum ia meninggalkan mereka dan terjun dari atas kereta api yang berjalan.

2. Miracle in Cell no.7

Pada awal sampai akhir film, Miracle in Cell no.7 menceritakan plot cerita yang pilu. Disutradarai oleh Lee Hwan-kyung, film ini perdana tayang pada 23 Januari 2013.

Film sedih ini menceritakan tentang kisah romansa ayah dan anak. Sang ayah memiliki penyakit down sindrome dan harus merawat anak semata wayang yang bernama Ye Sung.

Ye Sung digambarkan seorang anak yang cantik dan pintar. Ia nantinya akan berprofesi sebagai seorang hakim.

Suatu ketika terjadi peristiwa tragis yang membuat sang ayah, yakni Lee Yong Go dipenjara. Peristiwa tragis itu diawali ketika Ye Sung sangat tertarik dengan tas kuning bergambar Sailor Moon di sebuah toko. Karena belum gajian, Lee Yong Go dan Ye Sung hanya bisa melihat tas itu dari balik kaca etalase toko, Lee Yong Go berjanji akan membelikan tas itu setelah gajian.

Tapi betapa kecewanya Lee Yong Go dan Ye Sung karena tas Sailor Moon itu dibeli seorang anak perempuan bersama orang tuanya. Karena sangat sayang kepada anaknya, Lee Yong Go nekad masuk ke dalam toko dan meminta agar tas Sailor Moon itu tidak jadi dibeli.

Tapi malang sekali, ayah dari anak pembeli tas itu adalah seorang Komisaris Jenderal Kepolisian yang sombong dan langsung memukuli Lee Yong Go. Anak Komisaris Jendral polisi yang bernama Ji Yeong ternyata baik hati.

Setelah Lee Yong Go gajian, Ji Yeong menemui Lee Yong Go dan menunjukkan toko lain yang juga menjual tas Sailor Moon. Tapi disinilah awalnya petaka karena di perjalanan, Ji Yeong terpeleset dan meninggal dunia.

Lee Yong Go dituduh membunuh Ji Yeong karena kening Ji Yeong terluka dan disamping kepalanya ada batu bata sehingga Lee Yong Go dituduh memukul kepala Ji Yeong dengan batu bata padahal batu bata itu jatuh dengan sendirinya di kepala Ji Yeong ketika terjatuh. Lebih parah lagi, sesuai dengan pelajaran yang diterima Lee Yong Go ketika menjalani pelatihan sebagai tukang parkir, cara menyelamatkan orang yang pingsan adalah membuka celana agar melancarkan peredaran darah kemudian memberi pernapasan buatan dari mulut ke mulut.

Karena itulah, Lee Yong Go dituduh selain membunuh juga memperkosa Ji Yeong. Akhir cerita, si ayah dijatuhi hukuman mati, tetapi si anak mencoba membersihkan nama sang ayah.

3. Parasite

Film ini merupakan sebuah film thriller besutan sutradara sutradara Bong Joon-ho. Menceritakan kesenjangan kehidupan antara si kaya dan si miskin.

Berawal dari Ki Woo (Choi Woo Shik) yang mendapatkan tawaran pekerjaan menjadi guru Bahasa Inggris dari putri keluarga Park Dong Il yang kaya raya. Ki Woo mulai menaikkan kondisi ekonomi keluarganya dengan mengajak saudara kandungnya, Ki Jung (Park So Dam) untuk bekerja bersamanya.

Malapetaka terjadi kepada keluarga kaya tersebut yang menyebabkan nyawa si keluarga satu persatu harus melayang. Film berakhir dengan Ki-woo dan Chung-seok yang masih tinggal di banjiha, persis seperti adegan awal dari film.

4. My Sassy Girl

Disutradarai Kwak Jae-yong film ini begitu melejit pada zamannya. Meski sudah 20 tahun, namun film ini masih saja tetap eksis dan menjadi film Korea terbaik.

Dalam klasik modern yang romantis serta, kesempatan bertemu dengan seorang gadis mabuk di kereta menempatkan Gyeon-woo dalam hubungan masokis yang tidak pernah dia inginkan. Tetapi terlepas dari cara-cara intimidasinya, dia menemukan dirinya jatuh cinta.

Gyeon-woo (Cha Tae-hyun) adalah seorang mahasiswa jurusan teknik. Suatu hari ia bertemu dengan seorang gadis mabuk (Jun Ji-hyun) di sebuah stasiun kereta.

Ketika di dalam kereta, si gadis (Jun Ji-hyun) tiba-tiba pingsan dan sebelum pingsan ia sempat mengucapkan kata sayang kepada Gyeon-woo, hal itu sontak membuat Gyeon-woo kelimpungan karena para penumpang kereta menyangka Gyeon-woo adalah pacar si gadis dan menyuruh Gyeon-woo untuk bertanggung jawab.

Dengan terpaksa Gyeon-woo menggendong si gadis dan membawanya ke hotel untuk istirahat. Perkenalan mereka akhirnya membuat mereka menjadi sepasang kekasih. Perjalanan kisah cinta mereka dibumbui kisah-kisah lucu karena si gadis yang memiliki sifat egois selalu memaksa Gyeon-woo melakukan apapun yang menjadi kemauannya.

5. Wedding Dress

Jika Miracle in Cell no.7 menceritakan tentang ayah dan anak, film ini menceritakan tentang hubungan ibu dan anak. Wedding Dress juga merupakan film yang akan membuat kamu nangis hingga sesegukan.

Menceritakan tentang seorang Single Mother yang berprofesi sebagai Designer gaun pengantin. Seo Go-Eun (Song Yoon-Ah) hidup bersama Putri semata wayangnya yang bernama Jang So-Ra (Kim Hyang-Gi). Disisi lain, Go-Eun menyadari bahwa dirinya mengidap penyakit Kanker Lambung dan berusaha untuk menyembunyikannya dari So-Ra dan keluarganya.

Jang So-Ra sendiri merupakan anak yang mengidap COD (Obsessive Compulsive Disorder) yang membuat anak ini tidak mau berbagi makanan dan minuman bersama orang lain, hal inilah yang membuat So-Ra dikucilkan oleh teman-temannya disekolah. Dan lambat laun, gadis kecil ini menyadari perubahan yang terjadi pada ibunya dan mengetahui tentang penyakit parah yang dideritanya.

Nah itu dia tadi rekomendasi film Korea terbaik. Bagaimana, sangat menarik bukan? (rth)

Topik Terkait