img_title
Foto : Indiewire.com

IntipSeleb Gaya HidupFilm misteri terbaik akan mampu membuat penonton fokus menyimak dari awal hingga akhir karena menyuguhkan alur cerita yang sukses membuat penasaran.

Film yang memiliki genre misteri juga merupakan jenis film yang diminati oleh banyak orang. Hal itu karena genre misteri biasanya menghadirkan kisah yang mampu memicu penonton untuk ikut berpikir dan menebak-nebak apa yang akan terjadi selanjutnya.

Di antara banyaknya film dengan genre misteri, tentu kita akan memilih film misteri yang terbaik untuk ditonton. Nah, berikut ini rekomendasi film misteri terbaik yang bisa Anda pilih.

6 Rekomendasi Film Misteri Terbaik

1. Memento (2000)

variety.com
Foto : variety.com

Rekomendasi judul film terbaik yang pertama adalah Memento yang merupakan karya sutradara kawakan Christopher Nolan. Film-film karya Christopher Nolan memang terkenal dengan jalan cerita yang sulit ditebak sehingga banyak menjadi favorit pecinta film.

Memento mengawali kisah dengan insiden kematian istri sang tokoh utama yang bernama Leonard Shelby. Sang istri diceritakan meninggal dunia akibat dibunuh oleh seseorang tak dikenal.

Nahasnya lagi, ternyata sebelum meninggal dunia sang istri diperkosa terlebih dahulu oleh penjahat. Leonard Shelby pun memutuskan untuk memecahkan teka-teki kematian sang istri sendirian tanpa meminta bantuan polisi.

Masalahnya, sang tokoh utama ini memiliki kelainan berupa penyakit yang membuatnya hanya memiliki ingatan jangka pendek. Hal itu berarti Leonard Shelby tak bisa mengingat kejadian yang sudah berlalu cukup lama.

Dengan premis yang cukup kompleks tersebut, Christopher Nolan menyajikan banyak sekali teka-teki yang membuat penonton harus berpikir keras untuk memecahkannya.

Film ini pertama kali tayang di Festival Film Venesia. Dalam proses penggarapannya, Christopher Nolan dibantu oleh produser Jennifer Todd dan Suzanne Todd.

2. Death on The Nile (2022)

Death on The Nile
Foto : Death on The Nile

Ini adalah film misteri terbaik sekaligus salah satu yang terbaru karena tayang di tahun 2022. Diangkat dari novel terkenal karya Agatha Christie dengan judul yang sama, film ini menyuguhkan jalan cerita yang seru dan buat penasaran.

Berkisah tentang Simon Doyle dan Jacqueline de Bellefort yang menjalin pertunangan dan memutuskan untuk menjalani hidup baru mereka. Sayangnya, kisah cinta mereka harus rusak ketika Simon Doyle mendua dengan Linnet Ridgeway yang merupakan sahabat dari Jacqueline de Bellefort.

Simon Doyle dan Linnet Ridgeway akhirnya menikah dan memutuskan untuk pergi berbulan madu menaiki kapal pesiar yang rutenya akan menyusuri sungai Nil di Mesir.

Di tengah momen bulan madu di kapal pesiar tersebut, sebuah pembunuhan yang tidak terduga terjadi. Beruntung di atas kapal itu ada seorang detektif andal bernama Hercule Poirot.

Sang detektif pun akhirnya memulai investigasinya yang mendebarkan untuk mengungkap dalang di balik pembunuhan itu. Semua penumpang di kapal tersebut pun tak luput dari kecurigaan.

Film ini dibintangi oleh Kenneth Branagh, Gal Gadot, Armie Hammer, Letitia Wright, dan Armie Hammer.

3. Se7en (1995)

Netflix.com
Foto : Netflix.com

Pilihan film terbaik sepanjang masa yang selanjutnya adalah Se7en yang memiliki kisah utama tentang pembunuh berantai. Film ini dibintangi oleh Brad Pitt dan Morgan Freeman.

Sang pembunuh berantai yang diceritakan di film ini pun tak melakukan aksinya dengan sembarangan. Ia mendasarkan aksi pembunuhannya berdasarkan pada konsep tujuh dosa utama yang mematikan atau Seven Deadly Sins.

Perlu diketahui, Seven Deadly Sins adalah tujuh dosa besar yang selalu dilakukan oleh sebagian besar manusia di muka bumi ini. Ketujuh dosa tersebut di antaranya adalah serakah, rakus, pemarah, sombong, malas, nafsu, dan iri hati.

Demi mengungkap sosok pembunuh berantai tersebut, dua orang detektif yang diberikan misi untuk menemukan bukti agar sang pembunuh dapat dinyatakan bersalah dan dijebloskan ke penjara.

Setiap kasus yang ditemukan oleh kedua detektif tersebut sangat sadis dan mengerikan. Sang pembunuh juga dikisahkan begitu menikmati proses pembunuhan keji yang ia lakukan.

4. Scream (1996)

variety.com
Foto : variety.com

Pecinta film misteri tentu pernah mendengar tentang film ikonik yang satu ini. Disutradarai oleh Wes Craven, Scream bisa dikatakan sebagai salah satu film misteri yang memiliki kisah pembunuhan yang sangat sulit ditebak.

Hal itu menjadi faktor mengapa film ini begitu diminati di era 90-an silam dan hingga kini menjadi film misteri yang legendaris dan sangat dikenang.

Film ini mengisahkan tentang seorang pembunuh berantai yang memiliki sifat gila akan pengakuan serta ambisius. Sehingga tindakan membunuh banyak korban bukan karena ingin merampas harta benda, melainkan hanya sekadar memuaskan keinginan diri sendiri.

Masalah semakin rumit karena pembunuh tersebut selalu berhasil lolos dari penangkapan, sehingga kasus pembunuhan yang terjadi pun menjadi sulit untuk terungkap.

Alur ceritanya yang susah untuk ditebak dan pembunuh berantai yang memiliki karakter sangat kejam itu membuat film Scream jangan sampai dilewatkan jika Anda merupakan pecinta genre misteri.

5. Palm Springs (2020)

cineverse.id
Foto : cineverse.id

Rekomendasi selanjutnya adalah film bergenre misteri yang berjudul Palm Springs. Film ini pun merupakan salah satu film termahal yang terjual di tahun 2020.

Palm Springs rencananya akan tayang di Festival Film Sundance 2020. Akan tetapi hal tersebut gagal akibat pandemi, sehingga film ini pun dibeli oleh platform Neon dan Hulu dengan budget sebesar $22 juta.

Film misteri ini mengisahkan dua orang muda mudi yang ikut dalam sebuah acara pernikahan, kemudian tanpa disengaja mereka justru saling tertarik satu sama lain.

Namun, hal yang janggal terjadi kepada mereka berdua yang membuat keduanya merasa seperti terjebak dalam acara pernikahan tersebut.

Keanehan demi keanehan terus dialami oleh mereka berdua. Salah satunya adalah kejadian di mana mereka selalu terbangun berulang kali dalam tempat dan waktu yang sama seperti sebelumnya.

Keseruan dalam film ini muncul saat kedua muda mudi tersebut melakukan berbagai cara untuk keluar dari tempat itu secepatnya.

6. Dark Places (2015)

Rekomendasi film misteri terbaik yang terakhir adalah Dark Places. Disutradarai oleh Gilles Paquet-Brenner, film ini pertama kali rilis di Prancis.

Cerita yang disuguhkan yakni seputar masa lalu kelam sang tokoh utama yang bernama Libby Day. Ia dikisahkan memiliki seorang kakak yang menjadi terdakwa dengan tuduhan telah membunuh ibu mereka berdua.

Libby Day pun berusaha mengorek masa lalu dan menyelesaikan trauma yang ia miliki. Hal itu membawanya mengungkap insiden kematian ibunya.

Ia pun mulai melakukan investigasi terhadap masa lalunya yang kelam itu. Dalam investigasinya, Libby Day menemukan banyak fakta yang mencengangkan.

Berbagai fakta yang ia temukan itu pun pada akhirnya mengubah hidupnya yang selama ini diselimuti trauma menyeramkan. Bukan hanya hidupnya sendiri yang berubah, namun fakta tersebut juga ikut mengubah hidup kakaknya yang selama ini mendekam di balik jeruji besi.

Dark Places dibintangi oleh sederet bintang Hollywood terkenal seperti Charlize Theron, Nicholas Hoult, Chloe Grace Moretz, dan juga Gillian Flynn. (rth)

Topik Terkait