img_title
Foto : MBC

IntipSeleb Gaya Hidup – Berikut deretan artis Korea yang meninggal dunia. Dunia KPop yang digemari banyak orang nyatanya menyimpan sisi kelam dan kisah tragis.

Di dalamnya banyak tekanan, dan tidak selamanya sesuai apa yang diperlihatkan di media. Beberapa artis ini merasa tidak kuat hingga memutuskan untuk mengakhiri hidupnya.

Seperti kita ketahui, dibalik penampilan para artis yang sempurna di media, di dalamnya perjuangan mereka juga sangat keras. Mereka memiliki tuntutan publik yang tinggi, dan salah sedikit saja akan menyebabkan karier mereka bisa jatuh.

Sebagian dari mereka merasa depresi dan tidak kuat dengan tekanan di dunia entertainment Korea. Selama beberapa tahun, ada saja bintang KPop bertalenta yang kehilangan nyawa karena depresi.

Berikut ini merupakan daftar nama artis Korea yang meninggal karena bunuh diri. Siapa saja? Yuk terus simak artikel timeless di bawah ini.

1. Jang Ja Yeon

KBS Drama
Foto : KBS Drama

Jang Ja Yeon merupakan salah satu artis Korea yang memutuskan untuk mengakhiri hidupnya. Dirinya ditemukan tidak bernyawa pada 7 Maret 2009 silam.

Aktris kelahiran 25 Januari 1980 tersebut merupakan pemeran Sunny di drama Korea populer 'Boys Over Flower'. Sebelum itu, Jang Ja Yeon mulai masuk ke industri entertainment Korea Selatan sejak 2006 silam karena menjadi model sebuah iklan.

Dilansir dari Naver, dirinya dilaporkan telah mengalami depresi. Jang Ja Yeon diduga harus melayani 31 pria, diperkirakan berasal dari kalangan petinggi dan pejabat di industri hiburan, total sebanyak 100 kali. Untuk menghilangkan depresinya, ia pun telah melakukan berbagai perawatan.

Jang Ja Yeon berusia 29 tahun kala ditemukan tidak bernyawa karena gantung diri. Kala itu juga, dirinya tengah menantikan film yang dibintanginya rilis, yang berjudul 'Where is Jung Seung Pil'.

2. Park Yong Ha

Nama Park Yong Ha mulai melambung kala ia menjadi bintang dalam drama legendaris Winter Sonata pada tahun 2002. Ia memulai debutnya pada tahun 1994 dalam drama Theme Theater yang ditayangkan MBC.

Dirinya kemudian sukses dalam projek di banyak dunia entertainment selanjutnya. Bahkan kepopulerannya itu hingga merambah ke luar negeri.

Park Yong Ha memiliki fans club tersendiri di Jepang, Tidak hanya sukses di dunia akting, ia juga bahkan sempat mengeluarkan lagu-lagu yang hits, bahkan album yang terbilang sukses.

Di Jepang sendiri, lagunya sampai di urutan ke-3 tangga lagu Oricon. Singel berikutnya yang berjudul "Say Goodbye" dan album berjudul Love juga berhasil masuk ke dalam tangga lagu Oricon.

Namun, pada 30 Juni 2010, ia ditemukan bunuh diri di rumahnya, di Seoul oleh sang ibu. Pada saat itu, Park Yong Ha yang berusia 32 tahun tergantung tak bernyawa dengan kabel harger camcoder yang melilit di lehernya.

Disinyalir depresi adalah hal yang membuatnya memutuskan untuk mengakhiri hidupnya. Park Yong Ha diduga juga mengalami tekanan dari bisnis yang dijalankannya.

3. Ahn So Jin

Ahn So Jin adalah seorang trainee Korea Selatan di bawah DSP Media. Dia adalah kontestan di reality show Superstar K1 dan KARA Project. Pada 24 Februari 2015, dia meninggal karena bunuh diri.

Wanita kelahiran 25 Mei 1992 tersebut mengakhiri hidupnya lantaran melompat dari balkon apartemennya. DIduga Ahn So Jin mengalami depresi.

Dirinya sangat berbakat, sehingga ditunjuk untuk menjadi leader di girl grup Baby Kara. Menjadi idol KPop merupakan mimpi Ahn So Jin sejak berumur 17 tahun.

Pihak agensi menuturkan bahwa kontrak dengan Ahn So Jin telah berakhir sejak sebulan sebelum ia memutuskan untuk mengakhiri usianya. Dirinya juga tidak diikutsertakan dalam kegiatan Baby Kara selanjutnya.

4. Jonghyun SHINee

The Qoo
Foto : The Qoo

Kim Jong Hyun atau lebih dikenal dengan sebutan Jonghyun SHINee merupakan lead vocal dari boyband SHINee. Dirinya ditemukan tak sadarkan diri usai menghirup briket batu bara.

Sebelumnya, kakak perempuannya mencoba menghubungi petugas kepolisian. Kakak perempuan Jonghyun SHINee curiga adiknya tersebut akan melakukan percobaan bunuh diri usai mengirimkan pesan "Selamat tinggal untuk selamanya".

Setelah itu ia pun dilarikan ke rumah sakit usai menderita gagal jantung. Namun, percobaan pertolongan kepada Jonhyun gagal, sehingga ia harus kehilangan nyawanya di rumah sakit.

Kematiannya pada 18 Desember 2017 sempat menggemparkan publik. Tak banyak yang tahu jika selama ini dia mengalami depresi parah.

Belakangan setelah kematiannya terkuak surat wasiatnya. Jonghyun SHINee memutuskan untuk melakukan percobaan bunuh diri karena depresi.

"Aku hancur dari dalam. Depresi yang perlahan menggerogotiku, akhirnya benar-benar menelanku. Dan aku tidak bisa mengalahkannya." Tulis Jonghyun SHINee dalam surat wasiatnya.

7. Sulli

www.instagram.com/jelly_jilli
Foto : www.instagram.com/jelly_jilli

Choi Jinri atau lebih dikenal dengan nama panggung Sulli adalah seorang mantan anggota dari girlband F(x). Dirinya juga merupakan seorang aktris berbakat dan memainkan sejumlah film dan drama.

Sulli debut sejak tahun 2005 di bawah naungan SM Entertainment sejak usianya masih belia. Gadis kelahiran 29 Maret 1994 tersebut memang memiliki mimpi menjadi penyanyi.

Kemudian dirinya ditemukan tak bernyawa oleh manajernya pada tanggal 14 Oktober 2019. Sulli mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri.

Sebelum meninggal dunia, Sulli mengeluhkan tentang cyberbullying yang menimpanya dan membuat pemain To The Beautiful You tersebut depresi. Banyak yang menduga, hal tersebut lah yang menjadi alasan dirinya memutuskan untuk mengakhiri hidup.

8. Goo Hara

Osen
Foto : Osen

Artis Korea yang memutuskan untuk mengakhiri selanjutnya adalah Goo Hara. Dirinya ditemukan meninggal hanya selang 6 minnggu setelah sang sahabat, Sulli yang juga memutuskan untuk mengakhiri hidupnya.

Sebelum meninggal, ia juga sempat memberi pesan selamat tinggal pada akun sosial medianya. Jauh sebelum Goo Hara ditemukan tidak bernyawa, ia juga sempat melakukan percobaan bunuh diri karena mendapat ancaman dari sang kekasih untuk membongkar rekaman asusilanya.

Ia dinyatakan meninggal dunia pada 29 November 2019. Pemakaman Goo Hara dilakukan secara tertutup atas permintaan dari keluarga.

9. Cha In Ha

Lee Jae-ho atau yang memiliki nama panggung Cha In Ha adalah seorang pemeran dan penyanyi asal Korea Selatan. Ia dikenal melalui drama The Banker, Clean with Passion for Now, dan Love with Flaws.

Cha In Ha memulai karier sebagai anggota grup musik Surprise U pada tahun 2017. Dirinya sangat berbakat di dunia akting maupun tarik suara.

Cha In-ha meninggal pada 3 Desember 2019 dengan penyebab yang belum diungkapkan. Ia ditemukan telah meninggal oleh manajernya di rumahnya.

Agensinya, yakni Fantagio, meminta agar tidak menyebarkan "rumor dan laporan spekulatif" yang melibatkan kematian Cha In Ha. Untuk menghormati keluarganya, pemakaman dilakukan secara tertutup.

10. Song Yoo Jung

@u_jjooung/Instagram
Foto : @u_jjooung/Instagram

Song Yoo Jung memulai debut aktingnya di serial MBC Golden Rainbow pada tahun 2013. Sejak penampilan pertamanya tersbeut, membuat publik mulai melirik bakatnya.

Sejumlah brand ternama juga tertarik untuk berkolaborasi dengan Song Yoo Jung. Di antaranya Estee Lauder, The Body Shop hingga eskrim Baskins Robins.

Pada 25 Januari 2021 silam, agensinya, Sublime Artist Agency mengumumkan bahwa Song Yoo Jung meninggal dunia. Meski tidak disebutkan penyebab kematiannya, namun publik menduga penyebab kematian aktris 26 tahun tersebut adalah bunuh diri.

Nah, itu tadi deretan artis korea yang meninggal dunia karena bunuh diri. Semoga ke depannya tidak ditemukan lagi artis yang memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dan menjalani sisa hidup dengan penuh kebahagiaan. (jra)

Topik Terkait