img_title
Foto : Www.freepik.com/jcomp

IntipSeleb Gaya HidupResep Sate Padang, ternyata cukup mudah dan bisa menjadi salah satu kreasi masakan anda yang baru. Bahannya tak berbeda jauh dengan sate biasanya, akan tetapi memiliki bumbu-bumbu yang lebih banyak dibanding biasanya.

Ada perbedaan antara Sate Padang dengan Sate Kambing atau Ayam yang biasa adalah bumbunya. Sate Padang memiliki saus yang lebih kental.

Seperti namanya, Sate Padang merupakan makanan khas asal Sumatera Barat. Pada dasarnya, sate Padang ada 3 varian yang berbeda, yakni sate Padang, Sate Padang Panjang dan Sate Pariaman. Tentunya meskipun sama-sama ‘Padang’, ada perbedaan antara tiga jenis sate tersebut.

Sate Padang Panjang, memiliki ciri khas sajian bumbunya yang berwarna kekuningan. Kemudian Sate Pariaman yang memiliki ciri khas sajian bumbunya yang berwarna merah karena cenderung lebih pedas. Sedangkan Sate Padang Kota, identik dengan sajikan bumbu yang berwarna cokelat, banyak pula yang menganggap jika bumbu Sate Padang Kota merupakan perpaduan antara Sate Padang Panjang dengan Sate Pariaman.

Biasanya Sate Padang menggunakan daging sapi, lidah atau jeroan sebagai bahan utamanya. Sedangkan bumbunya sendiri seperti yang disebutkan tadi, yakni memiliki tekstur lebih kental. Meskipun berasal dari Padang, nyatanya kini Sate Padang mudah ditemui di Kota-kota besar lainnya, seperti kawasan Jabodetabek misalnya.

Kuliner yang masuk ke jenis sate-satean ini banyak digemari. Rasanya yang berbeda dengan sate pada umumnya, tentu membuat Sate Padang memiliki kekhasannya tersendiri. Untuk anda yang penasaran mencoba Sate Padang, anda juga bisa membuatnya di rumah lho.

Meskipun memiliki beberapa tahapan memasak yang berbeda dari memasak sate biasa, pada dasarnya resep Sate Padang ternyata cukup mudah. Penasaran seperti apa? Yuk lihat rangkuman resep Sate Padang berikut ini.

1. Resep Sate Padang

YouTube/DAPURSICONGOK
Foto : YouTube/DAPURSICONGOK

Bahan-bahan:

- 500 gr daging sapi segar
- 1 liter air kaldu rebusan daging
- tepung beras secukupnya (untuk membuat kuah bekas rebusan daging mengental)

Bumbu Halus:

- 10 biji cabe merah kering (rendam air hangat dan buang bijinya)
- 15 gr kunyit
- 38 gr jahe
- 10 siung bawang merah
- 6 siung bawang putih
- 5 butir kemiri

Bumbu tambahan:

- 1 sdm pasta kari atau bisa juga bumbu kari yang bisa dibeli di pasar tradisional
- 1 1/2 sdt bubuk kari kering
- 2 sdm ketumbar
- 1 sdt jinten (haluskan di ulekan)
- 1 sdt penuh bubuk cabe merah
- 1 sdt bubuk merica putih
- 45 gr lengkuas (geprek)
- 2 batang serai (masing2 potong menjadi 3 bagian dan geprek)
- 5 lembar daun jeruk purut
- 3 lembar daun salam
- 10 butir cengkeh
- 1 sdt bubuk kayu manis
- 1 buah bunga lawang

Cara membuat atau Resep Sate Padang

1. Langkah pertama adalah rebus daging sapi yang telah disiapkan selama kurang lebih 15 menit. Tutup, kemudian setelah setengah matang, angkat dan tiriskan. Potong kecil-kecil daging yang telah direbus.
2. Selanjutnya, haluskan semua bahan yang telah ditulis di atas untuk yang bumbu halusnya. Setelah itu, tumis bumbu yang telah dihaluskan dan aduk-aduk.
3. Tambahkan pasta kari, bubuk kari, ketumber, jinten, daun jeruk, salam, lengkuas geprek, serai, cabai bubuk kemudian diaduk semua hingga tercampur rata. Masak hingga harum.

4. Kemudian masukkan potongan daging tadi ke dalam bumbu, aduk-aduk dan tutup atau masak selama kurang lebih lebih 15 menit.
5. Selanjutnya, tambahkan 1 liter air kaldu rebusan daging tadi, kemudian diaduk-aduk.
6. Masak selama kurang lebih 1 jam. Jangan lupa tambahkan merica bubuk, Koreksi rasa dan matikan api, lalu diamkan selama kurang lebih 4 jam.

7. Setelah dingin, keluarkan daging dari air rebusan tadi. Kemudian tusuk dengan tusuk sate. Diamkan sebentar agar air yg meresap ke dalam daging kering. Kemudian bakar.
8. Selanjutnya saring air bekas tumisan sekaligus rebusan daging tadi. Campur sedikit antara tepung beras dengan air bekas rebusan tadi kemudian diaduk (ini untuk menjadi bahan pengentalnya). Setelah itu tambahkan sedikit demi sedikit bahan tersebut ke kuah bumbu yang banyak. Aduk-aduk kemudian sambil dimasak. Masak hingga tingkat kekentalan yang anda inginkan.
9. Setelah siap, angkat sate dan tuangkan bumbu. Sate Padang diap dinikmati.

(Sumber resep YouTube DAPURSICONGOK)

2. Resep Sate Padang

YouTube/Yuda Bustara
Foto : YouTube/Yuda Bustara

Bahan-bahan:

- 500 gram daging sapi yang agak sandung lamur
- 250 gram lidah
- 250 gram usus
- 250 gram babat
- 1 Iembar daun kunyit
- 2 cm lengkuas (memarkan)
- 5 Iembar daun jeruk purut
- 2 batang serai (memarkan)
- 1 potong asam kandis
- 1 sdt garam
- 30 batang tusuk sate (rendam air)

Kuah sate:
- 50 gram tepung beras
- 1 sdm tepung sagu
- 600 ml air perebus daging dan jeroan

Bumbu dihaluskan:
- 9 buah cabai merah keriting
- 7 buah bawang merah
- 1 sdt ketumbar (sangrai)
- 1/2 sdt merica utuh (sangrai)
- 1/4 sdt jinten (sangrai)
- 1 sdt kunyit cincang
- 1 sdt jahe cincang
- 1 sdt lengkuas cincang
- 1 1/2 sdt garam
- ketupat/lontong
- bawang goreng

Cara membuat atau resep Sate Padang:

1. Langkah pertama adalah haluskan semua bumbu halus yang telah disebutkan diatas. Setelah halus, sisihkan.
2. Rebus daging sapi, lidah, usus, babat. Jangan lupa, tambahkan bumbu yang telah dihaluskan sebelumnya. Aduk hingga tercampur rata.
3. Selanjutnya tambahkan serai, daun jeruk, lengkuas, asam kandis, dan daun kunyit. Aduk-aduk dan masak hingga daging matang.
4. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Potong-potong tiap bagian daging, lidah dan jeroan ke ukuran kecil atau sesuaikan dengan selera. Setelah itu tusuk dengan tusuk sate.
5. Berikutnya, bakar daging yang telah ditusuk. Tambahkan sedikit minyak di atasnya dan juga sedikit garam.

6. Untuk kuahnya, ambil sedikit kuah bumbu yang tadi direbus bersama dengan daging, lalu dicampurkan dengan tepung beras dan tepung sagu. Aduk-aduk hingga merata.
7. Lalu, tambahkan sedikit demi sedikit campuran tepung tadi ke kuah rebusan. Masak sambil terus diaduk. Sesuaikan dengan tingkat kekentalan yang anda inginkan.
8. Setelah sate matang, angkat dan tuangkan saus sate padang sebelumnya dan Sate Padang siap disajikan.

(Sumber resep YouTube Yuda Bustara)

Demikian adalah beberapa resep Sate Padang. Jika ada yang kurang jelas dari artikel ini, anda bisa mengunjungi langsung Channel YouTube di atas yang merupakan sumber dari resep tertera. Semoga artikel timeless ini dapat bermanfaat bagi anda dan jangan lupa untuk mencobanya sendiri! (bbi)

Topik Terkait