img_title
Foto : Instagram/amberheard

IntipSeleb Gaya HidupAmber Heard beberapa waktu lalu santer dibicarakan dan menjadi trending di berbagai platform. Perseteruannya bersama Johnny Depp perihal gugatan pencemaran nama baik.

Sebelum namanya terlibat dalam persidangan nama baik, Amber Heard sudah dikenal sebagai aktris dengan peran ikoniknya dalam film Aquaman memerankan karakter Mera.

Sayangnya, kini kariernya terancam meredup akibat kasus yang melibatkannya itu. Meski terlibat kontroversi, namun perjalanan karier, profil, serta fakta Amber Heard menarik untuk disimak. Seperti apa? Yuk, simak selengkapnya berikut ini.

7 Profil dan Fakta Amber Heard

1. Profil Amber Heard

Instagram/amberheard
Foto : Instagram/amberheard

Amber Heard memiliki nama lengkap Amber Laura Heard dan lahir di Texas, Amerika Serikat, pada 22 April 1986. Ia lahir dari pasangan David Heard dan Page Parsons, dan memiliki seorang adik perempuan bernama Whitney Heard.

Amber Heard dibesarkan di dalam keluarga Katolik. Namun dia mulai menjadi ateis pada umur 16 tahun. Ia merasa tak lagi nyaman dengan kota Texas yang menurutnya terlalu konservatif dan takut akan Tuhan.

Sehingga akhirnya ia pun memutuskan untuk pindah dari sekolah Katoliknya dan memilih untuk mengejar karier aktingnya dengan menetap di Los Angeles.

2. Awal Karier Amber Heard

Variety.com
Foto : Variety.com

Amber Heard memulai debut aktingnya dengan peran kecil pada sebuah drama bertajuk Friday Night Lights yang tayang pada 2004.

Di tahun yang sama, ia juga berkesempatan muncul dalam dua video musik yakni There Goes My Life karya Kenn Chesney dan I Wasn’t Prepared dari band Eisley.

Sementara itu, aktris cantik satu ini akhirnya mendapatkan peran utama perdananya pada film bergenre thriller yang berjudul All the Boys Love Mandy Lane (2006).

Sejak saat itu ia pun terus menerima tawaran untuk berperan dalam berbagai judul film selanjutnya seperti The Ward (2010), Drive Angry (2011), Magic Mike XXL (2015), The Danish Girl (2015), dan masih banyak lagi.

Nama dan kariernya pun semakin menanjak dan dikenal banyak penggemar film semenjak menjadi bagian dari jagat DC Extended Universe.

Ia pertama kali muncul sebagai karakter Mera di film Justice League (2017). Kemudian kembali muncul memerankan karakter yang sama di film Aquaman (2018) dan beradu akting bersama Jason Momoa.

Seharusnya Amber Heard dijadwalkan akan muncul kembali dalam sekuel Aquaman selanjutnya yang berjudul Aquaman and the Lost Kingdom yang dijadwalkan tayang pada 2023 mendatang.

Akan tetapi pasca kontroversi yang menimpanya, ia pun terancam tidak tampil di sekuel tersebut. Meski begitu, Amber Heard sempat mengaku tetap memperjuangkan perannya di film tersebut.

3. Memiliki Seorang Anak dari Ibu Pengganti

Instagram/amberheard
Foto : Instagram/amberheard

Amber Heard diketahui memiliki seorang anak dengan menggunakan jasa ibu pengganti atau surogasi. Hal itu diumumkannya sendiri lewat sebuah unggahan di akun Instagramnya pada bulan Juli 2021 lalu.

Anak yang berjenis kelamin perempuan dan lahir pada 8 April 2021 itu dinamakan Oonagh Paige Heard. Menurutnya, nama tersebut terinspirasi dari ibunya yang telah meninggal dunia pada Mei 2020 silam.

Melalui captionnya di unggahan tersebut, Amber Heard menyadari bahwa keputusannya adalah sesuatu yang radikal. Namun ia juga menegaskan bahwa kehidupan pribadinya bukanlah urusan orang lain.

Meski begitu, ia mengaku bersyukur atas kelahiran sang anak karena dirinya sudah menanti selama 4 tahun lamanya.

Karena memiliki anak hasil program surogasi atau meminjam rahim wanita lain untuk mengandung anaknya, sosok ayah dari sang anak pun sempat dipertanyakan karena tak diungkap identitasnya ke hadapan publik.

4. Bangga Mengaku Biseksual

Instagram/amberheard
Foto : Instagram/amberheard

Amber Heard dahulu pernah mengaku bahwa dirinya adalah seorang biseksual. Melansir dari US Magazine, pengakuan tersebut diungkapkannya pada tahun 2010 lalu.

Kala itu ia juga memperkenalkan kekasihnya kepada publik yang merupakan sesama wanita bernama Tasya van Ree. Kekasihnya itu berprofesi sebagai seorang fotografer.

Usai membuat pengakuan yang kontriversial tersebut, karier Amber Heard sempat mengalami keterpurukan. Namun ia berusaha untuk tidak mempedulikan hal tersebut.

Mengutip dari Elle, bahkan pada 2013 lalu Amber Heard justru mengatakan bahwa ia bangga dengan identitasnya sebagai biseksual. Ia mengaku tidak ingin menyembunyikan segala sesuatu yang berbau identitas dirinya, termasuk identitas seksual.

Ia diketahui mulai berkencan dengan Tasya van Ree sejak 2008 silam. Keduanya menjalin hubungan selama 4 tahun lamanya.

Di tahun 2009, Amber Heard sempat dikabarkan melakukan kekerasan terhadap Tasya van Ree. Hubungan mereka pun akhirnya usai di tahun 2012.

Di tahun 2012 itu pula Amber Heard diketahui sudah mulai menjalin hubungan asmara dengan Johnny Depp.

5. Merupakan Seorang Aktivis Hak Asasi Manusia (HAM)

Instagram/amberheard
Foto : Instagram/amberheard

Selain sebagai seorang aktris dan model, rupanya Amber Heard juga merupakan seorang aktivis yang bergerak di bidang Hak Asasi Manusia.

Lebih tepatnya, ia aktif mengadvokasi berbagai hak untuk perempuan dan anak-anak. Ia membagi waktunya untuk organisasi kemanusiaan, termasuk untuk Amnesty International dan art of Elysium yang memperjuangkan hak asasi manusia secara global.

Amber Heard juga tergabung dalam Syrian American Medical Society yang berfokus membantu para pengungsi di Suriah.

Di tahun 2018, ia juga sempat dinobatkan sebagai Human Rights Champion oleh Dewan Hak Asasi manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa.

6. Punya Kisah Asmara yang Berliku dan Kontroversial

Forbes.com
Foto : Forbes.com

Amber Heard diketahui memiliki kisah asmara yang cukup berliku dan diwarnai beberapa kontroversi. Usai hubungannya dengan Tasya van Ree, Amber Heard menjalin asmara dengan Johnny Depp dan keduanya bertunangan pada tahun 2014.

Mereka berdua pun resmi menikah pada tahun 2015. Akan tetapi, Amber Heard justru mengajukan cerai pada tahun 2016 silam.

Selama pernikahannya dengan Johnny Depp, Amber Heard sempat dikabarkan berselingkuh dengan Cara Delevingne.

Salah satu teman Johnny Depp yang bernama Josh Drew pernah bersaksi bahwa ia melihat Amber Heard berselingkuh dengan Cara Delevingne.

Tak sampai di situ, ia juga diyakini berselingkuh dengan Elon Musk pada 2016. Hal tersebut dituduhkan Johnny Depp dalam persidangannya melawan Amber Heard.

Usai menggugat cerai Johnny Depp pada 2016, Amber Heard kembali berkencan dengan Vito Schnabel di tahun 2018. Akan tetapi hubungan itu berlangsung tak sampai 1 tahun.

Selanjutnya pada tahun 2020 ia menjalin hubungan asmara lagi dengan sinematografer bernama Bianca Butti dan berakhir pada 2021 lalu.

7. Dinyatakan Bersalah di Persidangan Melawan Johnny Depp

Getty Image
Foto : Getty Image

Amber Heard dan Johnny Depp beberapa waktu lalu sempat menjalani persidangan selama 6 minggu lamanya atas tuduhan pencemaran nama baik yang dilayangkan oleh Johnny Depp.

Persidangan yang cukup panjang dan menyita perhatian publik itu berakhir dengan keputusan juri pengadilan Amerika Serikat yang memutuskan bahwa Amber Heard dinyatakan bersalah atas pencemaran nama baik tersebut.

Amber Heard pun diputuskan harus membayar kompensasi sebesar $15 juta atau kurang lebih sekitar Rp218 miliar. (bbi)

Topik Terkait