img_title
Foto : Instagram/@sagaomarnagata dan @claricecutie

IntipSeleb Gaya Hidup – Anak-anak angkatan tahun 90an mungkin kaya akan artis cilik Indonesia yang berbakat. Banyak film yang menceritakan kehidupan anak-anak dan juga diiringi lagu khas anak.

Namun bagaimana di era 2.000an keatas yang memang tontonan layar kaca justru didominasi oleh artis peran dan penyanyi dewasa. Di era sekarang, nampaknya ibu-ibu muda sulit menemukan artis cilik Indonesia yang layak dijadikan idola bagi anak-anak ya.

Banyak kita dengar anak-anak usia balita justru berlagak, berpakaian, dan menyanyikan lagu-lagu dewasa. Bahkan lagu anak-anak yang dulu kerap diputar, kini hilang entah kemana dan dilupakan oleh zaman.

Artis cilik Indonesia yang dulu meramaikan dunia hiburan, kini sudah jadi dewasa dan punya anak seusia anak kita. Lantas masih adakah artis cilik Indonesia yang bisa menjadi idola anak-anak kita? Atau jangan-jangan tidak ada satupun artis cilik Indonesia yang patut jadi idola anak-anak kita.

Jika ada siapa saja kah artis cilik Indonesia di era sekarang yang menyanyikan lagu anak, dan patut menjadi idola? Baca artikel di bawah ini ya.

Artis Cilik Indonesia

Instagram/@ruben_onsu
Foto : Instagram/@ruben_onsu

Beberapa artis cilik Indonesia di bawah ini bisa Anda jadikan arahan untuk karyanya disaksikan oleh anak-anak kita. Bahkan beberapa dari mereka juga merupakan penyanyi yang menyanyikan lagu anak-anak.

Namun di zaman sekarang yang serba modern dan tidak terbatas, orang tua tetap harus mengawasi apa saja yang dikonsumsi anak-anak ya. Banyak orang tua yang kebablasan membebaskan anak, sehingga tidak terkontrol dan dewasa sebelum waktunya.

Bahkan sebagian dari artis cilik Indonesia ini sudah tumbuh menjadi remaja yang gemar menyanyikan lagu bertema dewasa. Jadi sebagai orang tua, Anda perlu pintar menyaring siapa saja yang jadi idola anak ya, begitu juga lagu apa saja yang patut didengar dari artis cilik Indonesia.

1. Thalia Putri Onsu

Instagram/@ruben_onsu
Foto : Instagram/@ruben_onsu

Siapa yang tak kenal Thalia Putri Onsu, anak dari presenter Ruben Onsu dan penyanyi Sarwendah Tan. Thalia merupakan anak pertama dari dua artis papan atas tersebut.

Suara Thalia terkenal merdu, persis seperti bakat yang dimiliki ibunda, Sarwendah Tan. Tak hanya itu, keahlian bernyanyi artis cilik Indonesia, Thalia Putri Onsu sepertinya berkaca pada kakak angkatnya Betrand Peto Putra Onsu yang kini sudah menjelma jadi penyanyi hebat.

Putri Ruben Onsu ini lahir pada 5 Juni 2015 yang saat ini dikenal sebagai seorang penyanyi, aktris, model dan bintang iklan. Ia terjun ke dunia tarik suara pada tahun 2021 dengan merilis single perdananya bertajuk "Uu..Aa..Uu.."

2. Chloe X

Instagram/@chloexaviera
Foto : Instagram/@chloexaviera

Selanjutnya ada Chloe X, keponakan dari penyanyi internasional Agnez Mo. Chloe X bisa disebut sebagai artis cilik Indonesia yang berbakat di bidang menyanyi.

Chloe pertama kali muncul empat tahun lalu ketika usianya baru menginjak 10 tahun. Dia mengeluarkan single dengan jenis musik pop dance yang berjudul Vroom Vroom.

Pada single tersebut Chloe berkolaborasi dengan tantenya, yakni Agnez Mo. Kini Chloe X sudah beranjak menjadi penyanyi remaja.

Pada Mei lalu, Chloe X telah merilis mini album dengan tiga lagu baru yang sudah dapat dinikmati melalui digital platform seperti Spotify Apple Music, Joox, dan Langit Musik.

3. Neona Ayu

Instagram/@aku_naura
Foto : Instagram/@aku_naura

Artis cilik Indonesia selanjutnya adalah Neona, yang merupakan adik dari penyanyi berbakat Naura. Neona akhir-akhir ini menjadi idola baru anak-anak.

Penyanyi cilik ini pernah merilis single berjudul Aduk Neik, yang menjadi alternatif lagu anak yang sedikit berbeda dari pada umumnya. Namun sebelumnya, Naura, Sang Kakak, pun merupakan penyanyi cilik yang lagunya banyak digemari anak-anak.

Neona yang punya karakter lincah dan riang ini sempat mencuri perhatian saat tampil di konser Dongeng Musikal Naura pada tahun 2015 lalu.

Setelah mengeluarkan single-nya Aduh Neik pada 2016 lalu, Neona kembali dengan karya terbarunya berjudul Ada Deh yang dirilis pada Oktober 2017 yang disambut hangat oleh penikmat lagu anak.

4. Zara Leola

Instagram/@mr_enda_ungu
Foto : Instagram/@mr_enda_ungu

Artis cilik Indonesia Zara Leola cukup layak untuk dijadikan idola oleh anak-anak anda. Zara memulai karir dua tahun lalu ketika usianya masih 9 tahun, ketika itu dia mengeluarkan single Move It, yang langsung mendongkrak kariernya sefara tiba-tiba.

Setelah lagu itu, Zara meluncurkan lagi lagu-lagu yang bertemakan anak-anak masa kini. Mulai dari Bounce With Me, Let's Be Happy, Not To Bully dan Wake Up.

Bukan hanya suaranya yang merdu, aksi dance-nya yang enerjik juga menjadi daya tarik penyanyi yang juga merupakan putri dari kusisi Enda “Ungu” itu.

Selain menjadi penyanyi, Zara juga mulai melebarkan sayap ke dunia peran. Zara terlibat dalam film Petualangan Menangkap Petir dia juga dipercaya mengisi soundtrack film tersebut.

5. Clarice

Instagram/@claricecutie
Foto : Instagram/@claricecutie

Anda mungkin baru mendengar nama Clarice, dia adalah salah satu artis cilik Indonesia yang berbakat. Memang namanya tidak sepopuler empat nama sebelumnya.

Tapi, soal prestasi, Clarice tidak kalah dari mereka lho. Clarice dikenal sebagai seorang penyanyi cilik yang cantik. Bahkan dia sudah menelurkan album pertama yang bertajuk Tersenyumlah.

Selain membawakan lagu sendiri, Clarice juga cukup sering membawakan lagu hit milik penyanyi lain. Tahun lalu, gadis kelahiran 16 Oktober 2006 itu pernah membawakan lagu-lagu daerah secara medley seperti Suwe Ora Jamu, Soleram, dan Rasa Sayange.

Selain menyanyi, pemilik nama lengkap Clarice Darmoko ini juga punya bakat akting. Dia pernah bermain film layar lebar Koki-Koki Cilik.

6. Saga Omar Nagata

Instagram/@sagaomarnagata
Foto : Instagram/@sagaomarnagata

Artis cilik Indonesia, Saga Omar Nagata dikenal sebagai penyanyi anak-anak yang berbakat di bidang musik. Bukan sekadar menyanyi, bakat Saga juga ternyata sangat terasa saat menciptakan lagu untuk dirinya sendiri.

Keahliannya itu patut diacungi jempol oleh publik, sebab banyak lagu anak-anak yang sukses dinyanyikannya dan membawanya mendapat penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Beberapa lagu yang diciptakannya adalah Harus Mandi, Telur Dadar, Lagu Ikan, Kenapa Sih, dan masih banyak lagi. Ternyata lagu-lagu yang populer itu pun diciptakan olehnya.

Berkat karyanya, Saga Omar mendapat penghargaan MURI di usia sangat muda yakni pada 4 tahun. Selain itu, Saga pernah masuk nominasi AMI Award sebagai Pencipta Lagu Anak-anak Terbaik 2018.

7. Maisha Kanna

Instagram/@maishakanna
Foto : Instagram/@maishakanna

Penyanyi cilik Indonesia berikutnya adalah Maisha Kanna. Pemilik nama lengkap Maisha Kanna Purwinto ini dikenal sebagai artis cilik Indonesia yang juga memiliki bakat bernyanyi.

Maisha lahir pada 9 Juni 2007 dan mengawali karier dengan memerankan Sherina dalam Musikal Petualangan Sherina pada tahun 2017. Namanya dikenal luas atas perannya sebagai Sam di film anak-anak Kulari ke Pantai.

Perannya di film tersebut membuat ia dinominasikan sebagai Pemeran Anak Terbaik dalam Festival Film Indonesia 2018. Hingga saat ini, Maisha banyak membintangi sejumlah film seperti Kulari ke Pantai, Dua Garis Biru, dan Yang Tak Tergantikan.

Sedangkan di bidang musik, ia telah merilis 5 lagu dengan 3 di antaranya adalah lagu tema di film yang ia bintangi.

Topik Terkait