img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya Hidup –Siapa yang tak kenal dengan sesepuh dalam idol grup K-Pop Super Junior? Kehadiran Super Junior di industri grup boyband sudah menginjak hampir 16 tahun.

Prestasi dan juga kiprah Super Junior di industri musik Korea maupun Indonesia tidak perlu diragukan lagi. Apalagi baru-baru ini, Super Junior mengabarkan akan comeback world tour salah satunya di Indonesia.

Hal itulah yang membuat ELF atau sebutan untuk penggemarnya menungggu dengan antusias. Bisa dikatakan Super Junior adalah boygrup yang mempunyai prestasi gemilang dan membuka jalan KPop ke kancah dunia.

Diketahui bahwa Super Junior atau SUJU merupakan salah satu boyband bentukan SM Entertainment yang resmi debut sejak tahun 2005. Kemudian pada akhirnya kembali resmi menggunakan nama Super Junior (SUJU) setelah membuang akhiran '05' pada nama grup dan menambahkan Kyuhyun sebagai member terakhir.

Bagi kamu penggemar Super Junior dan penasaran akan perjalanan karier 16 tahun berkarya serta fakta-fakta menarik dari boyband SUJU ini. Yuk, simak artikel selengkapnya di bawah ini!

Profil lengkap Super Junior

Pinterest
Foto : Pinterest

Salah satu boy band grup dari Korea Selatan yang sangat diperhitungkan dan mengawali grup K-Pop lain sampai kancah dunia adalah Super Junior. Bisa dikatakan kiprah Super Junior sangat besar yang kemudian memunculkan grup-grup idol K-Pop lainnya yang sudah besar.

Super Junior merupakan grup laki-laki asal Korea Selatan yang dibentuk pada tahun 2005 oleh produser Lee Soo-man dari perusahaan rekaman SM Entertainment. Bahkan Super Junior juga dijuluki oleh media dan Penghargaan Musik Korea sebagai "King of Hallyu Wave".

Hal itu dikarenakan, Super Junior memiliki kontribusi penting terhadap Korean Wave. SUJU terdiri dari tiga belas member pada puncaknya.

Di awal debut, Super Junior hanya berjumlah dua belas anggota, yang terdiri dari pemimpin Leeteuk, Heechul, Han Geng, Yesung, Kangin, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Siwon, Donghae, Ryeowook, dan Kibum. Kemudian bertambah Kyuhyun bergabung dengan grup pada tahun 2006.

Mungkin kamu tidak asing bahwa sebutan untuk penggemar mereka adalah "ELF" atau Ever Lasting Friends. Ternyata pada awalnya Super Junior adalah sebuah grup proyek yang anggotanya akan diganti setiap tahun, seperti grup Japanese Morning Musume.

Maka, jika kamu ingat kembali, album debut mereka yang pertama ada embel-embel 05 di belakangnya. Hal itu berarti tahun dibentuk (2005) dan akan berubah menjadi Super Junior 06 (2006), 07 (2007), dan seterusnya. Namun, SM Entertainment berubah pikiran akan ide tersebut, dikarenakan antusiasme para penggemar menyambut dan mencintai Siwon dkk.

Sehingga pada tanggal 23 Mei 2006, anggota ketiga belas, Kyuhyun, bergabung dan nama grup pun resmi diubah menjadi Super Junior. Namun, SM pernah membuat sebuah USB grup di era kejayaan mereka yaitu Super Junior M.

SM Entertainment menambah dua anggota baru, yaitu Henry dan Zhou Mi untuk bergabung ke dalam Super Junior M yang juga beranggotakan Siwon, Donghae, Ryeowook, Kyuhyun, dan Hangeng.

Diketahui bahwa huruf M pada sub grup itu diartikan sebagai Mandarin, di mana lagu-lagu yang dibawakan adalah bahasa Cina. Sayang, tidak semua penggemar menerima keberadaan Henry dan Zhou Mi.

Bahkan ada yang mengecam keduanya saat berada di atas panggung. Maka itulah mengapa tagline ada 13lieve to Prom15e (angka 13 berarti anggota original Super Junior dan 15 berarti total anggota jika ditambah dengan Henry dan Zhoumi).

Tagline itu ternyata kerap dijadikan penyemangat untuk mendukung seluruh anggota Super Junior, terutama Henry dan Zhou Mi. Namun, pada perjalanan karier SUJU menyisakan 9 personil aktif.

Han Geng resmi mengundurkan diri setelah memiliki kasus dengan SM Entertainment. Kemudian Kibum lebih aktif di bidang akting.

Sedangkan Kangin dan Heechul saat itu tengah menempuh wajib militer. Anggota grup SUJU memang dilahirkan dari audisi yang berbeda, namun berbeda dengan Kyuhyun yang tidak menjalani masa training karena masuk paling terakhir.

Perjalanan Karier SUJU

Pinterest
Foto : Pinterest

Super Junior mulai debut tahun 2005 dengan merilis album "SuperJunior05". Awalnya boyband ini juga diberi nama SuperJunior05, sama dengan album pertamanya.

Namun sejak tahun 200 masuknya anggota baru bernama Kyuhyun maka berganti nama menjadi Super Junior. Kemudian bersama dengan Kyuhyun, pada tahun 2006 SUJU merilis single berjudul U.

Ternyata single "U" mendapatkan respon positif dari masyarakat sehingga terbentuklah sebuah fansclub yang dinamai ELF (Everlasting Friends). Diketahui bahwa sampai saat ini Suju sudah merilis lima album studio, yaitu "SuperJunior05" (2005), "Don't Don" (2007), "Sorry Sorry" (2009), "Bonamana" (2010) dan "Mr. Simple" (2011).

Bahkan kelima album tersebut, SUJU dinyatakan sebagai boyband yang memiliki nama terbesar di Asia dan sudah kenyang menyabet berbagai penghargaan, baik di Korea maupun Asia. Kemudian, Super Junior dikenal di kancah Internasional dengan lagu mereka berjudul ‘Sorry, Sorry’ pada tahun 2009.

Baru-baru ini juga pada tanggal 12 Juli 2022 lalu Label SJ merilis album ‘The Road: Ketep on Going’ yang akan ada lima lagu. Perilisan album terbaru tersebut juga melepaskan alum ke-10 mereka tahun lalu yang berjudul ‘The Renaissance’.

Saat album pertama, SuperJunior ternyata laris selama empat tahun berturut-turut. Bahkan Super Junior meraih enam belas dari Golden Disk Award dan menjadi grup vokal kedua yang memenangkan Favorite Artist Korea di MTV Asia Awards 2008 setelah jtL pada tahun 2003.

Pada tahun 2012, SUJU masuk nominasi "Best Asian Act" di MTV Europe Music Awards dan pada tahun 2015 memenangkan "International Artist" dan "Best Fandom" di Teen Choice Awards.

Bahkan ditahun 2020 juga bersama BTS, Super Junior mendapatkan penghargaan TMA Popularity Award, Fan N Star Choice Award Singer Prize.

Fakta-fakta menarik Super Junior

Pinterest
Foto : Pinterest

Super Junior memiliki fakta-fakta menarik loh. Penasaran? Yuk, simak artikel selengkapnya di bawah ini!

1. Membentuk Super Junior M

Di saat kejayaan Super Junior, ternyata SM Entertainment menambah dua anggota baru yaitu Zhou Mi dan Henry. Sehingga muncullah tagline 13lieve to Prom15e yang berarti angka 13 anggota original Super Junior dan 15 berarti total anggota.

Hal itu yang menjadikan penyemangat untuk mendukung seluruh anggota Super Junior, terutama Henry dan Zhou Mi. Karena bergabungnya kedua anggota tersebut pernah mendapatkan kecaman.

2. Banyak anggota SUJU keluar di masa kejayaan

Diketahui bahwa saat kejayaan lagu ‘Sorry, Sorry’, penggemar dihebohkan dengan berita keluarnya Hangeng, satu-satunya anggota asal Cina. Alasannya memutuskan untuk keluar dari grup karena agensi dianggap mengekang keinginannya mengeksplor dunia hiburan lebih luas yang tidak hanya sekadar menari dan menyanyi.

Keputusannya buat luka mendalam bagi penggemar atau ELF, dan anggota lain, terutama Heechul yang sahabat terdekatnya. Bahkan Heechul pernah menangis tak lama setelah Hangeng keluar.

Selain Hangeng, anggota lain tidak lagi melanjutkan kegiatan dengan Super Junior adalah Kibum. Kemudian anggota lain yang keluar adalah Kangin pada 2019 karena skandal menyetir dalam kondisi mabuk yang pernah ia lakukan berulang kali.

Tak hanya itu, member berikutnya yang memutuskan keluar dari Super Junior adalah Henry Lau setelah kontraknya selesai. Kini, bukan hanya bernyanyi solo, Henry Lau juga bermain peran dalam beberapa drama salah satunya drama Oh My Venus.

3. Super Junior punya label sendiri

Fakta selanjutnya adalah tepat di anniversary ke-10 pada 6 November 2015 SM Entertainment memberikan hadiah untuk Super Junior, yaitu mendirikan label manajemen khusus. Label itu mereka yang dinamai Label SJ.

Label itu yang berada di bawah naungan SM secara mandiri mengurus manajemen Super Junior, memproduksi album mereka dan semua unit, serta aktivitas individu masing-masing anggota. (jra)

Topik Terkait