img_title
Foto : Instagram/thatdanstevens

IntipSeleb Gaya HidupDan Stevens merupakan aktor asal Inggris yang namanya sukses besar setelah membintangi film Beauty and the Beast bersama aktris cantik Emma Watson.

Film tersebut diketahui mendulang sukses besar pada masa penayangannya. Beauty and the Beast bahkan meraup keuntungan sebanyak USD 650 juta hanya dalam kurun waktu dua minggu penayangannya.

Hal tersebut karena film ini berhasil membuat penonton di seluruh dunia merasakan nostalgia saat menonton kisah Si Cantik dan Si Buruk Rupa yang menemani masa kecil mereka.

Film Beauty and the Beast juga memiliki teknik pengambilan gambar yang membuat kisah yang dihadirkan menjadi semakin indah dan membuat penonton semakin merasa berada di negeri dongeng.

Selain itu, kesuksesan film ini juga tak lepas dari kepiawaian akting para aktor dan aktris yang membintanginya. Oleh karena itulah tak mengherankan jika nama Dan Stevens pun semakin populer setelah muncul di film ini.

Sosok Dan Stevens mungkin belum terlalu familiar di telinga banyak pecinta film. Untuk itu jika penasaran dengan aktor tampan satu ini, yuk simak profil dan fakta menariknya berikut ini!

Profil dan Fakta Dan Stevens

1. Profil Dan Stevens

Instagram/thatdanstevens
Foto : Instagram/thatdanstevens

Dan Stevens memiliki nama lengkap yakni Daniel Jonathan Stevens, adalah aktor asal Inggris yang lahir di Croydon, London pada 10 Oktober 1982.

Dirinya merupakan seorang anak yang diadopsi oleh pasangan yang berprofesi sebagai guru. Ia memiliki seorang adik lelaki yang juga merupakan anak hasil adopsi seperti dirinya. Hanya saja, sang adik diadopsi dari keluarga yang berbeda.

Aktor yang kini berusia 39 tahun tersebut bersekolah di Tornbridge School yang merupakan sebuah sekolah berbentuk asrama. Di sekolahnya itulah Dan Stevens mulai tertarik dengan dunia akting.

Ia masuk ke dunia teater setelah mengikuti audisi untuk peran utama dalam Macbeth. Sejak umurnya 15 tahun, ia menghabiskan musim panasnya dengan banyak latihan dan pentas bersama National Youth Theatre yang berlokasi di London.

Untuk jenjang pendidikan tinggi, ia diketahui menempuhnya di Emmanuel College, Cambridge dan mengambil program studi Sastra Inggris. Dan Stevens telah aktif sebagai aktor sejak tahun 1999 silam hingga saat ini.

2. Tidak Mengetahui Siapa Orang Tua Kandungnya Sama Sekali

Instagram/thatdanstevens
Foto : Instagram/thatdanstevens

Karena statusnya yang merupakan anak adopsi, Dan Stevens hingga saat ini tidak mengetahui siapa kedua orang tuanya sama sekali. Meski begitu, dirinya pernah mengaku memang belum mencari tahu dan tidak memiliki keinginan untuk mencari tahu tentang hal tersebut.

3. Terkenal Lewat Serial Downtown Abbey

Instagram/thatdanstevens
Foto : Instagram/thatdanstevens

Semenjak membintangi film Beauty and the Beast, sosoknya memang lebih banyak dikenal oleh publik sebagai pemeran tokoh Beast. Meski begitu ia sebenarnya sudah lebih dulu dikenal luas berkat perannya di serial Downtown Abbey.

Downtown Abbey adalah sebuah serial televisi yang menghadirkan cerita tentang kehidupan keluarga bangsawan Inggris dan para pelayan mereka. Serial ini sukses mendapatkan banyak sorotan dari penggemar.

Dan Stevens berperan sebagai karakter bernama Matthew Crawley di serial ini. Ia telah bergabung menjadi salah satu pemeran mulai dari tahun 2010 hingga 2012.

Saat serial Downtown Abbey meraih popularitasnya, ia mengaku senang karena serial ini mendapat sambutan yang positif oleh banyak penggemar.

Sayangnya, Dan Stevens pada akhirnya memutuskan untuk keluar dari serial yang memiliki andil membesarkan namanya itu. Keputusannya ini pun disayangkan serta mengecewakan para penggemar yang menikmati perannya sebagai Matthew Crawley.

Karena hengkangnya dirinya dari serial tersebut, karakter Matthew Crawley terpaksa diakhiri dan diceritakan tewas karena sebuah kecelakaan naas.

Para penggemar ternyata tidak terima dengan keputusan tersebut dan meluapkan kemarahan mereka pada pembuat serial Downtown Abbey, serta kepada Dan Stevens karena memutuskan untuk meninggalkan serial tersebut.

Di kemudian hari, sang aktor mengakui apa alasannya meninggalkan Downtown Abbey. Ternyata, alasannya adalah karena dirinya ingin mencari kesempatan baru di tempat lain.

4. Juga Muncul di Berbagai Film dan Serial Populer Lainnya

Instagram/thatdanstevens
Foto : Instagram/thatdanstevens

Tak hanya muncul di serial Downtown Abbey, pasca dirinya hengkang dari serial tersebut, ia terlihat mulai semakin aktif mengambil proyek film layar lebar.

Sebut saja beberapa judul seperti The Guest (2014), Night at the Museum: Secret of the Tomb (2014), Beauty and the Beast (2017), The Man Who Invented Christmas (2017), hingga Eurovision Song Contest: The Story of Fire Saga (2020).

Meski mulai banyak membintangi film layar lebar, namun Dan Stevens rupanya masih aktif di serial televisi. Contohnya dari tahun 2017 sampai 2019, Dan Stevens memerankan karakter David Haller dalam serial Legion.

Serial Legion sendiri masih merupakan bagian dari X-Men, lebih tepatnya merupakan spin off dari X-Men tersebut. Karakter David Haller yang diperankannya dalam serial tersebut dikisahkan merupakan anak lelaki dari Profesor X.

David Haller memiliki kekuatan super berupa kemampuan untuk melakukan telepati, telekinesis hingga pyrokinesis. Serial Legion juga mendapat sambutan yang hangat dari penonton dan penggemar kisah para mutan tersebut.

5. Perjuangan Tak Mudah dalam Perankan Beast

Instagram/thatdanstevens
Foto : Instagram/thatdanstevens

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, meski telah terkenal sejak berperan di serial Downtown Abbey, namun tak bisa dipungkiri bahwa film Beauty and the Beast adalah yang paling melambungkan nama dan kariernya.

Tak heran, proses syuting yang dijalani Dan Stevens tidak mudah dan dapat dikatakan sebagai sebuah tantangan yang besar. Hal itu karena selama syuting ia harus memakai kostum Beast yang beratnya mencapai 20 kilogram. Tentu hal tersebut sangat menguras tenaga serta staminanya.

Proses selama syuting yang cukup berat tersebut membuatnya harus melakukan diet khusus agar dapat menambah staminanya. Diet tersebut dilakukan dengan mengkonsumsi makanan berprotein tinggi seperti daging, telur, susu, dan masih banyak lagi.

Namun, semua perjuangannya selama memerankan karakter Beast pada akhirnya tidak sia-sia dan memberikan hasil yang memuaskan. Karena film tersebut begitu sukses diterima para penggemar Disney dan membuat nama Dan Stevens semakin dikenal para pecinta film di seluruh dunia.

6. Punya Kisah Cinta Menarik dengan Sang Istri

Selain perjalanan kariernya, kisah cinta Dan Stevens dan istrinya yaitu Susie Harriet juga tak kalah menariknya. Susie Harriet ternyata merupakan penggemar dari Dan Stevens.

Sang istri mulai menyukai Dan Stevens saat mereka berdua bermain dalam sebuah teater yang sama di Sheffield, Inggris. Kala itu, Susie mengaku terpukau dengan penampilan teater dari sang aktor yang kelak menjadi suaminya itu.

Saat itu pertemuan mereka berdua sebenarnya dikarenakan keduanya sama-sama manggung di teater Sheffield. Dan Stevens manggung dalam pertunjukan The Romans, sedangkan Susie Harriet bermain dalam sebuah pertunjukan musikal.

Kemudian tiga tahun setelahnya, mereka berdua bertemu kembali dan memutuskan untuk menikah. Hingga kini pernikahan mereka masih langgeng dan sudah dikaruniai tiga orang anak. (jra)

Topik Terkait