img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya Hidup –Diketahui, idol grup Korea Selatan yaitu NCT Dream sudah berkiprah di industri musik selama 6 tahun. Lika liku perjuangan karier hingga menjadi grup idol K-pop yang berpengaruh di dunia tidaklah mudah mencapainya.

NCT Dream adalah boyband dari Korea Selatan yang dibentuk oleh SM Entertainment pada tahun 2016 lalu. Seperti diketahui bahwa NCT memiliki 23 anggota yang dibagi menjadi USB-unit masing-masing-masing-masing antaranya; NCT Dream, NCT U, NCT 127 dan WAY V.

Anggota dari NCT rata-rata berasal dari banyak negara seperti Korea Selatan, Jepang, Amerika, Thailand dan juga China. Lantas apa saja profil NCT, perjalanan karier berserta fakta-fakta menariknya? Yuk, simak artikel selengkapnya di bawah ini!

Profil lengkap NCT

Pinterest
Foto : Pinterest

NCT merupakan grup K-Pop yang dibentuk dan di bawah naungan dari SM Entertainment. Selain memiliki visual yang tampan, NCT juga memiliki member yang cukup banyak apalagi setelah dibagi sub-unit.

Hal itulah yang membuat NCT menjadi grup K-Pop yang unik. Bahkan grup NCT memiliki member yang gabungan dari berbagai negara seperti Korea Selatan, Thailand, China, Jepang dan juga Amerika.

Karena itu, grup idol NCT ini menarik perhatian internasional. Tak hanya dikenal mempunyai visual yang tampan dan juga keren, NCT juga sudah menyabet beberapa banyak penghargaan.

Diketahui bahwa NCT memiliki singkatan dari Nero Culture Technology. Faktanya, ternyata nama ini sudah disiapkan dari tahun 2013.

Grup ini dibentuk untuk sebuah sub grup yang memang selaras dengan budaya mereka. Hal itu dikarenakan beberapa tim lainnya melakukan debut masing-masing-masing-masing di berbagai negara.

Usai debut tahun 2016 member NCT kian bertambah dengan jumlah banyak. Sehingga mengapa NCT memiliki banyak sub grup dan juga berbagai proyek yang keren.

Karenanya, tidak hanya memiliki proyek bersama grup, tapi juga memiliki projek single dan duo. Setelah dilakukan training atau pelatihan di tahun 2016, kemudian dibentuk NCT U yang hingga kini berjumlah 23 anggota.

Perjalanan Karier NCT dari debut hingga sekarang.

Pinterest
Foto : Pinterest

1. Awal debut NCT

Perjalanan karier NCT saat masih pelatihan awalnya member dari Jeno, Jaemin, Jisung, Jaehyun, Taeyong, Mark, Ten, Johny, Yuta, Haechan, Doyoung, Taeil, Kun, dan Winwin yang bergabung sebagai tim pra-debut yang bernama SM Rookies.

Diketahui bahwa SM Rookies ialah sebuah tim yang dibentuk oleh SM Etertainment untuk mengungkapkan para peserta pelatihan yang dianggap sudah layak untuk debut. Kemudian pada awal debut NCT membuat sub grup nama NCT U.

Sub grup ini bertambah 6 anggota pertama pada April 2016. Selanjutnya, ditahun yang sama NCT kembali membuat sub grup NCT dengan nama NCT 127 yang terdiri dari 7 member dengan konsep yang sedikit lebih kuat.

2. Debut Sub- Unit

Pada tahun 2016, NCT secara resmi debut yang kemudian dibuat sub unit pertama debut yaitu NCT U dengan lagu ‘The 7th Sense’ dan ‘Without You’.

Diketahui lagu ‘The 7th Sense’ dinyanyikan oleh Jaehyun, Mark, Ten, Taeyong, dan Doyoung. Sedangkan lagu yang berjudul ‘Without You’ dinyanyikan oleh Taeil, Doyoung, dan Jaehyun.

Kemudian, selang beberapa bulan NCT menyebutkan sub grup baru yang terdiri dari 7 member bernama NCT 127. Anggota sub grup NCT 127 ini terdiri dari Taeil, Taeyong, Yuta, Jaehyun, Winwin, Mark, dan Haechan yang merilis single ‘Firetruck’.

Usai itu, NCT juga kembali mendebutkan Sub-unit ketiganya dengan nama NCT Dream yang terdiri dari 7 member yakni Mark, Haechan, Renjun, Jeno, Jaemin, Chenle, dan Jisung dengan lagu ‘Chewing Gum’.

Hingga dari tahun 2016 sampai sekarang NCT memiliki 23 member, dengan tahun penambahan personel di tahun 2017 dan 2018. Satu tahun kemudian ternyata NCT juga membentuk sub uni grup bernama WAY V yang beraktivitas di Chinaterdiri dari Kun, Lucas, Hendery, Yangyang, Ten, Winwin, dan Xiaojun yang merilis album bertajuk ‘The Vision’.

3. Rilis lagu full member

Diketahui bahwa pada 2018, ternyata NCT mengumumkan merilis lagu dengan formasi full member. Pada saat itu NCT masih memiliki 18 member yakni Taeyong, Mark, Jaehyun, Doyoung, Ten, Taeil, Yuta, Winwin, Haechan, Johny, Jeno, Jaemin, Renjun, Chenle, Jisung, Lucas, Jungwo, dan Kun.

Namun ternyata rencana merilis lagu full member itu tidak disambut positif karena dianggap belum siap. Hal tersebut dikarena NCT masih baru dalam membentu sub unit grup.

4. NCT tahun 2020- 2021

Perjalanan karier NCT pada tahun 2020 dengan mengumumkan sekali lagi akan merilis album dengan formasi member yang lengkap. Pada tahun 2020 ternyata NCT comeback dengan formasi 23 member.

Uniknya lagi adalah bahwa ke 23 member itu berpartisipasi dalam dua album NCT yang berjudul ‘NCT Resonance Pt.1’ dan ‘NCT Resonance Pt 2’. Berbeda dengan kabar pada tahun 2018, ternyata pada tahun 2020 kabar itu disambut hangat oleh para fans internasional.

Hal itu terbukti pada album ‘NCT Resonance Pt.1’ dan ‘NCT Resonance Pt.2’. Album itu ternyata telah terjual lebih dari satu juta unit per november 2020.

Kemudian selang satu tahun mereka, NCT memutuskan kembali merilis album berjudul ‘Universe’. Sayangnya, ternyata pada comeback tersebut ada dua member asal China, Winwin dan Lucas yang tidak bisa ikut berpartisipasi.

Diketahui bahwa Lucas tidak bisa berpartisipasi karena beberapa waktu yang lalu dirinya mendapatkan rumor akan tuduhan menjalin hubungan romantis dengan beberapa penggemar dalam waktu bersamaan. Sedangkan, member Winwin tidak bisa karena berpartisipasi karena kesibukannya di China.

Penghargaan NCT selama 6 tahun

nct_dream/instagram
Foto : nct_dream/instagram

Dari tahun 2016 sampai sekarang NCT sudah berkiprah di karier selama 6 tahun. Dalam 6 tahun itu, NCT tentunya memiliki berbagai banyak penghargaan yang di dapatkan.

Lantas apa saja penghargaan yang didapatkan NCT? Yuk, simak dalam artikel di bawah ini!

  1. Best Rookie Award - NCT U(2016) Penghargaan dari Asian Artist Award
  2. Rookie of the Year - NCT 127(2017) Penghargaan dari Gaon Chart K-Pop Awards
  3. New Artist of the Year - NCT 127 (2017) Penghargaan dari Golden Disk Awards
  4. Best New Artist Boy Grup - NCT 127 (2016) Penghargaan dari Mnet Asian Music Awards
  5. New Artist of the Year - NCT 127 (2017) Penghargaan dari Seoul Music Awards
  6. Best Rookie Of The Year - NCT 127 (2017) Penghargaan dari YinYueTai V-Chart Awards
  7. Hallyu Rookie Award - NCT 127 (2017) Penghargaan dari YinYueTai V-Chart Awards
  8. Top Promising Group - NCT Dream (2017) Penghargaan dari YinYueTai V-Chart Awards
  9. New Star Award - NCT U (2016) Penghargaan dari Asia Model Festival Awards
  10. Best Rising Star - NCT U (2016) Penghargaan dari Simply K-Pop Awards
  11. Chinese Special Prize - NCT Dream (2016) Penghargaan dari First Brand Awards
  12. Top 5 Global Rookie - NCT 127 (2017) Penghargaan dari V LIVE Top 10 Awards
  13. Newcomer Award - NCT 127 (2017) Penghargaan dari Korean Entertainment Arts Awards.
Topik Terkait