img_title
Foto : JYP Ent

IntipSeleb Gaya Hidup – Berikut adalah daftar grup band Korea yang mungkin belum kamu tahu. Sebagian orang mungkin tak asing dengan girlband dan boyband Korea.

Dengan genre RnB yang khas dari grup KPop yang banyak digemari orang-orang. Namun, ternyata ada juga grup band asal Korea yang tidak kalah populer.

Bahkan memiliki citra yang berbeda dari kebanyakan girlband dan boyband kebanyakan, mereka tampil dengan memainkan musik. Band ini juga sebagian mengusung genre Rock.

Apa saja kah itu? Yuk terus simak artikel timeless di bawah ini sampai habis. Keep scrolling.

1. DAY6

jypnation/Twitter
Foto : jypnation/Twitter

DAY6 adalah band rock Korea Selatan di bawah JYP Entertainment. Grup ini menandai debut mereka pada 7 September 2015 dengan EP "The Day", yang memuncak di No.2 di Tangga Album Dunia Billboard seminggu setelah dirilis.

Band ini terdiri dari lima anggota: Sungjin, Jae, Young K, Wonpil, dan Dowoon. Namun sebenarnya walnya DAY8 beranggotakan enam orang.

DAY6 menjadi 5 orang anggota setelah pemain keyboard Junhyeok hengkang pada Februari 2016. Semua anggota DAY6 sebagian besar terlibat dalam menulis, menyusun, dan memproduksi musik band.

DAY6 diketahui tidak berhubungan dengan batasan genre apa pun. Reputasi tersebut sebagian besar dibuktikan oleh proyek sepanjang tahun mereka Every DAY6 pada tahun 2017, di mana band ini akan merilis dua lagu setiap bulan dalam setahun.

Pada akhir proyek, 25 lagu ditambahkan ke diskografi mereka, genre yang berkisar dari hard rock dan upbeat sing-a-longs hingga mellow ballad. Album full-length pertama mereka Sunrise, terdiri dari lagu-lagu yang dirilis pada paruh pertama proyek Every DAY6, berada di nomor 14 di Billboard's The 25 Greatest K-Pop Albums of the 2010s: Staff List, dan lagu pembuka proyek "I Wait" ditempatkan No.81 di Billboard's The 100 Greatest K-Pop Songs of the 2010s: Staff List.

Pada tanggal 31 Agustus 2020, subunit pertama DAY6, DAY6 (Even of Day) melakukan debut dengan mini album "The Book of Us : Gluon - Nothing can tear us apart", yang terdiri dari anggota Young K, Wonpil dan Dowoon. Pada 1 Januari 2022 JYP Entertainment mengumumkan bahwa kontrak Jae diakhiri dan dia akan meninggalkan grup dan perusahaan.

2. The Rose

Instagram/official_therose
Foto : Instagram/official_therose

adalah band rock Korea Selatan dengan empat anggota: Woosung, Dojoon, Hajoong, dan Jaehyeong. Mereka memulai sebagai band indie sebelum akhirnya memulai debutnya sebagai band di bawah perusahaan J&Star dengan single pertama mereka "Sorry".

Pada tahun 2020, grup tersebut meminta kontrak mereka dengan J&Star diakhiri, yang juga mencegah mereka merilis musik baru. Setelah satu tahun pertempuran pengadilan, band ini akhirnya dapat memutuskan hubungan dengan perusahaan.

Pada 2021, tiga anggota band telah mendaftar di militer. Grup ini nantinya akan comeback dan merilis musik baru setelah para anggota keluar dari dinas wajib militer mereka.

3. CNBLUE

Top Star News
Foto : Top Star News

CNBLUE adalah band pop rock beranggotakan tiga orang di bawah FNC Entertainment. Nama mereka adalah singkatan dari Code Name Blue.

Mereka mulai sebagai band indie beranggotakan empat orang di Jepang di mana mereka merilis mini album pertama mereka "Now or Never" pada 18 Agustus 2009. Grup ini kemudian memulai debutnya di Korea pada 14 Januari 2010 dengan mini album "Bluetory".

CNBLUE kemudian menjadi salah satu band paling populer di generasi mereka. Kemudian mengumpulkan cinta dan minat yang besar di antara penggemar lokal dan internasional.

4. FT ISLAND

Soompi
Foto : Soompi

F.T. Island atau juga dikenal sebagai Five Treasure Island adalah boy band K-pop Korea Selatan yang ditandatangani di bawah FNC Entertainment. Band ini saat ini terdiri dari 3 anggota: Hongki, Jaejin, dan Minhwan.

F.T. Island memulai debutnya pada tanggal 7 Juni 2007, dengan single, "Love Sick" yang ada di program televisi, M! Count Down. Band ini membuat debut Jepang mereka pada tanggal 8 Juni 2008, dengan "Prologue of F.T. Island: Soyogi".

Band ini mulai mendapatkan pengakuan di negara tersebut setelah merilis album studio Jepang ketiga mereka pada tahun 2011, "Five Treasure Island", yang menduduki puncak Oricon Albums Chart.

Selain itu, band ini adalah band pria asing pertama dalam 42 tahun yang menduduki puncak Oricon Daily Charts. Pada 28 Januari 2009, diumumkan bahwa Oh Won Bin akan meninggalkan grup, dengan trainee FNC Song Seung-hyun menggantikannya sebagai gitaris dan vokalis cadangan.

Dengan perubahan lineup baru, F.T. Island kemudian merilis musik untuk mini album mereka dengan judul lagu, "Bad Woman". Kemudian lagu itu dipromosikan di SBS Inkigayo.

Pada 14 Maret 2019, Jong-hoon meninggalkan grup dan pensiun dari industri hiburan. Terungkap bahwa dia terlibat dalam "skandal Burning Sun". Pada 24 Desember 2019 diumumkan bahwa Seunghyun akan meninggalkan F.T. Island dan FNC Entertainment setelah kontraknya berakhir pada 31 Desember. Meskipun, Hongki, Jaejin, dan Minhwan memperbarui kontrak mereka dengan label mereka.

Pada 30 September 2019, Hongki memulai wajib militernya, sekaligus menjadi F.T. Anggota pulau untuk mendaftar. Dia menyelesaikan wajib militernya pada 18 April 2021. Jaejin mendaftar sebagai tentara aktif pada 21 Januari 2020, sementara Minhwan mendaftar pada 24 Februari 2020 sebagai tentara cadangan.

5. Xdinary Heroes

Xdinary Heroes merupaka grup band baru di Korea Selatan. Mereka berada di bawah naungan Studio J dan JYP Entertainment.

Nama mereka merupakan singkatan dari "Extra Ordinary Heroes", yang berarti "siapa pun bisa menjadi pahlawan". Mereka membuat debut resmi mereka pada 6 Desember 2021 dengan single digital "Happy Death Day".

6. LUCY

Deretan selanjutnya adalah LUCY. grup band ini beranggotakan empat orang di bawah MYSTIC89. Mereka melakukan debut pada 8 Mei 2020 dengan single pertama mereka "Dear.".

Band ini dibentuk di acara audisi JTBC SuperBand dan memenangkan tempat kedua. Mereka melakukan tur bersama di Superband Nation Wide Concert.

7. N.Flying

adalah band rock beranggotakan lima orang di bawah FNC Entertainment. Mereka debut sebagai band indie di Jepang dengan singel berjudul "Basket" pada 1 Oktober 2013 sebelum resmi debut di Korea dengan mini album Awesome pada 20 Mei 2015.

Pada 19 Juni 2017, FNC mengumumkan bahwa kontestan Produce 101 Season 2 Yoo Hwe Seung akan bergabung dengan grup. Pada tanggal 31 Desember 2019, Seung Hyub mengumumkan melalui fan cafe bahwa mantan anggota HONEYST Seo Dong Sung akan bergabung dengan N.Flying sebagai bassis. Lebih lanjut dikonfirmasi oleh FNC pada hari berikutnya.

8. South Club

South Club (juga dikenal sebagai Nam Tae Hyun (South Club)) adalah band rock beranggotakan empat orang yang dibentuk oleh Nam Tae Hyun, mantan anggota boy grup WINNER. Mereka debut pada 27 Juni 2017 dengan EP pertama mereka "90".

Pada tanggal 5 November 2019, Tae Hyun mengumumkan bahwa South Buyers Club ditutup secara hukum. Band ini sekarang berada di bawah P&B Entertainment, anak perusahaan dari Soul Shop Entertainment.(prl).

Topik Terkait