img_title
Foto : Www.freepik.com/jcomp

IntipSeleb Gaya HidupResep bakso goreng yang mudah namun enak, akan disajikan oleh Tim IntipSeleb berikut ini. Bakso memang menjadi salah satu kuliner yang paling banyak digemari di Tanah Air. Meski sajian bakso banyak dikenal dengan bakso kuah, namun pada dasarnya ada banyak sekali varian olahan dari bakso.

Mulai dari bakso bakar, bakso pedas manis, hingga bakso goreng. Bakso goreng sendiri memiliki banyak peminat. Tak sedikit pula banyak pedagang yang menjajakan bakso goreng karena peminatnya yang luar biasa. Bahkan di Sekolah Dasar, ada juga yang menjual bakso goreng dengan harga yang cukup murah, yakni Rp1000 per-picisnya.

Memiliki tekstur yang garing dan renyah, rasa yang gurih dan bikin nagih, menjadi salah satu cara baru untuk menikmati bakso. Makin enak bila bakso goreng disajikan dengan saus pedas. Nah, untuk kamu yang sedang bingung mau nyemil tapi dengan bahan seadanya, kamu bisa coba membuat bakso goreng di rumah.

Cocok banget buat menemani kamu santai sambil menikmati film di rumah. Selain itu, untuk anda yang sedang bingung ingin usaha apa yang sekiranya mudah dan tetap mendapatkan untung, bisa juga coba berjualan bakso goreng. Pasalnya, bakso goreng memiliki peminat yang tak terbatas, anak-anak hingga orang dewasa suka dengan bakso goreng.

Resep bakso goreng pun pada dasarnya mudah, bahkan tak memerlukan banyak waktu untuk membuatnya. Penasaran dengan resep bakso goreng? Yuk simak varian resep bakso goreng berikut ini.

1. Resep bakso goreng mekar

YouTube/Fun Cooking With Yackikuka
Foto : YouTube/Fun Cooking With Yackikuka

Bahan-bahan:

-- 15-17 sdm (150ml) air
- 1/2 bungkus bumbu instant ayam goreng
- 5 sdm (50gr) terigu
- 15 sdm (150gr) tapioka
- 1 butir telur

Cara membuat atau resep bakso goreng

1. Langkah pertama adalah tuang air ke panci atau teflon anti lengket, kemudian campurkan bumbu instan, terigu kemudian diaduk hingga tercampur rata, kemudian baru nyalakan api kecil dan masak hingga adonan mengental
2. Setelah mengental, angkat. Lalu campurkan dengan tepung tapioka dan aduk kembali selagi panas.
3. Biarkan agak dingin kemudian baru ditambahkan telur. Aduk-aduk kembali hingga tercampur rata dan adonan kalis. Bila masih lengket bisa diuleni dengan tangan.
4. Setelah itu ambil sedikit adonan, bulatkan hingga berbentuk seperti bakso. Kemudian didihkan air dan masukkan adonan bulat tadi dan masak hingga mengapung.
5. Kemudian angkat dan tiriskan. Beri sedikit minyak agar tidak terlalu lengket antara satu dengan yang lainnya.

6. Setelah agak dingin, boleh dibelah baksonya agar saat digoreng bisa matang hingga ke dalamnya. Lumurin sayatan bakso dengan tepung.
7. Setelah itu goreng hingga bakso berwarna kecokelatan dan mekar.
8. Angkat dan bakso goreng siap disajikan.

(Sumber resep bakso goreng YouTube Fun Cooking with Yackikuka)

2. Resep bakso goreng mekar garing

YouTube/KELUARGA HAMZAH
Foto : YouTube/KELUARGA HAMZAH

Bahan-bahan:

- 400 ml air
- 80 gr tepung serbaguna Kobe
- 1 sdm kaldu sapi bubuk
- 100 gr tepung terigu protein sedang
- 300 gr tapioka
- 2 butir telur ayam
- 1/4 kg minyak goreng

Cara membuat atau resep bakso goreng:

1. Langkah pertama adalah tuang air ke dalam wajan atau teflon anti lengket. Campurkan tepung serba guna, tepung terigu protein sedang kemudian tambahkan pula kaldu sapi bubuk. Aduk-aduk hingga tercampur rata kemudian nyalakan api kecil dan masak.
2. Masak hingga mengental. setelah itu angkat dan pindahkan ke wadah.
3. Setelah itu tambahkan tepung tapioka ke adonan yang telah dibuat selagi panas. Aduk-aduk, hingga tercampur rata. Bisa menggunakan tangan namun perlu hati-hati karena adonan panas.
4. Kemudian, tambahkan 2 butir telur ayam dan aduk kembali. Bisa diuleni hingga kalis. Jika belum kalis bisa ditambahkan sedikit tepung terigu.

5. Setelah kalis bisa mulai bentuk satu persatu adonan membentuk bulatan seperti bakso.
6. Siapkan air rebusan, tambahkan 1 sdm minyak goreng kemudian masak hingga mendidih. Setelah itu barulah masak adonan bakso yang telah dibuat. Rebus selama 10 menit, setelah itu buka tutup panci dan aduk agar bakso tidak lengket. Rebus kembali selama kurang lebih 10 menit hingga bakso mengapung.
7. Setelah siap angkat dan tiriskan. Biarkan bakso hingga benar-benar dingin terlebih dahulu. Setelah itu boleh dibelah bakso menjadi 4 sayatan namun pastikan tidak putus. Beri taburan terigu di sayatan bakso agar tidak lengket.
8. Goreng bakso yang telah dibuat, bisa dibantu dengan spatula agar bakso bisa berbentuk mekar. Masak hingga matang, angkat dan bakso goreng siap disajikan.

(Sumber resep bakso goreng YouTube Keluarga Hamzah)

3. Resep bakso goreng kopong

YouTube/Yunita Anwar
Foto : YouTube/Yunita Anwar

Bahan-bahan:

- 400 gr ayam paha atas & kulit
- 250 gr udang tanpa kulit
- 20 gr ebi
- 6 siung bawang putih
- 4 sdm minyak goreng
- 2 sdm minyak wijen
- 3/4 sdm garam
- 1/2 sdm gula pasir
- 1 sdt merica
- 120 ml air dingin
- 2 buah telur
- 1,5 sdt baking powder double action
- 300 gr tepung tapioka

Cara membuat atau resep bakso goreng kopong

1. Haluskan daging paha ayam bersamaan dengan kulit (disarankan dingin), udang tanpa kulit dan ebi atau udang kering. Tambahkan juga bawang putih dan 4 sdm minyak goreng, 2 sdm minyak wijen, garam, gula pasir, dan merica. Giling menggunakan chopper
2. Setelah halus, tambahkan air dingin. Sambil diaduk dengan chopper, tambahkan telur dan biarkan hingga merata.
3. Kemudian pindahkan ke wadah dan campurkan dengan baking powder double action, tepung tapioka lalu aduk hingga tercampur rata. Tutup dan diamkan selama kurang lebih 30 menit.
4. Setelah itu, panaskan minyak goreng. Jika sudah agak panas mulai masukkan bakso goreng yang telah dibulatkan dengan bantuan sendok. Pastikan minyak banyak dan seluruh permukaan bakso terendam.
5. Tips, goreng bakso dengan jangan terlalu banyak, sisakan beberapa ruang agar bakso bisa berputar sendiri. Namun jangan lupa diaduk juga agar bakso matang merata.
6. Goreng hingga matang, angkat dan bakso goreng siap disajikan.

(Sumber resep bakso goreng kopong YouTube Yunita Anwar)

Demikian adalah kumpulan resep bakso goreng yang bisa anda coba di rumah. Jika anda merasa kurang jelas, bisa langsung cek ke sumber resep agar anda semakin paham bagaimana cara membuatnya.

Caranya mudah dan bahannya pun murah, namun tetap rasanya juara. Resep bakso goreng di atas selain bisa menjadi camilan di kala senggang, bisa juga bisa menjadi ide bisnis. Dijamin, banyak yang suka dan bisa dapat untung banyak.

Akhir kata semoga artikel timeless terkait resep bakso goreng ini bisa bermanfaat bagi anda dan jangan lupa recook! (nes)

Topik Terkait