img_title
Foto : Klook.com

IntipSeleb Gaya HidupTaman Wisata Matahari adalah salah satu destinasi wisata di kota Bogor yang menjadi favorit para wisatawan. Tempat yang biasa disebut sebagai TWM Park ini menyediakan beragam fasilitas rekreasi lengkap.

Berlibur ke taman wisata dapat menjadi pilihan yang menyenangkan untuk menghilangkan penatnya aktivitas sekaligus menghabiskan momen liburan bersama keluarga.

TWM Park menghadirkan keseruan dari berbagai wahana yang lengkap mulai dari berbagai macam permainan, petualangan, hingga edukasi.

Tertarik untuk berkunjung ke Taman Wisata Matahari untuk habiskan waktu liburan? Yuk, simak informasi selengkapnya tentang destinasi populer di Bogor yang satu ini!

Segala Tentang Taman Wisata Matahari

1. Taman Wisata Matahari untuk Rekreasi dan Edukasi

karogaul.com
Foto : karogaul.com

Untuk Anda yang tertarik atau sudah merencanakan berkunjung ke TWM Park saat liburan, sebaiknya kenali dahulu kelebihan tempat wisata yang satu ini.

Melansir dari laman resmi Taman Wisata Matahari yaitu tamanwisatamatahari.id, TWM Park dibentuk menjadi sebuah tempat rekreasi yang terbesar dan terlengkap di kawasan Puncak, kota Bogor.

Destinasi wisata yang satu ini didirikan sejak tahun 2007 silam dan mengusung konsep unik yaitu Recreation and Education Park. Di dalamnya terdapat berbagai wahana yang menjadikan tempat ini bukan tempat rekreasi biasa.

Dengan konsep yang diusungnya tersebut, TWM Park menjadi tempat rekreasi terpadu yang juga memiliki fungsi sebagai obyek wisata edukasi yang berwawasan lingkungan.

Hal tersebut akan sangat bermanfaat dan bisa meningkatkan pengetahuan, wawasan, dan kepedulian anak-anak terhadap lingkungan di sekitarnya.

2. Lokasi Taman Wisata Matahari

bisniswisata.co.id
Foto : bisniswisata.co.id

TWM Park yang berlokasi di kawasan Ouncak, Bogor, sangat mudah untuk diakses oleh para wisatawan. Lokasi tepatnya berada di tepi jalan raya Puncak KM 77 Cilember, Cisarua, Bogor.

Letaknya yang strategis menjadikan tempat wisata ini dapat diakses dengan mudah dari berbagai arah. TWM Park juga bisa diakses menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum.

Rute untuk menuju ke tempat wisata ini dapat ditempuh melalui jalur Ciawi melalui tol Jagorawi, kemudian keluar lewat gerbang tol Gadog.

Kemudian arahkan kendaraan menuju ke arah Jalan Raya Puncak. Apabila Anda dapat tiba di sana sebelum pukul jam 6 pagi, kondisi lalu lintas biasanya masih terbilang lengang.

Jika memutuskan untuk berkunjung ke lokasi ini di hari Sabtu atau Minggu dengan menggunakan mobil pribadi dan berangkat dari Jakarta, Depok, Tangerang, atau Bekasi, maka usahakan untuk berangkat sedini mungkin agar terhindar dari kemacetan yang parah.

Lantas, bagaimana jika menggunakan kendaraan umum? Nah, jika memilih menempuh perjalanan dengan kendaraan umum, maka cara termudah adalah dengan menggunakan KRL Commuter Line.

Setelah Anda sampai di Stasiun Bogor, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menumpang mobil dari transportasi online. Pilihan lainnya adalah Anda dapat menaiki angkot jurusan terminal Baranangsiang yang biasanya berhenti di Jalan Kapten Muslihat yang terletak di samping Taman Topi.

Jika menaiki angkot, Anda dapat turun di seberang terminal tanpa perlu masuk ke terminalnya tersebut. Kemudian dari dekat terminal itu Anda dapat menaiki angkot jurusan Cisarua dan berhenti di gerbang utama TWM Park.

Angkot lainnya yang bisa Anda naiki adalah jurusan Bubulak-Sukasari. Turun di Sukasari, kemudian lanjut dengan menggunakan angkot jurusan Ciawi – Cisarua, barulah berhenti di depan gerbang Taman Wisata Matahari.

3. Harga Tiket dan Jam Operasional Taman Wisata Matahari

karogaul.com
Foto : karogaul.com

Harga tiket masuk Taman Wisata Matahari terbagi menjadi dua, yakni untuk wisatawan lokal dan untuk wisatawan asing. Bagi wisatawan lokal, tarif masuk yang dikenakan adalah sebesar Rp60.000. Sedangkan bagi wisatawan asing dikenakan tarif Rp150.000.

Harga tiket masuk tersebut sudah termasuk biaya untuk menikmati 5 wahana, yakni Taman Kelinci, Perahu Karet, Perahu Naga, Kereta Klasik, dan Warawiri.

Tak hanya kelima wahana tersebut, dengan harga tiket masuk yang dibayarkan Anda sudah bisa memperoleh es krim gratis, nasi goreng, dan juga air mineral.

Harga tiket yang tertera itu berlaku setiap hari, baik hari kerja maupun hari libur dan tanggal merah. Namun, ada juga opsi untuk pengunjung yang ingin membayar tiket masuk saja, yakni dapat membayar tiket seharga Rp30.000 per orang.

Dengan harga tersebut, pengunjung hanya mendapatkan akses masuk saja tanpa mendapatkan akses menaiki 5 wahana dan tidak memperoleh makanan serta minuman.

Pembelian tiket Taman Wisata Matahari bisa dilakukan secara online jika berniat datang bersama rombongan besar. Akan tetapi jika hanya datang bersama keluarga kecil yang berjumlah beberapa orang saja, maka tiket bisa dibeli secara langsung di TWM Park.

Mengenai jam operasionalnya, TWM Park buka setiap hari dari pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB. Jadwal tersebut pun selalu sama baik di hari kerja ataupun hari libur.

Wahana dan Fasilitas Taman Wisata Matahari

1. Wahana Taman Wisata Matahari

karogaul.com
Foto : karogaul.com

Sebagai tempat wisata yang didesain menjadi yang terlengkap dan terbesar di kawasan puncak Bogor, TWM Park menyediakan beragam wahana mengasyikkan yang bisa dinikmati berbagai kalangan, baik muda maupun dewasa.

Beberapa wahana tersebut terdiri dari 4 macam kategori, yakni wahana wisata air, wahana permainan, wahana petuaangan dan wisata edukasi. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut:

- Wahana Wisata Air, meliputi berbagai proyek wisata air seperti taman air, polo air, perahu naga, perahu dayung, perahu karet, perahu motor, terapi ikan, dan masih banyak lagi.

- Wahana Permainan, di dalamnya termasuk Phantasialand, Dinosaur Park, Trampoline PArk, dan Citraland yang bisa dinikmati dengan harga terjangkau.

- Wahana Petualangan, pada wahana petualangan, Anda dapat nikmati serunya bermain Flying Fox, Paintball, ATV Motor, Gocart, dan yang lainnya

- Wahana Edukasi, yakni wahana wisata yang bersifat edukatif bagi anak-anak seperti perkebunan sayuran, pertanian padi, hingga wisata pesawat.

2. Fasilitas Taman Wisata Matahari

Tak hanya menyediakan beragam wahana yang berbeda, TWM Park juga menghadirkan fasilitas tempat rekreasi yang lengkap dan dapat memenuhi kebutuhan para wisatawan. Berbagai fasilitas tersebut di antaranya:

- Akomodasi, ada 3 jenis akomodasi yang disediakan oleh TWM Park yaitu villa, hotel, dan akomodasi tipe barak. Akomodasi vila contohnya seperti Vila Natural, lalu akomodasi hotel adalah Matahari Hotel, sedangkan tipe barak contohnya adalah Rumah Menado.

- Kuliner, ada beragam jenis kuliner yang bisa dinikmati di TWM Park seperti restoran Sunda Express, kantin, dan juga kafetaria yang menjual berbagai jenis menu. Sehingga tak perlu khawatir akan merasa lapar selama berwisata di tempat tersebut.

- Fasilitas Umum, tak ketinggalan tersedia juga berbagai fasilitas umum di Taman Wisata Matahari seperti ATM, toilet, tempat parkir, tempat ibadah, dan masih banyak lagi.

- Lapangan, fungsi dari lapangan yang ada di TWM Park adalah untuk digunakan menjalankan berbagai acara seperti pesta, outbond, dan lain sebagainya.

Topik Terkait