img_title
Foto : Gmaps/Nopik Purnawan

IntipSeleb Gaya HidupPantai Santolo merupakan salah satu tempat wisata di Garut yang cukup populer. Mungkin bagi sebagian orang, Pantai Santolo masih asing di telinga masing-masing. Kendati demikian, Pantai Santolo memiliki keindahan yang luar biasa.

Bahkan tak sedikit pula jika waktu musim liburan tiba, para wisatawan lokal banyak yang meluangkan waktunya untuk datang ke pantai ini. Terletak di Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat, kawasan Pantai Santolo banyak dijadikan sebagai tempat berkumpulnya nelayan tradisional.

Lantas kira-kira ada hal menarik apa saja yang ada di Pantai Santolo? Penasaran? Yuk simak hal menarik, harga tiket hingga hal menarik lainnya yang bisa anda temui di Pantai Santolo.

Pantai Santolo

gmaps/Yayan Hidayat
Foto : gmaps/Yayan Hidayat

Tak hanya menjadi tempat wisata, Pantai Santolo juga dijadikan sebagai dermaga atau pelabuhan bagi para nelayan untuk menyandarkan kapal ikan atau perahunya. Di sini tak hanya bisa bermain dengan bebas saja, namun anda akan dibuat takjub dengan keindahan alam pantai yang luar biasa mengagumkan.

Pasir putih, ditambah laut biru kehijauan membuat pantai ini seolah menjadi harta karun bagi daerah Garut. Belum lagi pepohonan yang ada di sekitaran pantai yang membuat pemandangan semakin asri.

Harga tiket Pantai Santolo

gmaps/INDRA LUBIS
Foto : gmaps/INDRA LUBIS

Untuk anda yang ingin datang ke Pantai Santolo, anda tak perlu memikirkan perihal waktu maupun biaya. Pasalnya, Pantai Santolo dibuka untuk umum selama 24 jam. Untuk harga tiket masuknya sendiri, anda hanya perlu membayar Rp15.000 per orang.

Selain itu, jika membawa kendaraan pribadi, anda juga perlu membayar tiket parkir. Untuk sepeda motor perlu membayar Rp2000 sedangkan mobil Rp5.000. Harga tersebut termasuk terjangkau dan pas di kantong. Tak heran jika banyak masyarakat yang menjadikan Pantai Santolo menjadi salah satu tujuan utama selama liburan.

Kendati demikian, sekadar informasi bahwa terkadang ada oknum yang tidak bertanggung jawab dengan melakukan pungutan liar yang tak semestinya dibayar.

Daya tarik Pantai Santolo

gmaps/Tito Aditya
Foto : gmaps/Tito Aditya

Ada banyak hal menarik yang bisa anda temui di Pantai Santolo. Penasaran ada apa saja? Berikut ulasannya.

1. Pemandangan yang indah

Salah satu pesona utama dari Pantai Santolo adalah pemandangan alamnya. Dengan pasir pantai putih, laut biru kehijauan ditambah dengan angin sepoi-sepoi yang membuat sejuk, bikin para pengunjung betah berlama-lama.

Banyak orang yang bermain pasir di pinggiran pantai dan bermain airnya pula (tidak berenang). Sebab, ombaknya cukup besar, sehingga cukup berbahaya jika berenang. Lebih baik bermain pasir di tepian saja.

Pemandangan Pantai Santolo semakin indah saat matahari terbenam. Tak sedikit pula banyak yang mengabadikan momen tersebut dengan membuat foto siluet dengan langit jingga kekuningan sebagai background.

Ada pula mercusuar yang posisinya agak naik di atas. Namun dari atas sini, pemandangan Pantai Santolo akan semakin indah anda lihat dari atas.

2. Pulau Santolo

Anda juga bisa menyebrang ke Pulau Santolo. Untuk menyebrang ke Pulau Santolo, harganya pun bervariasi, mulai dari Rp10.000. Namun perlu berhati-hati, sebab kadang sebelum sampai ke Pulau anda akan diajak berkeliling laut terlebih dahulu dan begitu turun harganya bisa jadi naik 2 kali lipat.

Setibanya di Pulau Santolo, anda juga dikenakan biaya Rp4.000 sebagai biaya masuk. Melaui Pulau Santolo, pemandangan laut yang luar biasa indah akan menyambut anda. Jika mengabadikan gambar di sini kemudian diunggah, lantas menyebut bahwa lokasi tersebut adalah Bali, mungkin orang akan percaya. Karena memang pemandangannya sangat indah.

3. Kuliner dan souvenir

Mengunjungi tempat wisata tak lengkap jika tak mencicipi kulinernya. Di sini, anda juga bisa menjajal aneka kuliner laut yang harganya pun standar untuk kawasan wisata. Menikmati sajian kuliner seafood dengan pemandangan laut yang indah akan semakin membuat kesan tersendiri yang menyenangkan.

Ada pula kios yang menjajakan aneka souvenir lucu yang bisa dijadikan oleh-oleh bagi anda setibanya di rumah. Anda bisa melakukan tawar menawar untuk mendapatkan harga yang sesuai dengan keinginan anda.

4. Naik perahu

Selama menyebrang ke Pulau Santolo, pemandangan laut yang biru akan memanjakan mata anda. Anda juga bisa berfoto-foto selama berada di perahu untuk mengabadikan momen tersebut. Selain itu, di tepian laut juga bisa menangkap ikan-ikan kecil.

Rute ke Pantai Santolo

gmaps/Irfan Muhammad Ramdan
Foto : gmaps/Irfan Muhammad Ramdan

Ada beberapa rute jalan yang bisa anda gunakan untuk tiba di Pantai Santolo Garut Jawa Barat. Salah satunya adalah melalui Jalur pertama melalui terminal Garut dilanjutkan ke santolo.

Jalur Lainnya adalah melewati Cianjur - Cidaun - Rancabuaya - Santolo, dan Jalur terdekat untuk wisatawan dari Bandung ialah melewati ranca bali - Naringgul - Cidaun - Rancabuaya - Santolo. Wisatawan dari Bandung bisa melalui Jalur alternatif yaitu melalui Pangalengan.

Disarankan untuk naik kendaraan sepeda motor untuk ke Pantai ini, sebab jalannya berkelok. Namun balik lagi itu semua tergantung pilihan anda.

Mitos dan larangan di Pantai Santolo

gmaps/Nopik Purnawan
Foto : gmaps/Nopik Purnawan

Meskipun memiliki keindahan yang luar biasa, ada mitos yang berkembang di sekitar kawasan Pantai Santolo. Sekadar informasi bahwa Pantai Santolo berada di garis yang sama dengan Pantai Selatan. Seperti yang diketahui oleh publik, Pantai Selatan dikenal akan sosok mistis Nyi Roro Kidulnya.

Hal itulah yang membuat mitos berkembang bahwa ada larangan bagi wisatawan untuk berenang di laut. Larangan itu biasanya ada pada dua pekan sebelum puasa dan juga setelah lebaran. Sebab, kabarnya ada banyak wisatawan yang menjadi korban akibat terseret ombak Pantai Santolo.

Kendati demikian, sejauh ini pun mitos itu masih dibantah bukan dikarenakan hal mistis. Melainkan memang murni faktor alam dan kelalaian pribadi. Memang diketahui bahwa ombak di Pantai Santolo cukup besar. Meskipun memiliki mitos yang belum terbukti kebenarannya, ada lebih baiknya anda untuk meningkatkan kehati-hatian anda selama berada di Pantai Santolo.

Fasilitas Pantai Santolo

Selama di Pantai Santolo, ada banyak fasilitas yang bisa dimanfaatkan bagi pengunjung. Untuk yang membawa kendaraan pribadi, tak perlu khawatir perihal termpat parkir. Di sini tersedia area parkir yang cukup luas.

Kemudian ada pula toilet dan juga musala untuk melakukan ibadah. Untuk anda yang tak membawa bekal, banyak juga warung yang menjajakan makanan sebagai solusi perut anda. Lalu untuk anda yang merasa perjalanan jauh dari Pantai Santolo, bisa menyewa penginapan terlebih dahulu untuk beristirahat.

Di sekitaran Pantai Santolo juga ada banyak penginapan yang disewakan dengan harga yang cukup terjangkau. Yakni berkisar Rp75.000 – Rp500.000 per malamnya.

Demikian adalah sederet informasi mengenai Pantai Santolo. Perlu diingatkan kembali bahwa harga yang tertera dalam artikel ini bisa saja berubah seiring berjalannya waktu, sesuai dengan kebijakan pihak pengelola.

Kendati demikian, kami berharap bahwa hal tersebut bisa menjadi patokan bagi anda dalam menentukan biaya untuk berlibur. Akhir kata semoga artikel timeless ini dapat bermanfaat bagi anda dan selamat berlibur. (nes)

Topik Terkait