img_title
Foto : Instagram/@puncak_darajatpass

IntipSeleb Gaya Hidup– Kawasan pegunungan selalu menjadi tujuan favorit wisatawan menghabiskan hari liburnya. Salah satunya adalah kawasan pegunungan di Jawa Barat yang punya banyak wilayah sejuk yang jadi sasaran wisatawan untuk menghabiskan akhir pekan.

Wilayah pegunungan di Jawa Barat ada yang berjuluk “Swiss Van Java”. Inilah Puncak Darajat Pass Garut, karena pemandangan alamnya yang begitu indah, sejuk, dan menakjubkan, sehingga tercipta julukan tersebut.

Darajat Pass Garut terkenal dengan sumber uap panasnya yang digunakan sebagai pembangkit listrik. Inilah mengapa di sini terdapat objek wisata berupa kolam pemandian air panas. Dari sinilah, Puncak Darajat Pass menjadi objek wisata yang beda dari lainnya.

Di Puncak Darajat Pass anda bisa menikmati banyak suguhan alam yang indah juga beberapa lokasi wisata lain yang patut Anda kunjungi. Mengunjungi Puncak Darajat Pass dari ibu kota memang terbilang jauh, Anda harus menyiapkan waktu banyak untuk perjalanan menuju ke lokasi wisata itu.

Namun bagi Anda yang tinggal di wilayah Garut, Tasikmalaya, atau Bandung, lokasinya bisa ditempuh dengan waktu cepat. Namun tetap saja membutuhkan upaya lantaran letak Puncak Darajat Pass berada di Gunung Darajat yang tinggi.

Penasaran wisata apa saja yang ada di Puncak Darajat Pass? Baca artikel di bawah ini.

Wisata di Puncak Darajat Pass

Instagram/@danikasihlea
Foto : Instagram/@danikasihlea

Wisatawan yang datang ke obyek wisata Darajat Pass ini akan disuguhkan pemandangan yang sangat indah. Panorama pegunungan dan bukit dibalut dengan suasana sejuk menjadi primadona Darajat Pass.

Selain itu, beragam aktivitas juga bisa dilakukan dengan berbagai wahana yang tersedia di sini. Objek wisata ini buka setiap hari selama 24 jam. Jadi, pengunjung dapat menikmati objek wisata ini di berbagai waktu.

Tiket masuk dibedakan berdasarkan pengunjung dewasa dan anak – anak. Meski begitu tiketnya tidak terlalu mahal dan masih sangat ramah di kantong. Harga tiket masuk sudah termasuk untuk Waterpark dan kolam air panas.

Harga Tiket Masuk Darajat Pass Garut

- Tiket Masuk Dewasa Senin-Jumat (10 Tahun Ke Atas)Rp30.000
- Tiket Masuk Anak Senin-Jumat (3-10 Tahun)Rp25.000
- Tiket Masuk Dewasa/Anak Akhir Pekan & Hari LiburRp30.000

Perlu Anda perhatikan, bahwa harga tiket masuk sudah termasuk wahana air (Kolam Renang). Wisatawan yang datang harus memiliki aplikasi PeduliLindungi dan sertifikat vaksin. Selain itu Wajib mematuhi protokol kesehatan ketika berada di area wisata.

Berikut beberapa wahana yang tersedia di antaranya,

Pemandangan Indah

Instagram/@brequelee
Foto : Instagram/@brequelee

Selama perjalanan menuju Darajat Pass, wisatawan akan disuguhi pemandangan hijau yang mampu memanjakan mata. Terbentang luas pesawahan, kebun sayuran, hingga bukit-bukit indah yang dapat membuat mata tak berkedip karena takjub melihat keindahan ciptaan tuhan.

Ditambah lagi, pepohonan di kanan dan kiri jalan yang seolah menyambut kedatangan Anda dari kota nan jauh disana. Udara sejuk menyapa dengan lembut dan membelai tubuh setibanya di kota Garut.

Meski begitu, di beberapa titik pengunjung akan menjumpai uap putih yang membumbung. Ini pun tidak membuat udara di sekitar menjadi panas, tetap kesejukan yang dirasakan.

Keindahan pemandangan seperti inilah yang membuat Puncak Darajat Pass dijuluki “Swiss Van Java”. Seperti pemandangan hijau di negeri Swiss yang menawan.

Fasilitas Outbond

Instagram/@puncak_darajatpass
Foto : Instagram/@puncak_darajatpass

Di Puncak Darajat Pass juga memiliki fasilitas outbound yang cukup lengkap lho bagi wisatawan yang suka dengan kegiatan outdor. Ada berbagai pilihan outbound, baik untuk anak – anak maupun dewasa.

Terbagi juga dalam permainan yang memacu adrenalin maupun permainan santai. Permainan adrenalin seperti motor ATV, Trampoline, Flying Fox, Ice breaking, dan paint ball. Sementara permainan santai seperti kuda tunggang, scooter, kereta mini, dan edu game excavator.

Untuk wisatawan berkelompok, sekolah atau perusahaan, biasanya mengikuti team building dan fun game. Anda bisa membawa keluarga, rekan-rekan kerja, juga sangat cocok untuk liburan bersama murid-murid sekolah.

Air Panas

Puncak Darajat Pass terkenal dengan pemandian air panas yang menarik untuk dikunjungi. Jika ingin bersantai, wisatawan dapat menikmati kolam rendam air hangat. Di sini terdapat kolam rendam dari mata air alami dari Gunung Darajat yang patut Anda kunjungi.

Jika berkunjung ke Puncak Darajat Pass, Anda dapat menikmati kolam tersebut sepuasnya. Namun, pengunjung harus berhati – hati karena air tersebut mengandung belerang. Walau belerang dinilai baik untuk kulit, tapi juga dapat menyebabkan masalah bagi yang tidak terbiasa. Seperti mual, pusing, hingga lemas.

Jika hal ini terjadi, sebaiknya segera keluar dari kolam rendam dan mengeringkan diri. Kemudian jika gejala berlanjut silahkan untuk mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan tepat.

Waterboom

Anda yang tidak ingin mandi air panas, di Darajat Pass memiliki wahana permainan berupa waterboom. Terdapat beberapa kolam yang dilengkapi dengan peluncuran serta wahana air lainnya.

Tak ketinggalan, wahana giant bucket yang siap menumpahkan air ke kepala Anda jika berdiri tepat di bawahnya. Kolam renang dibedakan menjadi dua wilayah, untuk anak – anak dan dewasa.Tentunya, kolam renang anak lebih dangkal daripada kolam milik dewasa.

Selain itu, kolam renang anak lebih banyak memiliki wahana permainan.
Kolam renang di sini airnya hangat, sangat cocok dengan dinginnya udara sekitar. Air panas ini berasal dari sumber mata air alami, pengaruh dari panas bumi.

Geothermal

Uniknya jika Anda mengunjungi Puncak Darajat Pass, adalah sumber tenaga panas buminya. Di berbagai tempat di Darajat Pass, pengunjung akan melihat asap – asap yang menyembul. Asap ini berasal dari panas bumi, serta mengandung belerang.

Tidak heran, di wilayah ini terdapat banyak sumber air panas alami. Yang tentunya semua mengandung belerang, dan bermanfaat bagi kulit.

Disini terdapat Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi, yang dikelola oleh Amoseas Indonesia Inc., yang mana merupakan anak perusahaan Chevron. Dalam pengelolaannya, bermitra dengan PT Pertamina dan PT PLN melalui Indonesia Power.

Fasilitas di Darajat Pass

Jika Anda berlibur dan ingin mengunjungi Darajat Pass, jangan ragu untuk datang karena di sini tersedia banyak fasilitas umum seperti musala, ruang medis, kamar bilas, toilet, dan lahan parkir.

Ditambah dengan fasilitas lain berupa saung gazebo atau lesehan, pusat kulit kerajinan Garut. Tidak ketinggalan, ada fasilitas WIFI, ruang family gathering, event organizer, serta studio photo.

Aksesibilitas

Anda bisa mengunjungi lokasi Puncak Darajat Pass dengan mengakses kendaraan pribadi atau angkutan umum. Lokasi tepatnya berada di Jalan Puncak Darajat Nomor Kilometer 14, Kelurahan Karyamekar, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, pastikan tujuan utama adalah Kota Garut. Kemudian, dari Kota Garut Anda menujj akses Jalan Bratayudha-Jalan Pasundan-Jalan Raya Bandung dan Garut-Jalan RSU DR. Slamet-Jalan Cikamiri-Jalan Raya Samarang-Jalan Pasirwangi-Jalan Puncak Darajat-Darajat Pass

Sedangkan bagi yang menggunakan angkutan umum, dari arah Bandung/Jakarta turun di terminal Guntur Garut. Dari terminal Guntur, naik angkutan umum warna hijau (Terminal Guntur-Cibodas), turun di Subterminal Samarang.

Dari Samarang naik angkutan pedesaan warna kuning menuju Pasir Wangi. Dari pemberhentian terakhir angkutan pedesaan tidak ada angkutan umum, kita dapat menyewa jasa ojek yang nongkrong di daerah Pasirwangi.

Ongkos rata-rata Rp5.000 untuk angkutan kota, sedangkan ojek bisa sampai 15.000.

Topik Terkait