img_title
Foto : Sentul.city

IntipSeleb Gaya HidupTelaga Warna mungkin selama ini lebih banyak dikenal berada di daerah Dieng, Jawa Tengah. namun, di Kota Bogor juga ternyata ada destinasi wisata Telaga Warna, lho.

Tempat yang satu merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup populer di area Bogor. Letaknya yang masih dekat dari area Jabodetabek membuat destinasi wisata yang satu ini menjadi favorit para wisatawan lokal.

Hal itu karena Telaga Warna dapat menjadi destinasi yang cocok untuk menghilangkan lelah dan penat akan suasana perkotaan. Lebih tepatnya, tempat wisata ini terletak di kawasan Puncak, Bogor.

Kawasan Puncak Bogor memang menyediakan beragam area wisata yang seolah tak ada habisnya. Suasana wisata di kawasan ini didominasi oleh pepohonan yang rimbun dan panorama pegunungan yang indah.

Akan tetapi, jika Anda menginginkan suasana wisata di Puncak Bogor yang berbeda dari biasanya, maka wisata Telaga Warna bisa menjadi salah satu pilihan.

Mengenal Telaga Warna Bogor

1. Tentang Telaga Warna Bogor

sentul.city
Foto : sentul.city

Telaga Warna adalah slah satu objek wisata alam yang ada di kawasan Pncak Bogor. Jika berkunjung ke tempat ini, Anda akan disuguhkan keindahan dan pesona dari hamparan hijau kebun teh dan pepohonan yanag luasa serta memiliki hawa udara dan sejuk.

Seperti namanya, tempat wisata yang satu ini utamanya menawarkan pengalaman menyenangkan liburan di objek wisata air.

Pada awalnya, Telaga Warma Bogor tidak terlalu terkenal seperti destinasi wisata Bogor yang lainnya. Sehingga harga tiket masuknya pun dapat dikatakan terjangkau.

Namun, semakin berkembangnya arus informasi, destinasi yang satu ini semakin dikenal dan menjadi banyak dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai daerah. Sehingga, tentunya mengalami kenaikan harga terkait tiket masuk.

Salah satu keunikan yang dimiliki oleh Telaga Warna Bogor adalah warna airnya yang dapat berubah-ubah. Hal itu sebenarnya dikarenakan oleh pantulan dari berbagai pohon rindang yang ada di sekelilingnya, sekaligus juga efek dari cahaya matahari yang membuat tiimbul gradasi warna yang indah.

Menurut informasi yang beredar, Telaga Warna Bogor diresmikan sejak lama, yaitu sejak tahun 1972 silam. Area ini juga merupakan bagian dari cagar alam hutan dari Gunung Mega Mendung dan Gunung Hambalang.

Tempat wisata yang satu ini memiliki luas berkisar 5 hektar dan di dalamnya tersedia banyak fasilitas yang tersedia lengkap untuk para pengunjung.

Diketahui telaga indah ini merupakan hasil kenampakan alami yang terbentuk karena proses yang terjadi di alam, tanpa adanya bantuan dari campur tangan manusia sedikit pun.

Telaga ini berupa cekungan jenis alluvial yang memiliki kedalaman sekitar 15 meter untuk bagian terdalamnya. Sedangkan untuk bagian tepinya, memiliki kedalamn sekitar 1 sampai 2 meter saja.

Objek wisata ini memiliki udara yang sejuk dan dingin karena letaknya yang berada di ketinggian. Diketahui ketinggian tempat ini berkisar antara 1097 hingga 1400 meter di atas permukaan laut.

2. Alamat Telaga Warna Bogor

wisata-alam-di-bogor.blogspot.com
Foto : wisata-alam-di-bogor.blogspot.com

Telaga Warna Bogor tepatnya terletak di desa Tubuh, yang masih termasuk bagian dari kecamatan Cisarua kabupaten Bogor. Lokasi tempat wisata ini terletak di area yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Bogor dengan jarak sekitar 30 kilometer.

Jika menggunakan kendaraan roda dua untuk menempuhnya, maka akan memakan waktu selama satu jam saja untuk mencapainya.

3. Akses Menuju Telaga Warna Bogor

Untuk menuju ke Telaga Warna Bogor, Anda bisa menempuhnya melalui jalan besar yaitu jalan raya Puncak Gadong dan jalan raya Puncak Cianjur. Namun jika melewati jalur ini, saat sampai di pintu masuk nantinya Anda masih harus berjalan kaki sekitar 200 meter.

Selain kedua jalur tersebut, ada salah satu jalur tercepat yang bisa Anda lalui yakni jalan raya Wangun kemudian belok menuju jalan Cibalok. Jika menggunakan kendaraan bermotor, maka bisa melalui bagian bawah jalan tol Jagorawi untuk sampai di pertigaan jalan Kp Tipar.

Akan tetapi, perjalanan menuju Telaga Warna biasanya akan tersendat kemacetan di jalan raya Beringin hingga jalan Raya Puncak. Namun setelah melewati kedua jalur itu, ruas jalan biasanya akan menjadi lengang hingga sampai ke lokasi wisata nantinya.

Fasilitas Wisata Telaga Warna Bogor

1. Panorama Danau yang Indah

museumnusantara.com
Foto : museumnusantara.com

Telaga ini menawarkan keindahan yang akan memanjakan mata para wisatawan. Panorama tersebut dapat dinikmati secara lebih dekat dengan menggunakan perahu yang sudah disediakan pihak pengelola.

Akan tetapi, perlu diingat jika jumlah perahu terbatas. Sehingga Anda mungkin harus rela mengantri untuk dapat kesempatan menaiki perahu.

Apalagi jika Anda datang di musim liburan, maka antrian pun akan menjadi semakin panjang membuat waktu tunggu semakin lama.

2. Air Telaga yang Berubah Warna

Seperti yang sudah disebutkan pada bagian sebelumnya, air di Telaga Warna dapat berubah-ubah dan hal itu menjadikannya sebagai keunikan yang membuat berbeda dari telaga lain.

Setidaknya ada tiga perubahan warna yang dapat terjadi di telaga ini yaitu hijau, coklat dan juga kuning cerah. Hal tersebut membuat suasana di danau ini terlihat ajaib.

Selain karena faktor pantulan pepohonan dan cahaya matahari, perubahan warna itu juga dipengaruhi oleh keberadaan tumbuhan ganggang yang berada di dalamnya. Ganggang tersebut diketahui bisa berubah warna sehingga mempengaruhi warna air telaga.

3. Sensasi Menginap di Cottage

travelspromo.com
Foto : travelspromo.com

Salah satu objek wisata favorit yang ada di Telaga Warna adalah sensasi menginap di dalam cottage sambil menikmati pemandangan sekitar, yakni keindahan panorama danau.

Untuk semakin memanjakan para wisatawan, di dalam cottage tersebut pun sudah disediakan fasilitas yang nyaman dan lengkap.

4. Memandangi Beragam Flora Hutan Tropis

Selain pemandangan, di dalam area telaga ini wisatawan dapat menikmati keberadaan beragam flora yang masih asli dan tumbuh dengan baik tanpa dirusak tangan manusia.

Di dalamnya terdapat berbagai flora asli yang memang tumbuh di hutan tropis. Dengan begitu dapat sekaligus menjadi pembelajaran bagi wisatawan.

5. Wahana Menguji Adrenalin

tak hanya menikmati panorama yang menenangkan, di tempat ini tersedia juga wahana yang membangkitkan adrenalin yang cocok untuk para pecinta petualangan.

Wahana tersebut adalah Flying Fox dan Sky Bike. Dengan menaiki Flying Fox, Anda bisa merasakan bagaimana sensasi seperti seolah terbang di atas danau.

Sedangkan dengan menaiki Sky Bike, Anda dapat menikmati keseruan bersepeda di udara sekaligus dapat mengambil foto dengan latar belakang yang unik.

6. Keseruan Naik Balon Udara

Wahana balon udara merupakan salah satu yang menjadi favorit dari para pengunjung. Wahana ini banyak diminati karena berfungsi sebagai tempat selfie para pengunjung yang sangat estetik dan tidak biasa.

Tidak hanya itu, dengan menaiki balon udara Anda dapat menyaksikan sisi lain dari keindahan Telaga Warna yang tidak bisa dilihat dari bawah. Meski begitu, perlu dingat bahwa waktu menaiki perahu ini terbatas.

Topik Terkait