img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya Hidup –Indonesia memang dikenal memiliki banyak keindahan alamnya. Baik dari gunung maupun pantai Indonesia menyimpan banyak wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi.

Salah satunya Provinsi yang berada di selatan Pulau Jawa yaitu Yogyakarta ini memang menyimpan banyak pantai yang indah. Terutama di daerah Gunungkidul yang wajib kamu kunjungi.

Di daerah Gunungkidul ini memiliki banyak pantai yang menarik salah satunya Pantai Nglambor. Karena memiliki bawah laut yang indah, pantai ini banyak digunakan untuk menyelam.

Tak hanya itu, pantai Nglambor ini juga memiliki keindahannya. Walaupun letaknya di pulau Jawa, pantai ini tidak kalah kerennya dibandingkan dengan pulau Dewata.

Diketahui bahwa wisata Pantai Nglambor ini merupakan hasil kerjasama antara pemerintah daerah dengan pemerintah desa setempat. Walaupun dahulu pantai Nglambor ini kurang cukup dikenal, kini keberadaan pantai ini sudah banyak dikunjungi oleh masyarakat setempat ataupun turis di dalam negeri maupun luar negeri.

Nah, jika kamu tertarik untuk mengunjungi pantai Nglambor ini maka simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Pantai Nglambor

Pinterest
Foto : Pinterest

Pantai Nglambor merupakan salah satu destinasi yang direkomendasikan untuk kamu yang sedang berlibur. Hal ini karena pantai di Gunungkidul ini memiliki pesona yang indah dan membuat kamu kagum akan melihat keindahan bawah lautnya.

Selain memiliki bentuk yang indah, pantai ini menyimpan banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan loh. Diketahui, pantai Nglambor ini berbatasan dengan Samudera Hindia karena hal itu ombak di pantai ini cukup keras.

Walaupun begitu kamu pun bisa melakukan wisata snorkeling dan menyelam. Jika kamu ingin ke pantai ini, letaknya juga cukup strategis yang diapit oleh pantai terkenal lainnya di Yogyakarta yaitu pantai Jogan dan Siung.

Tepatnya, pantai Nglambor berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Lantas dimana tepatnya lokasi dari pantai Nglambor ini? Yuk, simak di bawah ini!

Lokasi pantai Nglambor

Pantai Nglambor ini berada di Kabupaten Gunungkidul dan dekat dengan Pantai Siung dan Pantai Jogan. Lebih tepatnya lokasi dari Pantai Nglambor yang berada di Dusun Purwodadi, Desa Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Jika kamu ingin ke pantai ini, kamu bisa memulai perjalanannya dari kota Wonosari menuju ke Tepus kemudian ke arah pantai Siung. Untuk jalan alternatifnya bisa melalui Semanu menuju ke Desa Purwodadi, Tepus.

Pantai ini berada di selatan pulau jawa yang membuat pantai Nglambor langsung berhadapan dengan Samudra Hindia yang terkenal dengan ombaknya yang besar. Walaupun begitu, banyak juga para turis untuk mencoba menyelam menikmati keindahan bahwa laut dari pantai Nglambor ini.

Namun, Pantai Nglambor ternyata memiliki dua buah gunung karang yang besar yang dapat menjadi pemecah ombak. Sehingga membuat ombak di pinggir pantai menjadi tenang dan tidak besar, jadi kamu akan aman jika ingin beraktivitas di bibir pantainya.

Akses ke lokasi

Jika kamu sudah tau lokasinya dimana, untuk menuju ke pantai ini memang aksesnya cukup sulit. Hal ini karena tidak adanya transportasi umum untuk menuju ke pantai Nglambor.

Namun, kalau kamu ingin menuju ke pantai ini maka transportasi umum tidak ada. Sehingga kamu bisa menggunakan mobil pribadi yang harus menempuh perjalanan kurang lebih satu kilometer dengan berjalan kaki.

Selain itu, wilayah di Pantai Nglambor ini juga cukup kecil dan tidak begitu luas. Karena aksesnya yang cukup sulit membuat Pantai Nglambor awalnya sepi pengunjung.

Namun, masyarakat setempat dan para pengunjung melihat potensi snorkeling yang cocok dan indah dilakukan. Sehingga Pantai Nglambor sekarang menjadi salah satu destinasi wisata pengunjung yang ingin merasakan snorkeling di Yogyakarta dengan keindahan bawah lautnya.

Jika kamu dari Piyungan maka akan melewati bukit bintang. Kemudian kamu menuju ke Patuk dan Sambipitu untuk melaju ke arah Pemda Kota Wonosari.

Jika sudah sampai, maka lanjutkan untuk menuju ke arah Tepus, Menthel, Cabean, lalu Bintaos. Maka dari Bintaos kamu akan sampai di kantor kecamatan Tepus dan bisa melanjutkan menuju ke desa Tepus, Gesing dan Purwodadi.

Setelah dari Purwodadi maka kamu sudah hampir dekat untuk menuju pantai Nglambor. Maka kamu bisa ke arah menuju simpang tiga Nagun untuk ke jalur pantai Siung.

Jika sudah sampai ditempat itu maka kamu akan menemukan pos pemungutan retribusi. Maka kamu harus membayar restribusi untuk menuju ke pantai Nglambor yaitu di simpang tiga kedua.

Harga Tiket

Di pantai Nglambor ini kamu akan melihat terumbu karang dan ikan-ikan jika mencoba untuk menyelam. Tak hanya it, pantai inio juga memiliki keindahan yang bisa menarik hati.

Maka jika kamu ingin masuk ke pantai Nglambor ini, perlu menyiapkan uang untuk tiket masuk yang terbilang terjangkau. Biaya tiket tersebut ternyata hanya sebesar Rp 6000 untuk per kepala.

Selain itu, ada biaya parkir yaitu parkir motor dikenai biaya Rp 2000 dan parkir kendaraan roda empat seperti mobil Rp 5000.

Destinasi menarik pantai Nglambor

Pinterest
Foto : Pinterest

Pantai Nglambor memang banyak wisata yang menariknya. Sehingga akan banyak objek wisata yang bisa kamu nikmati bersama keluarga ataupun teman.

Lantas, apa saja objek wisatanya? Yuk, simak artikel selengkapnya di bawah ini!

1. Menanjak bukit

Destinasi pertama kamu akan disuguhkan nuansa perbukitan yang indah dan tentunya tidak boleh kamu lewatkan. Perbukitan ini dibangun sedemikian rupa yang ramah dan nyaman untuk pengunjung.

Ternyata di daerah Pantai Nglambor ini tidak tanggung-tanggung ternyata memiliki dua sekaligus bukit yang menjulang yaitu Watu kalong dan Watu kuntul. Maka bukit ini cocok untuk kamu kunjungi karena bisa melihat pesona alam dari ketinggian.

Selain itu, dari atas bukit ini kamu juga bisa melihat pesonanya senja di waktu tenggelam. Bahkan ada beberapa kera ekor panjang yang akan menemani.

2. Menikmati indahnya pantai

Selain mencoba snorkeling ternyata kamu juga bisa menikmati indahnya pantai Nglambor loh. Kamu bisa mencoba untuk menyusuri pantai sambil bermain pasir dan bermain air di pinggir pantai dengan ombak.

Jika bosan, kamu juga bisa mampir ke pantai lainnya. Karena pantai Nglambor ini berdekatan dengan pantai lainnya.

3. Sunset yang indah

Selain menyusuri indahnya pantai di sepanjang pinggiran. Kamu juga bisa duduk sambil menikmati e indahkan pantai di saat matahari tenggelam di ufuk barat.

Karenanya pantai ini memiliki titik yang indah untuk menikmati momen sunset. Maka momen saat di waktu senja tersebut bisa mempesona dan indah.

4. Destinasi snorkeling

Aktivitas dari destinasi pantai Nglambor ini paling utama adalah snorkeling atau menyelam. Karena kamu bisa langsung melihat biota laut dengan kerang-kerang dan ikan-ikan yang indah.

Walaupun ombak cukup besar, namun untuk aktivitas snorkeling dapat dilakukan dengan akan, karenanya daerah ini diapit oleh dua karang yang besar seperti kura-kura yang kerap kali disebut penjaga pantai.

Selain itu, di pantai Nglambor ini juga akan disediakan alat-alat snorkeling yang lengkap dengan harga sewa yang terbilang terjangkau dan tentunya dengan waktu tidak diatur.

Topik Terkait