img_title
Foto : YouTube/Marvel Entertainment

IntipSeleb Gaya HidupUrutan film Marvel berikut ini akan kami sajikan berdasarkan kronologi latar waktunya. Film Marvel memang memiliki banyak penggemar di belahan dunia manapun. Alur cerita yang apik, semakin memuaskan para pecinta film dengan eksekusinya yang luar biasa top.

Film Marvel merupakan merupakan kumpulan kisah dari para super hero yang memiliki filmnya masing-masing. Akan tetapi yang menarik adalah meskipun terlihat memiliki kisahnya masing-masing, ternyata kronologi waktu antara satu superhero dengan yang lainnya memiliki kesinambungan.

Meskipun memiliki alur yang nyambung antara satu dengan yang lainnya, perilisan filmnya yang berurutan. Jadi ketika baru selesai menonton satu film, mungkin anda baru sadar bahwa film yang anda tonton barusan adalah berlatar waktu sesudah dari film Marvel yang dirilis 2 tahun lalu misalnya.

Urutan film Marvel

Marvel Studio
Foto : Marvel Studio

Untuk anda yang ingin menonton film Marvel secara berurutan berdasarkan kronologi waktunya, yuk simak rangkuman film Marvel berikut ini.

1. Captain America: The First Avenger (2011)

Urutan film Marvel yang pertama berdasarkan kronologi waktunya adalah Captain America yang tayang di tahun 2011. Dengan berlatarkan waktu di tahun 1941, film ini mengisahkan Chris Evans yang memerankan Steve Rogers yang berkeinginan bergabung dengan angkatan militer.

Kala itu dunia sedang dalam pergolakan perang, dan Steve Rogers yang memiliki postur tubuh yang kurus dan tampak lemah mendapatkan penolakan untuk bergabung dengan angkatan militer.

2. Captain Marvel (2019)

Meskipun terkesan melompat jauh, namun film Marvel selanjutnya adalah Captain Marvel yang tayang di tahun 2019. Film yang bersetting waktu 1995 ini mengisahkan Carol Danver yang turun ke bumi untuk mengejar alien Skrull yang mampu berubah wujud.

Menariknya, di film ini akan diungkap terkait alasan Nick Fury memiliki mata satu dan bagaimana Nick Fury meminta bantuan kepada Captain Marvel saat Thanos datang ke bumi.

3. Iron Man (2008)

Urutan film Marvel selanjutnya adalah Iron Man di tahun 2008. Film ini mengisahkan Tony Stark yang merupakan miliarder jenius yang memiliki ide brilian. Sempat diculik oleh sekelompok teroris yang minta dibuatkan sistem senaja canggih, Tony malah kemudian membuat baju zirah canggih yang membuat dirinya kemudian dikenal sebagai Iron Man.

4. Iron Man 2 (2010)

Masih mengisahkan tentang Iron Man, di film ini akan melanjutkan kisah dari Iron Man yang sudah dikenal publik. Akan tetapi, Tony Stark harus menghadapi masalah baru. Pemerintah menganggap teknologinya cukup berbahaya, sehingga ingin dikuasai oleh Pemerintah.

5. The Incredible Hulk (2008)

Film Marvel selanjutnya adalah The Incredible Hulk. Di sini anda akan melihat perjuangan Bruce Banner yang merupakan Hulk, menuju General Thunderbolt Ross yang menganggapnya sebagai ancaman.

6. Thor (2011)

Selanjutnya kita akan melihat kisah dari Thor yang diperankan oleh Chris Hemsworth yang diasingkan ke bumi oleh ayahnya, Odin. Pengasingannya ini memiliki kaitan dengan adiknya, yakni Loki.

7. The Avengers (2012)

Urutan film Marvel selanjutnya adalah The Avenger yang tayang di tahun 2012. Jika sebelumnya hanya akan menampilkan satu pahlawan super, kali ini akan ada beberapa jagoan yang bergabung menjadi tim yang kemudian disebut dengan Avengers.

8. Iron Man 3 (2013)

Kembali lagi dengan kisah dari Iron Man. Di film kali ini, Iron Man yang biasanya terlihat kuat dan pemberani, akan diperlihat sisi rapuhnya selayaknya manusia biasa. Ada suatu kejadian yang membuat Tony Stark merasa terpukul hingga mentalnya pun terpengaruh.

Semenjak saat itu, Tony memiliki obsesi baru, yakni membuat baju zirah yang bisa dikomandoi oleh dirinya sendiri.

9. Thor: Dark World (2013)

Urutan film Marvel selanjutnya yakni Thor di tahun 2013. Mengisahkan Thor yang berusaha menangani sisa kehancuran dari adiknya sendiri di Asgard.

10. Captain America: Winter Soldier (2014)

Melanjutnya Avenger pertama, film Captain Amerika ini akan mengisahkan Steve Rogers yang telah bergabung dengan SHIELD. Ia berusaha mengungkap kejanggalan dari beberapa tokoh mencurigakan di balik SHIELD.

11. Guardians of the Galaxy (2014)

Urutan film Marvel yang satu ini memeiliki peranan yang cukup penting. Pasalnya mengisahkan salah saut Infinity Stone, dengan berbagai karakter unik yang pastinya sayang untuk dilewatkan.

12. Guardians of the Galaxy Vol. 2 (2017)

Melanjutkan kisah sebelumnya, di sini akan berfokus pada Peter Quill atau Star Lord yang bertujuan untuk mengambil kembali baterai mereka yang telah dicuri. Mereka diimingi imbalan Nebula, yakni anak buah Ronan yang menjadi tahanan.

13. Avengers: Age of Ultron (2015)

Di film ini, anda akan menyaksikan para Avengers yang berkumpul untuk melawan AI bernama Ultron. Ultron ini tak lain adalah buatan Tony Stark serta Bruce Banner yang justru malah menjadi sebuah bencana.

14. Ant-Man (2015)

Urutan film Marvel selanjutnya adalah Ant Man. Jagoan kali ini justru memiliki postur tubuh yang mungil dan berbeda dari jagoan Marvel sebelumnya.

15. Captain America: Civil War (2016)

Di film iin akan mengisahkan sisi emosional dari Captain America kepada sahabatnya, Bucky Barner yang diklaim untuk bertanggung jawab atas ledakan kantor PBB yang membuat ayah dari Black Panther tewas.

16. Black Widow (2021)

Di film ini akan mengisahkan perjalanan dari Natasha Romanoff yang merupakan agen rahasia sekaligus pembunuh dari organisasi Red Room. Alur ceritanya mengisahkan Natasha sebelum bergabung dengan Avengers.

17. Spider-Man: Homecoming (2017)

Kisah Spider Man ini yang memiliki khas ala anak SMA yang ceroboh. Spiderman yang diperankan oleh Tom Holland harus melawan The Vultures.

18. Doctor Strange (2016)

Dalam film Doctor Strange ini akan mengisahkan jagoan yang memiliki kekuatan yang unik. Yakni seorang ahli bedah yang mengalami kecelakaan hingga tangannya terluka parah. Ia pun kemudian menemukan kekuatan magis untuk kebaikan.

19. Black Panther (2018)

Dalam film Black Panther akan mengisahkan T’Challa yang harus melawan Ric Killmonger yang merupakan hasil dari kesalahan ayahnya di masa lalu.

20. Thor: Ragnarok (2017)

Melanjutkan film Thor sebelumnya, kali ini akan mengisahkan pasca kematian dari Odin. Hella yang merupakan saudari Thor yang telah lama menghilang ingin merebut tahta Asgard.

21. Avengers: Infinity War (2018)

Di film ini akan mengisahkan para Avengers yang berjuang melawan Thanos.

22. Ant-Man and The Wasp (2018)

Di film kali ini, Ant Man tidak akan sendiri, namun ditemani dengan The Wasp yang berusaha menyelamatkan Janet yang merupakan Ibu dari The Wasp sekaligus istri dari Hank Pym.

23. Avengers: Endgame (2019)

Secara garis besar, dalam Avengers Endgame ini akan megisahkan 23 hari pasca Thanos menggunakan Infinity Gauntletnya untuk menghancurkan setengah dari kehidupan di alam semesta.

24. Spider-Man: Far From Home (2019)

Petualangan Peter Parker kali ini berlatar setelah pertarungan Avengers Endgame. Ia hidup dalam kesedihan karena kehilangan sang mentor, yakni Tony Stark alias Iron Man.

25. Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings (2021)

Film Marvel berikutnya adalah Shang Chi, yang mengisahkan Shang Chi yang harus menghadapi masa lalunya sebelum apda akhirnya memilih untuk meninggalkan dan bergabung dengan organisasi Ten Rings.

26. Eternals (2021)

Urutan film Marvel selanjutnya adalah Eternals. Film ini mengisahkan sepuluh superhero yang disebut dengan Eternals harus mengalahkan Deviants yang menyerang bumi. Eternals ini mereka adalah makhluk abadi.

27. Spider-Man: No Way Home (2021)

Di film kali ini akan mengisahkan saat identitas Peter Parker sebagai Spiderman terungkap. Ia kemudian meminta bantuan Doctor Strange. Namun suatu kesalahan membuat musuh berbahaya dari dunia lain datang menyerang.

28. Doctor Strange in the Multiverse of Madness (2022)

Demikian adalah sederet informasi mengenai urutan film Marvel. Kendati demikian, jika anda tak ingin menontonnya secara berutusan sesuai kronologinya pun tidak menjadi masalah. Anda juga bisa merasakan sensasi yang berbeda dengan menonton film Marvel berurutan dari tanggal perilisannya. Akhir kata semoga artikel mengenai film Marvel ini dapat bermanfat bagi anda dan selamat menonton!

Topik Terkait