img_title
Foto : Polygon

IntipSeleb – Siapa yang tak kenal dengan Tom Holland? Namanya dikenal luas berkat keterlibatannya dalam serial pahlawan milik Marvel, di mana dia membintangi karakter Spiderman.

Ia juga memiliki sejarah karier yang panjang. Penasaran bagaimana info lengkap Tom Holland? Yuk simak sampai habis artikel timeless di bawah ini.

Jejak Karier Tom Holland

Pinterest
Foto : Pinterest

Masa Kecil

Thomas Stanley Holland lahir pada 1 Juni 1996, di London, Inggris. Dia dibesarkan oleh orang tuanya, Nicola Elizabeth, dan Dominic Holland.

Sementara ayahnya, Dominic, adalah seorang komedian, ibunya bekerja sebagai fotografer. Sebagai seorang anak, ia biasa menghabiskan banyak waktu dengan saudara kembarnya, Sam dan Harry, dan adik laki-laki lain Paddy.

Tom bersekolah di 'Donhead Preparatory School', sebuah sekolah mandiri yang terletak di Wimbledon, barat daya London. Sejak masa sekolahnya, Tom menunjukkan minat yang besar pada tari dan karenanya mulai menghadiri kelas dansa. Tapi dia diganggu oleh teman-teman sekolahnya karena suka menari.

Setelah menyelesaikan pendidikan sekolahnya, ia menghadiri 'Wimbledon College,' dari mana ia lulus pada tahun 2012. Ia kemudian menghadiri 'BRIT School for Performing Arts and Technology' yang bergengsi, dari mana ia belajar nuansa akting dan menari.

Selama 'Richmond Dance Festival' 2006, Tom terlihat menari di 'Nifty Feet Dance School,' di mana ia ditemukan oleh seorang koreografer bernama Lynne Page, yang bekerja sebagai asisten koreografer populer, Peter Darling. Melihat keterampilan menarinya, Lynne Page entah bagaimana tahu bahwa Tom nantinya akan menjadi penghibur populer dan karenanya, dia membawa Tom di bawah sayapnya.

Tom mengikuti audisi pada delapan kesempatan dan dilatih selama dua tahun, setelah itu ia mendapatkan kesempatan untuk bermain sebagai sahabat Billy Michael di 'Billy Elliot the Musical.' Karena itu adalah debutnya di 'West End', ia mendapatkan popularitas sebagai artis teater.

Awal Karier

Setelah memainkan peran penting dalam 'Billy Elliot the Musical' pada 28 Juni 2008, ia melanjutkan untuk memainkan peran tituler dalam musikal yang sama pada 8 September 2008. Penampilannya dipuji oleh para kritikus dan Tom mulai mendapatkan popularitas sebagai aktor. Akibatnya, ia mulai muncul di banyak acara televisi dan wawancara.

Tom membuat debut televisinya segera setelah memainkan peran tituler dalam 'Billy Elliot the Musical.' Dia dan lawan mainnya Tanner Pflueger diwawancarai oleh 'Channel 5' untuk salah satu acara beritanya. Pada tahun berikutnya, Tom berperan dalam acara 'The Feel Good Factor.'

Pada pertunjukan perdana, Tom menampilkan 'Angry Dance' yang populer dari musikal dan kemudian diwawancarai oleh Myleene Klass, yang menjadi pembawa acara pemutaran perdana. Pada 8 Maret 2010, Tom dan aktor lainnya, yang memerankan Billy Elliot, diundang ke 10 Downing Street untuk menandai ulang tahun kelima musikal terkenal itu.

Di sana, ia mendapat kesempatan untuk bertemu dengan Perdana Menteri Inggris saat itu, Gordon Brown. Pada tanggal 31 Maret, pertunjukan khusus ulang tahun kelima dari musikal itu dipamerkan dan Tom dipilih untuk memainkan peran utama dalam pertunjukan tersebut.

Masa Kesuksesan

Pada tahun 2011, Tom membuat debut filmnya ketika dia meminjamkan suaranya ke karakter bernama Sho dalam versi bahasa Inggris dari film fantasi animasi populer Jepang 'Arrietty.' Terobosan utamanya datang pada tahun 2012, ketika dia berperan bersama aktor seperti Ewan McGregor dan Naomi Watts dalam film drama bencana yang mendapat pujian kritis, 'The Impossible.'

'The Impossible' kemudian menjadi film yang sukses dan diputar di 'Toronto International Film Festival.' Tom, yang memerankan Lucas Bennett dalam film tersebut, dipuji karena kemampuan aktingnya, dengan banyak yang mengatakan bahwa dia bisa memenangkan Oscar untuk film tersebut.

Meskipun dia tidak memenangkan Oscar, dia berhasil memenangkan penghargaan dan nominasi utama lainnya. Pada tahun 2013, ia muncul dalam film drama spekulatif berjudul 'How I Live Now' dan juga terlihat dalam film pendek berjudul 'Moments.'

Pada tahun berikutnya, ia meminjamkan suaranya untuk film drama Inggris-Amerika 'Locke,' yang dibintangi Tom Hardy dalam peran utama. Dia juga memainkan cameo dalam versi film 'Billy Elliot the Musical.' Pada 2015, ia memainkan versi muda Thomas Nickerson dalam film drama petualangan, 'In the Heart of the Sea.' Pada tahun yang sama, ia muncul sebagai Gregory Cromwell dalam serial televisi Inggris, 'Wolf Hall.'

Tahun 2016 ternyata menjadi tahun yang luar biasa bagi Tom saat ia memainkan karakter menarik dalam empat film populer, yaitu 'Captain America: Civil War,' 'The Lost City of Z,' 'A Monster Calls,' dan 'Edge of Winter.' Dalam 'Captain America,' ia memerankan Peter Parker, yang merupakan salah satu peran film berulang paling populer dalam sejarah Hollywood.

Pada tahun 2017, ia mengulangi perannya sebagai Peter Parker di 'Spider-Man: Homecoming.' Dia juga muncul di beberapa film lain, yaitu 'Pilgrimage' dan 'The Current War.' Sementara ia memerankan Saudara Diarmuid di 'Pilgrimage,' dia memerankan pengusaha Amerika terkenal Samuel Insull dalam 'The Current War.'

Pada tahun yang sama, dia juga muncul sebagai dirinya sendiri dalam serial TV kompetisi realitas populer, 'Lip Sync Battle.' Pada tahun 2018, ia sekali lagi mengulangi perannya sebagai Spider-Man dalam film superhero Marvel Studios, 'Avengers: Infinity War.' Tom memiliki sejumlah film mendatang di bawah ikat pinggangnya.

Meskipun ia tumbuh sebagai aktor, Tom mengatakan tujuan utamanya adalah menjadi sutradara di Hollywood. Pada tahun 2020, Tom Holland membintangi film Netflix The Devil All the Time. Pada tahun 2021, ia membintangi film superhero 'Spider-man: No Way Home,' yang menjadi film terlaris tahun ini dan meraup lebih dari USD1 miliar di seluruh dunia.

Total Kekayaan Tom Holland

Instagram/tomholland
Foto : Instagram/tomholland

Pada 2022, kekayaan bersih Tom Holland adalah USD18 juta. Dia mengumpulkan kekayaan bersihnya dengan berakting di film-film terkenal. Misalnya, Tom dibayar USD250 ribu untuk tampil sangat singkat di "Captain America: Civil War".

Orang tua Tom Holland adalah Nicola Frost dan Dominic Holland. Mereka berdua mengerjakan pekerjaan kreatif; Nicola adalah seorang fotografer, dan Dominic adalah seorang komedian dan penulis.

Ketika dia berusia sembilan tahun, Nicola melihat Tom menari mengikuti lagu Janet Jackson dan menyadari bahwa dia memiliki potensi besar. Dia mendaftarkannya di kelas menari, di mana dia ditemukan oleh koreografer untuk "Billy Elliot the Musical".

Dua tahun pelajaran akrobat, senam, dan tap-dancing kemudian, Holland akhirnya mendapatkan peran protagonis drama itu, yang merupakan awal karirnya. Namun, dia mendapatkan popularitas nyata ketika dia menandatangani kesepakatan dengan MCU untuk peran Spider-Man. Namanya masuk dalam rekor Guinness Book of World sebagai aktor termuda yang berperan sebagai karakter utama dalam film MCU.

Dia bereksperimen dengan baik di luar jangkauannya dalam film-film seperti The Devil All the Time dan Cherry. Meskipun tidak ada upayanya di luar Marvel yang berhasil dengan baik, semoga ini adalah awal karirnya, dan banyak proyek bintang berjalan sesuai keinginannya. Dia juga dinominasikan dan menerima beberapa penghargaan untuk karya-karyanya yang beragam di acara penghargaan besar.

Nah itu dia jejak karier serta kekayaan dari Tom Holland. Ingin tahun lebih dalam tentang biografi artis lainnya? Terus pantau kanal lifestyle hanya di IntipSeleb ya!

Topik Terkait