img_title
Foto : Instagram/zendaya

IntipSeleb Gaya HidupZendaya merupakan aktris cantik dan berbakat yang telah muncul di berbagai film dan serial populer Hollywood. Lewat berbagai proyek tersebut, ia membuktikan bakat dan kualitas aktingnya yang luar biasa.

Awalnya tak terlalu dikenal, sosoknya perlahan kian bersinar di kancah film dan pesona serta kepribadiannya membuat banyak orang jatuh hati bersedia menjadi penggemarnya.

Kini nama Zendaya menjadi salah satu yang diperhitungkan di dunia seni peran internasional. Lantas seperti apa profil dan fakta dari artis cantik yang satu ini? Yuk, cari tahu selengkapnya.

1. Profil Zendaya

Instagram/zendaya
Foto : Instagram/zendaya

Zendaya memiliki nama lengkap Zendaya Mare Stoermer Coleman dan lahir pada 1 September 1996 di Oakland, California, Amerika Serikat.

Ia lahir dari pasangan Kazembe Ajamu Coleman dan Claire Stoermer. Ayahnya adalah seorang berdarah campuran Afrika dan Amerika, sementara ibunya keturunan Jerman dan Skotlandia.

Zendaya diketahui tidak sendirian, ia memiliki lima orang saudara tiri dari ayahnya. Ia menghabiskan masa sekolahnya di Oakland School for Arts.

Ternyata sejak kecil dirinya sudah dekat dengan dunia akting karena sang ibu diketahui bekerja sebagai salah satu manager di Teater Shakespear yang berlokasi di California. Zendaya kecil pun kerap menolong ibunya di teater tersebut, salah satunya dalam menjual tiket.

2. Awal Karier Bukan Akting, Melainkan Penari

Instagram/zendaya
Foto : Instagram/zendaya

Meski kini namanya begitu dikenal dan diperhitungkan di dunia seni peran, namun ia mengawali kariernya ternyata bukan di dunia akting. Zendaya justru mengawali karier di dunia hiburan dengan menjadi model cilik dan juga seorang penari latar.

Rupanya, sejak kecil Zendaya memang sangat suka menari. Terbukti dari pengalamannya bergabung dalam sebuah grup hip-hop saat usianya masih 8 tahun.

Sebagai seorang penari latar, ia pernah menjadi penari untuk Selena Gomez dalam sebuah iklan komersial Sears. Dirinya juga ikut ambil bagian dalam video klip Kidz Bop yang kala itu mengcover lagu milik Katy Perry berjudul Hot n Cold.

Tak hanya itu, ia juga pernah mengikuti kompetisi menari yang diadakan oleh stasiun televisi ABC berjudul Dancing With the Star yang kala itu memasuki musik ke-16.

Zendaya dipasangkan oleh seorang penari berdarah Ukraina-Amerika yakni Val Chmerkovskiy dan sukses mengamankan peringkat kedua dalam kompetisi itu.

Barulah pada tahun 2010 ia memulai debut aktingnya dalam sebuah serial televisi besutan Disney Channel dengan judul Shake It Up. Dalam serial yang merupakan sebuah sitkom itu, ia berperan sebagai Rocky Blue sampai tahun 2013.

Kemudian pada tahun 2015 sampai 2018, ia kembali membintangi sebuah sitkom populer yang berjudul K.C. Undercover.

3. Pernah Rilis Album

Instagram/zendaya
Foto : Instagram/zendaya

Selain punya kemampuan akting dan juga menari, ternyata Zendaya juga punya bakat di bidang tarik suara, lho. Ia bahkan pernah menandatangani kontrak dengan sebuah label ternama Hollywood.

Di tahun 2012, Zendaya diketahui dikontrak oleh Hollywood Records yang merupakan label dari Selena Gomez dan Jonas Brothers. Padahal, kala itu usia Zendaya masih 16 tahun.

Satu tahun setelah itu yakni pada 2013, ia merilis album pertamanya dan berhasil menduduki peringkat ke-51 dalam tangga lagu Billboard 200. Lagu terpopuler dari albumnya tersebut berjudul Replay.

4. Sempat Merilis Buku Khusus untuk Penggemar

Instagram/zendaya
Foto : Instagram/zendaya

Aktris yang kini berusia 26 tahun itu juga pernah menerbitkan sebuah buku yang berjudul Between You and Me. Buku tersebut dibuat khusus untuk para penggemarnya yang berusia 8-12 tahun.

Zendaya mengaku bahwa ide merilis buku tersebut terinspirasi dari pertanyaan yang didapatkan oleh para penggemarnya yang berada di rentang usia 8-12 tahun tersebut.

Menurut Zendaya, rentang usia tersebut sangat menyenangkan dan mengasyikkan. Namun juga bisa menjadi sebuah masa yang sulit.

Karena ada banyak drama yang terjadi di usia 8-12 tahun seperti soal hubungan dengan sesama teman perempuan, hubungan dengan orang tua dan saudara kandung, serta hubungan dengan para guru.

Ia berharap dengan dibuat dan diterbitkannya buku tersebut, maka dapat membantu para anak perempuan untuk melalui bagian berat dalam hidup mereka yang muncul di rentang usia tersebut.

Dirinya juga berharap para penggemar yang membaca buku itu dapat menghargai segala bagian menyenangkan yang terjadi dalam kehidupan mereka.

5. Berani Beradegan Seks Kontroversial Sebagai Lesbian

Instagram/zendaya
Foto : Instagram/zendaya

Di awal tahun 2022, serial Euphoria yang dibintangi oleh Zendaya mendadak viral dan dibicarakan oleh penggemar di seluruh dunia. Serial tersebut begitu banyak diperbincangkan di media sosial, terutama lewat platform Twitter.

Serial Euphoria ini sebenarnya telah rilis sejak 2019 lalu. Kemudian di awal tahun 2022, serial ini memasuki musim keduanya.

Euphoria mengangkat kehidupan gelap para remaja yang dipenuhi dengan hal-hal kontroversial seperti narkoba, kekerasan, trauma, asmara, hingga hubungan intim.

Dengan tema yang diangkat, serial yang satu ini menampilkan cerita penuh konflik dan adegan panas. Hal itu membuat Zendaya yang berperan sebagai tokoh utama pun mau tidak mau harus berani melakukan adegan-adegan menantang tersebut.

Apalagi, di serial ini Zendaya berperan sebagai seorang penyuka sesama perempuan alias lesbian. Ia memerankan tokoh bernama Rue Bennett, yang dikisahkan punya hubungan asmara dengan teman perempuannya yakni Jules Vaughn yang diperankan oleh Hunter Schafer.

Ada banyak adegan panas sesama jenis yang dilakukan oleh Zendaya selama membintangi Euphoria. Seperti adegan ciuman mesra, adegan ranjang, hingga adegan seksual yang cukup liar dan vulgar lainnya.

6. Pecahkan Rekor Emmy Awards Sebagai Pemenang Termuda

Instagram/zendaya
Foto : Instagram/zendaya

Performa Zendaya dalam serial Euphoria tersebut menuai banyak pujian dari penggemar maupun kritikus. Penampilannya di serial tersebut bahkan membuatnya berhasil menyabet piala Emmy Awards tahun 2020 lalu.

Dengan prestasinya itu, ia pun memecahkan rekor dan tercatat sebagai pemenang Emmy Awards termuda. Kala itu usianya baru menginjak 24 tahun saat membawa pulang penghargaan dari ajang bergengsi itu.

Padahal, dalam kategori yang dimenangkannya Zendaya bersaing dengan sederet aktris papan atas seperti Jennifer Aniston, Olivia Colman, Laura Linney dan Sandra Oh.

7. Pernah Dapat Komentar Rasis

Instagram/@zendaya
Foto : Instagram/@zendaya

Pada ajang penghargaan Oscar 2015 silam, Zendaya sempat mendapatkan komentar rasis dari seorang reporter yang diketahui bernama Giuliana Rancic.

Kala itu Zendaya datang dengan gaun putih yang cantik dan rambut bergaya dreadlocks. Namun, sang reporter justru megatakan bahwa rambut Zendaya tersebut mengeluarkan bau ganja dan minyak patchouli.

Sang aktris rupanya tidak terima dengan komentar dari reporter tersebut. Sehingga ia melampiaskannya di akun Instagram miliknya.

Saat itu ia mengungkap bahwa ada batasan antara lelucan dengan sikap merendahkan dan tidak menghargai. Padahal, gaya rambut dreadlocks dipilih oleh Zendaya untuk menyebarkan pesan yang positif.

Sebagai keturunan kulit hitam, Zendaya ingin orang-orang keturunan kulit hitam lainnya percaya diri dengan rambut mereka yang bagus. Gaya rambut dreadlocks juga merupakan simbol kekuatan dan keindahan. (bbi)

Topik Terkait