img_title
Foto : Instagram/@ratubokopark

IntipSeleb Gaya HidupCandi Ratu Boko merupakan salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang cukup populer. Bisa dibilang, Candi Ratu Boko merupakan kerabat dari Candi Prambanan dan juga Candi Boroudur. Ada yang unik dan berbeda dari Candi Ratu Boko dengan Candi yang lainnya.

Yakni lokasi Candi Ratu Boko yang berada di puncak bukit, yakni kurang lebih 195.97 di atas permulaan laut sehingga pemandangan yang disaksikan pun akan terasa berbeda dengan wisata candi yang lainnya.

Kompleks Candi yang berlokasi di Kalurahan Bokoharjo, Kapanéwon Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta ini letaknya hanya 3 km ke arah Selatan dari Candi Perambanan. Banyak hal menarik yang bisa anda temui saat mengunjungi tempat wisata ini. Ada apa saja? Yuk simak lengkapnya berikut ini.

Candi Ratu Boko

gmaps/H Lukito
Foto : gmaps/H Lukito

Pada dasarnya, Candi Ratu Boko sering disebut pula sebagai Kraton Ratu Boko. Hal ini mengarah pada legendanya sendiri yang disebut sebagai Kraton Ratu Boko. Dahulu, Kraton ini konon merupakan istana milik Prabu Boko yang merupakan ayah dari Putri Roro Jonggrang.

Di situs peninggalan Ratu Boko, ada prasasti yang bertuliskan angka 972 M yang kemudian disebut sebagai Prasasti Abhayagiriwihara. Dalam prasasti yang ditulis dalam huruf paranagari itu disebutkan bahwa Raja Tejapurnama Panangkarana yang diperkirakan sebagai Rakai Panangkara, memerintahkan pembangunan Abhayagiriwihara.

Menurut para pakar, Abhayagiriwihara merupakan biara yang dibangun di sebuah bukit sebagai bentuk kedamaian. Di tempat wisata ini, hal yang menjadi ikonik adalah gerbang dari Candi Ratu Boko.

Letaknya cukup tinggi sehingga untuk wisatawan yang datang membawa kendaraan, harus berjalan kaki dari tempat parkir sejauh kurang lebih 100 meter. Pintu gerbang ini terdiri dari dua, yakni gerbang luar dan gerbang dalam yang dimana ukurannya cukup besar.

Daya tarik Candi Ratu Boko

gmaps/Yani
Foto : gmaps/Yani

Dari sekian banyak pesona dari Candi Ratu Boko, berikut ini akan kami rangkum dan gambarkan secara terperinci agar anda semakin tertarik untuk datang. Berikut ini adalah daya tarik dari Candi Ratu Boko

1. Halaman Kraton yang luas

Tak hanya merupakan situs peninggalan sejarah yang terasa sakral dan magis, namun secara tampilan, Candi Ratu Boko memiliki luas kurang lebih 25 hektar. Halamannya sangat luas dengan ditumbuhi rerumputan hijau yang rapi dan terawat.

Untuk anda yang membawa anak-anak, mereka bisa bermain dan berlarian kesana kemari dengan bebas. Meskipun sangat luas, namun entah kenapa anda tidak akan terasa lelah. Hal ini mungkin karena suasana berbeda yang anda saksikan sepanjang berada di kompleks Candi Ratu Boko.

2. Pemandangan matahari terbenam

Melihat pemandangan matahari terbenam memang paling cocok dilakukan di tempat tinggi. Di sini, pemandangan melihat sunset anda akan terasa berbeda. Suasananya yang asri membuat anda seolah berada di zaman dulu tanpa adanya modernisasi.

Jika bertujuan hanya untuk melihat sunset, anda bisa datang sejak pukul 3 sore. Sembari menunggu sunset, anda bisa berjalan-jalan santai di sekitar kompleks Candi Ratu Boko. Tak heran banyak yang datang dan mengabadikan momen indah nan magis di tempat ini.

Anda juga bisa berfoto dengan berlatarkan sunset dengan menampilkan siluet gelap yang terasa misterius namun juga estetik.

3. Gua

Mungkin bagi yang tidak tahu, wisata Candi Ratu Boko ya hanya sekadar peninggalan bangunan kerajaan kuno saja. Akan tetapi, nyatanya di sini ada Gua, lho. Ada dua buah Gua yakni Gua Lanang (Gua Laki-laki) dan Gua Wadon (Gua perempuan).

Untuk Gua Lanang, lokasinya berada di Timur Laut ‘Paseban’ yang merupakan lorong persegi. Di dalam Guanya sendiri, ada reluk seperti bilik di sisi kanan, kiri dan belakangnya. Suasana Gua akan semakin terasa berbeda dengan melihat banyak pula pahatan seperti pigura persegi panjang di dindingnya.

Sementara itu, di Gua Wadon yang letaknya hanya 20 m ke arah tenggara dari ‘Paseban’. Secara tampilan, Gua ini lebih kecil dibandingkan Gua Lanang.

4. Piknik dan kuliner

Saking luasnya halaman Candi Ratu Boko, banyak juga yang sengaja membawa tikar untuk duduk-duduk santai. Sebelum masuk ke area Candi Ratu Boko juga banyak pedagang yang menjajakan makanan. Di sana anda bisa duduk sambil menikmati kuliner yang disajikan sebelum berjalan mengitari kompleks Candi Ratu Boko yang luas.

Selain itu, fasilitas dari Candi Ratu Boko pun cukup memadai. Banyak toilet sehingga tak perlu khawatir akan mengantri. Selain itu adapula musala untuk anda yang hendak melaksanakan ibadah bagi umat muslim.

Harga tiket Candi Ratu Boko

gmaps/Lord Bhows
Foto : gmaps/Lord Bhows

Jika anda tak bisa mengunjung Candi Ratu Boko di akhir pekan atau hari libur, jangan khawatir. Anda juga bisa mengunjung tempat wisata ini di hari biasa. Candi Ratu Boko buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Untuk harga tiket masuknya, pihak pengelola Candi Ratu Boko juga menyediakan tiket terusan jika anda tertarik untuk datang ke Candi kerabat dari Candi Ratu Boko, yakni Candi Prambanan atau Candi Borobudur. Berikut ini adalah harga tiket masuk Candi Ratu Boko:

Tiket Reguler Candi Ratu Boko

Tiket masuk Candi Ratu Boko dewasa (10 tahun ke atas): Rp40.000
Tiket masuk Candi Ratu Boko anak (di bawah 10 tahun): Rp20.000

Paket Terusan

Ratu Boko – Prambanan (fasilitas shuttle di Prambanan dan Ratu Boko)

Usia 10 tahun ke atas: Rp85.000
Usia 3 s/d 10 tahun: Rp40.000

Ratu Boko – Borobudur

Usia 10 tahun keatas: Rp75.000
Usia 3 s/d 10 tahun: Rp35.000

Rute ke Candi Ratu Boko

Instagram/@ratubokopark
Foto : Instagram/@ratubokopark

Lokasi Candi Ratu Boko yang tak terjauh dari pusat kota Yogyakarta, membuat wisatawan tidak akan terlalu kesulitan untuk mencapai lokasi ini. Untuk anda yang membawa kendaraan pribadi, anda bisa melewati jalan Laksda Adisutjipto dan jalan Raya Solo - Yogya ke arah timur.

Nanti di persimpangan Pasar Prambanan ambil jalan ke kanan (arah selatan) ke arah jalan Prambanan - Piyungan. Sekitar 3 km dari persimpangan akan ada penunjuk jalan ke arah Kraton Ratu Boko yang terletak di bukit di sebelah kiri.

Atau anda juga bisa memanfaatkan google maps sebagai petunjuk arah. Lokasinya akurat sehingga kemungkinan kecil jika anda akan tersesat.

Demikian adalah sederet informasi mengenai Candi Ratu Boko, mulai dari daya tarik, harga tiket hingga lain sebagainya. Perlu diingatkan kembali bahwa harga yang tertera di dalam artikel ini bisa mengalami perubahan seiring berjalannya waktu sesuai dengan kebijakan pengelola.

Kendati demikian, semoga harga tersebut bisa menjadi patokan bagi anda dalam menentukan biaya berwisata. Jika ingin mengetahui informasi terupdatenya, anda bisa mengunjungi situs resminya di sini.

Di situs resmi tersebut anda juga bisa membeli tiket secara online. Atau anda juga bisa mengunjungi media sosial resminya di @ratubokopark yang akan terus mengupdate informasi terkait peraturan atau harga tiket masuk Candi Ratu Boko.

Akhir kata semoga artikel timeless ini bermanfaat bagi anda dan selamat berlibur! (bbi)

Topik Terkait