img_title
Foto : Instagram/@mekarsari_fruitgarden

IntipSeleb Gaya HidupTaman Buah Mekarsari merupakan tempat wisata keluarga yang edukatif dan juga seru untuk dikunjungi. Di sini, pengunjung bisa belajar mengenai tanaman dan bahkan salah satu daya tariknya adalah memetik hasil buah di kebunnya langsung lho.

Berlokasi di Jalan Raya Cileungsi – Jonggol KM.3, Mekarsari, Cileungsi, Kabupaten Bogor, tempat wisata ini seolah tak pernah sepi pengunjung. Banyak sekali sekolah-sekolah yang menjadikan tempat ini menjadi tujuan wisata edukatif.

Belum lagi para karyawan PT juga biasanya banyak mengadakan family gathering di Taman Buah Mekarsari. Hal ini lantaran tempatnya yang sangat luas dan tema tempat wisata yang lebih mementingkan konsep alam yang akan membuat anda fresh usai penat menjalani aktivitas sehari-hari.

Kira-kira ada hal menarik apa saja ya yang ada di Taman Buah Mekarsari? Yuk baca informasi lengkapnya berikut ini.

Taman Buah Mekarsari

gmaps/Taman Buah Mekarsari
Foto : gmaps/Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari pada dasarnya merupakan tempat agrowisata yang memiliki luas mencapai 265 hektar. Di sini banyak sekali aneka ragam tumbuhan besar yang juga dijadikan sebagai tempat penelitian budidaya.

Dulunya, lahan ini merupakan bekas perkebunan karet milik PTP IX yang sudah tidak berproduksi lagi. Kemudian, Tien Soeharto selaku Ketua dari Yayasan Purna Bhakti Pertiwi (YPBP) memberikan gagasan untuk membangun taman.

Hingga pada akhirnya di 14 Oktober 1995, Taman Buah Mekarsari akhirnya resmi dibuka untuk umum oleh Soeharto.

Daya tarik Taman Buah Mekarsari

gmaps/Revolusi Shandi
Foto : gmaps/Revolusi Shandi

Ada begitu banyak hal menarik yang bisa anda temukan ketika mengunjungi Taman Buah Mekarsari. Mulai dari suasana yang asri, wahana seru hingga pengalaman memetik buah sendiri. Yuk simak daya tarik Taman Buah Mekarsari berikut ini.

1. Suasana taman asri

Dengan luas area mencapai 265 hektar, di sepanjang mata memandang, anda hanya akan melihat suasana yang asri dan sejuk. Pepohonan tinggi di kanan kiri dengan tanaman-tanaman hijau dan rumput yang terawat, membuat tempat ini terasa menyenangkan untuk dikunjungi.

Belum lagi untuk anda yang membawa anak-anak ikut serta, mereka akan dengan bebas berlarian kesana kesini dan tak terpaku dengan gawai. Saking luasnya, anda tidak akan sanggup mengelilingi keseluruhan Taman Buah Mekarsari dengan berjalan kaki.

Maka demikian, disediakan pula kereta keliling yang bisa anda naiki sekali. Karena tiket naik kereta keliling telah dibanderol bersamaan dengan tiket masuk. Atau, anda juga berkeliling dengan naik sepeda yang disewakan dengan harga mulai dari Rp10.000

2. Coba berbagai wahana seru

Tak hanya memiliki area yang luas dan suasana asri, kini Taman Buah Mekarsari juga melengkapi fasilitas mereka dengan berbagai wahana seru dan menyenangkan. Terutama untuk anak-anak. Namun untuk naik ke wahana tersebut, anda perlu membayar lagi.

Wahana di sini ada banyak sekali, mulai dari Perahu Naga, Perahu Sepeda Bebek, Berkuda, Becak Mini, Terapi Ikan, Feeding D’Farm, Istana Balon, ATV, Airsoft Gun, Panahan hingga Kidz Outbound.

Harga yang dibanderol pun mulai dari Rp15.000 hingga 50.000. Kendati demikian pengalaman seru dan tak terlupakan ini hanya akan anda rasakan di Taman Buah Mekarsari, lho.

3. Petik buah sendiri

Nah, salah satu daya tarik utama dari Taman Buah Mekarsari adalah memungkinkan para pengunjungnya, untuk memetik langsung dan mencicipi buah yang sedang panen. Namun, untuk buah yang dipetik disesuaikan dan tak selalu sama, tergantung musim panennya.

Jika ingin dipetik dan dibawa pulang pun boleh. Anda bisa memetik sendiri dan kemudian nantinya ditimbang dan dibayarkan sesuai yang anda petik. Harganya pun cukup wajar untuk tempat wisata. Perlu diperhatikan, meskipun bisa petik buah sendiri, ada momen yang bukan musim panen, sehingga mungkin pengalaman ini tak bisa anda rasakan.

4. Wisata edukasi

Sebagai tempat budidaya tanaman, disini para pengunjung juga akan dikenalkan dan diberi pengetahuan mengenai jenis-jenis tanaman dan buah. Bahkan untuk rombongan karyawisata, bisa juga mendapat kesempatan untuk mencoba menanam padi secara langsung.

Wisata yang cocok sekali untuk anak-anak. Jadi tak hanya liburan dan bermain bebas saja, namun bisa mengetahui aneka tumbuhan yang mungkin jarang diketahui saat berada di Kota.

Harga tiket masuk Taman Buah Mekarsari

gmaps/maria ulfah
Foto : gmaps/maria ulfah

Taman Buah Mekarsari buka untuk umum setiap Satu-Minggu dan hari libur nasional mulai pukul 09.00 hingga 15.00 WIB. Untuk hari Senin hingga Jumat diperuntukan untuk rombongan dengan catatan melakukan reservasi terlebih dahulu.

Berikut ini adalah rincian harga tiket masuknya.

Tiket Garden Drive Thru: Rp70.000 (dewasa) Rp60.000 (anak usia 2-9 tahun)

Tiket ini mempersilahkan anda untuk jalan-jalan keliling Taman Buah dengan kendaraan mobil pribadi. Tiket ini termasuk untuk biaya tiket masuk, keliling dengan kendaraan mobil, tur hutan salah (edukasi), memberi makan di DFarm, petik buah (selama persediaan ada), wahana perahu naga dan juga wahana sepeda air.

Tiket hemat Reguler A: Rp35.000

Tiket ini termasuk untuk biaya tiket masuk, kereta keliling dan mendapatkan 1 tiket untuk naik wahana sepeda air

Tiket hemat Reguler B: Rp40.000

Tiket ini termasuk untuk biaya tiket masuk, kereta keliling dan satu tiket wahana (bebas pilih, boleh istana balon, perahu naga atau terapi ikan)

Tiket kendaraan

Tiket mobil: Rp20.000
Tiket motor: Rp10.000

Fasilitas Taman Buah Mekarsari

gmaps/Mutiara Sari
Foto : gmaps/Mutiara Sari

Sebagai salah satu tempat wisata di Bogor yang paling banyak dikunjungi, Taman Buah Mekarsari juga telah menyediakan banyak fasilitas yang memadai. Mulai dari ketersediaan toilet, musala hingga area duduk-duduk yang bisa ditempati pengunjung jika merasa lelah.

Ada juga restoran yang bisa menjadi salah satu alternatif menisi energi bagi anda jika merasa lelah usai berkeliling Taman Buah Mekarsari. Selain itu, ada pula toko souvenir yang menjajakan kerajinan tangan, topi, hingga kaod yang bisa anda jadikan sebagai oleh-oleh.

Untuk rute ke Taman Buah Mekarsari sendiri cenderung cukup mudah, anda bisa menggunakan google maps sebagai patokan untuk sampai ke tempat tujuan. Jika anda naik menggunakan kendaraan umum yakni KRL, bisa turun di Stasiun Tanjung Barat.

Dari seberang sisi barat stasiun naik angkot merah KWK T 19 arah Kampung Rambutan.Turun di Jalan T.B. Simatupang di daerah Jalan Baru Tanah Merdeka. Lanjut naik angkot biru 121 arah Cileungsi. Turun di ujung trayeknya di perempatan Cileungsi. Lanjut naik angkot biru 64 arah Jonggol. Turun di Jalan Raya Jonggol – Cileungsi di seberang Taman Buah
Mekarsari, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.

Namun kami sarankan untuk naik kendaraan pribadi saja lantaran lokasi Taman Buah Mekarsari yang luas, mungkin akan semakin menguras tenaga anda bisa mengunjunginya dengan naik transportasi umum.

Demikian adalah sederet informasi mengenai Taman Buah Mekarsari, mulai dari daya tarik, harga tiket dan lain sebagainya. Untuk harga yang tercantum diingatkan kembali bahwa bisa saja terjadi perubahan harga seiring berjalannya waktu atau sesuai kebijakan pihak pengelola.

Kendati demikian, kami berharap bahwa harga tersebut bisa menjadi patokan bagi anda dalam menentukan biaya berlibur. Untuk informasi lebih lanjut anda bisa mengunjungi situs resmi dari Taman Buah Mekarsari dengan mengklik link di sini.

Di sana akan diupdate informasi terkini tentang harga tiket serta aturan masuk. Atau anda juga mengunjungi media sosial resminya di Instagram @mekarsari_fruitgarden yang selalu mengupdate keseruan para pengunjung.

Akhir kata semoga artikel timeless ini bermanfaat bagi anda dan selamat berlibur!

Topik Terkait