img_title
Foto : Babobotanicals.com

IntipSeleb Gaya HidupCara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah sebenarnya bisa dilakukan sendiri dengan beberapa metode sederhana. Kondisi bibir yang kering dan pecah-pecah tersebut pun bisa dialami siapa saja mulai dari usia anak hingga dewasa.

Meski terdengar sepele dan tidak berbahaya, namun kondisi bibir yang kering bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Apalagi jika sampai membuat kulit bibir mengelupas dan menyebabkan rasa perih.

Terkadang, jika kondisi kering pada bibir sudah terlalu parah, maka bisa membuat kulit bibir sampai luka. Tentunya hal tersebut akan menimbulkan rasa perih yang membuat tak nyaman.

Bibir yang kering pun terjadi akibat beberapa faktor atau penyebab. Nah, selain cara mengatasi bibir kering, faktor yang menjadi penyebab kondisi bibir menjadi kering pun penting untuk diketahui.

Oleh karenanya, simak cara mengatasi bibir kering dan ketahui juga apa saja penyebabnya berikut ini.

Penyebab Bibir Kering

Bibir yang dalam kondisi kering tentu tidak serta merta terjadi begitu saja, melainkan ada penyebab yang membuatnya demikian. Ditambah lagi, kulit di area bibir memiliki tekstur yang lebih tipis dibandingkan kulit di area tubuh lain.

Selain itu, kulit bibir juga tidak memiliki kelenjar minyak sehingga tidak bisa menjaga kelembapan dengan sendirinya. Alhasil, paparan yang ditimbulkan kondisi lingkungan hingga gaya hidup yang kurang tepat membuat kulit bibir menjadi kering.

Lantas, apa saja deretan penyebab yang dapat membuat kulit bibir terasa kering dan pecah-pecah? Berikut ini daftarnya:

1. Cuaca

everydayhealth.com
Foto : everydayhealth.com

Penyebab bibir kering yang pertama adalah kondisi cuaca. Salah satu contohnya adalah saat cuaca sedang dalam keadaan dingin, maka kulit tubuh terutama bibir akan menjadi lebih rentan menjadi kering dan mengelupas.

Begitu juga jika cuaca sedang terik dan panas, paparan sinar matahari yang berlebihan mengenai bibir membuatnya lebih mudah kering. Hal itu disebabkan bibir terpapar sinar ultarviolet (UV) yang berasal dari cahaya matahari.

2. Dehidrasi

Freepik/azerbaijan_stockers
Foto : Freepik/azerbaijan_stockers

Penyebab bibir kering yang selanjutnya adalah dehidrasi atau kekurangan cairan. Kondisi kekurangan cairan menimbulkan dampak negatif bagi tubuh, salah satunya adalah bibir kering.

Dehidrasi biasanya disebabkan oleh gaya hidup yang membuat kekurangan asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh.

3. Kebiasaan Menjilat Bibir

Tahukah kamu bahwa kebiasaan menjilat bibir malah membuat bibir menjadi kering dan bukan melembapkannya? Menjilat bibir biasanya spontan dilakukan seseorang saat merasa bibirnya mulai agak kering.

Namun, cara ini malah membuat kelembapan bibir hilang karena saat air liur yang membasahi bibir sudah menguap, maka permukaan bibir pun akan kehilangan kelembapan dan jadi semakin kering.

4. Paparan Bahan Kimia Tertentu

Paparan bahan kimia tertentu juga bisa menjadi penyebab bibir kering yang mungkin jarang diketahui orang. Contohnya adalah penggunaan kosmetik bibir tertentu seperti lipbalm, lipstik, dan semacamnya yang berpotensi membuat bibir kering jika tidak cocok.

Tak hanya itu, paparan dari pasta gigi pun bisa menyebabkan bibir seseorang menjadi terasa kering bahkan mengelupas.

5. Kondisi Medis Tertentu

Ada beberapa kondisi medis yang bisa membuat kondisi bibir kering, sebut saja seperti kekurangan vitamin, zinc, dan juga zat besi.
Kondisi alergi yang dimiliki seseorang juga berpotensi berujung pada bibir yang mengalami keadaan kering maupun pecah-pecah.

Cara Mengatasi Bibir Kering

Nah, setelah mengetahui apa saja penyebab bibir kering, maka kamu bisa melakukan beberapa langkah dan cara untuk mengatasi bibir kering tersebut.

Beberapa cara yang dapat dicoba yakni seperti di bawah ini.

1. Penuhi Asupan Cairan dalam Tubuh

Pinterest
Foto : Pinterest

Memastikan asupan cairan dalam tubuh terpenuhi merupakan cara mengatasi bibir kering yang paling mendasar. Apabila asupan cairan di tubuh tidak terpenuhi dengan baik, kemungkinan besar cara lainnya tidak akan terlalu membantu dalam mengatasi bibir kering.

Untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, kamu bisa mengusahakan untuk minum air putih sesuai anjuran yakni 8 gelas per hari. Meski begitu, jumlah tersebut sebenarnya hanya perkiraan dan tidak bisa dijadikan patokan mutlak.

Karena kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda, bisa saja butuh lebih dari 8 gelas per hari ataupun bisa jadi kurang dari jumlah tersebut.

Selain melalui air putih, asupan cairan juga bisa didapatkan melalui asupan makanan yang mengandung banyak kuah ataupun buah-buahan yang kaya kandungan air seperti semangka, melon, dan sebagainya.

2. Gunakan Pelindung Bibir

healthshots.com
Foto : healthshots.com

Cara mengatasi bibir kering selanjutnya adalah dengan menggunakan pelindung bibir, contohnya seperti pelembab bibir. Pilihlah pelembab bibir yang cocok denganmu dan memiliki kandungan SPF yang bisa melindungi dari paparan sinar UV.

Perlu diperhatikan juga kandungan yang terdapat dalam pelembab bibir tersebut. Karena ada beberapa kandungan yang justru membuat bibir menjadi semakin kering, contohnya seperti kandungan mint.

Kandungan mint sesaat bisa memberikan sensasi dingin dan menyejukkan, namun lama kelamaan justru akan membuat bibir menjadi kering.

3. Eksfoliasi Kulit Bibir dengan Rutin

healthline.com
Foto : healthline.com

Melakukan eksfoliasi pada kulit bibir juga tak kalah penting jika ingin mengatasi kondisi kering yang dialami. Eksfoliasi sendiri berguna untuk mengangkat sel kulit mati dan biasa dilakukan pada kulit tubuh, wajah, dan bibir.

Dengan melakukan eksfoliasi pada bibir, kulit bibir yang sudah mati akan lebih mudah terangkat dan tergantikan dengan sel kulit yang baru. Hasilnya kulit bibir akan menjadi lebih halus.

Untuk melakukan eksfoliasi bisa dengan menggunakan berbagai produk scrub bibir yang banyak tersedia di pasaran. Kamu juga bisa membuat scrub bibir alami dengan menggunakan campuran madu dan gula pasir.

Perlu diingat, bahwa tidak disarankan melakukan eksfoliasi pada bibir yang sedang dalam kondisi mengelupas karena dikhawatirkan malah membuatnya menjadi luka dan berdarah, hingga iritasi.

4. Hindari Kebiasaan Merokok

Gaya hidup sangat mempengaruhi kondisi tubuh, termasuk kesehatan kulit bibir. Salah satu hal yang harus dihindari jika ingin kulit bibir sehat adalah kebiasaan merokok.

Kandungan pada rokok dan asapnya bisa membuat kulit bibir menjadi iritasi dan menyebabkannya mengering. Sehingga kulit bibir pun akan rentan mengalami pecah-pecah.

Tak hanya pada bibir, efek dari merokok juga menyebabkan masalah pada area mulut lainnya yakni pada gigi dan gusi. Kebiasaan merokok dapat menyebabkan gigi menjadi semakin menguning dan juga gusi berpotensi mengalami nyeri.

Selain itu, rokok juga bisa membuat area mulut lebih rentan terserang sariawan yang tentunya akan mengganggu kenyamanan sehari-hari.

5. Gunakan Bahan Alami

Pinterest
Foto : Pinterest

Kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan alami sebagai cara mengatasi bibir kering. Beberapa bahan alami yang dikenal ampuh untuk membantu mengatasi bibir yang mengering di antaranya seperti madu, lidah buaya, timun, minyak zaitun, hingga minyak kelapa.

Semua bahan-bahan tersebut memiliki kandungan yang melembapkan kulit tubuh maupun bibir. Apabila digunakan secara rutin, maka dapat membantu kulit bibir menjadi sehat dan tidak mudah kering dan pecah-pecah. (bbi)

Topik Terkait