img_title
Foto : Instagram.com/malangchannel

IntipSeleb Gaya Hidup Pantai Sendiki merupakan salah salah satu tempat wisata di Malang yang harus dikunjungi ketika Anda berlibur menikmati objek wisata air. Pasalnya, pantai ini menyajikan keindahan tersembunyi apalagi untuk Anda yang senang menikmati pemandangan sunset.

Pilihan pantai di daerah Malang memanglah bervariasi, namun Pantai Sendiki menghadirkan nuansa eksotis yang memanjakan mata. Pasirnya yang putih dan lokasinya yang cenderung sepi membuat kondisi alam di pantai ini masih sangat asri dan bersih.

Selain itu, dipenuhi hamparan pepohonan di area pantai membuat angin yang berhembus menambah kesegaran saat bersantai di sini. Sangat cocok untuk Anda yang ingin bersantai main atau sekadar duduk menikmati pemandangan alam sekaligus menikmati suasana pantai seperti pantai private.

Seperti apa daya tarik Pantai Sendiki Malang ini? Langsung kita simak yuk!

Sejarah Singkat Pantai Sendiki

tempat.info
Foto : tempat.info

Dilansir dari laman Viva, pada Senin, 5 September 2022, Pantai Sendiki memiliki legenda atau mitos sejarah yang unik. Seperti halnya pantai lain yang ada di Malang, ada mitos yang dipercayai oleh warga sekitar mengenai pantai eksotis ini.

Warga sekitar percaya bahwa pantai ini dulunya ditemukan oleh 4 orang sahabat. Lalu, dari tiga orang itu mereka setuju untuk membagi lahan yang ditemukan dengan cara menancapkan patok kayu sebagai penanda wilayah. Namun, satu orang tersisa yaitu Mbah Singo Lelono, merasa bingung memilih wilayahnya.

Mbah Singo pun bertanya kepada 3 temannya “Punyaku Seng Ndi Iki?”. Disertai perasaan kesal, ia pun menancapkan patok kayu di sekitar pantai yang kini dikenal dengan Pantai Sendiki.

Entah benar terjadi atau tidak, namun yang pasti, cerita tersebut masih terus berkembang sampai sekarang. Di sisi kiri Pantai Sendiki ini juga terdapat sebuah makam batu dengan tulisan “Singo Lelono” yang dianggap leluhur oleh warga sekitar.

Lokasi Pantai Sendiki Malang

Lokasi Pantai Sendiki yaitu di desa Tambakrejo, tepatnya di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang Selatan, Kabupaten Malang. Pantai ini masih sejajar dan satu garis pantai dengan sejumlah pantai selatan di Malang

Jika dari pusat kota Malang, lokasinya berjarak sekitar 70 km. Dikarenakan belum adanya kendaraan umum yang melintas ke lokasi pantai ini, disarankan Anda menggunakan kendaraan pribadi dan menempuh perjalanan sekitar 2-3 jam.

Rute Perjalanan ke Pantai Sendiki

Instagram.com/malangchannel
Foto : Instagram.com/malangchannel

Jika Anda berangkat dari kota Malang, maka Anda harus pergi menuju Pakis Haji. Lalu, kemudian lanjut ke Kepanjen dan mengarah ke Gondanglegi. Setelah itu, dari sini Anda harus lanjut ke Turen dan akhirnya sampai di Sumbermanjing Wetan.

Di Sumbermanjing Wetan, Anda tinggal mengikuti jalan menuju Pantai Tamban yang terdapat di daerah Tambakrejo. Nantinya, Anda akan bertemu jalanan yang menurun hingga sampai di sebuah pertigaan. Lalu, di pertigaan ini, belok lah ke kiri dan tak lama kemudian ada sebuah pos kamling terbuat dari bambu, lalu belok lah ke kanan.

Dari pos kamling tersebut, jalanannya sudah mulai menyempit, sehingga hanya sepeda motor lah yang bisa masuk. Jadi, Anda bisa titipkan mobil di rumah penduduk sekitar.

Ketika berjalan di jalan yang sempit tersebut, disarankan untuk berhati-hati karena kondisi jalannya kurang memadai. Mulai dari jalan rusak, licin dan kalau hujan bisa berlumpur. Kemudian, setelah berjalan kira-kira 3 kilometer, Anda akan sampai di Pantai Sendiki.

Harga Tiket Masuk ke Pantai Sendiki

Untuk bisa menikmati keindahan alam dan nilai eksotisme dari Pantai Sendiki, Anda tak perlu merogoh kocek yang dalam. Tarif masuknya sangat terjangkau untuk seluruh wisatawan yang berkunjung.

Anda hanya perlu mengeluarkan Rp5.000 untuk hari biasa atau weekday, dan Rp10.000 untuk hari libur atau weekend. Ada pun tambahan biaya yang diperlukan adalah biaya parkir kendaraan yang disesuaikan dengan jenis kendaraan itu sendiri.

Di Pantai ini juga terdapat penginapan dan memang dikenal dengan spot ngecampnya yang seru. Jadi, jika Anda berniat menghabiskan malam di sini, Anda perlu membayar biaya sewa peralatan camping.

Kegiatan Seru yang Bisa dilakukan di Pantai Sendiki

Instagram.com/pantaisendiki
Foto : Instagram.com/pantaisendiki

1. Camping di Pinggir Pantai

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa Pantai Sendiki dikenal dengan spot campingnya, maka salah satu aktivitas menarik yang bisa Anda coba adalah camping di pinggir pantai. Anda bisa mengajak teman, rekan kerja atau keluarga untuk menikmati keseruan menginap.

Suasananya yang asri dan angin yang menyegarkan tentu akan melengkapi momen camping Anda. Namun sebelum itu, pastikan Anda sudah mendapat izin dari pihak terkait sebagai konfirmasi.

2. Menginap di Homestay

Jika Anda ingin menginap tapi tidak mau yang terlalu ekstrem seperti di outdoor, Anda bisa menginap di homestay sekitar tempat wisata. Penduduk sekitar menyediakan penginapan homestay dengan harga terjangkau yang bisa Anda pilih. Seperti Homestay Sendang Biru, Homestay Berkah Alam, The Balava Hotel, Mirable Hotel & Concention Hall.

3. Bermain Ayunan

Di Pantai Sendiki terdapat spot ayunan yang bisa Anda gunakan untuk bermain sambil bersantai. Dengan pemandangan lautan dengan sudut sempurna, Anda akan mendapat pengalaman menakjubkan yang tak terlupakan.

4. Bermain Air

Sudah tentu, jika berkunjung ke pantai salah satu kegiatan yang bisa dilakukan adalah bermain air. Namun, untuk Pantai Sendiki sendiri, ada larangan untuk berenang karena gelombang ombaknya yang sangat kuat.

Untuk itu, Anda hanya bisa dan diperbolehkan bermain air di sekitar tepi pantai saja. Tenang, hamparan pantai putih yang berada di sana bisa menemani Anda ketika bermain air kok!

5. Santai di Rumah Pohon

Kegiatan seru selanjutnya yang bisa dilakukan di pantai ini dan tidak boleh Anda lewatkan adalah datang ke rumah pohon. Letaknya tidak terlalu jauh dari pantai. Lewat rumah pohon ini Anda bisa melihat pantai jauh lebih detail dari atas pohon dan tentunya pemandangan alam yang mempesona untuk jadi spot foto.

6. Jogging di Pantai

Hamparan pasir putih yang cukup luas membuat Pantai Sendiki cocok untuk dijadikan spot untuk jogging. Sambil berlari di sekitar lokasi wisata, mata Anda akan dimanjakan oleh pemandangan pasir ini dan tentunya laut yang indah.

7. Berjemur dan Bersantai

Ketika berkunjung ke pantai, tidak lengkap rasanya jika tidak menikmati aktivitas berjemur. Terik matahari yang datang tidak akan membuat Anda merasa gerah berlebihan karena dibarengi munculnya angin yang berhembus dari pepohonan sekitar.

8. Menikmati Sunset

Terakhir, kegiatan wajib yang memang menjadi favorit banyak orang ketika berkunjung ke pantai Malang Selatan ini adalah menikmati sunset. Sambil duduk di pinggir pantai atau pun tempat camping, Anda bisa melihat indahnya momen matahari terbenam. Apalagi kalau Anda datang diwaktu yang tepat, saat sore menjelang petang.

Itulah dia informasi lengkap mengenai objek wisata Pantai Sendiki. Jika Anda berkunjung ke sana, Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata lain di sekitarnya. Mulai dari Pulau Sempu, Pantai Goa Cina, Pantai Tiga Warna, Pantai Teluk Asmara yang jaraknya sekitar 4-8 km dari Pantai Sendiki. (rgs)

Topik Terkait