img_title
Foto : Instagram/chadwickboseman

IntipSeleb Gaya HidupChadwick Boseman adalah aktor Amerika yang dikenal karena perannya sebagai Jackie Robinson di '42' dan James Brown di 'Get on Up'. Dia juga memainkan superhero Black Panther di Marvel Cinematic Universe.

Chadwick Boseman memiliki kesuksesan awal sebagai aktor panggung, penulis dan sutradara, sebelum tampil di acara TV seperti Lincoln Heights. Boseman menerobos hollywood dengan penggambaran layar lebar dari dua ikon Afrika-Amerika: pemain bisbol Jackie Robinson di 42, dan penyanyi soul James Brown di Get on Up.

Boseman kemudian mengambil peran Black Panther untuk serangkaian film superhero Marvel, termasuk Black Panther yang sangat sukses di awal 2018. Penasaran dengan perjalanan kariernya? Yuk simak sampai habis artikel timeless di bawah ini, keep scrolling.

Perjalanan Karier Chadwick Boseman

Instagram/chadwickboseman
Foto : Instagram/chadwickboseman

Awal Merintis Karier

Chadwick Aaron Boseman lahir pada tahun 1976 di South Carolina dan melanjutkan kuliah di Howard University di Washington, D.C., lulus dengan gelar Bachelor of Fine Arts dalam penyutradaraan.

Pada tahun 2018, ia memberikan pidato pembukaan di Howard dan menerima gelar kehormatan, Doctor of Humane Letters. Ia kemudian menghadiri British American Drama Academy di Oxford, Inggris.

Boseman telah tampil di sejumlah produksi panggung, termasuk Breathe, Romeo and Juliet, Bootleg Blues, Zooman, dan Willie's Cut and Shine. Dia memenangkan penghargaan AUDELCO untuk perannya sebagai remaja E.J. di Urban Transitions: Loose Blossoms 2002, sebuah drama oleh Ron Milner tentang keluarga Afrika-Amerika yang berjuang ditarik oleh godaan uang cepat.

Dia juga bekerja sebagai bagian dari Festival Teater Hip Hop dan telah menulis drama Hieroglif Graffiti, Deep Azure dan Rhyme Deferred. Selain itu, ia telah menyutradarai sejumlah produksi panggung, serta film pendek Blood Over a Broken Pawn.

Bintangi Peran di Program TV

Boseman mulai terkenal di TV pada pertengahan 2000-an, dengan menjadi bintang tamu di drama kriminal seperti Third Watch dan CSI:NY, dan di sinetron All My Children. Selain itu, ia adalah salah satu pemain untuk versi audio pemenang penghargaan dari novel Upstate 2005, oleh Kalisha Buckhanon.

Pada tahun 2008 Boseman mendapatkan peran berulang sebagai Nathaniel Ray di drama Keluarga ABC Lincoln Heights, yang berfokus pada keluarga pinggiran kota yang pindah ke komunitas perkotaan tempat patriark petugas polisi dibesarkan. Serial ini berjalan selama empat musim, dengan Boseman ditampilkan selama dua musim terakhir. Selama periode ini, ia juga memiliki peran sebagai bintang tamu di ER, Lie to Me, The Glades, dan Cold Case.

Peran di Film Layar Lebar

Tahun 2008 juga melihat Boseman muncul di The Express karya Gary Fleder, sebuah film biografi olahraga tentang pelari terkenal Ernie Davis, yang bermain untuk Universitas Syracuse selama era hak-hak sipil. Film ini dibintangi oleh Rob Brown dan Dennis Quaid, dengan Boseman tampil sebagai sesama pelari Floyd Little.

Boseman akan mendapatkan peran penting berikutnya sebagai Graham McNair, seorang sersan Muslim, pada film thriller musim panas NBC 2010 Persons Unknown. Pada seri, tujuh orang diculik dan terjebak di sebuah kota oleh entitas yang tidak dikenal.

Tahun berikutnya, Boseman mendapatkan tempat tamu tambahan di acara Justified, Detroit 1-8-7, Fringe and Castle. Pada 2012 Boseman memainkan peran utama dalam film The Kill Hole, disutradarai oleh Mischa Webley. Produksi indie berputar di sekitar kehidupan Portland, Oregon, sopir taksi yang juga seorang veteran Perang Irak, dihantui oleh kenangan masa lalunya dan dirancang untuk misi baru oleh sebuah perusahaan swasta.

Jadi Jackie Robinson di film '42'

Sekitar waktu yang sama, Boseman memenangkan peran utama dalam film biografi Jackie Robinson 42, yang menceritakan kisah pemain bisbol legendaris yang memecahkan hambatan rasial dengan menjadi orang Afrika-Amerika pertama yang bermain di jurusan di abad ke-20. Film tersebut, yang ditulis dan disutradarai oleh Brian Helgeland, dan dibintangi oleh Harrison Ford sebagai eksekutif Brooklyn Dodgers Branch Rickey, dirilis pada 2013.

Setelah peran utamanya di 42, karier Boseman terus menanjak. Dia dinobatkan sebagai Male Star of Tomorrow oleh National Association of Theatre Owners pada Februari 2014. Boseman kemudian muncul dalam film sepak bola Draft Day 2014, bersama Kevin Costner dan Jennifer Garner.

Jadi James Brown di film 'Get on Up'

Sementara itu, Boseman sedang mengerjakan proyek profil tinggi lainnya: Dia menandatangani kontrak untuk memerankan legenda musik James Brown di Get on Up, sebuah cerita yang telah bertahun-tahun coba dibawa oleh produser Brian Grazer ke layar lebar. Dia akhirnya bisa membuat film berjalan dengan bantuan dari Mick Jagger.

Disutradarai oleh Tate Taylor, Get on Up mengikuti Brown melalui perjuangan dan kesuksesan pribadinya. Boseman harus menguasai gerak kaki yang cepat dan ganas yang terkenal dalam film Godfather of Soul. Menurut sebuah wawancara dengan Moviefone.com, menjadi James Brown adalah "tantangan besar" tetapi juga "pengalaman yang sangat intens dan bermanfaat." Dapatkan di bioskop-bioskop hit pada Agustus 2014.

Boseman selanjutnya muncul di Gods of Egypt (2016), memerankan Thoth, dewa kebijaksanaan. Dia kemudian membintangi film thriller balas dendam Message from the King, yang ditayangkan perdana di Festival Film Toronto kemudian.

Jadi Pemeran Utama di Film Black Panther

Juga pada tahun 2016, Boseman bergabung dengan Marvel Cinematic Universe dengan penampilannya di blockbuster ansambel superhero Captain America: Civil War. Dia memerankan T'Challa, raja negara Afrika Wakanda, yang menjadi Black Panther yang kuat.

Setelah kembali ke drama dramatis dengan Thurgood (2017), tentang sebuah kasus di awal karir hukum Justice Thurgood Marshall, Boseman siap untuk closeup superhero-nya di Black Panther. Film ini tidak hanya memecahkan rekor box office pada rilis Februari 2018, meraup sekitar USD218 juta di dalam negeri selama akhir pekan Hari Presiden empat hari, ia kemudian mendapatkan nominasi Academy Award untuk Film Terbaik.

Black Panther dari Boseman kemudian bergabung kembali dengan Iron Man, Thor, Captain America, dan kohort Marvel lainnya di layar untuk Avengers: Infinity War (2018) dan Avengers: Endgame (2019). Setelah menetapkan pemimpinnya, Boseman selanjutnya membintangi 21 Bridges (2019), sebagai detektif NYPD yang memburu dua pembunuh polisi.

Peran Terakhir Chadwick Boseman

Boseman memainkan pemain terompet Levee Green dalam adaptasi layar dari Black Bottom karya Ma Rainey. Peran tersebut memenangkan penghargaan Anumerta Boseman Golden Globe, Critics Choice dan SAG dan nominasi Oscar.

Kematian Chadwick Boseman

Pinterest
Foto : Pinterest

Boseman meninggal pada 28 Agustus 2020, karena kanker usus besar. Chadwick didiagnosis menderita kanker usus besar stadium III pada tahun 2016, dan berjuang melawannya selama 4 tahun terakhir saat penyakitnya berkembang ke stadium IV.

Dia meninggal di rumahnya, dengan istri dan keluarganya di sisinya. Sebuah upacara peringatan hari kematiannya diadakan di Malibu, California pada akhir pekan setelah ia dikebumikan. (bbi)

Topik Terkait