img_title
Foto : Hargatiket.net

IntipSeleb Gaya HidupWisata Kulon Progo menjadi salah satu rekomendasi yang patut dicoba jika kamu datang untuk berlibur ke Yogyakarta. Kota Yogyakarta memang bukan hanya terkenal akan wisata kuliner dan budayanya, namun juga wisata alamnya pun tidak kalah indah dari tempat lain.

Kulon Progo atau yang terkadang ditulis menjadi Kulonprogo, adalah nama sebuah kabupaten yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kabupaten ini terletak di lokasi yang berbatasan dengan Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, dan Kabupaten Magelang.

Tak hanya itu, kabupaten yang terletak di pinggir laut ini juga berbatasan dengan Samudera Hindia di daerah selatan.

Kabupaten yang satu ini semakin banyak dibicarakan karena menawarkan wisata alam yang keindahannya masih terjaga dan sangat asri. Ada banyak tempat dan objek wisata alam yang bisa dikunjungi di Kulon Progo. Apa saja? Yuk, simak rekomendasinya berikut ini.

Rekomendasi Wisata Kulon Progo

1. Kalibiru

Genjosholiday.com
Foto : Genjosholiday.com

Rekomendasi wisata Kulon Progo yang pertama adalah sebuah objek wisata bernama Kalibiru. Tempat yang satu ini banyak direkomendasikan kepada para wisatawan yang hendak mengunjungi Kulon Progo untuk berlibur.

Di media sosial pun, berbagai foto yang menunjukkan keindahan dari Kalibiru banyak bertebaran di mana-mana. Bahkan, tempt ini menjadi sepoopuler sekarang juga berkat maraknya pengguna media sosial yang memamerkan keindahan alamnya.

Salah satu panorama indah yang akan kamu temukan di sini adalah pemandangan Waduk Sermo yang berpadu dengan deretan pegunungan.

Dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, kamu mungkin harus sedikit bersabar jika ingin mengambil foto. Karena, akan ada antrian foto yang cukup panjang terutama jika memasuki musim liburan.

Tak sampai disitu, wisatawan juga tidak hanya dapat menikmati keindahan alam saja, namun juga tersedia berbagai aktivitas seru yang bisa dilakukan di Kalibiru.

Beberapa aktivitas tersebut di antaranya seperti melewati jembatan monyet, mengendarai sepeda udara, hingga melakukan flying fox. Tertarik untuk mencobanya?

2. Kebun Bunga Matahari

jejakpiknik.com
Foto : jejakpiknik.com

Kebun bunga matahari yang satu ini cukup unik karena letaknya berada di pantai, tepatnya di Pantai Glagah Indah.

Tak hanya bisa menikmati indahnya panorama khas pantai dan angin sepoi-sepoi, wisatawan juga akan betah berlama-lama karena disuguhkan pemandangan bunga matahari yang bermekaran.

Untuk mendapatkan foto yang estetik yang menampakkan kesegaran bunga matahari sebagai latarnya, maka disarankan untuk datang dan mengambil foto di pagi hari.

Setelah puas berfoto di sekitar bunga matahari sejak pagi, kamu dapat beralih dan menikmati segarnya deburan ombak serta lembutnya pasir pantai. Lalu saat senja tiba, maka momen tersebut bisa dijadikansaat bersantai yang tepat sambil menikmati indahnya matahari terbenam.

Dengan pesona uniknya, tak heran jika kebun bunga matahari yang terletak di Pantai Glagah ini menjadi salah satu primadona yang banyak diincar oleh para wisatawan yang berkunjung ke Kulon Progo.

3. Wisata Kebun Teh Desa Nglinggo

Yogyakartacity.com
Foto : Yogyakartacity.com

Selain mengunjungi kebun bunga matahari, rekomendasi wisata Kulon Progo yang selanjutnya adalah area kebun teh yang terletak di Desa Wisata Nglinggo.

Seperti kebun teh pada umumnya, destinasi yang satu ini menawarkan suasana yang asri, menenangkan, dan juga sejuk. Suasana yang dihadirkan cocok untuk kamu yang ingin bersantai dengan damai.

Luas dari kebun teh yang ada di Desa Nglinggo ini mungkin bukan yang paling besar, namun ada keunikan tersendiri yang dimiliki oleh kebun yang satu ini.

Keunikan tersebut adalah kontur dari kebun teh ini yang berundak-undak sehingga terlihat seperti sawah terasering yang ada di Bali. Ditambah lagi dengan letaknya yang ada di kawasan perbukitan, wisatawan akan bisa melihat pemandangan berupa lembah yang terhampar luas.

Setelah menikmati keindahan yang ditawarkan oleh kebun teh Desa Nglinggo ini, dijamin semua lelah dan penat akan berkurang dan pikiran dapat menjadi kembali segar.

4. Ayunan Langit

datawisata.com
Foto : datawisata.com

Menaiki ayunan merupakan aktivitas yang mengasyikkan dan disukai tidak hanya oleh anak-anak, namun juga oranng dewasa. Namun, menaiki ayunan biasa tentu bukan sesuatu yang spesial. Bagaimana jika menaiki ayunan langit di ketinggian?

Nah, sensasi unik tersebut bisa kamu rasakan jika datang ke Pule Payung. Di tempat tersebut, ada sebuah wahana berupa ayunan langit yang tidak hanya menghadirkan keseruan bermain ayunan, namun juga keindahan menikmati pemandangan dari ketinggian.

Rekomendasi wisata Kulon Progo yang satu ini memiliki ketinggian yang diketahui mencapai lebih dari 500 mdpl. Ayunan ini tergantung di bibir tebing, di mana wisatawan akan duduk di atasnya kemudian diayunkan hingga beberapa kali.

Meski letaknya berada di ketinggian, wisatawan yang ingin mencobanya tidak perlu khawatir karena terdapat pengaman yang sudah disediakan. Sebelum duduk di atas ayunan, wisatawan akan dipasangkan sabuk pengaman yang kencang dan menjaga agar tidak jatuh.

Tak hanya ayunan langit, di area ini juga terdapat wahana lainnya yang akan menguji adrenalin. Meski begitu, bagi wisatawan yang memiliki riwayat penyakit jantung, maka sebaiknya tidak menaiki wahana sejenis ini.

5. Air Terjun Kembang Soka

visitingjogja.jogjaprov.go.id
Foto : visitingjogja.jogjaprov.go.id

Wisata air di Kulon Progo tak hanya terseia pantai saja, namun juga ada yang berbentuk air terjun seperti destinasi yang bernama Air Terjun Kembang Soka.

Tempat ini cocok untuk yang ingin menikmati wisata air tanpa perlu berpanas-panasan seperti saat di pantai. Air terjun yang satu ini menawarkan wisatawan yang datang dengan deras dan segarnya aliran air yang jernih.

Ditambah lagi, udara yang sejuk akan membuat wisatawan makin menikmati waktu mereka berlibur di air terjun ini.

Selain itu, Air Terjun Kembang Soka juga memiliki beberapa tingkatan sehingga ketika air mengalir dan jatuh, akan tercipta pemandangan yang menampilkan keindahan tersendiri.

Jika sudah bosan bermain air, maka kamu bisa mencoba menaiki ayunan yang juga tersedia di sana. Selain menikmati asyiknya berayun di air terjun, kamu juga bisa menjadikan ayunan tersebut sebagai spot foto yang estetik.

Nah, bagi wisatawan yang merasa lapar setelah bermain seharian di air terjun namun lupa membawa makanan, maka tak perlu khawatir. Di sekitar tempat wisata ini juga terdapat berbagai warung makan yang menyediakan makanan khas Yogyakarta seperti gudeg.

Harganya pun bervariasi, sehingga kamu bisa memilih mana yang paling sesuai dengan budget yang tersedia.

6. Goa Kebon

visitingjogja.jogjaprov.go.id
Foto : visitingjogja.jogjaprov.go.id

Rekomendasi wisata Kulon Progo selanjutnya yang patut dikunjungi adalah Goa Kebon. Area ini bisa dikatakan sebagai surga tersembunyi yang ada di kabupaten ini.

Dianggap sebagai surga tersembunyi karena letaknya berada di balik pekarangan yang rimbun dan ditumbuhi beraneka macam tanaman dan pepohonan yang hijau. Letaknya yang begitu tersembunyi membuat jarang wisatawan yang mengetahuinya.

Meski untuk memasukinya butuh perjuangan, namun usaha tersebut tidak akan sia-sia karena sesampainya di dalam Goa Kebon, kamu akan disuguhkan pemandangan cantik dan aliran air di dalamnya yang sangat jernih dan segar karena jarang tersentuh manusia. (rgs)

Topik Terkait