img_title
Foto : Gmaps/Farhan Hidayat

IntipSeleb Gaya HidupPantai Pok Tunggal merupakan salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang populer. Yogyakarta memnag memiliki segudang tempat wisata pantai yang indah, tak terkecuali Pantai Pok Tunggal.

Berlokasi di di Desa Tepus, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta, banyak pula wisatawan yang kemudian menyebut tempat wisata ini menjadi ‘The Hidden Paradise’. Kenapa dijuluki sebagai Surga Tersembunyi? sederhana saja, karena keindahan alamnya yang luar biasa membuat soalah tempat ini diibaratkan sebagai surga.

Jika anda sedang berada di Yogyakarta atau sedang merencanakan berlibur ke Yogyakarta, tak ada salahnya untuk memasukkan Pantai Pok Tunggal ke daftar lokasi wisata yang hendak dikunjungi. Aktivitas menarik dan daya tariknya akan membuat anda betah berlama-lama di sini.

Pantai Pok Tunggal

gmaps/Ferdian octa dinata
Foto : gmaps/Ferdian octa dinata

Sebelum mengetahui lebih jauh tentang Pantai Pok Tunggal mengenai harga tiket hingga daya tariknya, anda mungkin ingin tahu sediki tentang alasan nama dibalik Pok Tunggal. Nama Pantai Pok Tunggal ini, ternyata diambil dari situasi yang ada di Pantai.

Di sana ada sebuah pohon duras tua yang berdiri kokoh hingga sekarang. Di sini lain, Pantai ini juga dikelilingi oleh tebing perbukitan karst. Ada juga tebing karang yang ditumbuhi oleh pohon yang lebat dan di dalamnya banyak ditinggali oleh kera yang jinak.

Namun, ada pula yang unik dari pantai ini, yakni ada aliran air sungai tawar di bawah yanah yang menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat sekitar pantai. Tak hanya itu saja, Pantai Pok Tunggal juga memiliki pasir putih yang halus. Sehingga akan terasa lembut di kaki telanjang jika anda berlarian kesana kemari dengan bebasnya.

Harga tiket masuk Pantai Pok Tunggal

gmaps/Nadhila Nur Fajrina
Foto : gmaps/Nadhila Nur Fajrina

Jika anda ingin mencari tempat wisata yang murah namun menjadikan sejuta pengalaman seru untuk anda, Pantai Pok Tunggal bisa menjadi pilihan. Untuk datang ke Pantai ini, nyatanya anda hanya perlu membayar Rp10.000 saja lho per orang. Cukup terjangkau bukan?

Mengingat tempat ini masih sangat asri dan tak bisa ditemui di kota-kota besar. Untuk anda yang membawa kendaraaan pribadi, anda juga perlu membayar tiket parkirnya. Untuk sepeda motor dikenakan tarif Rp2.000 sedangkan mobil Rp.10.000.

Namun perlu diingatkan bahwa harga yang ada di sini bisa saja mengalami perubahan seiring berjalannya waktu.

Daya tarik Pantai Pok Tunggal

gmaps/wisata Jogja21
Foto : gmaps/wisata Jogja21

Ada banyak hal menarik yang bisa anda lakukan di sini. Tentunya, pengalaman ini akan terasa menyenangkan bila anda datang dengan orang-orang terkasih. Ada apa saja ya kira-kira? Yuk simak deretan daya tarik dari Pantai Pok Tunggal berikut ini.

1. Keindahan alam layaknya surga

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Pantai Pok Tunggal memiliki julukan ‘The Hidden Paradise’, hal ini merujuk pada keindahan pantai yang memang luar biasa menakjubkan. Berlokasi di pedesaan, pantai ini masih sangat asri. Air lautnya berwarna biru kehijauan akan terasa memanjakan mata.

Belum lagi, pantai pasir putih yang terasa lembut di kaki. Anda bisa bermain pasir bersama dengan teman-teman atau keluarga sepuasnya. Akan terasa menyenangkan juga jika mengabadikan foto di sini. Saking indahnya, mungkin semua area bisa dijadikan spot foto yang menarik.

Ada juga beberapa area yang dihias untuk menjadi salah satu background foto bagi anda. Ada juga gazebo yang ada di sekitaran pantai, jika ingin menempatinya, maka anda perlu menyewanya. Satu gazebo dipatok dengan harga Rp20.000.

Jika membawa bekal, anda bisa menikmati menu makanan yang anda bawa sembari menikmati pemandangan pantai di depan mata. Wah, pokoknya seru! Anda harus merasakannya langsung.

2. Bukit Pantai Pok Tunggal

Sudah disebutkan di atas bahwa Pantai Pok Tunggal memiliki bukit yang mengelilinginya bukan? anda juga bisa lho naik ke atas bukit karena memang ada aksesnya tersendiri. Jika anda tak puas melihat pemandangan pantai dari bawah, anda bisa menyaksikannya dari atas bukit. Dijamin, sensasinya pun akan terasa berbeda.

3. Tempat melihat sunset

Melihat matahari terbenam memang paling seru jika dilihat dari pantai. Pantai Pok Tunggal, menjadi salah satu tempat wisata yang banyak diincar oleh para pemburu senja. Sebab, suasana magis yang tercipta dari semburat jingga akan terasa menghipnotis mata.

Banyak juga pengunjung yang sengaja datang di sore hari karena memang untuk mengincar sunsetnya. Pemandangan sunset juga akan semakin indah jika anda menyaksikannya dari atas puncak bukit lho.

​4. Berbagai aktivitas seru

Selayaknya pantai, tak lengkap rasanya jika tak bermain pantai ya. Di sini, anda juga bebas berenang, bermain air, diving bahkan snorkeling lho. Tapi tetap berhati-hati ya, sebab ada banyak bulu babi di pinggiran pantai. Tak hanya itu juga, kabarnya di sini juga anda bisa berkemah.

Jika anda tak membawa makanan saat datang, tak perlu khawatir, ada banyak warung yang menjajakan makanan jika anda merasa lapar. Harganya pun cukup standar untuk di lokasi wisata. Kemudian untuk fasilitasnya sendiri, di sini juga disediakan toilet yang memadai. Ada juga musala untuk anda yang hendak beribadah.

Fasilitas parkir pun memadai, sehingga jika anda membawa kendaraan pribadi tak perlu khawatir jika tak kebagian tempat. Tips seru jika ingin kesini adalah datang di waktu yang bukan waktunya berlibur, sebab suasana pantai yang sepi akan seolah menjadi milik anda sendiri atau private beach.

Rute ke Pantai Pok Tunggal

gmaps/The Sunset Admirer
Foto : gmaps/The Sunset Admirer

Untuk menuju Pantai Pok Tunggal terbilang mudah. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk mencapai lokasi tersebut. Lokasinya berjarak kurang lebih 66 km dari pusat Kota Yogyakarta, sehingga jika menggunakan kendaraan pribadi seperti motor, akan memakan waktu kurang lebih 1 setengah jam.

Sedangkan untuk kendaraan roda empat, akan memakan waktu 2 jam. Meski terbilang cukup jauh, hal ini bisa anda antisipasi untuk berangkat lebih awal agar anda tak melewatkan kejadian seru dan menarik yang ada di lokasi Pantai Pok Tunggal,

Aksesnya pun cukup mudah, kini anda juga bisa memanfaatkan google maps untuk menuju lokasi. Sebab titik lokasinya sendiri cukup akurat. Namun, akan dijelaskan sedikit juga di sini rutenya. Jika anda memulai perjalanan dari Kota Yogyakarta maka anda akan menempuh jarak sekitar 80 Km atau sekitar 2 jam perjalanan.

Rute yang harus anda lalui adalah anda harus menuju ke jalan Wonosari, lalu berbelok kearah selatan menuju Desa Tepus. Saat sampai di desa tersebut, terlebih dahulu anda akan melewati gerbang pembayaran retribusi dan sampai pada pertigaan. Pilihlah arah kiri untuk sampai ke Pantai Pok Tunggal.

Demikian adalah sederet informasi mengenai Pantai Pok Tunggal. Diingatkan kembali bahwa informasi yang tercantum di sini, misalnya saja harga tiket masuk, bisa saja berubah seiring dengan berjalannya waktu dan sesuai dengan kebijakan pengelola.

Kendati demikian kami berharap agar rincian biaya tersebut dapat menjadi patokan bagi anda dalam menentukan biaya berlibur. Akhir kata semoga artikel timeless ini bermanfaat bagi anda dan selamat berlibur! (bbi)

Topik Terkait