img_title
Foto : Freepik.com

IntipSeleb Gaya Hidup – Cara membuat email baru itu mudah loh! Apalagi, sekarang ini kita sudah dimudahkan dengan banyaknya perangkat teknologi yang menunjang kinerja pembuatan email seperti komputer, laptop dan tentunya handphone. Oleh sebab itu, membuat email itu tidak sampai membutuhkan waktu hitungan jam.

Sebagai media yang sering digunakan untuk kebutuhan pekerjaan dan kegiatan dokumen formal lainnya email atau electronic mail memang menjadi aspek penting yang harus dimiliki setiap orang di zaman sekarang ini. Segala kebutuhan bisa dipermudah lewat akun email yang seseorang miliki.

Dalam artikel ini, Intipseleb akan menjelaskan secara lengkap bagaimana cara membuat email baru di HP dan laptop menggunakan Gmail, Yahoo, dan Outlook. Yuk, langsung disimak!

Cara Membuat Email Baru di Laptop

Cara Membuat Email Baru di Gmail

viva.co.id
Foto : viva.co.id

Sebagai produk keluaran Google dan terintegrasi dengan produk lainnya, saat ini Gmail menjadi salah satu platform email yang paling banyak digunakan oleh user di berbagai tempat. Cara membuat email di Gmail ini juga sangat mudah. Email ini nantinya bisa Anda gunakan untuk keperluan pekerjaan, berkirim pesan, pemasaran, bisnis, dan masih banyak lagi. Berikut cara membuat email baru di Gmail:

  1. Buka halaman: accounts.google.com
  2. Selanjutnya, klik “Sign Up” untuk mendaftarkan akun baru.
  3. Masukkan nama depan dan nama belakang orang yang akan menggunakan.
  4. Buat alamat email sesuai yang diinginkan atau bisa juga mengikuti rekomendasi dari Gmail. Sebagai catatan, alamat email ini bisa menggunakan huruf, angka, dan tanda titik.
  5. Setelah dibuat, lalu konfirmasi kata sandi. Untuk minimum yang digunakan kata sandi haruslah delapan karakter yang terdiri dari huruf, angka, dan simbol.
  6. Setelah dibuat, klik "Berikutnya".
  7. Lalu, isi nomor telepon (opsional).
  8. Isi alamat email pemulihan (opsional).
  9. Isi tanggal lahir dan gender. Kemudian, klik "Berikutnya".
  10. Di tahap akhir agar pendaftaran email baru berhasil, pada halaman privasi dan persyaratan, klik “Saya setuju”.

Cara Membuat Email Baru di Yahoo

pinterest.com
Foto : pinterest.com

Selain Gmail ada juga Yahoo yang dulu juga memiliki user cukup banyak. Dengan membuat email baru di Yahoo, Anda bisa mengakses Yahoo Mail, Yahoo Finance, Yahoo Sports, dan lain sebagainya. Masih sama dengan Gmail, pendaftaran email di Yahoo ini juga hanya memerlukan beberapa langkah mudah. Berikut cara membuat email di Yahoo:

  1. Buka halaman: login.yahoo.com
  2. Lalu, klik “Buat akun”
  3. Isi nama depan dan belakang orang yang akan menggunakan email tersebut.
  4. Buat alamat email sesuai yang diinginkan.
  5. Selanjutnya, tentukan kata sandi yang kuat dan unik untuk melindungi akun Anda.
  6. Kemudian cantumkan nomor handphone yang aktif untuk proses verifikasi dan pemulihan akun.
  7. Untuk persyaratan usia membuat akun di Yahoo, masukkan tanggal lahir Anda.
  8. Setelah itu, klik “Lanjutkan” dan akan ada petunjuk di layar untuk memverifikasi nomor telepon seluler Anda.
  9. Dan selesai! Email Yahoo Anda sudah aktif.

Cara Membuat Email Baru di Outlook

berbagai sumber
Foto : berbagai sumber

Microsoft juga menghadirkan produk layanan email mereka sendiri, produk ini bernama Outlook. Sama dengan yang lainnya, layanan ini tidak hanya bisa untuk mengirim email, tapi juga terdapat fungsi lainnya seperti kalender, pengelolaan tugas, pengelolaan kontak, pembuatan catatan, pencatatan jurnal, dan penelusuran web. Untuk cara membuat email baru di Outlook sendiri adalah:

  1. Buka halaman: outlook.com
  2. Kemudian, klik “Create free account”
  3. Buatlah alamat email yang Anda inginkan. Untuk akhiran email bisa menggunakan outlook.co.id, outlook.com, atau hotmail.com
  4. Selanjutnya pembuatan kata sandi.
  5. Lalu, masukkan nama depan dan belakang orang yang akan menggunakan.
  6. Masukkan negara dan tanggal lahir.
  7. Terakhir, untuk menyatakan Anda bukanlah robot, maka ada teka-teki yang harus diisi.
  8. Setelah itu, selesai! Email Outlook baru Anda sudah aktif.

Cara Membuat Email Baru di HP

Cara Membuat Email Baru Lewat Aplikasi

dokumen istimewa
Foto : dokumen istimewa

Selain dari laptop, membuat email juga bisa dilakukan hanya melalui HP. Cara ini tentu bisa lebih mudah dan hemat waktu karena seperti yang kita tahu HP umumnya menjadi barang yang paling sering kita pegang.

Untuk membuat email baru di HP Anda bisa mengaksesnya melalui browser atau menggunakan aplikasi yang sudah tersedia. cara membuat email lewat aplikasi Gmail di HP:

  1. Buka aplikasi Gmail di HP Anda.
  2. Pilih tambahkan alamat email.
  3. Pilih untuk siapa Anda membuat Gmail
  4. Isi nama depan dan belakang
  5. Masukkan tanggal lahir
  6. Pilih alamat untuk Gmail baru Anda
  7. Buat sandi yang rumit
  8. Tambahkan nomor telepon (Opsional)
  9. Setujui persyaratan dan privasi
  10. Tinjau akun, lalu selesai

Cara Buat Email Baru Lewat HP Menggunakan Web Browser

freepik.com
Foto : freepik.com

Selanjutnya Anda juga bisa mendaftarkan email baru melalui web browser di HP, caranya sebagai berikut:

  1. Buka halaman: accounts.google.com
  2. Pilih Buat Akun
  3. Tentukan untuk siapa akun dibuat
  4. Isikan nama, username, dan password
  5. Isi nomor telepon dan email pemulihan (opsional)
  6. Masukkan tanggal lahir dan gender
  7. Baca Privasi dan Persyaratan, klik Saya setuju

Setelah email baru berhasil dibuat, Anda bisa langsung menggunakan email tersebut untuk berkirim pesan atau dokumen kepada akun lainnya.

Manfaat Menggunakan Email

freepik.com
Foto : freepik.com

Selain menunjang kinerja dan pengiriman dokumen-dokumen lainnya, membuat akun email juga bisa memberikan Anda sejumlah manfaat lainnya. Di antaranya:

  1. Email dikirim sangat cepat jika dibandingkan dengan pos biasa.
  2. Email dapat dikirim 24 jam sehari dan 365 hari setahun.
  3. Webmail berarti email dapat dikirim dan diterima dari komputer mana pun, di mana pun di dunia, yang memiliki koneksi internet.
  4. Murah. Saat menggunakan broadband, setiap email yang dikirim secara efektif gratis. Pengguna dial-up dikenakan tarif panggilan lokal tetapi hanya membutuhkan beberapa detik (untuk email konvensional, misalnya teks saja) untuk mengirim email.
  5. Tidak hanya murah, bahkan menggunakan email berarti Anda bisa berkirim pesan dengan gratis. Coba bandingkan dengan pengiriman surat secara tradisional, email tentu lebih unggul dari segi biaya dan tenaga, karena tidak perlu membeli kertas, alat tulis, perangko, lem, dan sebagainya untuk mengirim pesan.
  6. Hemat karena email dapat dikirim ke satu orang atau beberapa orang.
  7. Penyimpanan bisa untuk jangka panjang. Penyimpanan di email membuat Anda dapat melihat pesan yang sudah diterima dari tahun-tahun sebelumnya. Jadi, pesan tersebut disimpan secara digital sehingga mudah diakses dan tidak mudah rusak. Akan berbeda kalau Anda menyimpan pesan tradisional yang menggunakan kertas yang rapuh.
  8. Ramah lingkungan. Penggunaan email berarti mengurangi penggunaan kertas sehingga dapat menjaga kelestarian lingkungan.

Itulah dia informasi mengenai seperti apa cara membuat email baru dari berbagai platform atau media. Mulai dari menggunakan laptop atau komputer lalu menggunakan HP. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda dan pilihlah alamat email yang sesuai dengan yang dibutuhkan.

Caranya pun sangat mudah, sehingga ketika Anda mengalami lupa password Anda bisa membuat akun email yang baru lagi dengan langkah-langkah yang sudah disebutkan di atas. (rgs)

Topik Terkait