img_title
Foto : Maniakwisata.com

IntipSeleb Gaya Hidup Pulau Bidadari menjadi salah satu pilihan destinasi wisata untuk kamu yang nggak ingin pergi terlalu jauh dari kota Jakarta. Terletak di Utara Kota Jakarta, untuk menuju ke pulau ini kamu hanya membutuhkan sekitar 20 hingga 30 menit berlayar dari dermaga Mariana Ancol. Bagaimana? Dekat bukan?

Pulau yang dikenal dengan Pulau Bidadari Eco Resort ini dikelola oleh pihak swasta, sehingga kamu akan menikmati sensasi pulau ‘privat’ seperti milik sendiri kalau berlibur ke sini.

Ada beragam paket wisata yang ditawarkan sesuai kebutuhan yang diinginkan. Salah satunya yang banyak digemari wisatawan adalah paket wisata 2 hari satu malam. Yang mana, keunggulan paket wisata ini adalah kamu dapat menyaksikan peristiwa matahari terbit di pagi hari serta matahari terbenam di senja hari.

Selain itu, seperti kata pepatah, sembari menyelam minum air, kamu nggak hanya akan menikmati konsep resort bernuansa alami yang ramah lingkungan tetapi juga belajar soal sejarah. Tertarik ingin tahu lebih dalam mengenai pulau ini, yuk simak fakta-fakta lengkapnya berikut ini!

Sejarah dan Asal Usul Pulau Bidadari

pinterest.com
Foto : pinterest.com

Sebelum memiliki nama indah seperti sekarang, rupanya Pulau Bidadari bernama Pulau Pumered atau Pulau Sakit. Mengapa disebut Pulau Sakit? Sebab menurut sejarah, di abad ke-17, pulau ini dijadikan sebagai lokasi rumah sakit dan tempat pengasingan untuk para penderita kusta atau lepra yang dibangun pemerintah Kolonial Belanda.

Lalu, pasca kemerdekaan Republik Indonesia, keadaan pulau ini mulai tak terawat karena ditinggalkan. Bahkan, sampai di tahun 1970-an, pulau ini tidak pernah dikunjungi orang apalagi didiami oleh manusia.

Baru di awal tahun 1970-an, Pulau Bidadari dikelola oleh PT Seabreez untuk dijadikan sebagai resor wisata. Semua benda bersejarah peninggalan-peninggalan zaman penjajahan Belanda menjadi daya tarik pulau yang memiliki pantai berpasir putih dengan air laut yang jernih ini.

Lokasi dan Transportasi ke Pulau Bidadari

pulauseributraveling.com
Foto : pulauseributraveling.com

Pulau Bidadari terletak di Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta. Jika mengacu pada peta, terlihat bahwa pulau ini termasuk yang terdekat dari Kota Jakarta.

Nah, jika kamu ingin berkunjung ke sini, tidak perlu merisaukan lokasinya karena bisa langsung melihatnya melalui Google Maps. Jika anda berkunjung bersama agen perjalanan wisata, lokasi pulau bukanlah masalah.

Untuk akses transportasinya sendiri, karena pulau ini tidak berpenduduk, maka tentu berbeda dengan Pulau Tidung. Tersedia speedboat 1x sehari PP ke pulau, namun, sebaiknya kamu tetap memasukkan sewa speedboat ke dalam paket wisata Pulau Bidadari yang diambil. Jadi, agenda kunjungan pun lebih fleksibel dan aman.

Aktivitas Menarik yang Bisa dilakukan Di Pulau Bidadari

Jika kamu sudah terbiasa berlibur di pantai, tidak usah takut akan kehabisan ide untuk menikmati aktivitas seru di Pulau Bidadari. Pasalnya, ada sejumlah kegiatan menarik yang wajib kamu coba ketika berada di pulau ini. Apa saja?

1. Menginap di Atas Laut

travelingyuk.com
Foto : travelingyuk.com

Pernah membayangkan bagaimana rasanya tidur di atas laut? Memangnya bisa? Di Pulau Bidadari itu adalah hal yang sangat mungkin untuk direalisasikan. Tentu bukan hanya sensasi menyenangkan yang akan kamu rasakan, tetapi juga suguhan perasaan deg-degan melihat ke arah bawah.

Di pulau ini tersedia eco resort yang dirancang berada di atas laut. Jadi, kamu akan seolah-olah melihat perkampungan nelayan yang terapung. Namun, tak perlu khawatir sebab cottage terapung ini didesain dengan struktur bangunan yang kokoh.

Tidak hanya itu saja, desain resort ini juga memiliki bentuk yang unik mirip sekali rumah adat Minahasa. Keseruan kamu juga akan sangat lengkap karena ada cukup banyak fasilitas yang disediakan di setiap cottage.

2. Berfoto di Pohon Jodoh

pinterest.com
Foto : pinterest.com

Pulau Bidadari juga menyimpan mitos yang unik loh. Yang mana, terdapat sebatang pohon kepuh yang berusia ratusan tahun yang dipercaya sebagai pohon jodoh.

Pohon tersebut diketahui sudah berdiri sejak zaman penjajahan Belanda. Kemudian, percaya tidak percaya, berkembang mitos bahwa siapa saja wisatawan yang berfoto di pohon itu maka kelak hubungannya akan langgeng.

3. Menikmati Watersports

pinterest.com
Foto : pinterest.com

Aktivitas seru lainnya yang bisa dinikmati di Pulau Bidadari adalah dengan melakukan watersport, seperti canoe dan banana boat. Pilihan watersport ini juga sangat fleksibel, karena kamu bisa menggunakan peralatan sendiri atau bisa digabungkan dengan paket wisata yang sudah dipilih di awal.

Sayangnya, karena lokasi pulau ini cukup dekat dengan Jakarta, para wisatawan tidak disarankan untuk melakukan aktivitas bawah air seperti snorkeling dan diving. Sebab, khawatirnya bisa terpapar polusi kota Jakarta.

4. Belajar Mengenai Sejarah

pinterest.com
Foto : pinterest.com

Disebutkan sebelumnya bahwa pulau ini menyimpan sejarah peninggalan penjajahan zaman kolonial Belanda. Untuk itu, ketika kamu berlibur ke Pulau Bidadari, kamu bisa mempelajari sejarah. Mulai dari reruntuhan bangunan benteng, bekas andong dan bom meriam zaman kolonial Belanda.

5. Island Hopping bertema Sejarah

phinemo.com
Foto : phinemo.com

Salah satu aktivitas seru yang umumnya dilakukan ketika berlibur ke pulau adalah melakukan island hopping atau keliling dari satu pulau ke pulau lainnya. Nah, di Pulau Bidadari pun kamu sudah pasti bisa melakukannya.

Menariknya, saat melakukan island hopping di pulau ini, kamu tidak hanya disuguhkan pemandangan keindahan alam dan pesona bawah laut saja melainkan juga ilmu baru karena belajar sejarah, seperti saat island hopping ke Pulau Kelor.

Lalu, di Pulau Onrust dan Pulau Cipir, kamu akan melihat bekas lokasi karantina haji di masa penjajahan Belanda. Terdapat pula puing-puing bekas bangunan karantina ini yang terlihat di dua pulau ini, meski sudah tidak berbentuk lagi.

Fasilitas Pendukung yang Tersedia di Pulau Bidadari

Instagram.com/yuliaantoo
Foto : Instagram.com/yuliaantoo

Pengelolaan Pulau Bidadari sejak tahun 1970-an memang sudah lebih baik. Terdapat fasilitas yang cukup lengkap sehingga akan menunjang kegiatan berlibur kamu di sini. Baik itu di resort atau cottage terapung dengan kemewahan bak hotel.

Nah, apa saja fasilitas yang bisa kamu nikmati?

Untuk kamu yang muslim dan ingin tetap melaksanakan ibadah shalat di tempat yang layak, tenang saja! Karena di sini terdapat fasilitas mushola.

  1. Terdapat kolam renang untuk anak-anak. Jadi, kegiatan kamu nggak akan terbatas hanya main air di pantai saja, melainkan juga bisa berenang di kolam yang tersedia loh.
  2. Beragam fasilitas olah raga pantai seperti bola voli, sepak bola, tenis meja, sarana permainan billiard, bahkan sepeda untuk berkeliling.
  3. Fasilitas untuk kegiatan organisasi atau perusahaan seperti meeting room dan sound system. Nah, Pulau Bidadari ini juga bisa loh digunakan untuk acara besar yang membutuhkan kapasitas hingga ratusan orang. Seperti acara perusahaan atau komunitas seperti meeting, outbound atau family gathering.
  4. Terdapat mini bar.
  5. Ada berbagai macam restoran dengan aneka menu seafood.
  6. Perahu tradisional untuk menunjang kegiatan island hopping.

Itulah dia informasi lengkap mengenai objek wisata yang dekat dari Jakarta, yaitu Pulau Bidadari. Ada begitu banyak tawaran paket wisata yang bisa kamu pilih. Selamat berlibur!

Topik Terkait