img_title
Foto : Freepik.com

IntipSeleb Gaya Hidup – Buah itu memang banyak jenisnya dan khasiatnya pun berbeda-beda, tapi sudah tahu buah yang bagus untuk ibu hamil? Pasalnya ibu hamil itu mengandung seorang bayi di dalamnya yang juga membutuhkan nutrisi khusus agar tetap sehat dan tumbuh.

Nah, daripada sembarangan, lebih baik disimak yuk daftar buah yang bagus untuk ibu hamil dilansir dari Mom Juction berikut ini!

1. Pisang

pinterest.com
Foto : pinterest.com

Pisang menempati urutan teratas dari daftar buah yang bagus untuk ibu hamil. Pasalnya, pisang mengandung nutrisi penting seperti folat, vitamin C, B6, potasium, dan magnesium. Kandungan folat akan melakukan pekerjaan melindungi janin dari cacat tabung saraf, kemudian Vitamin B6 membantu mengatur kadar natrium ibu hamil.

Tingkat cairan yang tidak seimbang dapat menyebabkan mual dan muntah pada wanita hamil, tetapi kandungan magnesium yang kaya dalam pisang memastikan keseimbangan cairan yang sehat. Umumnya, satu buah pisang direkomendasikan setiap hari selama trimester pertama kamu.

2. Kiwi

parentingfirstcry.com
Foto : parentingfirstcry.com

Kiwi berada di urutan kedua dalam daftar buah yang bagus untuk ibu hamil karena mengandung nutrisi seperti Vitamin C, E, A, kalium, fosfor, magnesium, asam folat, dan serat makanan. Kiwi memiliki efek penyembuhan pada sistem pernapasan.

Jadi, kiwi akan membantu melindungi para ibu hamil dari pilek dan batuk. Kiwi akan mengurangi risiko pembekuan darah, karena memiliki kandungan fosfor yang tinggi dan membantu menyerap zat besi

3. Jambu Biji

parentingfirstcry.com
Foto : parentingfirstcry.com

Semua nutrisi yang dikandung dalam jambu biji membuatnya harus dimiliki selama kehamilan. Buah jambu biji menjadi salah satu buah yang bagus untuk ibu hamil karena kaya akan Vitamin C, E, iso-flavonoid, Karotenoid dan Polifenol. Semua itu bisa membantu pencernaan ibu hamil dan memberikan kekuatan pada sistem saraf bayi.

Selain itu, bagi ibu hamil, makan jambu biji lebih baik daripada minum segelas jus jeruk jika melihat kandungan vitamin C-nya yang sangat mengesankan. Jambu biji memiliki empat kali lipat vitamin C yang ditemukan dalam jeruk. Jadi, jika ingin memiliki gusi yang sehat dan tidak berdarah selama masa hamil, makanlah jambu biji secara teratur. Kandungan vitamin C yang tinggi menjadikannya buah yang ideal untuk melawan infeksi seperti flu biasa, ISK, dan secara keseluruhan, memberikan dorongan pada tingkat kekebalan tubuh para ibu hamil.

4. Apel

parentinfirstcry.com
Foto : parentinfirstcry.com

Apel adalah salah satu buah yang bagus untuk ibu hamil karena memakannya dapat meningkatkan kekebalan dan kekuatan bayi kamu. Apel membantu mengurangi risiko mengi, asma dan eksim pada anak saat ia tumbuh. Apel kaya akan nutrisi dan mengandung Vitamin A, E dan D dan seng.

Apel juga penuh dengan serat dan antioksidan, dan ini sangat bermanfaat bagi ibu hamil dan bayinya. Apel mendetoksifikasi tubuh dari timbal dan merkuri sehingga meningkatkan kekebalan dan kekuatan bayi kamu.

Selain itu, apel kaya akan serat tidak larut dan membantu pencernaan, meningkatkan metabolisme, dan mengurangi gangguan usus. Kandungan fenolik buah apel yang tinggi berkontribusi terhadap penguatan kesehatan kardiovaskular dan mencegah pembuluh darah mengembangkan gumpalan.

5. Pir

parentingfirstcry.com
Foto : parentingfirstcry.com

Pir adalah sepupu dekat apel dan mengandung asam folat dalam jumlah tinggi. Buah pir adalah sumber yang kaya vitamin C juga. Rasanya yang ringan, manis, dan aroma yang menyenangkan cocok banget untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Pir juga memiliki kandungan asam folat dalam jumlah tinggi, ideal untuk calon ibu, dan memainkan peran kunci dalam mencegah cacat tabung saraf pada bayi. Buah pir adalah sumber serat yang baik yang melawan sembelit. Kandungan kalium di dalam pir membantu fungsi jantung baik pada calon ibu maupun bayi dan merangsang regenerasi sel.

6. Apel Custard

parentingfirstcry.com
Foto : parentingfirstcry.com

Apel custard kaya akan vitamin A dan C, yang diperlukan untuk mata, rambut, kulit dan jaringan tubuh bayi yang sedang tumbuh. Selain itu, buah ini juga kaya akan kalori, gula dan nutrisi mikro, yang membantu wanita hamil yang kekurangan berat badan untuk mendapatkan berat badan ideal yang diperlukan.

Apel custard memiliki rasa yang lezat sehingga meningkatkan fungsi kognitif sang jabang bayi dalam periode perkembangan prenatal. Untuk ibu hamil, serat tinggi yang ada dalam apel custard mencegah sembelit dan meredakan rasa sakit selama persalinan.

Antioksidan kaya yang ada dalam buah apel custard membantu ibu hamil tetap aktif dan mendetoksifikasi tubuh saat mempersiapkan persalinan. Sayangnya, sama seperti mangga, buah ini memang musiman, tapi direkomendasikan sebagai buah yang bagus untuk ibu hamil karena meningkatkan perkembangan kognitif bayi ibu yang sedang hamil.

7. Delima

parentingfirstcry.com
Foto : parentingfirstcry.com

Buah delima mengandung nutrisi yang padat seperti kalsium, folat, zat besi, protein, dan vitamin C. Delima juga mengandung banyak energi, kalsium, folat, zat besi, protein, dan nutrisi lainnya. Kandungan seratnya membantu meringankan rasa sakit sembelit. Ini adalah salah satu obat alami terbaik untuk masalah kekurangan zat besi.

Vitamin K memainkan peran penting dalam memperkuat tulang ibu dan bayi dan ini juga terdapat dalam buah berwarna merah ini. Meminum jus delima dalam jumlah sedang membantu menurunkan risiko cedera pada plasenta. Dengan khasiatnya yang kaya ini, buah delima sangat dianjurkan sebagai buah yang bagus untuk ibu hamil.

8. Alpukat

parentingfirstcry.com
Foto : parentingfirstcry.com

Alpukat diketahui memiliki lebih banyak folat dibandingkan buah lainnya. Mereka juga merupakan sumber Vitamin C, B, dan K, dan mengandung serat, kolin, magnesium, dan kalium. Alpukat juga mengandung zat besi. Kolin penting untuk perkembangan otak dan saraf bayi karena kekurangan kolin dapat mempengaruhi daya ingat bayi

9. Mangga

parentingfirstcry.com
Foto : parentingfirstcry.com

Daftar buah yang bagus untuk ibu hamil selanjutnya adalah buah mangga. Buah ini mengandung Vitamin C dalam jumlah tinggi, yang membantu pencernaan, mencegah sembelit, dan melindungi kamu dari infeksi ringan.

Mangga yang manis secara alami menjadi alternatif yang lezat untuk camilan manis seorang ibu hamil. Buah mangga tinggi kalori dan menjadi camilan yang baik untuk trimester ketiga saat kamu sedang membutuhkan lebih banyak kalori. Mangga adalah sumber beta karoten yang luar biasa dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit. Namun, sayangnya memang mangga termasuk buah musiman dan mungkin tidak tersedia di semua musim.

10. Ceri

parentingfirstcry.com
Foto : parentingfirstcry.com

Sarat dengan Vitamin C, ceri membantu melawan infeksi seperti flu biasa. Ceri juga memastikan suplai darah yang efisien ke plasenta. Jadi, buah kecil ini adalah buah yang bagus untuk ibu hamil.

Berapa Banyak Buah yang Harus dimakan Selama Kehamilan?

freepik.com
Foto : freepik.com

Masih melansir dari Mom Junction, setidaknya seorang ibu hamil harus makan tiga porsi buah sehari. Satu porsi buah sama dengan:

  1. 1 buah utuh ukuran sedang (seukuran bola tenis)1 cangkir buah potong
  2. 1/2 cangkir buah mentah atau kalengan
  3. 3/4 cangkir jus buah (tanpa pemanis)

Tips Aman Saat Makan Buah untuk Ibu Hamil

freepik.com
Foto : freepik.com

Sebelum memilih untuk makan atau memasak buah dan sayuran segar, kamu harus mengikuti beberapa tips keselamatan untuk tetap sehat dan menghindari infeksi atau penyakit.

  1. Pilihlah buah-buahan organik untuk mengurangi risiko konsumsi bahan kimia dan residu pestisida.
  2. Cuci mereka di bawah air mengalir secara menyeluruh.
  3. Gunakan sikat gosok untuk menghilangkan area memar, yang mungkin rentan terhadap mikroba.
  4. Hindari makan buah yang sudah dipotong. Potong mereka sebelum kamu makan.
  5. Simpan buah segar.
  6. Hindari merendam buah segar dalam air untuk waktu yang lama.

Itulah dia informasi mengenai buah yang bagus untuk ibu hamil. Sekarang, sudah tahu kan? Jangan salah ya.

Topik Terkait