img_title
Foto : Eluniverso.com

IntipSeleb Gaya Hidup Will Smith sempat menghebohkan publik usai aksinya menampar Chris Rock di Oscar 2022. Tindakannya itu kemudian mendapatkan banyak kecaman yang berimbas pada larangan dirinya menghadiri oscar selama 10 tahun ke depan.

Namun di balik kontroversi yang terjadi itu, rupanya aktor satu ini memiliki banyak prestasi dalam kariernya sebagai bintang Hollywood. Bahkan, Will Smith mungkin adalah bintang film paling terkenal di dunia. Dimulai sebagai rapper yang menjadi aktor komedi dalam sitkom hit NBC The Fresh Prince of Bel-Air, kesukaannya yang konyol melambungkannya menjadi bintang super dan berkarir sebagai pria terkemuka.

Seperti apa profil aktor Will Smith ini? Yuk kita kulas!

Profil Will Smith Dan Masa Mudanya

marca.com
Foto : marca.com

Will Smith memiliki nama asli Willard Carroll Smith, Jr., lahir pada 25 September 1968 di Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat. Aktor sekaligus musisi Amerika ini memiliki karisma dan kecerdasan yang membantunya bertransisi dari musik rap ke karier yang sukses di dunia akting.

Will Smith lahir dari pasangan Caroline (née Bright), seorang administrator dewan sekolah, dan Willard Carroll Smith Sr., seorang veteran Angkatan Udara AS. Dia dibesarkan di lingkungan Wynne Field di Philadelphia Barat dan dibesarkan sebagai Baptis.

Dia memiliki kakak perempuan bernama Pamela dan dua adik kembar, Harry dan Ellen. Smith bersekolah di Our Lady of Lourdes, sebuah sekolah dasar Katolik swasta di Philadelphia dan Overbrook High School. Pada tahun 2000, orang tuanya berpisah dan bercerai, saat usianya 13 tahun.

Jiwa bermusiknya sudah dimulai sejak Will Smith remaja. Ia mulai nge-rap pada usia 12 tahun. Saat itu, neneknya menemukan buku catatan liriknya, yang dia gambarkan berisi "semua kata-kata kutukan kecil [nya]", dia menulis catatan di halaman dalam buku: "Dear Willard, benar-benar cerdas orang tidak harus menggunakan kata-kata seperti ini untuk mengekspresikan diri mereka. Tolong tunjukkan pada dunia bahwa kamu secerdas yang kami kira". Smith mengatakan bahwa ini mempengaruhi keputusannya untuk tidak menggunakan kata-kata kotor dalam musiknya.

Smith diberi julukan "Prince Charming” atau “Pangeran Tampan" di sekolah menengah, yang kemudian diadaptasi olehnya menjadi "French Prince" untuk mencerminkan suara yang lebih hip-hop ketika dia memulai karier musiknya.

Kontroversi Agama Will Smith

theguardian.com
Foto : theguardian.com

Perihal agama, ada desas-desus terus-menerus bahwa Smith adalah seorang Scientologist. Scientology sendiri diketahui merupakan aliran agama yang sedikit ‘rumit’. Scientology adalah ajaran agama yang berarti 'mengetahui bagaimana untuk tahu'. Saking rumitnya, aliran kepercayaan ini bahkan menyebabkan perceraian di kalangan penganutnya, termasuk salah satunya Tom Cruise.

Will Smith dicurigai menjadi penganut ini karena beberapa faktor, Pertama, ada klaim bahwa Smith dan istrinya Jada Pinkett Smith menjalankan sekolah sains rahasia. Banyak guru yang berafiliasi dengan Akademi Kepemimpinan Desa Baru yang sekarang ditutup mengatakan bahwa itu “pada dasarnya adalah sekolah Scientology.”

Salah satu pendiri sekolah, Jacqueline Olivier, mengatakan bahwa meskipun tidak ada instruksi eksplisit untuk mengajarkan agama, banyak guru adalah pengikutnya. Olivier juga mengatakan dia diminta untuk berpartisipasi dalam kursus “studi teknologi” berbasis scientology. Namun, Pinkett Smith dengan keras membantah klaim tersebut.

Apakah Will Smith seorang Kristen?

Smith cukup terbuka tentang iman Kristennya. Dia memanggil Tuhan cukup banyak dalam pidato penerimaan Oscar setelah dia terkenal menampar wajah komedian Chris Rock.

Dalam sebuah wawancara, Will Smith juga pernah mengatakan imannya telah memainkan peran besar dalam hidupnya. Ia memang dibaptis dan dibesarkan dalam lingkungan Katolik. Namun dalam sebuah wawancara lain di tahun 2013, ia mengatakan bahwa tidak mengidentifikasikan agamanya.

Profil singkat Will Smith

Nama: Willard Carroll Smith, Jr
Nama panggung: Will Smith
Tempat, tanggal lahir: Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat, 25 September 1968
Agama: -
Profesi: Aktor
Tinggi: 165 cm
Orang Tua: Willard Carroll Smith Sr (ayah), Caroline (ibu)
Istri: Jada Pinkett Smith
Facebook: @Will Smith
Twitter: –
Instagram: @willsmith
TikTok: @willsmith
YouTube: Will Smith Official

Fakta Menarik Soal Will Smith

hellomagazine.com
Foto : hellomagazine.com

1. Will Smith memulai karirnya sebagai pembawa acara dari duo hip-hop, DJ Jazzy Jeff & The Fresh Prince, dengan temannya Jeffrey Townes sebagai turntablist dan produser. Mereka berkolaborasi dengan beatboxer Clarence Holmes dan memenangkan Grammy Award pertama untuk Penampilan Rap Terbaik untuk 'Parents Just Don't Understanding'.

2. Karena pengeluarannya yang berlebihan dan pajak penghasilan yang kurang dibayar, Will Smith hampir bangkrut pada tahun 1990.

3. Dia diselamatkan setelah ditandatangani oleh NBC untuk The Fresh Prince of Bel-Air pada tahun 1990, sebuah sitkom di mana dia memainkan karakter utama yang didasarkan pada sifat Smith sendiri. Pertunjukan itu berlangsung selama enam musim dan memulai karir Smith.

4. Peran utama pertama Will Smith dalam sebuah film fitur Hollywood adalah sebagai Paul dalam Six Degrees of Separation (1993), yang juga dibintangi oleh Sir Ian McKellen.

5. Will Smith menolak peran Neo dalam The Matrix (1999) untuk membintangi Wild Wild West (1999). Sementara The Matrix menjadi sukses besar, Wild Wild West gagal di box office.

6. Will Smith dan putranya Jaden berperan sebagai ayah dan anak dalam dua film - The Pursuit of Happyness (2006) dan After Earth (2013).

7. Smith memiliki seorang putra, Trey, dari pernikahan pertamanya dengan Sheree Zampino. Trey muncul bersama Smith dalam video musiknya untuk lagu 'Just the Two of Us'.

8. Will Smith adalah satu-satunya aktor yang memiliki delapan film berturut-turut dengan pendapatan kotor lebih dari 100 juta dolar di box office domestik dan sebelas film berturut-turut dengan pendapatan kotor lebih dari 150 juta dolar di seluruh dunia.

9. Barack Obama selama kampanye presiden 2008; ditanya selama kampanye aktor apa yang dia pilih untuk memerankannya dalam film potensial, Obama menyarankan Smith

Daftar Penghargaan Will Smith Sepanjang Kariernya

nme.com
Foto : nme.com

2022 – Golden Globe – Penampilan Terbaik oleh Aktor dalam Film - Drama: Pemenang
2021 – Oscar – Penampilan Terbaik oleh Aktor dalam Peran Utama: Pemenang
2021 – Oscar – Best Motion Picture of the Year: Nominasi
2020 – Penghargaan People's Choice Awards – Aktor Film Favorit: Pemenang
2019 – People's Choice Awards - Aktor Film Favorit: Nominasi
2018 – Writers Guild Awards – Seri Komedi: Pemenang
2016 – Golden Globe – Penampilan Terbaik oleh Aktor dalam Film - Drama: Nominasi
2007 – Golden Globe – Penampilan Terbaik oleh Aktor dalam Film - Drama: Nominasi
2007 – Critics' Choice Awards – Aktor Terbaik: Nominasi
2006 – Black Reel Awards – Aktor Terbaik: Nominasi
2006 – Chicago Film Critics Association – Aktor Terbaik: Nominasi
2006 – Oscar – Penampilan Terbaik oleh Aktor dalam Peran Utama: Nominasi
2006 – Penghargaan Screen Actors Guild Awards – Penampilan Luar Biasa oleh Aktor Pria dalam Peran Utama: Nominasi
2005 – People's Choice Awards – Bintang Aksi Pria Favorit: Pemenang
2002 – Critics' Choice Awards – Aktor Terbaik: Nominasi
2002 – Golden Globe – Penampilan Terbaik oleh Aktor dalam Film - Drama: Nominasi
2001 - Oscar – Penampilan Terbaik oleh Aktor dalam Peran Utama: Nominasi
1994 – Golden Globe – Penampilan Terbaik oleh Aktor dalam Serial Televisi - Musikal atau Komedi: Nominasi
1993 – Golden Globe – Penampilan Terbaik oleh Aktor dalam Serial Televisi - Musikal atau Komedi: Nominasi. (bbi)
Topik Terkait