img_title
Foto : Pinterest.com

IntipSeleb Gaya Hidup – Nama nama neraka itu banyak jenisnya. Jahannam atau neraka adalah tempat yang dibuat oleh Allah untuk menghukum pelaku kejahatan di akhirat. Konsep tingkatan dalam neraka didasarkan pada berat dosa yang dilakukan oleh pendosa. Muslim percaya bahwa ada tujuh tingkat neraka.

Diyakini bahwa di akhirat nanti tidak ada yang mati dan ketika manusia atau jin dibakar menjadi abu di neraka, mereka akan dikembalikan ke bentuk yang sehat dan akan dihukum dengan cara yang sama lagi. Siklus ini akan terus berlanjut sampai Allah mengampuni mereka.

Nama nama neraka dibagi menjadi tujuh tingkat yang terletak di bawah satu sama lain berdasarkan gravitasi para pendosa. Jadi, tingkat yang paling tidak menyakitkan yaitu tingkat satu berada di atas dan tingkat yang paling menyakitkan terletak di kedalaman Jahannam.

Suhu dan beratnya hukuman neraka terus meningkat seiring dengan menurunnya level. Setiap level dibuat untuk berbagai jenis pendosa dan hukuman. Mari kita pelajari nama nama neraka itu yuk.

Di artikel ini, kamu akan mengenal nama nama neraka tempat manusia menebus dosa.

Nama Nama Neraka

1. Al-Hawwiyah

freepik.com
Foto : freepik.com

Tingkat ini untuk umat Islam yang berdosa di dunia. Ini memiliki panas paling sedikit di antara semua tingkatan dan memiliki hukuman paling menyakitkan bagi para pendosa. Saat orang-orang berdosa masuk melalui gerbangnya, wajah mereka akan dibakar dan api akan memakan daging mereka. Di sini Allah akan memperbaharui daging mereka setiap kali mereka dibakar.

Sebutan untuk nama neraka yang satu ini dalam Al Quran adalah nar hamiyah yang artinya api panas dan berkobar. Artinya, Hawiyah adalah tempat dengan api panas di dasar neraka yang paling dalam. Neraka ini akan diisi oleh orang-orang yang ringan timbangan amal kebaikannya.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al Quran surat Al Qariah tentang adanya neraka hawiyah dan para calon penghuni yang artinya: “Dan adapun orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya, maka tempat kembalinya adalah Neraka Hawiyah. Dan tahukah kamu apakah Neraka Hawiyah itu? (Yaitu) api yang sangat panas,” (Q.S Al Qariah: 8-11).

2. Neraka Wail

freepik.com
Foto : freepik.com

Nama nama neraka selanjutnya yang perlu diketahui adalah nerakan wail. Tingkat ini terletak di bawah Jahannam, dan itu untuk orang-orang dan jin yang tidak percaya kepada Allah, menolak pesan Nabi dan tidak percaya pada mereka sebagai utusan Allah. Hukuman utama pada level ini adalah api akan menggerogoti satu per satu organ tubuh baik secara eksternal maupun internal, dan pada akhirnya akan menghancurkan tubuh mereka.

Allah SWT berfirman dalam ayat breikut: "Celakalah (wail) bagi orang-orang yang curang (dalam menakar dan menimbang)! (Yaitu) orang-orang yang apabila menerima takaran dari orang lain mereka minta dicukupkan, dan apabila mereka menakar atau menimbang (untuk orang lain), mereka mengurangi," (Q.S Al Muthafifin: 1-3).

3. Neraka Jahim

pinterest.com
Foto : pinterest.com

Nama neraka ini adalah tingkat ketiga neraka dan terletak di bawah Wail. Hukuman bagi orang-orang di sini adalah api akan memakan daging mereka tetapi tidak tulang. Empat alasan mengapa orang mendarat di tingkat neraka ini adalah:

  1. Mereka tidak melakukan Shalat (sholat).
  2. Mereka tidak menawarkan makanan kepada orang miskin.
  3. Mereka biasa berbicara sia-sia kepada orang-orang yang sia-sia yaitu mereka terbiasa Mengikuti jalan yang zalim dan batil.
  4. Mereka menolak adanya hari pembalasan dan kebangkitan (Qayamat).

Allah SWT berfirman:

“Tetapi orang-orang yang berusaha menentang ayat-ayat Kami dengan maksud melemahkan (kemauan untuk beriman), mereka itu adalah penghuni-penghuni Neraka Jahim,” (Q.S Jahim: 51).

4. Neraka Saqar

freepik.com
Foto : freepik.com

Neraka di tingkat ini, terletak di bawah Jahim, diyakini bahwa api di sini akan membakar orang-orang berdosa sampai ke tulang dan membakar hati dan organ dalam mereka. Api akan mulai dari kaki mereka dan kemudian naik ke hati mereka. Diyakini bahwa orang-orang berdosa akan menangis sampai kelenjar air mata mereka mengering, darah akan mengering, dan air mata mereka akan sangat banyak bahkan jika sebuah kapal dilayarkan di kolam air mata mereka akan melakukannya dengan mudah.

Neraka ini ada dalam firman Allah berikut: “Apa yang menyebabkan kamu masuk ke dalam (Neraka) Saqar?” Mereka menjawab, “Dahulu kami tidak termasuk orang-orang yang melaksanakan salat, dan kami (juga) tidak memberi makan orang miskin, bahkan kami biasa berbincang (untuk tujuan yang batil), bersama orang-orang yang membicarakannya, dan kami mendustakan hari Pembalasan, sampai datang kepada kami kematian,” (Q.S Al Mudatsir: 42-47).

5. Neraka Sa’ir

pinterest.com
Foto : pinterest.com

Nama nama neraka selanjutnya yaitu neraka sa’ir, diyakini letaknya di bawah neraka saqar, yang merupakan bongkahan besar batu bara dan lebih besar dari level terendah. Orang berdosa akan dibuang ke sini karena tiga alasan:

  1. Mereka tidak memberikan kepercayaan yang benar kepada Allah.
  2. Menolak untuk memberikan hak yang benar untuk ciptaan.
  3. Tidak menganjurkan memberi makan orang miskin.

6. Neraka Huthamah

kabarmakkah.com
Foto : kabarmakkah.com

Selanjutnya, nama nama neraka lain adalah neraka Huthamah. Tingkat neraka ini terletak di bawah neraka sa’ir. Level ini telah menyala sejak dibuat. Terdiri dari 300 kastil yang masing-masing memiliki 300 gubuk di mana masing-masing ada 300 kamar dan, di setiap kamar, ada 300 jenis hukuman yang berbeda.

Rasa sakit di neraka ini tak terbayangkan, tak tertahankan dan sangat menyakitkan. Di sini ada kalajengking, ular, rantai, tali dan yang lainnya. Juga, ia memiliki lubang Penderitaan yang merupakan hukuman paling menyakitkan di seluruh Jahannam.

Neraka ini dipercaya akan diisi oleh orang-orang yang kerap melakukan hal yang sedang populer saat ini, yaitu membicarakan orang lain. Jadi kalau kamu termasuk orang yang suka bergibah atau bergosip, dan menyerbar informasi yang tidak benar dan mengumpat, maka akan masuk ke dalam api neraka yang sangat panas.

Nama neraka huthamah ini tercantum dalam ayat berikut: "Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat (al-humazah) lagi pencela (al-lumazah), yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitungnya, dia mengira bahwa hartanya itu dapat mengkekalkannya" (Q.S Al Humazah: 1-3).

7. Neraka Lazha

pinterest.com
Foto : pinterest.com

Nama nama neraka yang harus diketahui selanjutnya adalah neraka tingkat tujuh, neraka Lazha. Api dalam neraka ini berkobar-kobar atau manyala, diperuntukkan bagi mereka yang berpaling dari ajaran Nabi Muhammad SAW, membelakangi tauhid, dan tidak mau melakukan sedekah.

Apabila ada manusia dipenuhi ketamakan dan terlalu mencintai duniawi, mereka ini akan dimasukkan ke dalam neraka Lazha. Selain itu para makhluk yang suka berdusta dan berpaling dari ajaran agama juga akan menjadi penghuni neraka ini.

“Sesungguhnya neraka itu adalah api yang bergejolak, Yang mengelupaskan kulit kepala, Yang memanggil orang yang membelakang dan yang berpaling (dari agama). Serta mengumpulkan (harta benda) lalu menyimpannya." (Q.S Al Ma'arij: 15-18).

8. Neraka Jahannam

pinterest.com
Foto : pinterest.com

Ini adalah tingkat terakhir dan terburuk dari neraka. Ini adalah tingkat kedelapan neraka, terletak di bawah Lazha. Dikatakan bahwa tidak ada orang berdosa yang akan dibebaskan dari tingkat ini.

Ada kegelapan pekat di level ini. Pengkhianat, munafik dan orang yang tidak percaya dihukum di sini. Orang-orang berdosa di tingkat ini akan diremukkan di bawah gunung dengan mereka berbaring di wajah mereka. Tangan orang-orang berdosa akan diikat ke leher mereka dan leher mereka ke kaki mereka. Dan Zabanniyah (malaikat Janhannam) pasti akan berdiri di atas mereka.

Tangan para malaikat seharusnya terbuat dari besi yang kuat dan sebagai hukuman bagi para pendosa mereka akan memukuli para pendosa dengan tangan kosong. Berikut hadis soal neraka jahannam.

Artinya: “Kami dulu pernah bersama Rasulullah SAW, Tiba-tiba terdengar suara sesuatu yang jatuh. Nabi Muhammad SAW lantas bertanya, “Tahukah kalian, apakah itu?” Para sahabat pun menjawab, “Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui.” Nabi Muhammad SAW kemudian menjelaskan, “Ini adalah batu yang dilemparkan ke dalam neraka sejak 70 tahun yang lalu dan batu tersebut baru sampai di dasar neraka saat ini.” (HR. Muslim)

Itulah dia nama nama neraka yang perlu kita ketahui. Semoga bermanfaat!

Topik Terkait