img_title
Foto : Freepik.com

IntipSeleb Gaya Hidup Bleaching gigi adalah prosedur yang paling umum dilakukan dalam kedokteran gigi kosmetik dengan tujuan memutihkan dan mencerahkan gigi. Dengan canggihnya teknologi kedokteran sekarang ini, bleaching gigi seolah menjadi jalan instan yang dipilih banyak orang dalam mencari cara memutihkan gigi yang efektif.

Bahkan mungkin, berapapun harganya orang rela membayarnya untuk mendapat hasil yang maksimal. Lantas, apakah bleaching gigi itu aman untuk dilakukan? Apakah ada efek samping yang diberikan? Langsung saja cari tahu di artikel berikut ini yuk!

Apa Itu Bleaching Gigi dan Prosedur yang Ada

freepik.com
Foto : freepik.com

Gigi seseorang itu bisa menguning atau berubah warna karena sejumlah alasan berbeda. Meskipun usia adalah alasan yang signifikan, namun ada juga alasan lainnya seperti yang dikutip dari Healthline berikut ini:

  1. Makanan atau minuman tertentu, seperti blueberry, anggur merah, kopi, atau teh
  2. Diet tinggi gula dan karbohidrat sederhana
  3. Merokok
  4. Efek samping obat dan obat kumur tertentu
  5. Usia (karena orang dewasa yang lebih tua lebih cenderung memiliki gigi kuning)
  6. Faktor genetika
  7. Trauma mulut
  8. Konsumsi fluoride yang berlebihan
  9. Perawatan gigi dan kebersihan mulut yang buruk
  10. Mulut kering kronis atau kekurangan air liur

Bleaching gigi adalah solusi yang tepat untuk permasalahan gigi kuning dan apabila kamu Ingin senyum yang lebih cerah. Umumnya, ketika ingin melakukan prosedur ini, kamu memiliki dua pilihan: bleaching gigi dengan dokter gigi, atau bleaching di rumah. Kedua pilihan pemutihan gigi ini menggunakan bahan pemutih yang sama yaitu peroksida.

Dilansir dari laman Web MD, jika bleaching di rumah menggunakan dari 3-20% peroksida (karbamid atau hidrogen peroksida). Sedangkan kalau bleaching dengan dokter gigi bisa 15-43% peroksida.

Umumnya, semakin lama kamu menyimpan larutan yang lebih kuat pada gigi, semakin putih gigi kamu nantinya. Namun, semakin tinggi persentase peroksida dalam larutan pemutih, semakin singkat waktu harus diterapkan pada gigi. Menjaga gel lebih lama akan mengeringkan gigi dan meningkatkan sensitivitas gigi.

Apa yang terjadi selama prosedur pemutihan gigi?

freepik.com
Foto : freepik.com

Dilansir dari laman Health Direct, berikut ada dua hal yang terjadi saat prosedur bleaching:

1. Bleaching

Dokter gigi kamu pertama-tama akan membuat cetakan gigi atas dan gigi bawah. Ini digunakan untuk membuat baki khusus, seperti pelindung mulut, yang pas di gigi kamu.

Pada janji temu kamu berikutnya, gel pemutih dimasukkan ke dalam nampan, yang kamu kenakan di mulutmu selama 15 hingga 30 menit. Dokter gigi mungkin juga menyinari untuk mempercepat proses pemutihan. Seringkali, perawatan diulang di rumah, mengikuti instruksi dokter gigi. Kamu mungkin akan melihat perbedaan dalam 2 hingga 4 minggu.

Pilihan lainnya adalah mendapatkan kit dengan nampan khusus dari dokter gigi Anda dan melakukan perawatan di rumah.

2. Power bleaching

Power bleaching atau pemutihan daya, juga dikenal sebagai pemutihan laser, dilakukan di klinik. Dokter gigi menutupi gusi kamu dan kemudian mengecat bahan pemutih pada gigi. Sinar laser bersinar untuk mengaktifkan pemutihan. Ini membutuhkan waktu sekitar 60 menit, dan seringkali hanya membutuhkan satu kali perawatan.

Manfaat Melakukan Bleaching Gigi

freepik.com
Foto : freepik.com

1. Menjadi lebih percaya diri pada senyummu

Sebagai pembenaran pertama dan paling jelas untuk memutihkan gigi, menginginkan senyum yang lebih cerah adalah alasan yang bagus untuk memikirkan bleaching profesional. Banyak orang menghargai estetika senyum cerah yang berkilau. Memiliki gigi yang lebih putih dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang yang membantu mereka menjadi lebih sukses dalam kehidupan sehari-hari.

2. Perawatan pencegahan

Bleaching gigi dapat menjadi bentuk perawatan preventif untuk gigi seseorang, membantu menjaga mereka tetap sehat dan berkilau seiring bertambahnya usia seseorang. Gigi putih dapat mendorong pasien untuk merawatnya dengan lebih baik dengan gosok gigi secara teratur, membantu menjauhkan bakteri yang berpotensi berbahaya dari gigi dan mencegah kerusakan dan pembusukan.

Seringkali, seiring bertambahnya usia, menjadi lebih sulit untuk mendapatkan gigi yang cerah, yang dapat mencegah menjaga kebersihan mulut yang tepat. Perawatan profesional memungkinkan pemutihan yang kuat sambil tetap melibatkan dokter gigi. Untuk pasien yang lebih tua atau mereka yang memiliki masalah gigi, dokter gigi dapat mempertimbangkan masalah seperti sensitivitas gigi atau area yang sulit seperti penambalan dan mahkota gigi.

3. Hasil yang efektif

Sementara calon pemutih gigi dapat menggunakan produk yang dijual bebas seperti strip untuk memutihkan gigi, bleaching profesional di dokter gigi menawarkan keuntungan yang mungkin terlewatkan. Ketika seorang pasien pergi ke dokter gigi untuk pemutihan gigi, hasilnya cenderung lebih baik.

Dengan perawatan di rumah, ada risiko memutihkan atau merusak gusi secara tidak sengaja serta kemungkinan produk yang digunakan tidak akan bekerja dengan baik pada gigi seseorang. Situasi setiap orang berbeda, dan dokter gigi dapat memberi saran dan menyesuaikan perawatan sesuai kebutuhan.

4. Perawatan yang terjangkau

Biaya merupakan masalah besar bagi hampir semua pasien, dan banyak orang mungkin beralih ke bleaching di rumah karena mereka menganggapnya sebagai pilihan yang lebih terjangkau. Namun, sejauh prosedur gigi berjalan, pemutihan gigi dapat berada di ujung bawah spektrum biaya dan di antara prosedur kosmetik paling terjangkau yang bisa didapatkan seseorang.

Selain cepat dan tanpa rasa sakit, bleaching gigi di profesional dapat menjadi investasi yang baik bagi seseorang yang ingin mendapatkan senyum cerah yang tepat untuk gigi dan bertahan lebih lama daripada perawatan di rumah.

Efek Samping Melakukan Bleaching dan Pertimbangan Lainnya

freepik.com
Foto : freepik.com

Meskipun bleaching gigi dianggap aman, kamu mungkin mengalami beberapa efek samping dari melakukan perawatan ini:

1. Sensitivitas gigi

Gigi kamu mungkin menjadi lebih sensitif setelah pemutihan gigi. Kamu mungkin mengalami ini pada perawatan pertama atau kedua, dan mungkin berkurang seiring waktu. Dokter gigi kamu mungkin merekomendasikan perawatan sensitivitas dengan produk yang mengandung potasium nitrat dan gel natrium fluorida.

2. Gusi yang teriritasi

Kamu juga mungkin mengalami iritasi gingiva. Inilah saat gusi kamu menjadi teriritasi. Ini bisa terjadi karena kontak pada gusi kamu dengan produk pemutih. Efek samping ini akan hilang setelah perawatan.

Berapa lama yaktu untuk memutihkan gigi?

Mengubah gigi kamu dari kuning menjadi putih akan memakan waktu sekitar tiga atau empat minggu.

Apakah bleaching baik untuk gigi?

Bleaching gigi adalah pilihan yang efektif; namun, beberapa orang mungkin mengalami efek samping.

Berapa biaya bleaching gigi?

Biaya untuk melakukan bleaching pada gigi bervariasi. Yang jelas, bisa dimulai dari Rp300.000 hingga Rp4.000.000 termasuk biaya perawatannya.

Hal yang Harus Diperhatikan Usai Melakukan Bleaching Gigi

freepik.com
Foto : freepik.com

Apakah kamu menggunakan sistem bleaching gigi di rumah, atau di profesional seperti dokter gigi, kamu dapat membantu mempertahankan hasilnya dengan menyikat gigi, flossing, dan berkumur setiap hari. Juga, dilansir dari laman Web MD hindari makanan dan minuman yang asam dan kaya tanin seperti:

  1. Teh hitam dan kopi
  2. Anggur putih dan merah
  3. Minuman olahraga
  4. Minuman berkarbonasi (soda gelap dan berwarna terang)
  5. Buah beri dan makanan berwarna kuat lainnya
  6. Saus (kedelai, tomat, kari)

Sekarang, sudah tahu apakah bleaching gigi itu aman dilakukan atau tidak? Semoga bermanfaat! (Cy)

Topik Terkait