img_title
Foto : Omnivagant.com

IntipSeleb Gaya Hidup – Campuhan Ridge Walk adalah alternatif tempat wisata di Ubud, Bali buat kamu yang sudah mulai bosan menikmati senja dan waktu santai hanya dengan duduk di pantai. Di tempat ini, kamu akan menemukan sensasi bergairah berjalan menyusuri ilalang dengan pemandangan bukit hijau yang memanjakan mata.

Panorama cantik yang diberikan oleh Campuhan Ridge Walk, bikin tempat ini harus masuk bucket list kamu ketika berniat liburan ke Bali, khususnya daerah Ubud. Tempat ini bisa membuatmu berpikir bahwa lukisan alam itu seolah-olah terasa nyata. Jadi, buat pecinta alam dan kebebasan, tempat ini pasti seolah jadi magnet yang sangat menggoda.

Penasaran apa saja daya tarik objek wisata ini dan di mana lokasi persisnya? Langsung aja simak di bawah ini ya!

Lokasi Campuhan Ridge Walk dan Jam Operasional

alamubudvilla.com
Foto : alamubudvilla.com

Rutenya:

Lokasi Campuhan Ridge Walk ini sebenarnya cukup strategis dan mudah untuk ditemukan. Jadi, kamu nggak perlu khawatir salah jalan atau kesasar. Jika berkendara dari Bandara Internasional Ngurah Rai hanya butuh waktu sekitar satu setengah jam untuk sampai ke tempat wisata ini. Sedangkan, kalau kamu berangkat dari Denpasar, waktunya bisa lebih singkat yaitu 45 menit perjalanan menggunakan mobil.

Lokasi Campuhan Ridge Walk: Jl. Raya Campuhan, Sayan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.
Jam operasional: setiap hari, 24 jam.
Tiket masuk: GRATIS.

Jalur Treking di Campuhan Ridge Walk

viator.com
Foto : viator.com

Ketika berkunjung ke Campuhan Ridge Walk, setidaknya ada dua jalur treking yang bisa dipilih. Pertama yaitu jalur dari Pura Gunung Lebah, lokasinya dekat dari Museum Blanco. Di jalur ini, kamu bisa belok masuk ke jalan paving di Ibah Villa & Luxury Spa lalu ikuti jalan setapak hingga ke area jalur Bukit Campuhan.

Sedangkan untuk jalur kedua, bisa dimulai dari Desa Keliki, Kecamatan Tegalalang. Di jalur awal ini, terdapat banyak kafe, vila, dan hamparan sawah yang menyegarkan. Lalu, dari kawasan tersebut, jalur trekking berjarak sekitar 800 meter.

Jadi, sesuaikan saja jalur treking tersebut dengan kemampuan dan kebutuhanmu ya!

Daya Tarik Wisata Campuhan Ridge Walk

hargatiket.net
Foto : hargatiket.net

Meskipun kelihatannya hanya dataran hijau yang membentang, namun ada beberapa aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan ketika berada di Campuhan Ridge Walk loh! Sebab, ojek wisata ini menyimpan daya tarik yang membuat para wisatawan betah berkunjung. Apa saja itu?

1. Berburu foto dengan pemandangan yang ciamik

Ketika berkunjung ke tempat wisata alam mana pun, sudah pasti salah satu kegiatan wajib yang mesti dilakukan adalah hunting foto. Nah, begitu pun saat berkunjung ke Campuhan Ridge Walk. Kamu harus memanfaatkan setiap sisi dari puncak Bukit Campuhan maupun sepanjang perjalanan menuju ke bukitnya. Pemandangan yang mungkin tidak bisa kamu temui di sembarang tempat.

Dipenuhi dengan rumput di sisi jalan kanan dan kiri, membuat tempat wisata ini mirip sekali dengan sabana di Gunung Merbabu, Jawa Tengah. Apalagi, tidak terdapat pohon menjulang tinggi di sini sehingga kamu akan dibuat seperti berada di alam yang sangat bebas.

2. Jogging sambil menikmati pemandangan alam

Jangan hanya mengabadikan setiap detik keindahan yang tersaji, kamu juga bisa mengambil kesempatan untuk kesehatan diri sendiri loh. Bagaimana caranya? Kamu bisa memanfaatkan rute jalanan di Campuhan Ridge Walk dengan melakukan jogging.

Apalagi kalau ke sini di waktu-waktu yang pas untuk berolahraga seperti pagi atau sore hari. Dengan treknya yang terbilang mudah dan cukup lebar yaitu 1,5 meter, kegiatan jogging pasti jadi kegiatan menarik untuk kamu coba. Terlebih, puncaknya yang tidak terlalu jauh, hanya sekitar dua kilometer yang bisa kamu tempuh sekitar 15-20 menit. Makin semangat lagi dengan adanya udara sejuk dan pemandangan alam di sini. Bisa-bisa kamu jadi lupa deh kalau lagi lelah.

3. Sepedaan sambil menikmati senja

Mana nih anak senja? Pasti tahu dong keindahan alam matahari terbenam itu kayak apa? Nah, kamu harus memanfaatkan senja di Campuhan Ridge Walk! Salah satu caranya adalah dengan bersepeda.

Kamu bisa berkeliling melihat hamparan hijau di sekitar. Apalagi udara sejuk di sore hari makin menambah ketenangan kamu di tempat ini. Yakin deh, sekali coba, kamu akan ketagihan dan nggak akan mau pulang!

Kalau seandainya tidak sempat membawa sepeda sendiri, tenang! Ada banyak kok tempat sewa sepeda di sekitaran Ubud.

4. Berwisata gratis

Meski tidak semuanya, akan tetapi sekarang ini, banyak tempat wisata yang menetapkan tarif tiket kepada setiap pengunjungnya. Biasanya sih, itu tempat wisata yang menyajikan banyak spot-spot foto.

Namun, kalau di Campuhan Ridge Walk ini tenang saja. Kamu nggak perlu membayar sepeser pun untuk bisa menikmati keindahan alam perbukitan hijau di sini, karena GRATIS!

Tips Berwisata ke Campuhan Ridge Walk

ministryofvillas.com
Foto : ministryofvillas.com
  1. Untuk bisa menikmati momen terbaik di tempat ini, maka waktu yang tepat untuk berkunjung saat matahari terbit atau ketika matahari tenggelam.
  2. Karena tempatnya yang ‘alam banget’ dan tidak ada rumah penduduk, maka tidak ada warung di sekitar Campuhan Ridge Walk, jadi disarankan kamu bawa makanan sendiri dan jangan lupa air mineral.
  3. Jalurnya itu cukup menantang, jadi pastikan ketika ke sini kondisi tubuhmu dalam keadaan fit dan tenaga yang penuh.
  4. Kalau tidak ingin berjalan kaki, kamu bisa menggunakan sepeda melalui jasa sepeda di sekitar Ubud sebagai alternatif kendaraan.
  5. Poin terakhir yang nggak kalah penting: kunjungi area favorit bagi para pengunjung ketika di tengah bukit, yaitu Golden Spot.
  6. Kenakan pakaian dan alas kaki yang nyaman dan sesuai dengan kegiatan yang akan kamu lakukan di tempat ini. Jangan sampai niat untuk bersenang-senang jadi hilang hanya karena perkara saltum atau salah kostum.

Destinasi Lain di Sekitar Campuhan Ridge Walk

hotels.com
Foto : hotels.com

Jika memang sudah puas dengan pemandangan ilalang dan bukit hijau yang ada, jangan buru-buru mencari tempat wisata yang jauh dari lokasi ini. Pasalnya, di daerah Ubud itu masih ada sederet wisata alam yang lokasinya dekat dengan Campuhan Ridge Walk.

Mulai dari Mandala Suci Wenara Wana atau dikenal juga sebagai Ubud Monkey Forest, jaraknya hanya 2,7 kilometer dari Campuhan Ridge Walk. Apa yang bisa kamu nikmati di lokasi tersebut? Pertama pemandangan alam hijau tentunya, sebab ada banyak pepohonan di sana. Lalu, ada juga hal yang identik di sini yaitu keberadaan ratusan kera ekor panjang.

Selain itu, kamu juga bisa melihat langsung berbagai pura kuno, seperti Puri Dalem Agung Padangtegal dan Puri Prajapati.

Nah, sekarang sudah tahu kan seperti apa gambaran dari objek wisata Campuhan Ridge Walk, itu? Dari adanya penjelasan gambar dan deskripsi daya tarik di atas pasti sudah membuatmu tertarik berkunjung bukan? Selamat menikmati keindahannya!

Topik Terkait