img_title
Foto : Freepik.com

IntipSeleb Gaya Hidup – Cara menghilangkan ngantuk yang efektif dan ampuh itu seperti apa sih? Mungkin keresahan ini banyak dipertanyakan oleh orang-orang yang setiap hari harus berkutat dengan meja kerja dan komputer selama kurang lebih 8 jam. Apalagi kalau orang-orang itu suka begadang dan punya jam tidur berantakan.

Dengan semakin banyak dari kita yang kurang tidur, tak sedikit yang mungkin tergoda untuk mengonsumsi minuman energi atau espresso ketika kita merasa mengantuk di tempat kerja. Sayangnya, mengonsumsi kafein terlalu sering untuk memerangi ngantuk dapat menyebabkan lingkaran setan yang justru bisa jadi bumerang.

Lantas, seperti apa cara mengurangi ngantuk yang tepat dan efektif? Dilansir dari laman kesehatan WebMD, langsung saja coba cara-cara berikut ini!

Cara Menghilangkan Ngantuk

1. Bangun dan Bergerak untuk Melek dan Merasa Terjaga

freepik.com
Foto : freepik.com

Dalam satu penelitian terkenal, Robert Thayer, PhD, seorang profesor di California State University, Long Beach, mempelajari apakah orang lebih berenergi dengan makan permen atau berjalan cepat 10 menit. Meskipun permen memberikan dorongan energi yang cepat, peserta sebenarnya lebih lelah dan memiliki lebih sedikit energi satu jam kemudian.

Jalan kaki 10 menit meningkatkan energi selama dua jam. Itu karena berjalan memompa oksigen melalui pembuluh darah, otak, dan otot kamu. Maka dari itu, salah satu cara menghilangkan ngantuk adalah sering-seringlah bangun untuk berjalan-jalan singkat.

Saat istirahat makan, berjalanlah ke tempat beli makan atau kalau misalnya kamu bawa makan siang, pergilah ke tempat yang bagus untuk memakannya. Pokoknya, apakah kamu berjalan-jalan di luar atau hanya di gedung tempat kamu bekerja, aktif berjalan bisa mengusir rasa kantuk karena bikin kamu merasa lebih waspada dan segar.

2. Tidur Siang untuk Menghilangkan Kantuk

freepik.com
Foto : freepik.com

Jelas, cara menghilangkan ngantuk itu ya dengan mendapatkan waktu tidur yang cukup, salah satunya dengan tidur siang. Ada dua hal yang perlu diingat tentang tidur siang: jangan tidur lebih dari satu jam dan jangan terlalu dekat dengan waktu tidur kamu.

"Tidur siang antara 5 dan 25 menit," kata Barry Krakow, MD, penulis Sound Sleep, Sound Mind: Seven Keys to Sleeping Through the Night. Waktu tidur siang yang terbaik adalah sekitar enam atau tujuh jam sebelum jadwal tidur malam harimu.

3. Istirahatkan Mata untuk Menghindari Kelelahan

freepik.com
Foto : freepik.com

Fiksasi terus menerus pada layar komputer dapat menyebabkan kelelahan mata dan memperburuk kantuk dan kelelahan. Jadi, salah satu cara menghilangkan ngantuk yang efektif adalah dengan mengalihkan pandangan dari layar selama beberapa menit secara berkala untuk merilekskan mata. Coba deh!

4. Makan Camilan Sehat untuk Meningkatkan Energi

freepik.com
Foto : freepik.com

Camilan manis memberi kamu dorongan energi yang cepat diikuti oleh gula "terendah", ketika gula darah rendah menghasilkan kabut mental dan kelesuan. Camilan seperti ini akan memberikan energi keseluruhan yang lebih baik dalam jangka panjang:

  1. Selai kacang di atas biskuit gandum utuh atau batang seledri.
  2. Yogurt dan segenggam atau kacang atau buah segar.
  3. Wortel dengan saus keju krim rendah lemak.

5. Mengobrol untuk Membangunkan Pikiran Kamu

freepik.com
Foto : freepik.com

Jika rasa kantuk sudah melanda dengan hebat, terlibat dalam percakapan dapat membuat pikiran kamu bergerak lagi. Jadi, cara menghilangkan ngantuk selanjutnya adalah ajak bicaralah siapa pun yang ada di sekitarmu tentang isu apa pun.

Mau itu isu politik, agama, gosip para artis atau mungkin gosip tentang kantor, hingga hal-hal yang mungkin sedang viral saat ini. Cari bahan yang bisa meningkatkan gairah dan antusiasmu apalagi sampai bikin mata melek.

6. Nyalakan Lampu untuk Mengurangi Kelelahan

freepik.com
Foto : freepik.com

Lingkungan dengan pencahayaan redup memperburuk kelelahan. Penelitian telah menunjukkan bahwa paparan cahaya terang dapat mengurangi ngantuk dan meningkatkan kewaspadaan. Coba tingkatkan intensitas sumber cahaya kamu di tempat kerja.

7. Bernapaslah untuk Merasa Waspada

freepik.com
Foto : freepik.com

Pernapasan mendalam bisa meningkatkan kadar oksigen darah dalam tubuh. Ini memperlambat detak jantung kamu, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi, yang pada akhirnya membantu kinerja mental dan energi.

Ide latihan pernapasan dalam adalah dengan menarik napas ke perut, bukan dada. Kamu dapat melakukannya di meja kamu. Duduk tegak, cobalah latihan ini hingga 10 kali:

  1. Dengan satu tangan di perut tepat di bawah tulang rusuk dan tangan lainnya di dada, tarik napas dalam-dalam melalui hidung dan biarkan perut mendorong tangan keluar. Dada kamu seharusnya tidak bergerak.
  2. Hembuskan napas melalui bibir yang mengerucut seperti sedang bersiul. Kamu dapat menggunakan tangan di perut untuk membantu mendorong udara keluar.

Teknik lain, yang disebut merangsang napas, digunakan dalam yoga untuk meningkatkan energi dengan cepat dan meningkatkan kewaspadaan: tarik napas dan buang napas dengan cepat melalui hidung, jaga mulut tetap tertutup tetapi rileks.

Buat napas masuk dan keluar kamu pendek, lakukan sekitar tiga dari setiap siklus dalam satu detik. Kemudian bernapaslah dengan normal. Kamu dapat melakukan ini hingga 15 detik pertama kali dan kemudian menambahkan lima detik setiap kali setelah hingga mencapai satu menit.

8. Minum Secangkir Kafein

freepik.com
Foto : freepik.com

Nah, kalau cara menghilangkan ngantuk yang satu ini mungkin sudah jadi rahasia umum. Kopi menjadi salah satu solusi yang sering dipilih banyak orang sebagai cara untuk menghilangkan ngantuk saat bekerja. Hal itu lantaran di dalam kopi terkandung kafein, yang merupakan stimulan yang bisa meningkatkan aktivitas di otak dan sistem saraf.

Tapi, kalau kamu tidak suka kopi, masih ada beberapa minuman berkafein lainnya yang bisa kamu pilih, seperti misalnya teh hitam atau teh hijau. Yang perlu diIngat, konsumsi minuman berkafein ini tidak boleh terlalu banyak ya. Sebab, kadar kafein yang terlalu banyak bisa membuatmu gelisah dan malah memengaruhi tingkat produktivitas kamu.

9. Stretching untuk Meningkatkan Energi dan Mengurangi Kelelahan

freepik.com
Foto : freepik.com

Dalam analisis terhadap 70 penelitian yang melibatkan lebih dari 6.800 orang, para peneliti University of Georgia menemukan bahwa olahraga lebih efektif dalam meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan di siang hari daripada beberapa obat yang digunakan untuk mengatasi masalah tidur. Jadi, melakukan stretching bisa menjadi salah satu cara menghilangkan ngantuk karena meningkatkan kualitas tidur.

​10. Minum Air Putih

freepik.com
Foto : freepik.com

Untuk cara menghilangkan ngantuk yang lebih aman, kamu bisa manfaatkan air putih. Sebab, kita perlu mencukupi kebutuhan cairan untuk mengatasi rasa kantuk. Seperti diketahui, kekurangan mineral atau dehidrasi bisa membuat otak kehilangan fokusnya dan membuat ngantuk.

Selain itu, kalau kamu minum air putih yang banyak otomatis akan menimbulkan keinginan buang air kecil, sehingga mau tidak mau membuat kamu bangkit dari kursi dan berjalan ke kamar kecil. Nah, dengan begitu, kantuk pun akan hilang.

11. Menghirup Minyak atau Benda-benda lain yang Memiliki Aroma Tajam

freepik.com
Foto : freepik.com

Salah satu cara menghilangkan ngantuk yang mudah adalah dengan menghirup aroma kuat dari benda-benda tertentu. Seperti misalnya aroma minyak kayu putih, lemon, atau daun mint, bisa membuat lebih “melek”. Namun, pastikan aroma yang kamu hirup itu adalah aroma yang kamu sukai ya, jangan dipakskan karena nanti malah menimbulkan rasa enek.

12. Cuci Muka dengan Air Dingin

freepik.com
Foto : freepik.com

Udah coba minum kafein dan tidur siang, masih ngantuk juga? Terkadang, ketika kita mengantuk, kita cuma butuh sesuatu untuk dikejutkan agar pikiran kembali waspada dan mata segar. Caranya? Cukup sederhana, yaitu pergilah ke kamar mandi dan cuci muka menggunakan air dingin.

Itula dia beberapa cara menghilangkan ngantuk yang bisa kamu coba dan praktikan ketika hal itu terjadi padamu. Selamat mencoba!

Topik Terkait