img_title
Foto : Google Maps

IntipSeleb Gaya HidupPantai Goa Cina merupakan salah satu pantai yang terletak di pesisir selatan pulau Jawa. Dengan panorama yang indah, pemandangan pantai ini masih sangat alami.

Letak tempatnya adalah di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Suasana di pantai ini cocok untuk kamu yang ingin menenangkan diri dari hiruk pikuk perkotaan.

Pantai ini juga bisa banget jadi rekomendasi kamu untuk berakhir pekan. Penasaran dengan fakta-fakta dari pantai ini? Yuk simak sampai habis.

1. Nama Asli Pantai Goa Cina

Google Maps
Foto : Google Maps

Awalnya, pantai ini dinamai dengan pantai Rowo Indah. Namun karena pernah terjadi peristiwa kematian seorang Tionghoa yang sedang bertapa di dalam goa yang ada di kawasan pantai ini, nama Rowo Indah diganti dengan Goa Cina karena lebih umum di masyarakat.

Tidak ada catatan resmi tahun berapa tragedi itu terjadi. Tetapi warga sekitar pantai meyakini sekitar tahun 1930an.

Menurut cerita yang lain yang dipercayai masyarakat dahulu ada seorang biksu Cina bertapa di goa yang ada di bukit pinggir pantai ini. Biksu tersebut bertapa hingga waktu yang lama dan akhirnya ditemukan oleh masyarakat sudah meninggal dunia dan yang tersisa hanya tulang belulangnya saja.

Biksu tersebut meninggalkan tulisan-tulisan di dinding goa dan sebuah mangkuk. Hingga saat ini belum diketahui identitas dari petapa tersebut serta penyebab kematiannya secara pasti.

Goa ini berada 50 meter di sebelah kanan pantai, berada di bukit karang. Goa ini hanya berupa rongga yang menjorok sekitar delapan meter dengan ketinggian sekitar dua meter sehingga mudah untuk masuk.

Goa ini juga berbeda secara karakteristik dari goa yang lain. Terlihat dari tidak adanya batu stalaktit maupun stalakmit di sisi goa baik atas maupun dasar goa yang membuat goa ini terlihat memiliki kekuatan magis.

Ruangan di dalamnya juga cukup lebar sekitar dua meter sehingga bisa untuk dua orang berjalan beriringan. Goa ini berbeda secara karakteristik dari goa yang lain, terlihat dari tidak adanya batu stalaktit maupun stalakmit di sisi goa baik atas maupun dasar goa. Sehingga goa ini lebih tepat disebut sebagai rongga didalam batu karang.

2. Ada Larangan Berenang

Google Maps
Foto : Google Maps

Ombak yang ekstrim, sangat tinggi, dan deras bisa menghantam tubuh dan membawanya ke tengah laut dengan mudah, itulah alasan adanya larangan berenang di sana. Kondisi pantai dengan gelombang yang berbahaya ini pun menggerus keberanian nelayan.

Karena besarnya ombak juga, tidak ada perahu nelayan yang berani bersandar di pantai ini. Kawasan Pantai Goa Cina ini hanya menjadi jalur lalu lintas para nelayan dari segala penjuru menuju Pantai Sendangbiru.

Meski tidak boleh berenang, sebagai gantinya wisatawan diperbolehkan untuk menginap dengan membangun sebuah tenda. Jika memang ingin melakukannya, jangan lupa untuk menyiapkan segala kebutuhan sebagai bekal selama berada disana.

Bahkan pantai cantik satu ini kerap dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah, meski cukup disayangkan tidak bisa berenang terlalu jauh ke arah tengah lautnya. Karena tidak boleh berenang, wisatawan masih tetap bisa melakukan serangkaian aktifitas menarik selagi berada disana.

Melakukan olahraga pantai, merupakan satu dari sekian aktifitas menarik yang bisa dilakukan untuk membunuh rasa bosan. Kamu bisa mencoba yang satu ini.

Mulai dari olahraga voli pantai hingga sepak bola dapat dilakukan tanpa kendala, karena area pantainya cukup lapang untuk melakukan aktifitas tersebut. Ketika hari mulai gelap, pantai yang tadinya difungsikan sebagai tempat bermain akan berubah menjadi tempat penginapan dengan banyaknya tenda berdiri berjejer.

3. Pesona Alam yang Masih Asri

Google Maps
Foto : Google Maps

Terkenal sebagai pantai dengan kekayaan alam yang masih terjaga degan baik, merupakan salah satu daya tarik dari si pantai cantik satu ini. Bahkan para pengunjung dapat melihat air lautnya tampak jernih dan bersih, dan berpadu lembut dengan desiran pasirnya yang mengalun merdu.

Sejak menginjakkan kaki disana, angin sepoi sepoi akan menyambut dengan gembira sekaligus mendatangkan rasa sejuk. Air lautnya yang jernih bahkan tampak menyatu sempurna dengan warna putih berkilau dari pasirnya yang bersih.

Untuk melengkapi hari indahmu, jangan lupa untuk menelusuri bibir pantainya yang dilengkapi dengan pohon cembirit dan ketapang. Dijamin kehadiran pepohonan rindang tersebut, mampu menghadirkan kesan sejuk dan segar dipandang. Masih di tempat yang sama, pengunjung juga bisa melihat deretan tebing cantik di pinggiran pantainya.

Panorama alam yang disajikan Pantai Goa Cina belum mengalami banyak perubahan. Terdapat tiga pulau yang berada ditengah pantai ini, yaitu Pulau Bantengan, Pulau Goa Cina dan Pulau Nyonya.

Di pinggiran pantai ditanami berbagai jenis pohon seperti pohon cembirit, ketapang, dan pohon jenis tutup berjajar. Penanaman pohon ini bertujuan untuk mengurangi udara panas di sekitar pantai. Pada bibir pantai juga terlihat beberapa batu karang yang mengelilingi.

4. Fenomena Alam yang Unik

Google Maps
Foto : Google Maps

Pantai ini juga menyajikan fenomena alam yang langka, yakni terjadinya gelombang bersimpangan tidak keruan dari tiga arah, selatan, timur dan barat. Arus gelombang itu selalu bertabrakan di antara Pulau Bantengan dan Pulau Nyonya.

Karena arus gelombang yang bertabrakan demikian kuat, sehingga memunculkan suara bergemuruh. Inilah salah satu fenomena alam yang cukup langka di pantai Malang Selatan.

5. Misteri Lolongan Tengah Malam

Google Maps
Foto : Google Maps

Beberapa orang yang berkunjung pada malam hari tidak jarang mendengarkan suara mistis seperti lolongan yang terjadi pada tepat tengah malam. Hal tersebut tidak hanya dirasakan oleh satu orang namun beberapa orang juga pernah merasakan hal yang sama.

Namun, rumor tersebut masih sebatas kabar burung dan belum terbukti. Tidak ada penjelasan ilmiah juga mengenai lolongan yang didengar beberapa wisatawan.

6. Fasilitas yang Lengkap

Google Maps
Foto : Google Maps

Kawasan wisata satu ini dilengkapi dengan sejumlah fasilitas yang dirasa sudah cukup lengkap untuk memenuhi setiap kebutuhan wisatawan. Mulai dari kamar mandi, mushola, hingga warung makan yang menyediakan aneka makanan ringan dan berat bisa ditemukan dengan mudah.

Fasilitasnya yang cukup lengkap, pengunjung yang tertarik berkemah pun tidak perlu risau karena kebutuhannya dapat tercukupi dengan baik. Wisata bahari seakan tidak ada matinya, bahkan Malang memiliki sejumlah pantai cantik yang salah satunya bernama Pantai Goa Cina.

Namanya semakin tenar terdengar, berkat kecantikan alamnya yang luar biasa dan sayang untuk dilewatkan begitu saja. Tidak jarang pula kawasan wisata ini dijadikan sebagai tempat berburu foto ciamik nan kekinian. Lokasinya pun berdekatan dengan pantai lainnya, sehingga cukup mudah ditemukan.

7. Harga Tiket Pantai Goa Cina

Google Maps
Foto : Google Maps

Hanya perlu membayarkan sekitar Rp5 ribu per orang, kamu sudah bisa menikmati deburan ombak nya yang terlihat jernih dan bersih hingga puas. Jika menggunakan kendaraan pribadi, umumnya akan dikenakan biaya tambahan khusus untuk parkir kendaraan sekitar Rp5 ribu untuk motor dan Rp10 ribu untuk mobil. (jra)

Topik Terkait