img_title
Foto : Google Maps

IntipSeleb Gaya HidupPantai Timang adalah salah satu pantai yang menjadi objek wisata di daerah Gunungkidul. Lokasi tepatnya yaitu di desa Desa Purwodadi, Tepus, Gunungkidul. Salah satu yang menjadi ikon dari Pantai Timang adalah adanya wahana ekstrem gondola tradisional dan jembatan di atas hamparan laut pantai.

Gondola itu digunakan untuk mengakses pulau karang kecil, Pulau Timang atau Watu Panjang. Pasalnya, ombak di pantai ini terkenal ganas sehingga menggunakan perahu sangatlah tidak mungkin.

Sejarah Pantai Timang

Foto : Google Maps

Mulanya, pantai timang ini tidak dijadikan sebagai lokasi wisata. Pantai ini hanya digunakan para nelayan untuk mencari lobster di sekitar pantai, tepatnya di Pulau Timang atau Watu Panjang. Sebab, lobster biasanya hidup di karang dan bebatuan, sehingga cocok dengan lokasi di Pulau Timang.

Pasalnya, berbeda dari pada pulau-pulau kebanyakan yang diselimuti pepohonan rindang, Pulau Timang hanya berupa batuan karang bertebing batu. Untuk bisa mencapai lokasi pulau tersebut, para nelayan harus menggunakan alat transportasi berupa gondola dalam menyebrangi lautan.

Lambat laun, ketenaran Pulau Timang semakin terlihat ketika ada salah satu acara variety show terkenal asal Korea Selatan, Running Man yang berkunjung dan mengirim dua perwakilan anggotanya. Dia adalah Lee Kwang Soo dan Jeon So Min, di tahun 2017 silam.

Kemudian, kedua aktor tersebut pun mencoba wahana gondola yang terkenal ekstrem apalagi jika ombak sedang ganas. Setelah itu, semakin lama banyak wisatawan banyak yang datang ke Pantai Timang dan mencoba wahana gondola tersebut, untuk memacu adrenalin.

Harga Tiket Masuk Pantai Timang

Foto : Google Maps

Untuk bisa menikmati keindahan pantai ini, kamu tak perlu bayar mahal. Namun, lain halnya kalau ingin mencoba wahana ekstrem gondola atau jembatan gantung. Berikut daftar harga tiket masuk Pantai Timang:

1. Rp10.000,- per orang
  2. Naik wahana gondola Rp150.000,-
  3. Naik jembatan gantung Rp100.000,-

Biaya lain-lainnya:

1. Naik ojek: Rp50.000 (PP)
  2. Sewa jeep + tour guide: Rp350.000

Daya Tarik di Pantai Timang

1. Pemandangan alam yang indah

Foto : Google Maps

Sama seperti pantai pada umumnya, Pantai Timang menawarkan dan menjanjikan pemandangan alam yang tidak mungkin kamu sesali. Sebagai bagian dari pantai yang ada di Kabupaten Gunung Kidul, daya tarik tersembunyi di Pantai Timang memanjakan para wisatawan yang berkunjung ke sini.

Meski tak memiliki bentangan pasir yang luas dan hanya diapit dua bukit karang di kanan dan kirinya, justru inilah yang menjadi daya tarik Pantai Timang. Suasana pantai ini juga masih sangat asri, apalagi ketika angin di sini berhembus.

Namun, ketika berkunjung ke pantai ini, disarankan untuk tidak mandi di pantainya karena deburan ombak di Pantai Timang sangat kencang, apalagi saat sedang pasang.

Yang jelas, panorama yang dihadirkan di atas tebing pantai ini sangat sempurna untuk dijadikan spot foto kamu ketika berlibur.

2. Naik Wahana Gondola dan Jembatan Gantung

Foto : Google Maps

Sudah jelas, gondola menjadi ikon dari objek wisata Pantai Timang, sehingga daya tarik yang wajib dicoba ketika berkunjung ke sini adalah wahana ini. Khususnya untuk kamu yang memiliki jiwa pemberani dan memicu adrenalin.

Letak jembatan gantung tidak jauh dari gondola dan membentang sama panjangnya. Jadi, kalau kamu mau menaiki wahana ini, cukup mengikuti jalur yang sudah tersedia.

Untuk gondolanya sendiri memiliki panjang sekitar 100 meter dan ketinggiannya berada di antara 9 sampai 11 meter. Gondola ini terbuat dari besi yang dibuat sedemikian rupa dan hanya diperuntukkan untuk satu orang saja.

Nantinya ketika kamu sudah naik di dalam gondola, akan ditarik berjalan di antara tali temali yang sudah disusun dan kamu pun bisa menikmati sensasi seolah berjalan di atas air. Nah, yang lebih menarik lagi, ketika ombak sedang ganas, kamu akan merasakan cipratan airnya secara natural.

Selain itu, kalau kamu ingin merasakan sensasi yang lebih menantang lagi, kamu bisa coba jembatan gantung yang terbuat dari tali tambang beralaskan kayu. Rasa tegang akan muncul ketika kakimu perlahan-lahan melaju menyusuri jembatan tersebut.

Bahkan saking tegangnya kakimu bisa terasa bergetar. Apalagi kalau angin laut sedang kencang, tentu saja jembatan pun bisa terasa goyang dan makin bikin tambah deg-degan.

3. Pulau Timang

Foto : Google Maps

Tujuan awalnya dihadirkan gondola adalah memudahkan nelayan atau siapa pun itu untuk berpindah ke lokasi Pulau Timang. Nah, makanya, kamu pun harus memanfaatkan kemudahan yang sudah ada ini dengan menikmati daya tarik yang ada di Pulau Timang.

Meskipun tak ada pepohonan sama sekali di pulau ini, namun kamu bisa menikmati pemandangan laut biru membentang luas. Dari ketinggian kamu bisa menikmati pemandangan tersebut yang dikombinasikan dengan suara deburan ombak ganas Pantai Timang.

4. Berburu dan Menikmati Lobster Pantai Timang

freepik.com
Foto : freepik.com

Daya tarik lain yang bisa ditemukan di Pantai Timang adalah hewan lobster. Sebab, hewan ini adalah komoditi utama dari para nelayan di Pantai Timang. Jadi, jangan lewatkan kesempatan tersebut dengan menikmati lobster Pantai Timang.

Menyantap sajian lobster yang diambil langsung dari habitatnya ditemani deburan ombak dan keindahan alam yang asri memberikan pengalaman berharga yang mungkin tidak akan kamu temukan di tempat lainnya.

5. Aneka Macam Santapan Olahan Laut

cookpad.com
Foto : cookpad.com

Kalau ada wisatawan yang tidak suka lobster bagaimana? Tenang! Ada juga olahan laut lainnya yang bisa kamu coba kok, seperti misalnya jenis udang. Jadi, akan sangat rugi kalau kamu hanya datang sebentar saja di Pantai ini.

Nikmati dulu santapan laut yang disuguhkan dengan berbagai macam olahan yang sempurna. Dijamin tak hanya mata yang akan dimanjakan dengan pemandangan alam, tetapi lidah pun akan dimanjakan dengan santapan lezat.

Bagaimana Cara Menuju Pantai Timang?

Foto : Google Maps

Ada dua cara yang bisa kamu tempuh untuk menuju pantai ini

Rute pertama

Dari Yogyakarta - Ringroad Jalan Wonosari - Pasar Piyungan - Patuk - Gading (lapangan terbang) - Siono (bundaran lurus saja melalui Kota Wonosari) - Pemda Gunungkidul - Pasar Wonosari - Setelah pasar pertigaan kedua belok ke kanan menuju Jalan Baron - Karangrejek - Mulo (ada pertigaan ambil kiri ikuti papan penunjuk arah menuju Pantai Siung) - Tepus (ada pertigaan kalau ke kanan menuju Pantai Indrayanti, ambil ke kiri menuju Pantai Siung dan Pantai Wediombo) - Gesing - Purwodadi (ada pertigaan ambil kanan menuju Pantai Siung) - Pos Tanda Pembayran Retribusi (TPR) - Pantai Timang

Rute kedua

Yogyakarta - Wonosari - Ambil arah ke Semanu - Perempatan Semanu ambil arah kanan menuju Jepitu - Sogo - Cuwelo - Giri Panggung - Pringapus - Pertigaan Piji ambil ke arah kanan jurusan Pantai Siung - Pertigaan Winangun lurus sekitar 200 meter - Ada pertigaan masih lurus lagi - Kemudian memasuki jalan bersemen - Kemudian dilanjutkan dengan jalan bebatuan - Pantai Timang

Itulah dia informasi lengkap mengenai Pantai Timang, harga tiket masuknya, daya tarik yang ditawarkan, serta rute untuk berkunjung ke sana. Selamat menikmati!