img_title
Foto : Instagram/pantai_ngrenehan_official

IntipSeleb Gaya HidupPantai Ngrenehan terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, DIY. Terletak sekitar 30km dari Wonosari atau sekitar 60km dari pusat kota Jogja.

Masih belum banyak orang yang mengetahui keberadaan pantai ini, karena letaknya yang tersembunyi, melewati jalan kecil yang berkelok-kelok dan bergelombang. Serta masih belum adanya sarana transportasi yang mengarah langsung ke lokasi.

Wisata pantai yang termasuk baru di Jogja ini awalnya adalah pantai nelayan yang menjadi aktivitas berlabuhnya para perahu-perahu nelayan tradisional. Namun karena bentang alamnya yang menawan, kawasan ini dikembangkan menjadi obyek rekreasi yang mengundang kunjungan wisatawan.

Nah, pantai ini cocok untuk jadi referensi berlibur kamu. Tertarik? Yuk simak sampai habis tulisan di bawah ini ya!

Sejarah Pantai Ngrenehan

Instagram/pantai_ngrenehan_official
Foto : Instagram/pantai_ngrenehan_official

Sebelum melihat lebih jauh apa saja yang ditawarkan di Pantai Ngrenenhan. Pertama, mari kita lihat bagaimana sejarah tercatat di tempat wisata ini.

Nama daerah itu sendiri diberikan oleh Raden Fatah yang saat itu merupakan raja kerajaan Demak. Saat itu, Raden Fatah sedang mencari ayahnya yang melarikan diri ketika kerajaan Demak menyerang kerajaan Majapahit.

Majelis Fatah sebenarnya ingin ayah dan istrinya menjadi Muslim juga. Sayangnya, sang ayah tidak menginginkan hal itu. Untuk menghindari pertengkaran dengan anaknya.

Sang ayah akhirnya pergi ke daerah ini. Majelis Fatah dan pengikutnya tiba di pantai. Mereka berunding dan membuat ajakan yang berasal dari bahasa Jawa yaitu “rene” atau memiliki arti dalam bahasa Indonesia. Warga pun memberi nama pantai ini dengan sebutan ngrenehan.

Daya Tarik Pantai Ngrenehan

Instagram/pantai_ngrenehan_official
Foto : Instagram/pantai_ngrenehan_official

Banyak pesona yang ditawarkan di sini. Harus diakui, banyak fasilitas yang akan memanjakan Anda. Seperti toilet, ruang ganti.

Tidak hanya itu saja, masih ada beberapa pesona yang bisa kita nikmati disini juga. Itu adalah banyaknya spot foto yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Selain itu, kapal penangkap ikan yang bersandar di sini juga terkadang bisa dijadikan tempat untuk foto-foto. Maka tak heran jika tempat ini juga dijadikan sebagai tempat penyelamatan atau sebagai tempat foto-foto.

Di sini kita juga bisa belajar bagaimana kita bisa melihat kondisi geografis sebagai teluk yang mengesankan, jika dilihat dari atas. Jadi jangan lupa bawa drone dan lihat keindahan yang sulit ditolak pada pantai ini.

Di bibir pantai, terkadang kamu akan melihat kerang kecil dan kerang tersebar di sini. Pesonanya sungguh sangat elegan untuk ukuran pantai yang tidak terlalu besar.

Biasanya di sebelah karang, wisatawan juga bisa berjemur di bawah terik matahari dan menikmati semilir angin yang luar biasa. Dijamin, kamu tidak akan betah meninggalkan tempat ini.

Jangan lupa untuk menikmati malam yang sebenarnya adalah Pantai Esoktis Ngrenehan pada waktu senja. Menikmati sunset membuat kamu tidak akan lupa akan keindahan pantai ini.

1. Hidangan Ikan Laut yang Menggugah Selera

Lokasi wisata Pantai Ngrenehan mungkin adalah desa nelayan Saptosari dimana kita bisa melihat berbagai jenis ikan hasil tangkapan para nelayan. Biasanya mereka menjual ikan segar ini di TPI dan juga di warung yang berbeda. Jadi kamu bisa langsung memilih dan menikmatinya.

Jangan lupa untuk mencari menu spesial di sini, yaitu ikan goreng cabai hijau. Ya, cabai hijau yang disajikan memang sangat istimewa. Cita rasa yang sangat beragam, apalagi jika dipadukan dengan nasi putih hangat yang tentunya akan menambah kelezatannya.

Kamu bisa memilih ikan sendiri, seperti kakap, gurame, nila, kerapu merah, cumi-cumi, udang atau kepiting. Selain sambal ijo,kamu juga bisa menikmati sambal asam manis yang menggoda selera.

Selain menu seafood, kamu juga bisa menikmati hidangan lainnya yaitu nasi goreng. Harga yang kamu bayar tidak terlalu mahal. Akan sangat pas di kantong, bagi anda yang berkunjung ke objek wisata ini.

Makanan di tempat wisata ini akan bikin kamu ketagihan. Dengan nuansa menarik, warung-warung makan ini menghadap ke laut, jadi kamu bisa langsung menikmati keindahan laut dari sini.

Jadi jangan sampai melewatkan hidangan laut. Rugi ketika sampai disini tidak menikmati beberapa hidangan yang ada.

2. Wisata Budaya

Keindahan yang ditawarkan di atas tidak akan kita lihat di objek wisata ini. Namun, kita juga bisa menikmati tawaran budaya yang tidak pernah pudar.

Ini sebenarnya wisata budaya di Pantai Ngobaran. Namun, jarak antara keduanya sangat dekat, hanya 1 km.

Jadi ketika hari raya Nyepi tiba, atau saat bulan purnama tiba, kita bisa melihat bagaimana pertunjukan budaya telah dilestarikan sejak zaman dahulu. Menghadirkan keindahan yang sempurna.

Banyak yang mengatakan jika kegiatan ini dipenuhi dengan aroma mistis. Jadi kamu juga disarankan untuk berhati-hati saat berkunjung dan ingin melihatnya.

Oleh karena itu disarankan untuk tetap menjaga tata krama. Pantai Ngrenehan merupakan pesona di Gunung Kidul yang memukau mata dan hati.

Warung-warung yang berdiri dan pemandangan perahu nelayan menghadirkan warna-warni yang tak terbayangkan. Datang dan kunjungi objek wisata ini bisa banget untuk melepas suntuk.

3. Spot Foto

Banyak spot foto menarik ketika kita berwisata ke pantai ngrenehan. Pemandangan alam berupa pantai berpasir putih dan bukit-bukit kapur menjadi latar belakang yang menarik untuk mengabadikan berbagai momen indah di kawasan ini.

Tak jarang lokasi pantai juga dijadikan obyek foto prewedding bagi pasangan yang akan melakukan pernikahan. Karena menyuguhkan keindahan alam yang tak ternilai.

4. Keindahan Teluk

Keadaan alam pantai ngrenehan sebenarnya merupakan teluk yang dikeliling perbukitan dan karang-karang. Keindahan pantai akan semakin nampak jika kita melihatnya dari atas bukit atau mengabadikannya dalam foto ada video menggunakan drone.

5. Bukit Karang

Terdapat sebuah bukit di kawasan pantai ngerenehan yang sangat menarik. Tebing ini dipenuhi oleh cangkang dan kerang yang telah menjadi fosil. Dari atas bukit ini kita dapat menikmati bentuk teluk pantai yang sangat indah.

6. Berenang di Pantai

Bentuk pantai yang berada di kawasan teluk membuatnya tidak begitu memiliki ombak yang ganas, kondisi ini menyebabkan perairan pantai relatif aman untuk digunakan berenang bagi orang dewasa maupun anak-anak.

Rute ke Pantai Ngrenehan

Instagram/pantai_ngrenehan_official
Foto : Instagram/pantai_ngrenehan_official

Lokasi menuju Pantai Ngrenehan, kita bisa mengambil jalur dari Yogyakarta menuju Wonosari. Setibanya di medan Gading, belok ke arah Playen, Paliyan, lalu lanjut ke Trowono.

Jalur Paliyan-Trowono merupakan jalur yang sangat menarik bagi para pecinta penjelajah. Rute ini kita lewati Hutan Sodong dengan jalanan yang naik turun dan panorama alam. Anehnya, terkadang ada monyet yang menyeberang jalan.

Untuk memudahkan mencapai kedua pantai ini, kita mengikuti penunjuk arah menuju Pantai Ngrenehan. Melewati mata air Namberan Trowono, kemudian dilanjutkan di Kanigoro, Saptosari. Selanjutnya ada pertigaan dengan penunjuk arah: di sebelah kanan Pantai Ngobaran, dan di sebelah kiri Pantai Ngrenehan. Ikuti rambu-rambu tersebut, dan Anda akan tiba di pantai yang eksotis ini.

Tiket Masuk Pantai Ngrenehan

Google Maps
Foto : Google Maps

Biaya masuk ke Pantai Ngrenehan cukup murah, hanya Rp5 ribu saja, kamu sudah bisa merasakan keindahan pantai. Tambahkan sekitar Rp3 rib uuntuk kendaraan bermotor dan Rp5 ribu untuk biaya parkir mobil.

Nah itu dia informasi lengkap seputar pantai cantik dengan pasir putih ini. Tertarik buat pergi ke sana?

Topik Terkait