img_title
Foto : Parade.com

IntipSeleb Gaya Hidup – Kit Harington adalah aktor Inggris yang terkenal karena memerankan peran 'Jon Snow' dalam serial 'HBO' Game of Thrones dan bergabung dalam Marvel Cinematic Universe (MCU) lewat perannya sebagai Black Knight di film Eternals.

Rupanya aktor satu ini, sudah tertarik dengan dunia peran dari usia remaja, yaitu 14 tahun. Keinginannya muncul usai menyaksikan produksi teater dari drama terkenal Waiting for Godot.

Ia juga sempat memberikan suaranya untuk serial animasi terkenal How to Train Your Dragon 2. Seperti apa perjalanan kariernya? Berikut informasi lengkap mengenai profil, kekayaan dan perjalanan karier Kit Harington.

Masa Kecil & Kehidupan Awal Kit Harington

elle.fr
Foto : elle.fr

Kit Harington lahir dengan nama asli Christopher Catesby Harington, pada 26 Desember 1986, di London, Inggris. Ibunya, Deborah Jane, adalah seorang penulis drama. Ayahnya, Sir David Harington, Baronet ke-15, adalah seorang pengusaha kaya.

Fakta menarik adalah, Kit merupakan keturunan keluarga kerajaan Inggris. Raja Charles II adalah salah satu kakek buyutnya. Beberapa nenek moyang Kit juga terlibat dalam Komplotan Bubuk Mesiu atau upaya meledakkan Raja Inggris yang terkenal. Menurutnya, beberapa nenek moyangnya dari pihak ibunya telah merencanakan pembunuhan James I, raja Irlandia, Inggris, dan Skotlandia.

Kit bersekolah di 'Southfield Primary School'. Setelah menghabiskan 11 tahun pertama hidupnya di London, dia pindah ke Worcester bersama keluarganya. Menariknya, hingga usia 11 tahun, Kit tidak menyadari bahwa nama aslinya adalah Christopher.

Tumbuh remaja, ia memiliki minat yang besar dalam jurnalisme. Namun, ia juga memiliki kecintaan pada teater, meskipun tidak pernah menganggapnya sebagai pilihan karier yang serius. Yang jelas, dia sering menonton drama bersama ibunya.

Saat belajar di 'Chantry High School,' dia menonton drama Waiting for Godot, yang memicu minatnya dalam akting. Dia berusia 14 tahun saat itu dan memutuskan untuk mengejar akting saat tumbuh dewasa.

Dia membintangi banyak drama selama tahun-tahun sekolah menengahnya. Setelah lulus, ia memutuskan untuk memoles keterampilannya dengan mendaftar ke kelas akting. Dia kemudian bergabung dengan 'Royal Central School of Speech and Drama' yang bergengsi dan lulus pada tahun 2008.

Perjalanan Karier Kit Harington

insider.com
Foto : insider.com

Kit Harington mungkin menjadi salah satu aktor muda beruntung yang masa perjuangannya tidak berlangsung lama. Dia mulai berakting dalam produksi teater profesional segera setelah dia lulus dari sekolah akting. Salah satu dramanya yang paling awal adalah Posh yang diselenggarakan oleh 'Royal Court Theatre.'

Sebelum itu, saat masih di sekolah akting, dia telah memainkan peran utama dalam drama War Horse. Penampilannya dalam drama itu membuatnya mendapatkan penghargaan, dua 'Penghargaan Olivier.'

Masih lebih segar dalam hal akting layar, ia mengikuti audisi untuk peran dalam drama 'HBO' Game of Thrones. Ratusan aktor lain dari seluruh negeri mengikuti audisi untuk peran itu, tetapi Kit Harington akhirnya mendapatkannya. Peran debutnya sendiri adalah perjalanan yang menentukan karier.

Serial ini ditayangkan perdana di 'HBO' pada tahun 2011 dan menampilkan Kit sebagai 'Jon Snow,' putra tidak sah dari karakter utama acara, 'Ned Stark.' Karakter Kit mengalami beberapa perubahan selama seri. Sementara 'Jon' awalnya digambarkan sebagai anak muda yang naif namun pemberani, ia akhirnya berubah menjadi komandan pertempuran yang solid.

Pada saat musim ketiga ditayangkan, 'Jon' telah menjadi favorit para penggemar. Performa bagus Kit Harington yang konsisten di seri ini membuatnya menjadi bintang internasional. Kit juga telah memenangkan beberapa penghargaan selama bertahun-tahun untuk perannya sebagai 'Jon Snow.'

eonline.com
Foto : eonline.com

Sambil menikmati kesuksesan internasionalnya yang besar, Kit dihujani banyak tawaran akting. Pada 2012, ia membuat debut layar lebarnya dengan film horor supernatural berjudul Silent Hill: Revelation 3D. Dia memainkan 'Vincent,' peran utama dalam film tersebut. Usai debut, Kit Harington mengambil istirahat selama setahun dan berkonsentrasi pada perannya sebagai 'Jon Snow' di Game of Thrones. 2014 adalah tahun besar bagi Kit, karena ia muncul dalam empat film tahun itu.

Film pertamanya tahun 2014 berjudul Pompeii. Dia memainkan peran utama dalam film tersebut. Sementara film tersebut menerima beberapa ulasan bagus, banyak kritikus menyorot film tersebut karena ketidakakuratan sejarah dan efek visual yang buruk. Namun, Kit kemudian menyuarakan karakter 'Eret' dalam film animasi How to Train Your Dragon 2 yang sangat sukses.

Kit kemudian memainkan peran utama 'Roland Leighton' dalam drama perang Testament of Youth. Film ini sangat dihargai oleh para kritikus, sayangnya justru menjadi bencana box-office. Film terakhir Kit tahun 2014 adalah Seventh Son, sebuah fantasi yang ditampilkan cukup epik tapi kurang diterima oleh para kritikus, meskipun sukses secara komersial.

Pada tahun 2015, Kit muncul sebagai salah satu dari dua pemeran utama dalam drama olahraga 'HBO' 7 Days in Hell. Pada tahun yang sama, Kit muncul dalam drama mata-mata Inggris Spooks: The Greater Good. Film ini diterima dengan baik oleh para kritikus. Penampilan Kit juga mendapat apresiasi yang luar biasa, dan film ini juga menjadi hit box-office.

Selanjutnya di tahun 2016, Kit Harington tampil di film thriller Barat Brimstone. Kit tampil sebagai peran pendukung 'Samuel.' Film ini sukses besar secara komersial dan kritis. Lalu, tahun berikutnya, 2017, Kit bekerja sebagai produser eksekutif untuk miniseri Gunpowder, berdasarkan Gunpowder Plot yang terkenal yang terjadi di London pada tahun 1605. Film tersebut menampilkannya sebagai 'Robert Catesby.'

Pada tahun 2018, Kit muncul dalam film The Death and Life of John F. Donovan, yang sangat dikritik oleh para kritikus. Selama bertahun-tahun, Kit juga aktif terlibat dengan teater dan telah muncul dalam drama seperti 'The Vote,' 'Posh,' dan 'True West.'

Di tahun 2019, Kit Harington dipilih oleh Marvel Cinematic Universe (MCU) untuk memerankan Dane Whitman dengan alter-egonya bernama Black Knight dalam Film Eternals.

Kehidupan Pribadi, Aset dan Kekayaan Kit Harington

winteriscoming.net
Foto : winteriscoming.net

Untuk kehidupan pribadi, aktor satu ini tak memiliki banyak rekor seperti kebanyakan aktor Hollywood lainnya. Kit Harington hanya diketahui mulai berkencan dengan lawan mainnya di Game of Thrones, Rose Leslie pada tahun 2012. Pasangan itu kemudian menikah pada Juni 2018.

Kesuksesan perannya dalam Game of Thrones dan kemunculannya di Film MCU, membuat Kit memiliki bayaran fantastis. Untuk satu episodenya saja, diperkirakan bisa mencapai $1,1 juta per episode atau setara Rp16 miliar. Kekayaannya diperkirakan sekitar $16 juta atau Rp245 miliar.

Asetnya berupa:

  1. Rumah: Kit Harington memiliki banyak properti di Inggris. Dia tinggal di sebuah perkebunan besar pedesaan di Suffolk, Inggris. Dia juga memiliki rumah pedesaan abad ke-15 yang sangat besar, yang cukup indah dan mewah.
  2. Koleksi mobil: Kit Harington memiliki beberapa mobil terindah dan mewah. Ia memiliki Land Rover Defender 90, tipe Jaguar F, Audi F103, dan masih banyak lagi. Dia menyukai mobil klasik dan langka. Periksa juga Kekayaan Bersih Gemma Chan dan Kekayaan Bersih Megan Fox.(prl).
Topik Terkait