img_title
Foto : Joyfoodsunshine.com

IntipSeleb Gaya Hidup – Manfaat jus alpukat tidak hanya bagus untuk pencernaan loh, tetapi ada manfaat lain yang mungkin jarang disadari oleh banyak orang atau bahkan tidak diketahui. Manfaat jus alpukat ketika dikonsumsi juga bisa menyehatkan seorang ibu hamil dan janinya. Jus alpukat juga bisa memberikan manfaat positif untuk penglihatan, kesehatan kulit, mencegah penyakit, atau pun sekadar menjaga berat badan tetap ideal.

Ingin tahu, apa manfaat jus alpukat lainnya? Yuk cari tahu di sini supaya kamu bisa hidup lebih sehat dan memperhatikan kembali pola nutrisi yang dikonsumsi setiap hari. Berikut ini IntipSeleb sudah merangkum apa saja manfaat jus alpukat untuk tubuh!

Kandungan Manfaat Jus Alpukat

1. Kaya dengan nutrisi

californiaavocado.com
Foto : californiaavocado.com

Manfaat jus alpukat yang pertama adalah terpenuhinya diri kita beragam nutrisi. Seperti diketahui alpukat itu adalah sumber vitamin C, E, K, dan B6, serta riboflavin, niasin, folat, asam pantotenat, magnesium, dan kalium. Alpukat juga menyediakan lutein, beta karoten, dan asam lemak omega-3.

Tidak hanya itu, alpukat juga mengandung lemak sehat dan bermanfaat tingkat tinggi, yang dapat membantu seseorang merasa lebih kenyang di antara waktu makan. Makan lemak memperlambat pemecahan karbohidrat, yang membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Kira-kira setengah alpukat, atau 100 gram (g), mengandung nutrisi berikut:

  1. 160 kalori
  2. 14,7 g lemak
  3. 8,5 gram karbohidrat
  4. 6,7 g serat
  5. Kurang dari 1 g gula

Lemak sangat penting untuk setiap sel dalam tubuh manusia. Asupan lemak sehat mendukung kesehatan kulit, meningkatkan penyerapan vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang larut dalam lemak, dan bahkan membantu mendukung sistem kekebalan tubuh. Oleh sebab itu, penggunaan alpukat sebagai jus akan sangat memperkaya nutrisi dalam tubuh.

2. Sehat untuk jantung

freepik.com
Foto : freepik.com

Setidaknya, dalam setiap 100 g alpukat terdapat 76 miligram sterol tumbuhan alami yang disebut beta sitosterol. Dengan mengonsumsi beta sitosterol dan sterol tumbuhan lainnya secara teratur, maka bisa membantu menjaga kadar kolesterol sehat yang penting untuk kesehatan jantung.

3. Bagus untuk penglihatan

malenanutricion.com
Foto : malenanutricion.com

Manfaat jus alpukat lainnya adalah berkaitan dengan penglihatan. Alpukat itu mengandung lutein dan zeaxanthin, dua fitokimia yang ada di jaringan mata. Alpukat memberikan perlindungan antioksidan untuk membantu meminimalkan kerusakan, termasuk dari sinar UV.

Asam lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat juga mendukung penyerapan antioksidan larut lemak bermanfaat lainnya, seperti beta karoten. Akibatnya, mengongsumsi jus alukat bermanfaat untuk membantu mengurangi risiko pengembangan degenerasi makula terkait usia.

4. Dapat membantu mencegah osteoporosis

freepik.com
Foto : freepik.com

Manfaat jus alpukat lainnya yaitu bisa menjaga kekuatan tulang dengan mencegah osteoporosis. Bagaimana bisa? Setengah alpukat menyediakan sekitar 18% dari nilai harian vitamin K. Yang mana, nutrisi ini sering diabaikan tetapi sangat penting untuk kesehatan tulang. Mengonsumsi vitamin K yang cukup dapat mendukung kesehatan tulang dengan meningkatkan penyerapan kalsium dan mengurangi ekskresi kalsium melalui urin.

5. Dapat mencegah kanker

starfrit.com
Foto : starfrit.com

Memang belum ada studi yang menilai hubungan langsung antara konsumsi alpukat dengan pengurangan risiko kanker. Namun, alpukat memang mengandung senyawa yang dapat membantu mencegah timbulnya beberapa jenis kanker.

Penelitian telah mengaitkan asupan folat yang optimal dengan penurunan risiko terkena kanker usus besar, lambung, pankreas, dan serviks. Namun, mekanisme di balik asosiasi ini masih belum jelas. Setengah dari alpukat mengandung sekitar 59 mcg folat, 15% dari nilai harian.

Alpukat juga mengandung fitokimia dan karotenoid tingkat tinggi, yang mungkin memiliki sifat antikanker. Studi telah menunjukkan bahwa karotenoid, khususnya, dapat melindungi terhadap perkembangan kanker.

Sebuah tinjauan 2013 menyoroti potensi manfaat konsumsi alpukat dalam kaitannya dengan kanker payudara, mulut, dan tenggorokan. Namun, asosiasi ini biasanya merupakan hasil dari studi tabung reaksi, bukan percobaan manusia yang terkontrol. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi asosiasi ini.

6. Mendukung kesehatan janin

freepik.com
Foto : freepik.com

Manfaat jus alpukat juga bisa dirasakan oleh ibu hamil. Sebab, folat penting untuk kehamilan yang sehat. Asupan yang cukup mengurangi risiko keguguran dan kelainan tabung saraf. Umumnya, ibu hamil mengonsumsi setidaknya 600 mikrogram (mcg) folat per hari. Sedangkan, satu alpukat mungkin mengandung sebanyak 160 mcg.

Di dalam alpukat juga terkandung asam lemak yang merupakan bagian integral dari diet sehat dan perkembangan janin. Jadi, manfaat jus alpukat untuk ibu hamil sangat bagus.

7. Mengurangi risiko depresi

hindustantimes.com
Foto : hindustantimes.com

Selain nikmat, meminum jus alpukat juga bisa membantu seseorang mengurangi risiko depresi loh. Alpukat adalah sumber folat yang baik, yang memainkan peran penting dalam kesehatan makanan secara keseluruhan. Studi juga menemukan hubungan antara kadar folat rendah dan depresi.

Nutrisi folat membantu mencegah penumpukan homosistein, zat yang dapat mengganggu sirkulasi dan pengiriman nutrisi ke otak. Ada penelitian yang telah menghubungkan kelebihan homosistein dengan disfungsi kognitif, depresi, dan produksi serotonin, dopamin, dan norepinefrin, yang mengatur suasana hati, tidur, dan nafsu makan.

8. Memperbaiki pencernaan

loveandlemons.com
Foto : loveandlemons.com

Alpukat kaya akan serat, mengandung sekitar 6-7 g per setengah buah. Untuk itu, manfaat jus alpukat lainnya adalah membantu mencegah sembelit, menjaga kesehatan saluran pencernaan, dan menurunkan risiko kanker usus besar.

9. Detoksifikasi alami

cookidoo.international
Foto : cookidoo.international

Serat yang cukup mendorong pergerakan usus yang teratur, yang sangat penting untuk ekskresi racun melalui empedu dan tinja. Studi telah menunjukkan bahwa serat makanan juga meningkatkan kesehatan usus dan keragaman mikroba. Ini membantu tubuh menjaga keseimbangan bakteri yang sehat. Hal ini dapat mengurangi peradangan dan kejengkelan pada saluran pencernaan.

10. Dapat membantu meningkatkan berat badan yang sehat

freepik.com
Foto : freepik.com

Manfaat jus alpukat lainnya yaitu berkaitan dengan peningkatan berat badan. Meskipun memang ada banyak faktor yang mempengaruhi berat badan. Seperti misalnya mungkin mengikuti diet bergizi dan seimbang jadi bagian terpenting dalam mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat serta pencegahan penyakit. Namun, alpukat tinggi kalori, mereka dikemas dengan nutrisi dan membantu meningkatkan rasa kenyang, berkat seratnya yang tinggi dan kandungan lemak yang sehat.

Penelitian menunjukkan bahwa mengikuti pola diet yang kaya akan asupan berserat, seperti buah-buahan dan sayuran, dapat membantu mendukung penurunan berat badan. Ditambah, orang yang mengonsumsi lebih banyak serat cenderung mempertahankan berat badan yang lebih sehat dibandingkan dengan mereka yang mengikuti diet rendah serat.

Dalam sebuah penelitian lainnya yang melibatkan 345 orang, ditemukan bahwa asupan serat adalah indikator paling berpengaruh terhadap berat badan, terlepas dari asupan kalori dan makronutrien. Ditambah lagi, sejumlah penelitian telah mengaitkan asupan alpukat dengan penurunan berat badan, peningkatan rasa kenyang, dan penurunan lemak perut.

Meningkatkan asupan yang kaya serat cenderung meningkatkan penurunan berat badan dengan meningkatkan rasa kenyang. Jadi, makan atau minum jus lebih banyak dari makanan berserat tinggi, seperti alpukat, mungkin merupakan pilihan yang baik bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan.

Itulah dia kekayaan dan manfaat jus alpukat untuk tubuh. Selamat menikmati!(prl).

Topik Terkait