img_title
Foto : Lintasusaha.com

IntipSeleb Gaya HidupResep bolu kukus coklat menjadi salah satu yang banyak dicari karena dapat dibuat sendiri di rumah. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun tak sulit untuk ditemukan.

Bolu kukus coklat sendiri menjadi camilan favorit yang disukai oleh berbagai kalangan, baik anak-anak hingga dewasa.

Rasanya yang manis serta teksturnya yang lembut membuat bolu kukus coklat memiliki daya tariknya tersendiri. Lantas, seperti apa kreasi bolu kukus coklat tersebut? Yuk, cari tahu selengkapnya berikut ini.

Aneka Resep Bolu Kukus Coklat

1. Resep Bolu Kukus Coklat Lembut

resepkoki.id
Foto : resepkoki.id

Bahan-bahan:

- 6 butir telur

- 180 gram tepung terigu

- 180 gram gula pasir

- 20 gram coklat bubuk

- 80 gram butter yang telah dilelehkan

- 80 gram margarin

- 1/2 sdt baking powder

- 1 sdt pasta coklat

- 1 sdt pasta coklat (untuk lapisan tengah)

- 1 sdt emulsifier

Cara membuat bolu kukus coklat lembut:

1. Panaskan kukusan terlebih dahulu dengan menggunakan api kecil saja. Kemudian lapisi tutup kukusan tersebut dengan menggunakan serbet.

2. Setelah itu siapkan loyang dengan ukuran 18 x 6 cm. Lapisi loyang tersebut dengan menggunakan margarin. Lanjutkan dengan memberikan kertas kue, dan lapisi kembali dengan margarin.

3. Kemudian siapkan mixer. Masukkan bahan-bahan seperti telur, gula, dan juga emulsifier dan biarkan tercampur merata hingga mengembang dan warnanya berubah menjadi pucat.

4. Jika adonan sudah mengembang dan berwarna pucat, masukkan tepung terigu, coklat bubuk dan baking powder yang telah diayak sebelumnya ke dalam mixer. Gunakan mixer dengan kecepatan yang rendah saja untuk mencampurkan adonan.

5. Selanjutnya tambahkan lelehan butter, margarin, dan juga pasta coklat ke dalam adonan tersebut dan campurkan hingga merata dengan mixer.

6. Jika sudah, bagi adonan menjadi 3 bagian, di mana 2 adonan dibagi dengan ukuran yang sama untuk lapisan pertama. Sedangkan adonan yang ke-3 digunakan untuk lapisan kedua. Pada lapisan kedua tersebut, tambahkan 1 sdt pasta coklat kemudian aduk rata dengan perlahan.

7. Tuang adonan kemudian ratakan. Selanjutnya kukus adonan untuk lapisan pertama dan diamkan kurang lebih selama 10 menit. Barulah masukkan lapisan kedua dan diamkan lagi selama 10 menit.

8. Terakhir, tuangkan lapisan ketiga dan kukus kembali adonan tersebut selama 20-25 menit hingga adonan matang. Cek kematangan adonan tersebut dengan melakukan test tusuk.

2. Resep Bolu Kukus Coklat Zebra

cookpad.com
Foto : cookpad.com

Bahan-bahan:

- 4 butir telur ayam

- 150 gram gula pasir

- 1 sdm baking powder

- 300 gram tepung terigu

- 200 ml susu cair

- 2 sdm coklat bubuk

- 200 ml minyak sayur

- 1 sdt emulsifier

Cara membuat bolu kukus zebra :

1. Siapkan loyang berbentuk bulat dengan diameter 20 sentimeter, lalu oleskan mentega dan taburi dengan tepung. Setelah itu panaskan kukusan terlebih dahulu dengan menggunakan api sedang.

2. Selama menunggu kukusan dipanaskan, kocok telur, gula pasir dan juga emulsifier hingga mengental. Setelah itu barulah masukkan bahan lainnya seperti tepung terigu dan baking powder sambil diayak. Selingi dengan memasukkan susu cair. Aduk hingga merata.

3. Lalu ambil sedikit adonan dan campurkan dengan minyak sayur hingga merata, kemudian campurkan kembali adonan minyak tersebut ke adonan sebelumnya. Pastikan adonan itu sudah tercampur rata dan tidak terdapat bagian yang kasar.

4. Bagi menjadi dua adonan. Pada salah satu adonan, tambahkan cokelat bubuk dan aduk rata. Tuang kedua adonan itu ke loyang secara bergantian, dan lakukan sampai adonan habis.

5. Apabila sudah selesai, masukkan adonan tadi ke dalam kukusan dan biarkan dikukus dengan menggunakan api sedang selama kurang lebih 45 menit atau sampai adonan matang.

6. Setelah matang, angkat adonan bolu tersebut dan keluarkan dari kukusan. Biarkan beberapa saat hingga menjadi dingin. Barulah setelah itu potong-potong kue bolu kukus zebra dan sajikan untuk disantap.

3. Resep Bolu Kukus Coklat Mekar

fimela.com
Foto : fimela.com

Bahan-bahan:

- 20 sdm tepung terigu

- 7 sdm gula pasir

- 4 sdm coklat bubuk

- 1/2 sdt baking powder

- 1/2 sdt baking soda

- 1/2 sdt garam

- 100 ml minyak goreng

- 4 butir telur

- 2 sdm susu kental manis coklat

- 1/2 sdt vanili

Cara membuat bolu kukus coklat mekar:

1. Campurkan semua bahan kering seperti tepung terigu, gula pasir, coklat bubuk, baking soda, baking powder, garam, dan vanili. Aduk semua bahan tersebut sampai tercampur dengan merata.

2. Setelah itu barulah campurkan bahan-bahan basah seperti minyak goreng, telur, dan susu kental manis coklat ke dalam adonan kering sebelumnya. Masukkan ke dalam mixer dan kocok sampai tercampur seluruhnya dan adonan menjadi kental.

3. Panaskan kukusan terlebih dahulu dengan menggunakan api sedang.

4. Sambil menunggu kukusan menjadi panas, siapkan cetakan dan alasi dengan paper cup. Setelah itu tuang adonan ke dalam cetakan tersebut.

5. Selanjutnya tutup panci dengan serbet yang bersih. Lanjut kukus kue bolu menggunakan api besar selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu, angkat bolu yang sudah atang tersebut dan potong-potong sesuai selera untuk disajikan.

4. Resep Bolu Kukus Coklat Milo

bicaraberita.com
Foto : bicaraberita.com

Bahan-bahan:

- 6 sdm tepung terigu

- 6 sdm minyak goreng

- 6 sdm gula pasir

- 8 sdm air panas (untuk melarutkan Milo)

- 3 sachet Milo

- 2 sachet susu kental manis coklat

- 2 butir telur

- 1/2 sdt baking powder

- 1/2 sdt baking soda

Cara membuat bolu kukus coklat Milo:

1. Campurkan air panas dengan susu bubuk Milo dan susu kental manis dan aduk sampai larut.

2. Kemudian campurkan tepung terigu dengan baking powder dan juga baking soda sambil diayak.

3. Ambil wadah lain, lalu gunakan untuk kocok telur dengan gula sampai larut. Barulah masukkan terigu ke dalam adonan telur tersebut dan aduk merata.

4. Tuangkan susu Milo dan minyak goreng dan aduk kembali. Apabila sudah berbentuk menjadi adonan, pastikan adonan itu lembut dan tidak terdapat bagian yang menggumpal dan kasar.

5. Siapkan loyang untuk mengukus. Panaskan kukusan dengan api sedang, dan lapisi tutupnya dengan menggunakan kain yang bersih agar upa panas dari kukusan tidak menetest pada adonan ketika dikukus.

6. Kemudian olesi loyang dengan sedikit minyak, atau bisa juga menggunakan sedikit margarin. Barulah tuangkan adonan ke dalamnya.

7. Masukkan adonan bolu kukus coklat Milo ke dalam kukusan dan biarkan hingga 25 menit atau hingga adonan matang. Setelah itu diamkan sebentar agar menjadi lebih dingin, barulah angkat dan keluarkan dari loyang.

8. Potong sesuai selera dan kini bolu kukus coklat Milo sudah siap untuk disantap.(prl).

Topik Terkait