img_title
Foto : Instagram/@ladygaga

IntipSeleb Gaya Hidup – Wanita bernama Stefani Joanne Angelina Germanotta atau yang terkenal dengan nama panggung Lady Gaga memang pantas mendapat julukan ikon pop. Meski banyak kontroversi yang mengerubunginya namun tidak dapat dipungkiri jika dirinya telah melahirkan banyak lagu-lagu yang hebat.

Lagu ’Bad Romance’ atau ’Just Dance’ hanya 2 dari banyak lagunya yang mendunia. Bahkan, Album debutnya, The Fame, sukses besar, dan single unggulannya, "Poker Face" menduduki puncak tangga lagu di hampir setiap kategori, di hampir setiap negara.

Lady Gaga sejak itu mendapat pujian untuk album-album berikutnya. Termasuk kolaborasi dengan Tony Bennett, serta keterampilan aktingnya, meraih Golden Globe untuk kontribusinya pada American Horror Story dan nominasi Oscar untuk perannya yang dibintangi bersama dalam A Star Is Born.

Nah, bagi kamu fans beratnya, scroll terus sampai habis artikel ini ya. Karena artikel ini akan membahas secara lengkap tentang Lady Gaga, keep scrolling.

Jenjang Karier

www.instagram.com/ladygaga
Foto : www.instagram.com/ladygaga

1. Sebelum Terkenal

Stefani Joanne Angelina Germanotta lahir pada 28 Maret 1986, di Yonkers, New York, dari pasangan Cynthia dan Joseph Germanotta. Sekarang dikenal sebagai Lady Gaga (inspirasi untuk namanya berasal dari lagu Queen "Radio Ga-Ga"), dia telah menjadi bintang pop internasional.

Gaga belajar bermain piano pada usia 4 tahun. Pada usia 11 tahun, dia diterima di Juilliard School di Manhattan, tetapi bersekolah di sekolah Katolik swasta di kota. Dia terus belajar musik dan tampil, menulis balada piano pertamanya pada usia 13 tahun, dan dia mengadakan pertunjukan pertamanya di klub malam New York pada usia 14 tahun.

Beberapa tahun kemudian, Gaga diberikan izin masuk awal ke Sekolah Seni Tisch Universitas New York. Dia adalah satu dari hanya 20 siswa di dunia yang menerima kehormatan penerimaan awal. Selama di sana, dia belajar musik dan mengasah kemampuan menulis lagunya.

Dia kemudian mengundurkan diri dari sekolah untuk mencari inspirasi kreatif. Untuk memenuhi kebutuhannya, ia mengambil tiga pekerjaan, termasuk tugas sebagai penari gogo, sambil mengasah akting seni pertunjukannya.

Pada tahun 2005, Lady Gaga secara singkat direkrut oleh Def Jam Records, tetapi dibatalkan hanya beberapa bulan kemudian. Dijatuhkan oleh label membuatnya untuk tampil sendiri di klub dan tempat di Lower East Side New York City. Di sana, ia berkolaborasi dengan beberapa band rock, dan memulai eksperimennya dengan fashion.

2. Awal Debut

Pada tahun 2007, saat usia 20 tahun, Gaga mulai bekerja di Interscope Records sebagai penulis lagu untuk artis lain di label tersebut, termasuk Britney Spears, New Kids on the Block dan The Pussycat Dolls. Penyanyi R&B Akon menemukan Gaga saat dia melakukan pertunjukan yang dia buat, yang disebut "Lady Gaga and the Starlight Revue".

Akon menandatangani kontrak dengan Gaga ke labelnya di bawah payung Interscope, Kon Live. Pada 2007 dan 2008, Gaga menulis dan merekam album debutnya, The Fame.

Rekor tersebut mendapat ulasan positif dan sukses di Amerika Serikat. Dengan bantuan tim kreatifnya sendiri, "Haus of Gaga," penyanyi ini juga mulai membuat nama untuk dirinya sendiri secara internasional.

Single debut Lady Gaga, "Just Dance" dirilis ke radio pada awal 2008, dan menerima pengakuan populer dan komersial. Lagu ini kemudian dinominasikan untuk Grammy Award (untuk rekaman dance terbaik) pada tahun 2008.

Lagu tersebut kalah dari "Harder, Better, Faster, Stronger" milik Daft Punk, tetapi ini tidak menghalangi Gaga untuk mencapai No. 1 di chart pop mainstrea pada Januari 2009. Single kedua dari The Fame, "Poker Face" membuat Gaga lebih sukses.

Lagu ini menduduki puncak tangga lagu single di hampir setiap kategori, dan di hampir setiap negara. Kedua lagu tersebut diproduksi oleh afiliasi Akon, RedOne, yang ikut menulis sebagian besar album Lady Gaga.

3. Era ‘Born This Way’

Kemudian pada tahun 2008, Lady Gaga membuka New Kids on the Block yang baru direformasi. Dia juga berkolaborasi dengan mereka di lagu "Big Girl Now" dari album grup The Block. Tahun berikutnya, Gaga merilis album berisi delapan lagu, The Fame Monster, diikuti oleh Born This Way pada 2011.

Pada tahun 2013, Lady Gaga merilis album studio ketiganya, Artpop. Album ini tidak setenar album sebekumnya. Setelah permasalahan internal, dia dan manajernya berpisah.

4. Bekerja Dengan Tony dan Golden Globe

Pada tahun 2014, ia merilis album duet jazz dengan penyanyi Tony Bennett berjudul Cheek to Cheek, yang kemudian memenangkan Grammy untuk Album Vokal Pop Tradisional Terbaik.

Gaga terus menunjukkan kekuatannya vokalnya di Academy Awards pada Februari 2015. Ia memberikan penghormatan dengan aktris/penyanyi Julie Andrews dengan menampilkan pilihan dari musikal pada peringatan 50 tahun The Sound of Music.

Pada tahun 2021, Gaga dan Bennett merilis album kolaborasi kedua mereka Love for Sale. Ia memenangkan album vokal pop tradisional terbaik di Grammy pada tahun 2022.

5. Golden Globe untuk 'American Horror Story'

Belakangan di tahun yang sama, Gaga juga menunjukkan bakatnya sebagai aktris dengan ikut membintangi American Horror Story: Hotel. Ia mendapatkan Golden Globe untuk perannya sebagai The Countess.

Pada upacara tersebut, Gaga yang terlihat terkejut dan emosional mengakui bahwa akting adalah mimpi pertamanya sebelum dia menjadi musisi. Ia juga berterima kasih kepada sesama pemeran dan produser Ryan Murphy atas dukungan mereka. Gaga kembali ke pertunjukan untuk musim keenamnya, bermain sebagai penyihir di American Horror Story: Roanoke.

Kontroversi Lady Gaga

Instagram/ @rinaldyyunardiofficial
Foto : Instagram/ @rinaldyyunardiofficial

1. Gaun Daging

Pada tahun 2010, Gaga datang ke MTV Video Music Awards dengan mengenakan gaun dengan daging mentah. Pakaian ini dirancang oleh Franc Fernandez. Penampilannya membuat para aktivis hak-hak binatang marah.

2. Perseteruan dengan Christina Aguilera

Sebelum Gaga menjadi superstar, blog gosip bertanya-tanya apakah penampilannya yang memukau telah menginspirasi Christina Aguilera, atau apakah Gaga meminjam selera fesyennya dari diva pop tersebut. Seperti diketahui, keduanya mengenakan tampilan rambut pirang platinum dengan poni, dengan lebih dari beberapa pakaian yang sama.

3. Perseteruan dengan Perez Hilton

Awalnya Perez Hilton dan Gaga adalah sahabat. Namun, pada wawancaranya seputar lagu ‘Born This Way’ baru lah terungkap bahwa persahabatannya telah retak.

Lady Gaga secara tidak langsung menyebut Hilton ‘fake’ . Sementara Hilton kembali menyindir Gaga melalui akun Twitternya.

4. Muntah di Panggung di Panggung SXSW

Pada 2014, ia dilaporkan dibayar sebesar USD2,5 juta untuk melakukan muntah di atas panggung. Meski menuai kontroversi, namun ia menyebut ‘Muntah itu Seni’.

Di panggung tersebut, Gaga dan rekannya, Millie melakukan aksi menjijikan dengan bermain-main menggunakan muntah buatan dari sebuah cairan berwarna hitam dan hijau. Lalu cairan tersebut disemburkan tubuh masing-masing sambil menyanyikan lagunya yang berjudul ‘Swine’.

5. Batal Konser di Indonesia

Gaga sebelumnya berencana datang untuk konser di Jakarta pada tahun 2012. Sedangkan tiketnya dilaporkan telah terjual lebih dari 50 ribu.

Namun, kala itu kehadirannya dikecam oleh kelompok Front Pembela Islam. Mereka menyebut Gaga sebagai "utusan setan".

Karena hal itu, Gaga terpaksa membatalkan kehadirannya di Indonesia. Ia pun pernah menuliskan kekesalannya di akun Twitternya.

"Tidak ada yang suci tentang kebencian," cuit Lady Gaga menanggapi kejadian tersebut. (hij)

Topik Terkait