img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya HidupPantai Siung merupakan salah satu pantai yang terletak di kawasan Gunungkidul, Yogyakarta.

Untuk kamu yang ingin punya pengalaman berliburdengan suasana tenang, maka pantai ini bisa jadi referensi kamu. Di Gunungkidul, Yogyakarta, kamu akan banyak menjumpai pantai-pantai yang ciamik.

Tak hanya itu saja, kamu juga bisa melihat sekaligus belajar budaya di sana. Seperti diketahui, Yogyakarta masih kental akan adat istiadatnya.

Lokasi Pantai Siung sendiri berada di Desa Duwet Kecamatan Tepus. Dengan tiket masuk yang terbilang murah, pantai ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan.

Nah, untuk yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang keindahan pantai ini, Yuk scroll terus artikel di bawah ini sampai habis.

Suasana Pantai Siung

Pinterest
Foto : Pinterest

Lokasinya dekat dengan Pantai Nglambor, sehingga memiliki pemandangan dan keindahan yang mirip dengan pantai tersebut. Suasana pantai Siung sendiri memiliki 2 elemen, yakni perpaduan dari kedamaian dan keindahan.

Bibir pantai yang berpasir coklat muda serta tekstur pasir yang lembut. Sementara di bagian belakang, wisatawan disuguhkan dengan pemandangan beberapa gazebo dan perahu lokal yang diparkir.

Belum lagi pepohonan rimbun terlihat di tempat ini. Garis pantai sendiri dipisahkan oleh tebing karang di mana banyak bebatuan pantai berada.

Sedangkan untuk ombak di pantai ini tergolong kuat. Sehingga wisatawan dituntut harus berhati-hati saat berenang.

Daya Tarik Pantai Siung

Pinterest
Foto : Pinterest

1. Sejarah Pantai Siung

Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Siung memungkinkan banyak hal di sana. Misalnya, belajar sejarah sesederhana nama pantainya.

Menurut penduduk setempat, Pantai Siung mendapat nama tersebut karena adanya banyak bebatuan yang runcing. “Siung” sendiri berarti gading.

Salah satu batu yang cukup besar disebut ‘Siung Wanara’ dan telah menjadi ikon di daerah itu. Saking populernya, batu itu bahkan menjadi objek terbaik untuk fotografi.

2. Pacu Adrenalin dengan Panjat Tebing

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan wisatawan di Pantai Siung adalah panjat tebing. Sebagai informasi, sudah lebih dari 250 jalur panjat tebing di kawasan itu.

Bahkan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara sudah mengetahui aktifitas wisata ekstrem ini. Namun begitu ada hal yang harus diperhatikan oleh pemula. Misalnya, mereka tidak boleh mengunjungi pantai untuk panjat tebing selama musim hujan. Pasalnya, area panjat tebing menjadi licin dan terlalu berbahaya.

Sejak tahun 1989 hingga sekarang, pantai ini memnag dikenal dengan tebing dan pantainya. Hal ini menjadikannya layak untuk fasilitas panjat tebing.

Tidak heran jika pada tahun 1990 pernah diadakan lomba Asian Climbing Gathering di pantai Siung. Jalur pendakian masih bisa ditambah, dengan aturan ada dengan izin dari pabrikan jalur sebelumnya.

3. Camping di Pinggir Pantai

Karena pantai ini sangat terpencil, fasilitas yang tersedia masih minim. Untuk akomodasi penginapan belum tersedia di sini.

Inilah hal lain yang bisa dicoba untuk dilakukan wisatawan saat mengunjungi Pantai Siung. Mereka bisa membangun tenda dan bermalam di bibir pantai.

Kegiatan berkemah memang cukup populer di pantai ini. Setelah membayar biaya izin, wisatawan tinggal memilih spot untuk mendirikan tenda. Pada pagi harinya, wisatawan bisa langsung masuk ke air untuk berenang atau snorkeling.

Cara ke Pantai Siung

Google Maps
Foto : Google Maps

1. Dari Kota Yogyakarta

Rute pertama adalah dari jalur Kota Yogyakarta. Langsung saja kamu menuju ringroad selatan kemudian berbelok ke kiri setelah persimpangan Terminal Giwangan.

Kamu akan mengarah ke Jalan Piyungan, lalu jalanan menanjak sampai Bukit Bintang Jogja. Dari sini teruskan saja perjalanan sampai Wonosari, ibukota Kabupaten Gunung Kidul.

Ambil jalan menuju Pantai Baron, setelah berjalan sekitar 9 km, terdapat pertigaan Desa Mulo.

Lurus terus sampai Anda masuk di jalur Mentel, Bintaos, Tepus hingga pertigaan Winangun. Belok ke kanan dan ikuti jalan sampai Pantai Siung.

2. Rute Alternatif Via Baron

Rute yang kedua masih sama, yaitu dimulai dari Kota Yogyakarta. Perbedaannya terletak pada pilihan jalan lewat pos retribusi Pantai Baron.

Setelah melewati pos retribusi ada sebuah pertigaan, bila ke kanan menuju Pantai Baron, sedangkan ke kiri menuju deretan pantai lainnya. Ambillah jalan ke kiri dan Anda akan melewati sejumlah pantai-pantai memukau lainnya seperti Pantai Kukup, Pantai Sepanjang, Drini, Pantai Krakal, Sundak, Indrayanti sampai ke arah Desa Tepus dan bertemu dengan pertigaan Winangun.

Rute alternatif satu ini memang lebih jauh dari yang pertama. Tapi dengan lewat jalur ini Anda akan mengetahui lokasi-lokasi pantai yang jaraknya cukup berdekatan satu sama lain. Setelah menjelajahi Pantai Siung, Anda bisa mampir ke pantai sekitarnya.

Di sepanjang perjalanan menuju lokasi pantai, kamu akan disuguhi pemandangan bukit kapur yang ditumbuhi pohon-pohon jati. Jalan yang berkelok-kelok dan menaik, merupakan tantangan yang harus kamu lewati sebelum mencapai Pantai Siung.

Namun ketika sampai, pemandangan yang disuguhkan sangat menakjubkan. Maka, perjalanan panjang untuk menuju ke sini pun akan terbayar segera setelah sampai.

3. Dari Klaten

Bila kamu memulai perjalanan dari Klaten, jarak menuju Pantai Siung lebih singkat, yaitu sekitar 60 km. Waktu tempuhnya sendiri sekitar 1,5 jam saja.

Ambillah jalur ke arah selatan menuju Semanu kemudian Giripanggang. Setelah itu, lanjutkan kembali perjalanan ke Sumberwungu, Klayu, Gude, dan Blekonang sampai akhirnya tembus Winangun.

Selanjutnya ikuti petunjuk arah menuju pintu masuk Pantai Siung. Tunggu dulu, masih ada satu rute lagi.

Setelah sampai Giripanggang, kamu bisa memilih jalur melewati Cuelo ke selatan sampai tiba di Winangun. Kemudian ikuti petunjuk jalan ke Pantai Siung.

4. Dari Solo

Bagi kamu yang memulai perjalanan dari Solo juga bisa menuju Pantai Siung dengan rute cepat. Tak perlu ke pusat kota Yogyakarta dulu, karena akan memakan waktu cukup lama.

Dari Praci, kamu bisa mengarahkan kendaraanmu menuju Kecamatan Rangkop atau Baran. Kemudian teruskan perjalanan sampai ke Nglindur.

Ikuti jalan ke arah selatan dan kamu akan bertemu dengan pertigaan sebelum Pasar Ngrancah. Belok ke kanan hingga menembus Pasar Jepitu. Lurus saja sampai pertigaan Winangun, kemudian belok kiri hingga Pantai Siung.

Tiket ke Pantai Siung

Google Maps
Foto : Google Maps

Tiket untuk masuk ke pantai ini bukan lah sesuatu yang harus kamu khawatirkan. Rata-rata biaya untuk memasuki obyek wisata pantai di Gunungkidul sangatlah terjangkau.

Kamu hanya perlu menyiapkan uang Rp10 ribu rupiah per orangnya. Dengan angka yang begitu terjangkau, kamu tak hanya bisa mengunjungi Pantai Siung saja, tetapi juga Pantai Jogan dan Nglambor.

Artinya kamu hanya perlu membayar sekali untuk ketiga objek pantai tersebut. Oleh karena itu, jangan sia-siakan kesempatan dengan mengunjungi Pantai Siung saja. Mampir juga ke Pantai Jogan dan Nglambor yang ada di sebelahnya.

Nah itu dia pesona Pantai yang berada di Gunungkidul ini. Untuk kamu yang ingin menghabiskan waktu menikmati pemandangan dan melepas penat dari suasana perkotaan, Pantai Siung bisa jadi pilihan kamu untuk didatangi. (bbi)

Topik Terkait