img_title
Foto : Berbagai sumber

IntipSeleb Gaya HidupPasar Mayestik Jakarta bukan sembarang pasar! Pasar ini cukup melegenda dan menjadi favorit banyak kalangan, mulai dari ibu-ibu sampai tempat kumpul anak muda untuk nongkrong.

Pasar ini beralamat di Jl. Tebah III No.3, Gunung, Kec. Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Pusatnya kuliner dan belanja orang-orang Jakarta Selatan yang malas pergi jauh-jauh ke Tanah Abang. Pasalnya, di sini tersedia beragam jenis keperluan yang bisa didapat. Mulai dari bahan kain, alat serba serbi pernikahan sampai beragam kuliner untuk melengkapi keseruan belanja di pasar semi-modern ini.

1. Sejarah Pasar Mayestik

Google Maps
Foto : Google Maps

Pasar Mayestik sudah berdiri sekitar tahun 1950-an dan baru diresmikannya tahun 1981. Pasar ini menjadi salah satu pasar tradisional yang menjadi pusat perdagangan di Jakarta Selatan.

Kawasan Pasar Mayestik tak berada jauh dari Rumah Sakit Pusat Pertamina dan berada dekat dengan sentra barang bekas terkenal, Taman Puring. Dulunya, kawasan Mayestik ini merupakan lokasi hunian. Jika dulu terletak di tepi, kini Kebayoran Baru nyaris berada di jantung Ibu Kota. Dari Pasar Mayestik menuju Jalan Sudirman, jarak yang terbentang sekitar tiga kilometer sehingga Pasar Mayestik menjadi lokasi pusat perdagangan yang strategis.

Pasar Mayestik sudah mengalami perubahan dari awal ia berdiri. Tepatnya pada masa kepempimpinan Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo di tahun 2012. Saat ini Pasar Mayestik sudah tersedia 10 Lantai yang setiap lantainya dibuat Penzonaan jenis dagangan.

2. Pasarnya Rapi dan Bersih

Google Maps
Foto : Google Maps

Hal menarik yang bisa dijumpai ketika berkeliling di Pasar Mayestik adalah tempatnya yang bersih dan rapih. Inilah yang membuat Pasar Mayestik disebut bukan pasar sembarangan karena tampilannya cukup berbeda dari pasar-pasar tradisional atau semi modern lainnya yang biasanya sedikit kotor dan kumuh.

Di sini juga tersedia AC sehingga cukup sejuk dan tidak membuat gerah. Inilah yang membuatnya disebut sebagai semi-modern karena menghadirkan nuansa seperti mall-mall di tengah kota. Toko yang ada di sini pun berjejer apik dan rapi, jadi tidak membuat mata terganggu.

3. Pusatnya Bahan dan Kain

alamatjalan.com
Foto : alamatjalan.com

Sudah jadi rahasia umum kalau kawasan Pasar Mayestik dikenal sebagai pusat tekstil terkenal dan terbesar di Jakarta. Sebab, di sini tersedia banyak sekali toko-toko yang menjual bahan kain. Sebagian dimiliki oleh orang-orang keturunan India, jadi kualitas kain di sini pasti nggak kaleng-kaleng.

Pilihan jenis bahan dan kain pun lengkap! Mulai dari kain brukat, kain batik, kain polos, dan kain lainnya dengan warna yang komplit. Harganya juga variatif, jadi bisa disesuaikan dengan budget yang kamu siapkan.

Sebelum berbelanja bahan kain di sini, pastikan dulu kamu sudah tahu mau mencari jenis kain dan warnanya apa. Sebab, saat sudah di toko, kamu akan dihadirkan oleh beragam macam jenis pilihan, ditambah lagi motifnya yang juga banyak membuat kamu tambah bingung.

Ada sekitar 4 sampai 5 lantai untuk memilih toko kain yang pas dan sesuai dengan keinginan kamu di Pasar Mayestik. Tempatnya pun sejuk dan pelayanannya bagus. Cocok sekali untuk kamu yang mencari kain untuk acara apa pun itu.

4. Banyak Jajanan Terkenal untuk Kulineran

Hal lain yang sangat identik dengan Pasar Mayestik adalah pusat kulinernya! Ada jajanan apa aja yang bisa ditemukan di sini?

berbagai sumber
Foto : berbagai sumber

1. Kebab Mayestik AB

Salah satu jajanan terkenal dan jadi favorit banyak orang di Pasar Mayestik adalah Kebab AB Mayestik. Kebab ini sudah ada sejak tahun 2014 dan selalu ramai diserbu pelanggan yang datang. Kenapa? Karena harga yang ditawarkan terbilang murah dengan isiannya yang beragam.

Daging yang ditaruh menjadi isian juga melimpah dan nggak pelit. Varian isiannya juga banyak yaitu kebab sapi original, kebab sapi keju, kebab kambing frozen, double daging, dan double keju. Nah, untuk kamu yang tidak makan daging ada juga kebab vegetarian atau kalau ingin burger ada burger sapi, burger sapi keju, dan.

2. Tahu Gejrot

Kulineran rasanya belum lengkap kalau tidak mencicipi jajanan yang pedas-pedas. Nah, salah satu pilihan yang bisa dicoba di Pasar Mayestik adalah jajanan tahu gejrot.

3. Bakso Podomoro

Ada salah satu bakso yang cukup ‘legend’ di kawasan Pasar Mayestik. Lokasinya yaitu dari pintu depan belok kanan. Namanya adalah bakso Podomoro. Dalam satu porsinya itu bisa diisi dengan satu bakso besar, lalu 2-3 bakso ukuran sedang, tahu jika ingin dan sayuran juga jika diinginkan, serta tetalan.

Saking terkenalnya bakso ini, pembelinya selalu ramai dan yang makan di sana pun bisa sampai tidak kedapatan tempat. Harganya sendiri berkisar mulai dari Rp15-20 ribuan.

4. Sate Ayam Telur Madura

Kuliner yang paling ikonik di Pasar Mayestik itu ya kuliner emperan atau kaki lima yang dijajakan sepanjang area pasar. Nah, salah satu yang terkenal yaitu sate ayam telur Madura.

Tidak seperti sate ayam khas Madura umumnya yang berisikan daging dan kulit, di sini ada lagi tambahan telur muda. Jadi, telur muda ayam atau disebut telur uritan menjadi penambah cita rasa spesial dalam satenya sehingga rasanya lebih unik.

5. Sate Padang Pariaman Takana Juo

Kalau takut tidak doyan dengan telur muda, ada juga jenis sate lain yaitu sate khas Padang. Tempat makan yang bisa kamu jajal adalah Sate Padang Pariaman Takana Juo.

Aroma bakaran daging sapi dan lidahnya ketika dibakar, dijamin akan sangat menggoda siapa pun yang lewat untuk segera mampir menikmati seporsi sajiannya. Apalagi dengan campuran kuah sausnya yang kental berempah dan agak pedas, membuatnya jadi makin nikmat disantap.

Lokasi sate menggiurkan ini ada di area Pasar Mayestik lantai dasar. Mudah dikenali kok apalagi dari gerobaknya.

Selain deretan kuliner terkenal itu, ada juga berbagai jajanan lain seperti pastel, kebab, es podeng, rujak buah, somay, kue cubit, cendol, kue ape, sempol hingga rambut nenek menjadi pilihan yang menggoda selera. Kamu bisa menemuinya dengan mudah apalagi kalau sudah lelah seharian berputar mengelilingi pasar, singgah sejenak di pusat kulinernya pasti terasa menyenangkan.

5. Terdapat Serba-Serbi Pernikahan

Google Maps
Foto : Google Maps

Terakhir, selain menghadirkan pilihan toko kain dan jenis yang lengkap, di Pasar Mayestik kamu juga bisa membeli aneka perlengkapan serba-serbi pernikahan. Nggak kalah dari pasar Tanah Abang atau pasar Asemka, di sini kamu bisa menemui banyak pedagang suvenir pernikahan. Ada juga wadah-wadah cantik, lengkap dengan jasa pengemasan seserahan. Tenang! Harga yang ditawarkan terbilang terjangkau.

Itulah dia aneka keistimewaan dan fakta menarik mengenai Pasar Mayestik Jakarta. Pusat tekstil dan kuliner anak-anak di kawasan Jakarta Selatan. Nah, buat kamu yang lagi bingung atau bosan dengan kegiatan di Jakarta yang itu-itu saja, seperti ke coffe shop atau mall, nggak ada salahnya berkunjung ke kawasan ini.

Kalau memang tidak ada kebutuhan untuk membeli perlengkapan kain, setidaknya masih ada jajanan kuliner yang bisa kamu jelajahi! (hij)

Topik Terkait