img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya Hidup – Tahukah kamu di Bantul ada pantai yang begitu indah yang bernama Pantai Goa Cemara. Namun sayangnya, objek wisata ini tak banyak diketahui orang.

Meski tidak terlalu terkenal, Pantai Goa Cemara tetap menarik untuk dikunjungi. Sekedar untuk bersantai bersama teman-teman dekat atau untuk mencari hiburan.

Seperti kebanyakan pantai di Bantul, Pantai Goa Cemara memiliki pasir hitam keabuan dengan ombak yang cukup besar. Di Pantai Goa Cemara Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seperti yang biasa Anda lakukan di pantai pada umumnya.

Yang menarik dari pantai ini adalah keberadaan pohon-pohon cemara di sekitar pantai yang jumlahnya sangat banyak. Tidak jarang, pohon-pohon cemara tersebut dijadikan tempat untuk berteduh para pengunjung sambil ngobrol-ngobrol bersama teman atau keluarga.

Beberapa pengunjung bahkan menjadikan Pantai Goa Cemara ini sebagai latar belakang untuk fotografi. Pasalnya, karena sepi, pantai ini juga dirasa sangat romantis.

Nah, tanpa berlama-lama lagi, ini dia pesona pantai goa cemara. Check it out!

1. Sejarah Pantai Goa Cemara

Google Maps
Foto : Google Maps

Mitos Pantai Goa Cemara sangat berkaitan dengan sejarah dusun Patihan. Kemunculan kawasan ini sendiri memang atas prakarsa warga.

Dinamai Goa Cemara karena pada saat awal pembentukannya ketika pohon-pohon cemara belum terlalu tinggi, dahan dan ranting menyatu membentuk lorong atau terowongan alami dan berjajar menjadi barrier untuk menuju ke pantai.

Sehingga pengunjung harus menerobos lorong yang hampir menyerupai labirin untuk bisa menuju ke pantai. Goa Cemara berhadapan langsung dengan Samudra Hindia, dengan bentukan daratan gumuk pasir dari sungai besar yang mengapitnya.

Tak heran jika kontur daratan pasir di pantai ini berupa gundukan-gundukan kecil yang menjadi indah untuk tujuan wisata. Peta topografis Kawasan Wisata Pantai Goa Cemara berada di bentang gumuk pasir tepat di tengah antara Muara Sungai Opak dan Sungai Progo.

Termasuk pantai ekslusif karena memang pantai di bentangan gumuk pasir hanya satu-satunya di Asia. Pantai ini juga tak lebih dari hitungan jari di seluruh dunia.

2. Lokasi dan Akses Masuk Pantai Goa Cemara

Google Maps
Foto : Google Maps

Pantai Goa Cemara terletak di Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari pusat kota Yogyakarta, pantai ini berjarak sekitar 30 kilometer ke arah selatan.

Berhubung tidak ada trayek kendaraan umum untuk mencapai pantai ini, mau tak mau kamu harus menggunakan kendaraan pribadi atau ojek online. Rute menuju Pantai ini sangatlah mudah. Jika berangkat dari Yogyakarta, ambilah rute menuju Kabupaten Bantul.

Setelah sampai di pusat kota Bantul, kamu lurus terus ke arah selatan (Pantai Samas) hingga mendapati ruas jalan baru lintas selatan yang rencananya akan tembus hingga Gunung Kidul. Pantai ini berada 2 kilometer ke arah barat Pantai Samas.

3. Harga Tiket Masuk Pantai Goa Cemara

Pinterest
Foto : Pinterest

Untuk menikmati pantai ini, kamu tidak perlu mengeluarkan harga yang mahal. Justru, harga dibandrol sangat murah.

Karena harga sudah termasuk satu tetribusi ke Pantai Parangtritis. Harga tiketnya yatu Rp5 ribu per orang. Namun, lamu juga masih harus membayar parkir yaitu Rp3 ribu untuk kendaraan roda dua, sedangkan jika kamu menggunakan kendaraan roda empat kamu harus membayar Rp5 ribu saja.

4. Fasilitas di Pantai Goa Cemara

Google Maps
Foto : Google Maps

Pantai Goa Cemara memiliki enam arena outbond dan camping ground. Karena itu, banyak mahasiswa yang melakukan kegiatan kampus seperti malam keakraban di sini.

Tidak hanya arena outbond dan area camping ground, Pantai Goa Cemara memiliki fasilitas lain seperti kamar mandi, pendopo untuk beristirahat dan sarana ibadah berupa mushola.

Jika lapar, Anda tidak perlu khawatir. Banyak pedaganag yang membuka warung-warung makan dan menjajakan dagangannya di sekitar area pantai.

Selain itu, di kawasan wisata Pantai Goa Cemara juga terdapat pusat konservasi penyu hijau. Bahkan jika hari minggu, di Pantai Goa Cemara terdapat pasar yang menjajakan berbagai hasil bumi dari masyarakat setempat. Biasanya hasil bumi tersebut berupa umbi-umbian, ketela, sayuran dan sebagainya.

Taman parkir luas, terpadu satu pintu, sanggup menampung ratusan bus dan atau kereta wisata dan kendaraan pribadi. Menjadi alternatif untuk acara komunitas otomotif seperti event club otomotif maupun jambore nasional. Berada tepat disisi Jalur Lintas Selatan Jawa, memungkinkan untuk konvoi tanpa mengganggu aktivitas pengguna jalan yang lain.

Meski terdengar klise, pantai merupakan salah satu tempat terbaik untuk menikmati panorama matahari terbenam di ufuk barat. Menikmati senja di pantai bersama pasangan akan menjadi momen romantis yang membekas di hati.

Warna langit yang merona jingga menciptakan suasana syahdu dan romantis. Di Pantai Gua Cemara, kamu bisa memanfaatkan batang pohon cemara sebagai tempat duduk atau memasang hammock.

5. Ada Konservasi Penyu

bantulkab.go.id
Foto : bantulkab.go.id

Diprakarsai kelompok tani nelayan Mino Raharjo, balai konservasi penyu didirikan untuk mendukung kelestarian populasi. Sehingga penyu menjadi ikonik di Pantai Goa Cemara sampai saat ini.

Tak hanya sebagai tempat wisata, di pantai ini Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul juga melakukan penangkaran berbagai jenis penyu laut. Yaitu jenis Penyu Hijau (Chelonia mydas), Penyu Sisik (Eretmochelys imbiata), Penyu Lekang (Lepidochelys olivacea), dan Penyu Belimbing (Dermochelys coriacea). Program penangkaran penyu yang bertajuk "Save Our Turtles"

6. Tempat Wisata Terdekat dengan Pantai Goa Cemara

Foto :

Pantai Samas terletak di sebelah timur Pantai Gua Cemara dan menjadi muara Sungai Opak. Akibat terjadi ombak besar pada tahun 2013 lalu, muara sungai yang dulunya tertutup akhirnya membentuk sebuah laguna. Di sekitar laguna tersebut terdapat hutan mangrove.

Dengan merogoh kocek sebesar Rp 10ribu, kamu bisa naik kapal nelayan menyusuri hutan mangrove di sepanjang laguna. Merasakan desir angin dan melihat aneka burung yang menjadikan hutan mangrove sebagai habitatnya akan menjadi pengalaman wisata edukasi yang menyenangkan.

Terletak tidak jauh dari Pantai Gua Cemara, terdapat Pantai Kuwaru. Di tepi pantai ini tumbuh pohon cemara udang yang berfungsi sebagai penahan abrasi sekaligus sebagai peneduh.

Selain bisa bersantai bersama kawan dan keluarga. Di pantai ini kamu juga bisa membeli ikan segar langsung dari para nelayan untuk dibawa pulang kerumah. Tidak usah jauh-jauh ke Belanda untuk melihat kincir angin, melainkan cukup datang ke Pantai Baru. Di pantai ini kamu bisa melihat langsung puluhan kincir angin yang berfungsi sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid (PLTH).

Hal ini dikarenakan kawasan Pantai Baru menjadi daerah percontohan pengembangan sumber listrik terbarukan sebagai upaya pengurangan pemanasan global.Deretan kincir angin yang berputar tatkala tertiup sang bayu akan menjadi pemandangan lain di sepanjang pesisir selatan Yogyakarta.

Mercusuar Pandansari terletak 20 meter dari Pantai Goa Cemara. Menara ini berfungsi sebagai penanda para nelayan yang akan menepi untuk membeli bahan bakar atau sekedar menepi untuk beristirahat. (hij)

Topik Terkait