img_title
Foto : Pexels.com

IntipSeleb Gaya HidupVitamin untuk daya tahan tubuh perlu dikonsumsi oleh setiap orang, khususnya mereka yang memiliki aktivitas yang padat. Sayangnya, terlalu banyak dari kita tidak cukup makan buah-buahan segar, sayuran dan makanan lain yang kita butuhkan untuk menjaga diri kita tetap sehat sepanjang tahun.

Sistem kekebalan tubuh itu benar-benar tidak memiliki hari libur. Baik kamu sedang melawan flu atau sedang memulihkan diri dari infeksi, itu selalu sangat penting. Tapi percaya atau tidak, nutrisi memiliki dampak besar pada kekebalan tubuh dan ada beberapa cara mudah untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap dalam kondisi prima.

Makanan sehat menyediakan banyak zat termasuk vitamin dan mineral untuk membuat kita tetap kuat dan sehat. Kamu tidak bisa hanya makan jeruk atau jeruk bali atau meminum pil vitamin lalu mengharapkan limpahan vitamin C untuk mencegah pilek dan meningkatkan sistem kekebalan. Sebab, vitamin untuk daya tahan tubuh itu bukan hanya vitamin C. Apalagi?

Berikut ada beberapa vitamin dan mineral terbaik yang dibutuhkan sistem kekebalan tubuh seseorang.

1. Vitamin C

pexels.com
Foto : pexels.com

Kamu mungkin sudah sering mendengar bahwa vitamin C itu penting untuk fungsi kekebalan tubuh dan memperpendek durasi pilek, akan tetapi sebenarnya fungsinya jauh lebih banyak. Vitamin C juga memainkan peran luar biasa dalam penyembuhan luka, yang merupakan bagian besar dari menjaga sistem kekebalan tubuh dengan menjaga penghalang kulit kamu tetap utuh.

Vitamin C Juga merupakan antioksidan kuat yang mengurangi peradangan dalam tubuh, yang pada akhirnya mengurangi risiko kita terkena penyakit dan merasa sakit. Alhasil, ini menjadi salah satu konsumsi wajib sebagai vitamin untuk daya tahan tubuh.

Selain jus jeruk yang menjadi sumber vitamin C terbaik, ada juga sejumlah makan makanan pemilik vitamin C yang bagus dikonsumsi tubuh sekaligus membuat kamu kenyang.

  1. Tomat
  2. Kentang
  3. Blewah
  4. Paprika merah
  5. Jeruk bali

2. Vitamin D

pexels.com
Foto : pexels.com

Vitamin untuk daya tahan tubuh selanjutnya yakni Vitamin D. Kandungannya bisa meningkatkan fungsi sel kekebalan dengan mengurangi peradangan dalam tubuh dan mengurangi risiko infeksi.

Tapi ada satu hal yang perlu diketahui bahwa sumber vitamin D terbaik sebenarnya bukan makanan, melainkan sinar matahari. Vitamin D adalah vitamin yang larut dalam lemak, artinya dapat larut dalam lemak dan minyak dan disimpan di jaringan lemak tubuh dan hati. menurut Harvard Health, untuk membantu menjaga tingkat kesehatan, bidik setidaknya 15 menit paparan sinar matahari sehari.

Makanan yang mengandung vitamin D bisa kamu temukan dari sumber-sumber berikut:

  1. Ikan salmon
  2. Jus jeruk yang diperkaya dengan vitamin D
  3. Sereal yang diperkaya
  4. Susu atau susu nabati yang diperkaya dengan vitamin D
  5. Tuna
  6. Ikan sarden
  7. Kuning telur

3. Vitamin E

pexels.com
Foto : pexels.com

Vitamin untuk daya tahan tubuh lainnya yaitu vitamin E. Vitamin E adalah vitamin lain yang larut dalam lemak dengan sifat antioksidan kuat untuk membantu mendukung produksi sel kekebalan. Dilansir dari laman Women’s Health, vitamin E membantu mendukung pertumbuhan sel T, atau sel darah putih yang memainkan peran utama dalam fungsi kekebalan tubuh.

Ketika kita berpikir tentang sel-sel dalam tubuh yang mempertahankan dan melawan patogen, vitamin E membantu mendukung pertumbuhan sel-T pertahanan itu. Beberapa sumber makanan yang mengandung vitamin E yang bisa kamu konsumsi:

  1. Telur
  2. Kacang-kacangan
  3. Biji bunga matahari
  4. Paprika merah
  5. Bayam
  6. Kubis
  7. Arugula

4. Zinc

pexels.com
Foto : pexels.com

Vitamin untuk daya tahan tubuh berikutnya adalah zink. Tidak hanya memainkan peran utama dalam penyembuhan luka, zink juga membantu dalam pengembangan sel-sel kekebalan dengan mempengaruhi pertumbuhan sel-T. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa zinc dapat membantu mempersingkat lamanya flu biasa, bahkan tanpa perlu asupan zinc berlebihan.

Kamu dapat menemukan zinc dalam banyak makanan yang mungkin sudah dikonsumsi sehari-hari seperti:

  1. Tiram
  2. Daging merah
  3. Makanan laut
  4. Kacang polong
  5. Kacang
  6. Sereal yang diperkaya
  7. Ayam

5. Iron atau Zat Besi

pexels.com
Foto : pexels.com

Banyak orang berpikir bahwa zat besi memainkan peran besar dalam tingkat energi kita dan bagaimana perasaan tubuh kita. Padahal, zat besi bisa memberikan lebih dari itu karena menjadi salah satu vitamin untuk daya tahan tubuh.

Zat besi atau iron juga membangun sel-sel kekebalan. Zat besi merupakan komponen utama hemoglobin (protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh), sehingga pendarahan yang signifikan dapat menyebabkan kadar zat besi seseorang menjadi turun.

Karena itu, penelitian menunjukkan bahwa sangat penting bagi wanita yang menstruasi untuk mempertahankan kadar zat besi dan makan makanan kaya zat besi.

Cobalah memasukkan makanan tinggi zat besi berikut:

  1. Kacang polong
  2. Kacang-kacangan
  3. Ayam
  4. Daging sapi tanpa lemak
  5. Tiram
  6. Sereal yang diperkaya

6. Selenium

pexels.com
Foto : pexels.com

Selenium bertindak sebagai antioksidan kuat yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa itu meningkatkan kesehatan jantung, mengoptimalkan fungsi kekebalan tubuh, dan bahkan dapat membantu mencegah kanker. Kadar selenium yang rendah telah terbukti mengurangi fungsi kekebalan tubuh.

Oleh sebab itu, selenium jadi pilihan lain sebagai salah satu vitamin untuk daya tahan tubuh. Beberapa makanan yang kaya akan selenium:

Kacang Brazil (Sebuah fakta: Makan satu kacang Brazil sehari dapat membantu kamu memenuhi kebutuhan harian)

  1. Ikan salmon
  2. Daging sapi tanpa lemak
  3. Ayam
  4. Tuna
  5. Udang
  6. Jamur

7. Tembaga

pexels.com
Foto : pexels.com

Peradangan adalah tanda bahwa tubuh seseorang bekerja lembur untuk menyembuhkan atau memperbaiki dirinya sendiri. Akan tetapi, tembaga memainkan peran besar dalam meminimalkan efeknya dengan menetralkan radikal bebas.

Penelitian menunjukkan bahwa radikal bebas adalah atom tidak stabil dalam tubuh yang dapat merusak sel dan menyebabkan penyakit, tetapi tembaga memiliki sifat antimikroba untuk mengurangi kehadirannya dan pada akhirnya menenangkan peradangan.

Mempertahankan kadar tembaga yang sehat adalah tindakan penyeimbang, karena terlalu sedikit tembaga dapat menekan fungsi kekebalan seseorang. Sebaliknya, terlalu banyak tembaga dapat berbahaya dan menyebabkan kematian sel.

Makan makanan seimbang adalah cara yang baik untuk memastikan kita mendapatkan cukup tembaga dan tetap dalam kisaran yang sehat itu. Fokuslah pada makanan berikut:

  1. Roti tanpa pemanis
  2. Kacang
  3. Kentang (dengan kulitnya)
  4. Jamur shitake
  5. Tiram

8. Probiotik

pexels.com
Foto : pexels.com

Kamu mungkin pernah mendengar probiotik adalah bakteri baik dalam sistem pencernaan seseorang, tetapi probiotik juga berperan dalam kesehatan kekebalan tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa probiotik mempromosikan antibodi alami dalam tubuh dengan meningkatkan produksi sel kekebalan dan melawan infeksi.

Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa probiotik dapat mencegah infeksi saluran pernapasan seperti pilek atau flu dan mengurangi infeksi saluran kemih pada wanita. Itulah alasan probiotik jadi salah satu vitamin untuk daya tahan tubuh.

Makanan yang mengandung probiotik tinggi antara lain sebagai berikut.

  1. Kimchi
  2. Kol parut
  3. Kombucha
  4. Tempe
  5. Yogurt (dengan kultur aktif hidup)
  6. Kefir

Itulah dia beberapa vitamin untuk daya tahan tubuh yang perlu dikonsumsi untuk memperkuat kinerja tubuh serta menghindarkan diri dari penyakit. Semoga bermanfaat! (hij)

Topik Terkait